Makalah Bahasa Indonesia

makalah bahasa indonesia

Makalah Bahasa Indonesia – Makalah bahasa Indonesia adalah makalah yang disusun untuk membahas berkaitan sejarah lahirnya bahasa Indonesia dan juga faktor yang mempengaruhi terbentuknya Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai alat pengantar komunikasi. Makalah ini sangat penting untuk diketahui dan dikembangkan karena bahasa Indonesia adalah bahasa yang menjadi pemersatu dari sekian banyaknya bahasa yang ada di Indonesia.

Makalah bahasa Indonesia biasanya diawali dengan kata pengantar dan diakhiri dengan kesimpulan sebagai penutup. Didalam membuat makalah juga terdapat rumusan masalah, manfaat, serta tujuan dibuatnya makalah tersebut. Pembahasan di dalam makalah juga harus berurutan sesuai daftar isi yang telah disusun. Makalah juga berisi latar belakang yang mendasari pembahasan yang akan dijelaskan. Agar lebih menarik, pemakalah harus membuat judul yang unik. Berikut contoh Makalah Bahasa Indonesia :


Download Makalah Bahasa Indonesia File Doc

Copy Link Makalah Bahasa Indonesia di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1HO2bgBmUqEosQU43eDOm_frcw9aEPmao

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Contoh Makalah Bahasa Indonesia

Makalah Bahasa Indonesia

Makalah bahasa indonesia akan membahas definisi dan kedudukan Bahasa Indonesia di mata bangsa Indonesia dan masyarakat. Tentang bagaimana menjadi bahasa satu-satunya yang diperbolehkan di gunakan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Lalu bagaimana degan kebutuhan memahami bahasa asing. Berikut penjelasannya

Baca Juga: Contoh Makalah Penelitian

Latar Belakang

Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi kelangsungan kehidupan. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat berinteraksi satu sama lain dalam mengutarakan hal yang ingin disampaikan. Bahasa juga sebagai penyampai ekspresi yang baik antar komunikator. Bahasa sebagai media komunikasi sangat penting dalam memperlancar komunikasi jarak dekat maupun jauh.

Di Indonesia sendiri memiliki beragam bahasa daerah yang berbeda di setiap sukunya. Namun, bahasa yang resmi yang dipakai adalah Bahasa Indonesia. Sejarah terbentuknya bahasa Indonesia sendiri memiliki perjalanan yang lebih panjang dari pada sejarah kemerdekaan bangsa ini. Banyak sekali faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi terbentuknya bahasa yang sangat dijunjung tinggi ini. Bahasa dianggap sebagai warisan budaya mengingat perjuangan nasionalisme sebagai pemersatu tanah air.  Bahkan Bahasa Indonesia juga disebutkan dalam sumpah pemuda.

Lalu apakah Bahasa Indonesia saat ini telah digunakan sebaik-baik bahasa dalam berkomunikasi. Tentunya dalam berkomunikasi banyak masyarakat Indonesia juga menggunakan bahasa asing dalam kehidupannya apakah hal ini akan berdampak buruk bagi keberlangsungan Bahasa Indonesia di negara ini.

Hal ini seharusnya mampu disikapi dengan baik jika tidak maka bahasa Indonesia hanya digunakan oleh orang-orang kelas menengah kebawah. hal ini penting dibahas dan diperhatikan menimbang banyaknya bangsa asing yang telah digunakan dalam berkomunikasi di Indonesia bahkan dalam bahasa pendidikan telah banyak menggunakan bahasa asing dalam prosesnya.

Rumusan dan Tujuan

Itulah yang menjadi latar belakang dalam makalah bahasa Indonesia diatas. Pada umumnya Didalam sebuah makalah, memiliki rumusan masalah yang  berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dibagian penjelasan nantinya. Berikut rumusan masalah dalam Makalah ini

  1. Bagaimana perjalanan proses histori bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa pemersatu dalam negara Indonesia?
  2. Bagaimana dampak penggunaan bahasa asing dalam kehidupan di negara Indonesia terhadap keberlangsungan bahasa Indonesia di masa yang akan datang?

Tujuan Makalah

Agar pembaca memahami makna dari Bahasa Indonesia secara terperinci serta menambah wawasan tentang sejarah perjuangan terbentuknya bahasa Indonesia yang terdiri dari banyak faktor makanya perlu diketahui tujuan pembuatan makalah ini.

  1. Untuk Mengetahui tentang bagaimana perjalanan proses histori bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa pemersatu dalam negara Indonesia.
  2. Bertujuan dapat memahami bagaimana dampak penggunaan bahasa asing dalam kehidupan di negara Indonesia terhadap keberlangsungan bahasa Indonesia di masa yang akan datang?

Pembahasan

Agar permasalahan dalam makalah bahasa Indonesia ini menjadi utuh maka akan dibahas sebuah kajian pustaka maupun landasan teoritis yang akan menambah pengetahuan dan wawasan pembaca dalam mengetahui bahasa Indonesia.

Pengertian Bahasa Indonesia

Secara umum, Bahasa diartikan sebagai alat komunikasi yang menghantarkan informasi ke sesama lawan komunikasinya. Bahasa yang merupakan media komunikasi dapat disampaikan melalui lisan maupun tulisan. Bahasa dapat digunakan apabila saling mengerti satu sama lain dengan sumber daya bahasa yang dimiliki. Tentunya masyarakat masing ingat yang tertera dalam undang-undang pada pasal 36 yang berisi tentang Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa Indonesia yang sebagaimana disebutkan. Bahkan bahasa Indonesia juga disebutkan dalam Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Meskipun Bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa resmi di Negara Indonesia, sebagian besar masyarakat banyak yang tidak memahami kaidah-kaidah kebahasaan itu sendiri. Mengingat banyaknya bahasa daerah dari suku masing-masing tiap daerah, dalam kehidupan sehari-hari bahasa Indonesia tidak diprioritaskan karena sebagian masyarakat menganggap bahasa daerah atau bahasa pergaulan mereka lebih nyaman digunakan dalam menyampaikan informasi. Contohnya bahasa jawa, sunda, batak, Betawi dan masih banyak lagi.

Penggunaan bahasa Indonesia lebih sering digunakan dalam kegiatan yang resmi. Misalnya dalam menulis surat resmi, berpidato ataupun dalam buk-buku pelajaran sekolah. Bahasa Indonesia berasal dari dialek melayu yang diubah menjadi bahasa resmi Bahasa Indonesia. Bahasa ini diresmikan pada tahun 1945 bersamaan setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda. Penuturan bahasa Indonesia cukup mudah dipelajari. Bahasa Indonesia juga menyerap bahasa asing.

Sejarah Terbentuknya Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia diresmikan pada tahun 1945 bersamaan setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda. Bahasa Indonesia berasal dari dialek melayu yang kemudian diresmikan sebagai bahasa Indonesia. Tak hanya di Indonesia, bahasa melayu juga sudah digunakan di kawasan asia tenggara sejak zaman dahulu pada abad ke-7. Perkembangan bahasa Melayu yang pesat menjadikan bahasa ini bertumbuh kembang di seluruh nusantara.

Bahasa Melayu digunakan sebagai komunikasi antar pedagang baik di daerah Nusantara maupun luar Nusantara. Selain komunikasi antar pedagang, bahasa Melayu juga digunakan dalam antarbangsa, pulau dan juga sebagai media penyebaran ajaran pendidikan. Didalam kitab Buddha pun bahasa Melayu juga digunakan dalam menyampaikan ajaran agamanya. Bahasa melayu juga menyerap bahasa asing mengingat banyaknya pedagang asing yang sering keluar-masuk antar pulau. Mulai dari bahasa Arab,Persia, dan juga Bahasa Sansekerta yang termasuk dalam komponen Bahasa Melayu.

Berkembangnya bahasa melayu di seluruh pelosok nusantara mendorong adanya rasa persatuan dan semangat persaudaraan bangsa Indonesia. Terbentuknya bahasa Indonesia awal mulanya adalah dari pemuda yang berasal dari berbagai pelosok Nusantara yang merembukkan bahasa yang akan diresmikan di Negara Indonesia ini. Akhirnya pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 diikrarkan Sumpah Pemuda yang meresmikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan Indonesia. Bahasa yang dijunjung tinggi ini digunakan dalam banyak kegiatan seperti pendidikan, surat kabar, bahkan ranah politik juga ikut serta dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara

Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau, suku dan ribuan bahasa daerah yang menjadikannya warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Keragaman budaya ini menjadikan Indonesia negeri yang indah dan eksotis. Berikut ragam bahasa yang ada di Indonesia berdasarkan letak pulaunya masing-masing.

Bahasa indonesia adalah suatu bahasa negara. Kebesaran bangsa indonesia juga salah satunya dikarenakan bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Bahasa indonesia adalah bahasa ibu bangsa Indonesia. Bahasa pemersatu dan bahasa yang menjadi identitas resmi bangsa Indonesia itu sendiri. Fungsi bahasa indonesia tidak saja sekedar bahasa yang berasal dari Indonesia tetapi bahasa indonesia telah diatur penggunaanya sebagai bahasa yang resmi dan mutlak di Indonesia.

Fungsi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-bari bagi bangsa Indonesia sangatlah penting.  Kemampuan seseorang dalam berbahasa Indonesia menjadi salah satu kemampuan yang wajib diuji terbukti bahasa Indonesia masuk dalam salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional di negara Indonesia.

Bahasa Indonesia Di Tengah Gempuran Bahasa Asing

Pentingnya bahasa Indonesia bagi bangsa ini memang tidak diragukan lagi. Namun saat ini bahasa indonesia berada dalam problematika yang tidak kecil. Era globalisasi membuat masyarakat Indonesia mampu menguasai bahasa asing selain bahas Indonesia. Walaupun komunikasi dan interaksi terjadi dalam bangsa Indonesia sendiri, bahasa asing kerap menjadi salah satu keharusan yang harus dimengerti oleh masyarakat. Apa yang harus kita lakukan adakah dampaknya bagi kehidupan bangsa Indonesia.

Sesungguhnya memahami semua bahasa adalah kemampuan yang harus dikembangkan. Bukankah di Indonesia sendiri kita diajarkan untuk mengetahui bahasa daerah disamping harus memahami bahasa Indonesia. Bahkan mata pelajaran daerah saat ini menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal dan ekstra kurikuler yang dipelajari di lingkungan sekolah. Tentu saja hal ini tidak lain bertujuan agar bangsa Indonesia tidak melupakan bahasa daerahnya.

Namun apa jadinya jika bangsa Indonesia menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya hal ini tidak menjadi hambatan karena bahasa asing juga memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa di dunia ini. Yang menjadi masalah apabila bahasa asing menjadi bahasa utama sedangkan bahasa indonesia hanya sebagai bahasa simbol semata.

Kecintaan masyarakat indonesia terhadap bahasa indonesia kini di uji dengan berbagai gaya dan model masyarakat dalam berbahasa. Perpaduan bahas asing juga sering kita degar dalam kehidupan masyarakat. Atau bahasa indonesia dengan bahasa gaul juga kerap mengisi berbagai bacaan di sosial media dan sehari-hari.

Bahasa Indonesia tidak lagi utuh dan mengalami makna yang meluas dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.di satu sisi sungguh ini suatu anugerah yang besar karena bahasa indonesia bahasa unik yang penggunaanya sangat beragam. Namun sayangnya kondisi ini juga kerap menjadi struktur bahasa Indonesia tidak lagi memiliki arti bahasa yang sesungguhnya yang penuh dengan tata krama dan moral kata yang terkandung dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga: Pendahuluan Makalah

Penutup

Berikut ini adalah bagian penutup dari makalah bahasa Indonesia. Sebagaimana yang diatur dalam karya ilmiah jenis makalah akan ada penutup yang menjelaskan pembahasan dengan kalimat sederhana dan singkat. Tujuannya agar pembaca dapat memahami makalah dengan cepat dan mudah.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan makalah bahasa Indonesia ini adalah:

  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu dan bahasa pemersatu yang seharusnya dijunjung tinggi di dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Bahasa Indonesia telah menjadi sumpah nya seluruh masyarakat Indonesia bahwa bahasa Indonesia akan menjadi bahasa baku bangsa dan menjadi bahasa pemersatu bangsa.
  2. Bahasa Indonesia telah mengalami banyak perubahan kosa kata dan perbendaharaan dalam perkembangannya. Namun bahasa Indonesia juga selalu menjadi bahasa kombinasi di dalam beberapa model orang dalam berbahasa mulai dari bahasa gaul maupun bahasa asing.
  3. Setiap warga negara memiliki kewajiban menggunakan bahasa Indonesia di negara Indonesia. Kemampuan menggunakan bahasa asing harus dijadikan bahasa pendamping tatkala seseorang ingin melakukan interaksi atau komunikasi nasional dalam kehidupan berbangsa seperti pidato kebangsaan di negara lain maupun melakukan pertemuan dengan negara lain.

Saran-saran

Cintailah bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu yang patut dijunjung tinggi dalam berkomunikasi dan berbahasa di Negara Indonesia ini. Menggunakan bahasa asing di dalam bangsa Indonesia harus dijadikan bahasa pendamping disamping bahasa utama yaitu bahasa Indonesia.

Makalah Bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan