Contoh Makalah Demokrasi

5 min read

makalah demokrasi

Makalah Demokrasi – Demokrasi adalah satu sistem pemerintahan yang dianut oleh banyak negara-negara berkembang bahkan Indonesia juga termasuk negara yang mengadopsi sistem demokrasi. Secara umum demokrasi adalah sistem pemerintah yang menjunjung tinggi hak-hak rakyat. Untuk memperkaya pengetahuan akan hal ini makalah demokrasi dapat dijadikan literasi.

Dalam makalah demokrasi akan dibahas hal-umum dan sederhana tentang demokrasi serta pengertian secara luas. Saat ini kebutuhan masyarakat akan literasi sangatlah penting hal ini untuk menyaingi peningkatan teknologi saat ini.

Berikut ini akan dibahas makalah demokrasi yang akan dijabarkan berdasarkan rumusan masalah yang ingin diketahui. Walaupun tidak seluas dengan membaca buku namun makalah adalah cara efektif untuk memahami salah satu istilah atau informasi pengetahuan tertentu.


Download Makalah Demokrasi File Doc

Copy Link Makalah Pancasila di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1b343pi8nmRwpawcgGsFpmFxGLCZM66x5

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Demokrasi

Makalah Demokrasi

Demokrasi memang memiliki arti mengedepankan hak-hak asasi rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi dalam sebuah pemerintah khususnya bangsa di Indonesia. Namun pada kenyataannya justru banyak penyimpangan sehingga akan merugikan rakyat itu sendiri. Berikut pembahasannya dalam latar belakang masalah.


Latar Belakang Masalah

Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang dijadikan dasar politik di indonesia. Dengan adanya demokrasi maka setiap orang memilih pilihannya dalam menentukan arah pemerintahan namun tidak semua hal ini dapat dilaksanakan dengan sepenuhnya. Masyarakat tetap pada kondisi semua yaitu akan terkontaminasi kepada golongan atau bagian tertentu.

Kondisi demokrasi dalam pelaksanaan di negeri Indonesia selalu berbenturan berbagai macam permasalahan yang cukup kompleks. Entah masyarakat yang tidak mengetahui atau memang tidak mau tahu sehingga sedikit sekali masyarakat mengetahui akan pentingnya hak pilih setiap individu.

Faktanya masih banyak hak pilih setiap warga di Indonesia tidak digunakan dengan sebaik-baiknya. Bahkan masih ada masyarakat yang beranggapan untuk tidak menggunakan hak pilihnya dalam setiap pemilihan. Tidak saja dalam pemilihan demokrasi seharusnya membawa masyarakat pada kondisi memiliki pendapat yang seluas-luasnya terhadap apapun yang terjadi dalam negara tersebut.

Baca Juga: Makalah Senam Lantai


Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah demokrasi ini adalah hal-hal yang telah diidentifikasi seperti dibawah ini:

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan demokrasi berdasarkan teori politik dan definisinya?

2. Bagaimana sistem pelaksanaan demokrasi dalam negara di Indonesia?

3.Perkembangan demokrasi dari masa ke masa dan proses pelaksanaannya di negara di Indonesia?


Manfaat dan Tujuan Makalah

Sedangkan tujuan dan manfaat akan pembahasan makalah demokrasi ini adalah untuk dapat mengetahui apa saja yang menjadi poin pembahasan pada rumusan masalah diatas. Dan adapun manfaat nya adalah sebagaimana dibawah ini

1.Untuk dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan demokrasi berdasarkan teori politik dan definisinya.

2.Dapat mengetahui tentang bagaimana sistem pelaksanaan demokrasi dalam negara di Indonesia.

3.Serta Agar mengetahui Perkembangan demokrasi dari masa kemasa dan proses pelaksanaanya di negara di Indonesia?


Pembahasan

Dan sebagaimana rumusan masalah yang telah diidentifikasi diatas maka pembahasan yang akan dijelaskan dalam makalah ini adalah hal-hal yang dianggap penting dan dapat menjawab masalah diatas.

Demokrasi Dalam Sudut Pandang Etimologis

Demokrasi memiliki arti secara etimologis adalah sebuah pengertian yaitu demokrasi yang berasal bahasa yunani yaitu yang berarti demos dan kratos atau rakyat dan kekuasaan. Jika diartikan secara keseluruhan demokrasi memiliki akar konsep rakyat berkuasa.

Dalam istilah di indonesia demokrasi sering dikenal dengan makna untuk rakyat dari rakyat dan oleh rakyat. Namun perlu diketahui bahwa demokrasi dalam tiap tiap warganegara memiliki ciri dan khas tertentu tergantung kondisi dan wilayah tertentu. Namun hampir semua pengertian dan orientasi pengertian demokrasi selalu di dedikasikan pada rakyat.

Dari pengertian diatas demokrasi seolah memberikan pengertian bahwa kekuasaan dalam sebuah negara dan pemerintahan itu tergantung kepada rakyatnya. Dengan demokrasi masyarakat berhak menentukan arah dan pilhannya dalam hal kekuasaan. Artinya rakyat memiliki kekuasaan penuh dalam menentukan arah pemerintahan.

Jadi rakyat memiliki hak dalam menilai dan mengkritisi kebijakan dan kepemerintahan. Sistem demokrasi adalah sebuah dasar hidup dalam bernegara yang menunjukkan bahwa rakyat adalah tingkatan tertinggi. Segala sesuatu yang diatur haru bermuara kepada kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Ada beberapa sistem demokrasi dalam tiap tiap bangsa ada yang menggunakan sistem presidensial dan ada juga yang menggunakan sistem parlementer.

Presidensial yaitu sistem yang berorientasi langsung kepada presiden. Presiden adalah pemimpin yang mendapatkan mandat rakyat untuk mengatur sistem pemerintahan. Sehingga secara sistematis untuk kekuasaan eksekutif berada di bawah kekuasaan presiden.

Dan untuk sistem parlementer adalah sistem dengan perpaduan antara kekuasaan legislatif dan eksekutif. Eksekutif di pegang dan dikendalikan oleh perdana menteri dan legislatif di pegang oleh ratu. Kekuasaan rakyat ini dapat mencakup sektor social, politik, ekonomi, dan budaya. demokrasi merupakan hak bagi seluruh warga Negara. Didalam demokrasi juga terdapat prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Kedaulatan Rakyat

2. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah

3. Kekuasaan Mayoritas

4. Hak-hak Minoritas

5. Jaminan Hak Asasi Manusia

6. Pemilihan yang Bebas, Adil, dan Jujur

7. Persamaan di Depan Hukum

8.Proses Hukum yang Wajar

9.Pembatasan Pemerintah Secara Konstitusional

10.Pluralisme Sosial, Ekonomi, dan Politik

11. Nilai-nilai Toleransi, Pragmatisme, Kerjasama dan Mufakat.

Pelaksanaan demokrasi di Indonesia

a. Perkembangan Demokrasi Masa Revolusi Kemerdekaan (1945-1950)

Pada saat itu demokrasi di Indonesia belum berjalan dengan baik karena masih adanya permasalahan perjuangan bangsa indonesia dengan bangsa belanda yang ingin kembali . pada masa ini, segala kekuasaan pemerintah Indonesia dipegang oleh presiden. Pada masa ini lembaga legislative banyak mengalami perubahan. Kemudian adanya pembentukan partai politik, dan mengubah system presiden menjadi parlementer

b. Perkembangan Demokrasi Perlementer (1950-1959)

Landasan konstitusional pada masa pemerintahan ini menggunakan UUDS ( undang-undang dasar sementara). Proses politik yang berjalan berjalan dengan baik dikarenakan adanya peran lembaga perwakilan rakyat atau parlemen. Meski demikian, demokrasi parlementer dinilai gagal karena tidak mampunya konstituante untuk mengubah sidang Undang- Undang Dasar 1945. Selain itu adanya persamaan kepentingan presiden Soekarno dengan kalangan angkatan darat yang tidak suka dengan politik yang sedang berjalan pada saat itu. Atas dasar inilah presiden membubarkan konstituante dan membentuk MPRS.

c. Perkembangan Demokrasi Terpimpin ( 1959-1965)

Pada masa ini banyak terjadinya penyimpangan demokrasi karena banyaknya partai politik yang hanya mengedepankan kepentingan ideology tersendiri, sehingga tidak memerhatikan kepentingan nasional serta tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang menjiwai pancasila.

Karena masalah inilah banyak pemimpin partai politik yang dipenjarakan disebabkan mengaburnya system pemerintahan. Jaminan HAM lemah karena adanya pemberontakan G30SPKI yang juga menyebabkan berhentinya masa pemerintahan orde lama.

d. Perkembangan Demokrasi Orde Baru

Demokrasi pada masa ini ditandai dengan adanya pergantian presiden soeharto untuk menggantikan presiden sebelumnya yaitu Soekarno. Diterapkannya demokrasi pancasila dianggap sesuai dengan ideologi pancasila dan memberikan harapan baru kepada rakyat dalam pembangunan di segala bidang.

Krisis ekonomi dan kritis politik menjadi sebab gagal nya demokrasi orde baru ini. Selain itu faktor lain dalam berakhirnya demokrasi orde baru ialah, tidak adanya semangat demokratis dalam melaksanakan pemilu, serta membludaknya demonstrasi yang dilakukan untuk menuntun turunnya soeharto sebagai presiden.

e. Perkembangan Demokrasi Pada Masa Reformasi ( 1998-sekarang)

Penyerahan kekuasaan pemerintahan dari presiden soeharto kepada wakil presidennya yaitu BJ. Habibie menandai berakhirnya pemerintahan masa orde baru. Pada masa ini tidak sama dengan pemerintahan sebelumnya meskipun adanya persamaan diterapkannya demokrasi pancasila. Yang membedakan adalah karena adanya ketetapan-ketetapan yang dibuat MPR dan adanya amandemen UUD (I,II,III,IV).Pemilu yang dilaksanakan juga jauh lebih demokratis dibandingkan sebelumnya. Kebebasan menyatakan pendapat juga merupakan hak dasar yg bisa terjamin.

f. Contoh kasus pelaksanaan demokrasi di Indonesia

Penembakan ini terjadi pada saat mahasiswa Tri Sakti yang berdemonstran untuk menuntut turunnya presiden soeharto dari jabatan presiden. Kejadian ini menewaskan 4 mahasiswa universitas Tri Sakti, Jakarta, serta mengakibatkan luka-luka puluhan mahasiswa lainnya. Mereka sempat melakukan aksi damai, namun dihambat oleh pasukan polri dan militer yang datang. mahasiswa bergerak mundur bersamaan dengan majunya aparat keamanan. Disaat itu juga aparat  kepolisian mulai menembak para demonstran sehingga mereka bercerai berai berlarian dan berlindung ke dalam universitas.  tidak sedikit korban dalam peristiwa ini yang kini patut dikenang di negara indonesia ini.

Kegagalan presiden dalam menjalankan kekuasaan Presiden sulit mengambil langkah kebijakan karena pemerintahan yang di setir oleh partai politik. Misalnya dalam memberhentikan menteri, jika menteri diberhentikan maka partai politik tersebut mundur dari pemerintahan yang semakin membuat lemahnya pemerintahan. Karena Lembaga legislative yang mengutus banyaknya kebijakan yang akan dibuat oleh presiden.

Baca Juga: Makalah Manajemen Pemasaran


Penutup

Didalam penutup berisi kesimpulan secara singkat dan menyeluruh agar pembaca dapat memahami isi pembahasan tersebut. Berikut kesimpulan dari makalah pelaksanaan demokrasi di Indonesia

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat dijadikan ringkasan dalam makalah demokrasi ini adalah sebagaimana berikut ini:

Demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat, yaitu sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Bagi rakyat demokrasi ini sangat penting karena dapat memberikan hak-hak dalam menentukan sendiri jalannya organisasi suatu Negara. Sampai saat ini Indonesia menerapkan demokrasi pancasila karena dirasa dapat mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai dengan ideologi pancasila itu sendiri.

Dengan adanya demokrasi ini rakyat dapat memberikan pendapat, aspirasi serta menyalurkan hak-hak politik secara langsung. Demokrasi ini ditandai dengan adanya pelaksanaan pemilu dalam jangka waktu 5 tahun sekali untuk pemilihan legislative maupun presiden dan wakil presiden.

Saran-saran

Adapun saran-saran yang dapat diketahui dalam makalah ini adalah sebagai berikut ini:

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang seharusnya menjunjung hak warganegara dalam menentukan pilihannya tentang politik. Namun agar warga negara dapat menggunakan hak pilih dengan baik membutuhkan pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan akan privasi pilihan tiap tiap orang tersebut. Dengan adanya kondisi itu diharapkan pemerintah dan praktisi dan penggiat politik harus memperhatikan akan pendampingan dan kebutuhan pengetahuan politik kepada masyarakat. Dengan pendampingan dan sosialisasi politik secara menyeluruh maka masyarakat tidak akan salah dalam menggunakan hak-haknya dalam berdemokrasi dan turut andil dalam menjalankan pemerintahan

Makalah diatas adalah beberapa penjelasan secara umum tentang pengertian dan pelaksanaan dekorasi di dalam bangsa di Indonesia. Tentunya dapat diketahui bahwa proses  demokrasi tidak seindah pengertiannya yang memegang hak-hak tiap warga dalam berpolitik.  Namun harapannya setelah mengetahui akan pengertian demokrasi adalah setiap warga negara memahami akan tinggi hak demokrasi bangsa.

Makalah Demokrasi 

Tinggalkan Balasan