Ide Bisnis Tanpa Modal

Ide Bisnis Tanpa Modal

Ide Bisnis Tanpa Modal – Banyak uang menjadi momok untuk takaran sukses dalam kehidupan di dunia ini. Tak heran meskipun tidak dijelaskan dengan lugas, uang seolah memiliki kedudukan sebagai raja. Namun sampai di sini tidak perlu menjadi beban pikiran. Karena banyak ide bisnis tanpa modal yang memiliki jaminan sukses.

Bahkan tersedia banyak ide bisnis yang bisa dilakoni oleh semua profesi. Baik dari pelajar maupun mahasiswa, ibu rumah tangga sampai dengan karyawan yang telah memiliki pekerjaan tetap. Apa sajakah ide bisnis tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya :


Ide Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar Atau Mahasiswa

Ide Bisnis Tanpa Modal

Di jaman sekarang ini tidak ada lagi  kata-kata belum saatnya mencari uang. Justru dengan mulai belajar mencari uang sejak dini maka kesuksesan akan sangat mungkin diraih dalam waktu singkat.  untuk pelajar atau mahasiswa ide bisnis tanpa modal ini bisa dijadikan inspirasi :

1. Menjadi Pengajar Privat

Tuntutan nilai akademik yang tinggi tidak heran membuat para orang tua memberikan pendidikan tambahan kepada putra dan putri mereka. untuk pelajar yang memiliki nilai tinggi ini bisa dijadikan ide bisnis tanpa modal. Yaitu dengan memberikan pengajaran privat kepada adik-adik tingkatnya.

Terlebih untuk mahasiswa yang telah mengambil spesifikasi mata ajar tertentu yang relevan dengan kebutuhan pengajar privat. Ini akan memberikan nilai tambah yang lebih di mata orang tua dalam memilihkan guru privat anak mereka.

Waktu privat yang fleksibel  dan mudah untuk dinegosiasikan dengan peserta ajar membuat bisnis ini tidak akan mengganggu agenda perkuliahan. Untuk bisa menjalankan bisnis ini maka pelajar maupun mahasiswa harus memenuhi beberapa kriteria. Yaitu sebagai berikut :

  • Menguasai ilmu ajar : modal utama dari pengajar privat adalah dengan menguasai ilmu yang akan diajarkan. Ini merupakan modal utama dan pokok serta harus dipenuhi oleh pelajar maupun mahasiswa yang akan menggunakan peluang ide bisnis tanpa modal ini.
  • Komunikatif : bidang pelayanan tidak pernah mungkin bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya sikap komunikatif. Sikap ini harus diberikan kepada peserta didik, orang tua murid dan semua orang yang terlibat dalam pengajaran.
  • Sabar dan tekun : ide bisnis layanan privat tidak akan bisa dilakukan oleh orang yang emosional. Ide bisnis ini memerlukan kesabaran dan ketekunan untuk bisa memberikan pengajaran maksimal kepada peserta didik.

2. Membuka Jasa Layanan Pembuatan Blog Dan Web

Dunia yang serba digital membuka peluang ide bisnis tanpa modal untuk pelajar maupun mahasiswa. Bisnis ini adalah dengan membuka layanan pembuatan blog maupun website, dan ini sangat cocok untuk pelajar maupun mahasiswa di jurusan teknologi dan informasi.

Kesempatan sukses menjadi terbuka lebar sejak masih belia karena bisnis ini tidak akan pernah menuntut adanya batasan umur. Poin yang perlu diperhatikan dalam membuka ide bisnis tanpa modal ini adalah :

  • Kecepatan : untuk memenuhi pesanan secara tepat waktu adalah kunci kepercayaan dari konsumen. Pembuatan blog dan website yang gampang-gampang susah terkadang menjadi penyebab pesanan menjadi siap.
  • Kesesuaian dengan keinginan pemesan : ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini. salah satunya adalah dengan tidak egois untuk menempatkan hal yang pencipta konten inginkan dengan mengabaikan keinginan konsumen. Baik dari isi konten, tema dan semua yang berhubungan dengan pesanan blog maupun web.
  • Kreatifitas dalam pembuatan : pesanan yang semakin banyak menuntut pelaku bisnis ini tetap kreatif dalam menjalankan bisnisnya. Adanya banyak kesamaan di antara banyak pemesan tentu akan menimbulkan kekecewaan pada klien.
  • Iklan : lakukan sebanyak mungkin iklan untuk mengenalkan jasa yang ditawarkan.

3. Agen Buku Ajar

Pelajar dan mahasiswa tidak akan pernah lepas dari perangkat ajar yang bernama buku. Kebutuhan akan buku menjadi suatu kewajiban bagi kegiatan belajar dan mengajar. Buku yang bersifat penting ini ternyata pun mendatangkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan tinggi.

Para pelajar maupun mahasiswa dapat mendaftarkan diri sebagai agen penerbit buku ajar atau dengan menjadi resellernya. Maka menjual buku-buku yang dibutuhkan dalam pembelajaran akan mendatangkan banyak keuntungan untuk semua pihak :

  • Menguntungkan bagi penjual karena mendatangkan penghasilan : dari segi penjual, ide bisnis tanpa modal ini sangat menguntungkan. Selain tanpa modal, penjual juga bisa hanya dengan memesan buku-buku yang sudah jelas pembelinya. Sehingga tidak akan peluang untuk tidak laku dan merugi.
  • Menguntungkan pembeli karena bisa mendapatkan buku yang sesuai : buku yang sesuai terkadang menjadi sulit untuk diperoleh. Dan meskipun ada harus membeli di luar kota. Namun dengan adanya reseller ini maka konsumen bisa mendapatkan buku yang tepat tanpa harus repot.

4. Blogger

Blog menjadi hal yang tidak asing lagi, tempat mendapatkan banyak pengetahuan untuk pembaca dan media penularan ilmu bagi pemilik blog itu sendiri. Namun tahukah bahwa blog pun bisa menjadi sarana mendapatkan penghasilan tambahan ? Penghasilan tambahan dari blog secara garis besar ada dua jalan. Yaitu :

  • Pengiklanan : pengiklanan dari google dapat terbuka untuk blog yang telah memiliki traffic pengunjung tinggi.  Sehingga sebelum memiliki pembaca tetap yang banyak, pemilik blog wajib untuk membesarkan blog nya terlebih dahulu dengan konten menarik. Ini tidak sulit ketikan tema blog yang dibuat sesuai dengan passion yang dimiliki.
  • Review Produk : penghasilan yang kedua diperoleh melalui komisi review dari berbagai macam produk. Para produsen membutuhkan review dari blog yang telah memiliki banyak pembaca untuk meningkatkan penjualan. Sedang pelajar atau mahasiswa yang berprofesi sebagai blogger mendapatkan penghasilan dari  tiap review yang dibuat.

5. Youtuber

Memiliki penghasilan tanpa batas dengan menjadi youtuber menjadi keinginan banyak pelajar dan mahasiswa pada jaman sekarang ini. Youtube yang tidak pernah sepi pengunjung membuat youtuber menjadi sangat mudah untuk menarik viewers. Ada beberapa hal yang meski diperhatikan saat menjadi youtuber, yaitu :

  • Konsisten : tidak ada kesuksesan yang diperoleh secara instan, dan kata-kata tersebut sangat berlaku untuk sebuah bisnis. Ide bisnis tanpa modal dengan menjadi youtuber pun demikian. Butuh kerja keras dan ketekunan untuk terus mengisi dengan konten terbaru. Untuk terus membangun channel yang menarik dan mendatangkan banyak pengunjung, sehingga akan menghasilkan banyak keuntungan material.
  • Menghadirkan konten edukatif dan tidak ada nilai negatif: meskipun banyak konten yang receh namun ramai pengunjung. Namun konten edukatif akan memberikan keuntungan ganda. Yaitu secara finansial dan secara sosial serta ketuhanan. Menyelipkan nilai luhur pada setiap video yang diunggah, dan tidak mengandung SARA adalah salah satu bentuk ibadah yang mulia. Sebagai youtuber tidak bisa memilih siapa saja yang boleh dan tidak melihat video yang diunggah. Dan video-video tersebut akan dinikmati oleh semua orang dari semua usia. Tak terkecuali anak-anak yang memerlukan contoh baik untuk menghasilkan generasi yang berkualitas.
  • Iklan : channel yang dibangun akan menjadi cepat besar dengan mendapatkan banyak pengunjung. Hal ini bisa diperoleh dengan menggunakan banyak iklan baik di media sosial, blog maupun web. Dengan pengiklanan maka seorang youtuber akan mendapatkan banyak pengunjung. Dan pendapatan yang diperoleh pun tidak hanya sebatas dari angka kunjungan. Namun akan bisa pula merambah melalui iklan yang di pasang di vidio-vidio yang diunggah.
  • Komunikatif dengan viewers : sebagai ide bisnis tanpa modal, youtuber merupakan bisnis yang gampang-gampang susah.

6. Penulis Lepas

Menulis adalah hal yang sangat biasa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa. Namun masih banyak yang tidak sadar bahwa kemampuan menulis mereka yang bermula dari tugas sekolah maupun kampus bisa menghasilkan uang.

Banyak sekali lowongan untuk penulis lepas, baik fiksi maupun non fiksi. Menjadi penulis lepas akan mendatangkan banyak keuntungan yang besar, seperti :

  • Ilmu yang tersalurkan : apapun yang dibagi akan berkurang kecuali ilmu. Dan menjadi penulis selain sebagai penghasil uang juga akan menghasilkan ganjaran atas setiap ilmu yang ditularkan.
  • Dibayar berdasarkan hobi : tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain dibayar dengan melakukan kesenangan. Maka bila menulis adalah hobi menjadi penulis adalah pekerjaan paling mujur. Sehingga tidak akan beranggapan bahwa menulis adalah beban kerja. Melainkan cara beraktualisasi diri yang menghasilkan.
  • Penghasilan yang tidak kecil : penghasilan dari menulis terkadang dihitung dari jumlah kata yang ditulis. Namun juga terkadang dihitung berdasarkan jumlah naskah jadi tanpa memperhatikan banyak kata yang dipakai. Namun dari keduanya terdapat sebuah kesamaan, yaitu semakin banyak menulis akan semakin banyak pula pendapatan yang dimiliki.

7. Fotografer

Foto adalah hal paling lumrah dan mengalami pergeseran menjadi sebuah kebutuhan. Hadirnya media sosial menjadi album foto tanpa sampul untuk semua orang. Dan menjadi peluang ide bisnis tanpa modal untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Keakraban dalam dunia fotografi pada anak muda jaman sekarang akan memberikan jalan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit. Menjadi fotografer pun adalah sebuah profesi menyenangkan, karena hal di bawah ini :

  • Fleksibel waktu : waktu untuk menjalankan ide bisnis tanpa modal dari fotografer tidak terikat. Tidak ada jam kantor yang akan mengganggu kegiatan belajar baik di sekolah maupun di kampus.
  • Mengenal banyak tempat menarik : dengan menjadi fotografer maka dengan tidak sengaja akan mengenal banyak tempat menarik. Berkesempatan mengunjungi spot foto bagus sebagai lokasi hunting.
  • Mendatangkan penghasilan banyak : penghasilan dari fotografer menjadi tidak terhingga. Bisa melalui bayaran ketika ada job mengambil gambar. atau melalui penjualan stock gambar yang dimiliki.
  • Hanya perlu kamera: kamera adalah barang yang hampir dimiliki oleh semua orang. Dan hanya dengan barang itu saja penghasilan fotografer bisa diperoleh.
  • Mengasah skill yang dibayar : selain sebagai media mencari uang, menjadi fotografer adalah sebagai media untuk berlatih. Skill akan semakin bagus dengan semakin tingginya jam pengambilan gambar.

Baca Juga: Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan


Ide Bisnis Tanpa Modal Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis Tanpa Modal

Kesuksesan tidak akan pernah terhalang hanya dengan telah menjadi seorang ibu rumah tangga. Menjadi ibu rumah tangga akan memberikan banyak waktu senggang untuk bisa menjalankan bisnis tanpa modal. Apa sajakah ide bisnis tanpa modal untuk ibu rumah tangga ? Di bawah ini adalah contohnya :

1. Jual Online

Sumber penghasilan yang sangat terbukti mendatangkan keuntungan sangat besar adalah dengan jualan online. Ide bisnis tanpa modal ini bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga yang full time berada di rumah. Tidak ada batasan jam kerja dan target penjualan seperti bila bekerja ikut orang lain. Pekerjaan mandiri ini sangat memberikan peluang untuk mendatangkan penghasilan tidak terbatas.

Memilih besaran gaji sendiri dan mengatur jam kerja sendiri adalah salah satu keuntungannya. Lalu bagaimana bisa memulai bisnis ini? berikut adalah caranya :

  • Memilih produk : untuk bisa memulai ide bisnis tanpa modal dengan jualan online, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih produk. Produk yang dijual bisa apapun, namun usahakan adalah barang yang benar-benar dikenal dan familiar untuk diri sendiri. Kenapa demikian? Hal ini untuk mendukung upaya totalitas dalam memperkenalkan kepada calon pembeli.
  • Memilih tempat jualan : tidak beda dengan jualan offline tempat memang sangat dibutuhkan. Para ibu rumah tangga bisa memilih tempat mereka jualan online. Seperti pada web, blog, instagram, facebook, dan semua media sosial yang paling sering digunakan. Atau bisa menggunakan marketplace ternama untuk menjaring banyak pembeli.
  • Sabar dan telaten : kemudian setelah toko online telah dibuka, sikap sabar dan telaten menjadi kunci kelanggengan toko. Sikap untuk selalu siap sedia melayani kustomer. Dan telaten memposting gambar barang dagangan.
  • Bangun kredibilitas melalui testimoni : mengapa testimoni itu penting bagi keberlangsungan toko online? Hal ini dikarenakan testimoni mewakili dari tingkat kepuasan pembeli sebelumnya. Dan banyak calon pembeli menjadi terpengaruh kepada penilaian yang mereka berikan. Semakin banyak dan semakin bagus testi maka semakin berpeluang menjadi besar pula toko online yang dibangun.
  • Kembangkan toko : setelah sukses dengan satu toko, bisa pula dengan membuka toko online di tempat lain.  Yaitu di media sosial lain, membuat blog dan web atau merambah ke market place.

2. Dropship

Sistem dropship adalah sebuah sistem jualan yang sangat menguntungkan bagi penjual yang tidak memiliki modal. Ini pun sebagai ide bisnis tanpa modal yang paling ampuh untuk diterapkan.

Dengan sistem ini maka penjual tidak perlu memiliki barang dan juga toko. Hanya menjualkan barang dari orang lain dengan sistem bagi keuntungan per item dan per satuan barang yang terjual.

Sistem dropshop ini memudahkan pelaku bisnis yang tidak memiliki modal apapun. Baik barang, toko, uang dan keahlian. Cukup hanya memposting  dan menawarkan barang milik orang lain. Hal yang harus diperhatikan adalah :

  • Memilih barang yang terkenal ; barang yang terkenal akan memudahkan proses promosi. bila barang yang akan dijualkan adalah barang yang jelas dibutuhkan serta telah banyak dikenal maka hasil penjualan akan sangat besar.
  • Memilih pusat yang memiliki sistem bagi hasil menguntungkan : dengan memilih pusat grosir yang memiliki bagi hasil yang kompetitif maka pelaku dropshop akan mengantongi keuntungan yang besar. Toko yang dipilih adalah toko yang menjual barang dengan harga yang tidak jauh lebih murah dari pada yang ditawarkan oleh pelaku dropshop. Pilihan toko dengan sistem bagi hasil per item yang dijual menjadi pilihan terbaik.
  • Pastikan barang yang akan ditawarkan dipahami : sebelum memilih menjadi dropshoper maka pastikan barang yang akan ditawarkan adalah barang yang dikuasai. Pengetahuan yang mencukupi akan membuat proses transaksi berjalan dengan lancar dan mulus.

3. Jasa Layanan Pembersih Rumah

Banyak orang menjadi sangat sibuk dan kekurangan waktu untuk membersihkan hunian mereka. hal ini sangat dipengaruhi oleh rutinitas yang dijalankan. Sedangkan kebutuhan akan kenyamanan di dalam rumah menjadi kebutuhan utama.

Dan ini bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga untuk membuat ide bisnis tanpa modal. Yaitu jasa layanan pembersihan rumah. Mengapa usaha ini sangat mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga. Berikut ini alasannya :

  • Merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan :membersihkan rumah adalah pekerjaan yang sangat mudah bila dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan ini dilakukan setiap hari dan menjadi pekerjaan yang lumrah. Namun ternyata kebutuhan jasa pembersih rumah sangat dibutuhkan oleh wanita karir yang tidak memiliki waktu mengurus rumah.
  • Tidak memerlukan modal : tidak ada modal sepeserpun yang harus dikeluarkan. Bahkan tidak mengharuskan persyaratan apapun untuk bisa menjalankan bisnis. Bila promosi dilakukan pada sasaran yang tepat maka kebanjiran order menjadi hal yang sangat sangat lumrah terjadi.
  • Waktu bisa diatur : waktu untuk menjalankan job ini pun bisa diatur. Tidak ada jam yang mengikat, pekerjaan tersebut dilakukan berdasarkan janjian waktu di antara keduanya.
  • Tidak mengganggu kegiatan sebagai ibu rumah tangga : menjalankan jasa pembersih rumah tidak akan mengurangi banyak waktu bersama dengan keluarga. Tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dijalankan dengan baik. Namun juga menemukan sumber penghasilan yang besar.

4. Jasa Layanan Penitipan Anak

Orang tua yang bekerja penuh di kantor akan sangat membutuhkan pengasuh dan penitipan anak yang bisa full day. Untuk itu ibu rumah tangga yang sedang mencari ide bisnis tanpa modal bisa menggunakan momen ini sebagai kesempatan mendapatkan penghasilan.

Penitipan anak adalah ide bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan bisnis ini tidak membuat ibu rumah tangga harus meninggalkan hunian mereka. berikut hal penting dari bisnis ini :

  • Peluang sangat banyak : banyak sekali orang tua yang mencari penitipan anak dengan sistem full day agar anak-anak mereka terawasi dengan baik. Penitipan anak menjadi bisnis yang mudah-mudah sulit. sangat mudah karena akan selalu ada banyak calon pelanggan yang membutuhkan jasa ini.
  • Memerlukan kesabaran ekstra : dinamakan bisnis yang mudah-mudah sulit karena mengasuh anak memerlukan kesabaran yang ekstra. Harus memiliki watak penyayang dan sabar.
  • Harus profesional : profesionalitas yang diperlukan adalah bisa bijak dalam setiap perkara yang timbul. Tidak menutup kemungkinan bahwa anak yang diasuh seumuran dengan anak sendiri. Sehingga saat terjadi kenakalan anak, pembuka jasa penitipan wajib bersikap profesional.
  • Keuntungan sangat besar : kelebihan dari jasa penitipan anak ini adalah sangat menjanjikan untung besar dan bisa dilakukan tanpa modal.
  • Pastikan layanan terbaik : jasa pelayanan memerlukan totalitas yang baik agar pelanggan tetap mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Untuk ide usaha tanpa modal ini bisa ditambah dengan jam belajar, jam bermain dan penanaman nilai mulia dalam kehidupan.

5. Katering

Ibu rumah tangga sangat identik dengan masak memasak. Lalu kenapa tidak kegiatan ini dijadikan bisnis yang memberikan untung menggiurkan? Bagaimanakah cara memulainya? Bisnis katering menjadi jawaban yang tepat untuk ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan sendiri dari rumah.

Ada banyak keuntungan dari seorang ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis katering. Yaitu, sebagai berikut :

  • Tidak melepaskan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga : bisnis di dalam rumah tidak membuat ibu rumah tangga menjadi lepas dari tugas dan kewajibannya di dalam rumah. Perhatian terhadap keluarga pun tidak akan berkurang dan ini tidak akan pernah diperoleh dari kerja kantoran.
  • Bekerja sesuai dengan passion : kebahagiaan dalam sebuah bisnis tidak hanya melulu mengenai pendapatan yang besar. Namun juga mengenai pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat.
  • Menjadi produktif meskipun tinggal di rumah : membuka bisnis katering akan memberikan keuntungan yang nyata di bidang material. Seorang ibu rumah tangga tetap akan produktif tanpa harus keluar rumah.

Baca Juga: Bisnis Online Tanpa Modal


Ide Bisnis Tanpa Modal Untuk Karyawan

Ide Bisnis Tanpa Modal

Menjadi pekerja tidak menghalangi seseorang untuk bisa meraih sukses di dunia bisnis. Salah satu hal yang bisa dilakukan karyawan agar pendapatannya tidak hanya berasal dari satu sumber adalah dengan berbisnis. Inilah ide bisnis yang bisa dilakoni oleh karyawan :

1. Bisnis Properti

Meskipun menjanjikan keuntungan yang sangat besar, namun bisnis properti hanya membutuhkan skill menjual dan koneksi. Menjalankan bisnis ini tidak perlu harus memiliki modal dan aset berupa properti.

Namun dengan banyak koneksi maka pelaku bisnis ini akan mendapatkan banyak hal untuk ditawarkan. Mulai dari rumah, tanah, toko dan banyak lain yang menjanjikan keuntungan sangat besar bila berhasil menjualkannya. Keuntungan dari bisnis properti menjadi sangat besar karena :

  • Tidak memerlukan modal sama sekali : hanya dengan koneksi bisnis ini sudah bisa dijalankan oleh seorang karyawan.
  • Harga jual produk yang sangat tinggi : tidak ada properti dengan nilai jual rendah. Untuk itu keuntungan yang besar pun tidak akan pernah menjadi mustahil.
  • Banyak sekali peminat properti : baik untuk investasi maupun dipakai sendiri, peminat properti terus meningkat sepanjang tahun.

2. Jual Barang Bekas

Banyak barang yang tanpa disadari sudah tidak pernah lagi dipakai dan hanya tergeletak di rumah. Seorang karyawan bisa menawarkan barang-barang yang ia miliki dan sudah tidak terpakai. Hal ini akan menghasilkan uang yang sangat lumayan dan uang ini adalah pendapatan di luar gaji.

Semakin banyak barang terjual, semakin banyak pula keuntungan yang akan diperoleh. Bisa juga dengan menjualkan barang bekas milik orang lain yang sudah tidak terpakai. Untuk bisnis ini poin yang harus diperhatikan adalah :

  • Detail produk : untuk bisa menjual produk bekas tanpa mengurangi kepuasan dari pelanggan adalah dengan mencantumkan detail produk dengan jelas. Tidak boleh untuk menutup-nutupi minus pada barang.
  • Harga yang relevan : harga jual dari barang bekas pun harus relevan. Dan disesuaikan dengan tingkat kerusakan maupun kecacatan pada barang yang akan dijual.

3. Member Barang Branded

Karyawan memiliki selera belanja yang tinggi dan sangat menyukai barang-barang bermerk. Ini adalah sebuah kesempatan untuk meraih sukses dengan menjadi member penjualan barang branded.

Hanya bermodalkan katalog produk yang bisa dibawa bersamaan dengan bekerja, sudah cukup untuk membuka pintu sukses lewat bisnis yang bisa dilakukan oleh karyawan.

Namun, karena telah memiliki ikatan pekerjaan dengan sebuah instansi, dalam melakoni bisnis ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini patut untuk digaris bawahi agar bisnis dan bekerja pun bisa berjalan dengan seirama. Apa sajakah poin itu? dibawah ini adalah penjelasannya :

  • Paham batasan waktu: profesionalitas akan terlihat ketika karyawan yang berbisnis tidak melakukan aktivitas transaksi ketika jam kerja berlangsung.
  • Fokus pada beberapa produk: meskipun banyak sekali macam barang branded yang bisa ditawarkan. Namun akan lebih baik bila hanya fokus pada beberapa produk saja. Hal ini dilakukan untuk lebih bisa konsentrasi dan benar memahami mengenai barang yang dipasarkan.
  • Memanfaatkan media sosial: selain berjualan dengan katalog, media sosial adalah piranti yang sangat ampuh. Promosi masih bisa terus berjalan sepanjang waktu.

Itulah tadi di atas, deretan berbagai ide bisnis tanpa modal yang sangat menarik untuk dilakukan. Kesuksesan merupakan pilihan yang ada pada semua diri manusia.

Yang membedakan adalah banyak dari mereka menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Dan hanya sebagian kecil saja yang memanfaatkan kesempatan menjadi jalan meraih kebebasan secara finansial.

Ide Bisnis Tanpa Modal

Tinggalkan Balasan