Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Ac (Air Conditioner) adalah salah satu komponen yang umumnya ada di dalam sebuah mobil. Komponen tersebut mempunyai fungsi sebagai pendingin ruangan mobil. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cuaca panas dikarenakan trik matahari yang selalu menyoroti bumi bisa membuat udara semakin gerah.

Terlebih negara Indonesia adalah negara yang mempunyai iklim tropis. Coba kamu bayangkan seperti apa sebuah mobil apabila di dalamnya tidak mempunyai Ac sebagai pendingin ruangan? Rasa panas dan gerah pun pasti bakal kamu rasakan ketika sedang mengemudi mobil tersebut.

Oleh karena itu, Komponen Ac di sini sangat penting bagi kendaraan bermobil. Seiring berjalannya waktu, perusahan-perusahaan otomotif di seluruh dunia akhirnya memperbaharui tingkat produksi pada masing-masing kendaraan yang mereka buat, yang sebelumnya tidak mengusung Ac, tapi saat ini hampir seluruh kendaraan mobil yang dibuat dengan keluaran baru menggunakan Ac.

Fungsi Ac untuk mobil ini memang sangat penting, karena dilihat dari sistem cara kerja Ac mobil ini bisa menangkal udara panas masuk ke dalam ruangan mobil walaupun ruangan tersebut tertutup oleh kaca dan pintu, akan tetapi akan terasa adem dan sejuk dikarenakan adanya Ac pada mobil.

Apakah kamu mengetahui apa saja komponen penting pada Ac? Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengetahuinya, berikut ulasan mengenai komponen Ax mobil beserta fungsinya. Simak baik-baik ya.


Komponen yang Ada Pada AC

Walaupun dari luar bentuk dari Ac ini terlihat mungil dan simpel, tapi perlu kamu ketahui bahwa Ac mempunyai rangkaian komponen yang berfungsi untuk membuat sistem Ac bekerja sehingga bisa menghasilkan udara sejuk terhadap ruangan.

Untuk komponen Ac terbagi menjadi beberapa bagian, yang mana masing-masing dari komponen tersebut mempunyai fungsi dan cara kerja sendiri. Oleh karena itu, masing-masing komponen tersebut harus bekerja secara optimal supaya Ac mempunyai fungsi sebagaimana seharusnya fungsi Ac.

Berikut akan ada pembahasan tentang rangkaian komponen yang terdapat pada Ac. Simak baik-baik ya 🙂


1. Kompresor

Kompresor mobil

Kompresor merupakan komponen yang ada pada Ac Mobil. Kompresor ini berupa mesin yang mempunyai fungsi untuk pendingin, sistem kerja dari kompresor ini untuk memompa freon yang memberikan tekanan pada Ac mobil yang setara dengan tekanan Ac yang dibutuhkan.

Jadi keberadaan dari kompresor ini adalah untuk mengangkat freon menuju komponen lainnya yang bernama kondesor supaya Ac bisa melewati saluran dari pipa Ac.

Bisa dikatakan kompresor ini adalah salah satu komponen yang mempunyai peranan penting terhadap sistem kerja Ac mobil.


2. Kondensor

Kondensor mobil

Selain kompresor, kondensor juga merupakan komponen Ac ke dua yang berperan sebagai merubah freon menjadi suhu yang lebih tinggi. Freon yang sebelumnya telah dikompa oleh kompresor lalu naik ke bagian kondesor berupa cairan yang kemudian cairan tersebut dirubah menjadi udara uap yang mempunyai suhu dingin.

Terjadinya hal itu disebabkan adanya pelepasan udara panas melalui sela-sela dari dalam kondensor.


3. Filter atau Dryer

Filter atau juga bisa disebut dengan Dry adalah komponen ke tiga bagi Ac. Komponen ini mempunyai fungsi untuk menyaring semua kotoran-kotoran yang tersebar di dalam sistem Ac. Kotoran yang menyebar ke seluruh sistem Ac bisa mengakibatkan penyumbatan pada bagian saluran udara.

Selain penyumbatan, kotoran-kotoran yang menyebar pada sistem tersebut bisa mengakibatkan penyakit. Oleh karena itu adanya Filter atau Dry ini berguna sekali untuk membersihkan seluruh kotoran yang menyebar di bagian sistem Ac.

Komponen ini memang sangat berguna bagi sistem Ac untuk mencegah kotoran-kotoran agar tidak masuk ke dalam.


4. Expansi Valve

Expansi Valve mobil

Komponen keempat adalah Expansi Valve atau biasa disebut dengan sebutan Katup Ekspansi. Komponen ini berfungsi untuk membuat cairan freon yang mempunyai tekanan tinggi dari dryer mengarah ke bagian evaporator.


5. Evaporator

Evaporator mobil

Evaporator adalah komponen kelima atau terakhir pada Ac. Fungsi dari komponen Evaporator ini adalah menyerap udara panas dari luar yang kemudian langsung dialirkan ke dalam sistem pendingin udara. Komponen ini bekerja untuk mengalirkan udara panas dari luar yang dirubah menjadi dingin dengan proses melewati sela-sela yang ada pada sistem pendingin Ac.

Bisa dikatakan bahwa sistem pendingin Ac ini memang erat kaitannya dengan bagian-bagian yang menyusunnya, masing-masing dari bagian tersebut saling bekerja sama secara optimal untuk menghasilkan sistem kerja Ac dengan baik.

Apabila ada beberapa atau salah satu komponen dari Ac itu yang rusak, maka sistem kerja Ac tidak bakal bekerja secara optimal, sehingga bisa memberi dampak buruk terhadap udara yang dihasilkan oleh komponen Ac.

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik kendaraan mobil harus selalu melakukan pengecekan komponen Ac secara berkala, hal tersebut dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan pada bagian komponen Ac.

***

Mungkin sekian ulasan kali ini tentang Komponen Ac Mobil lengkap beserta fungsinya, artikel yang saya kutip melalui website otomotif. situs teman ane yaitu mamangbengkel sekalian minta backlink katanya, Semoga dengan adanya backlink dan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan