Contoh Makalah Globalisasi

makalah globalisasi

Makalah Globalisasi – Makalah globalisasi adalah makalah yang memaparkan tentang perkembangan seluruh aspek kehidupan manusia secara keseluruhan atau global. Tiada aspek yang tidak merasakan globalisasi saat ini. Mulai dari ekonomi, politik, sosial maupun spritualitas manusia itu sendiri.

Makalah globalisasi memiliki banyak pembahasan oleh sebab itu dalam pembahasan kali ini makalah akan dipaparkan lebih spesifik yaitu globalisasi kebudayaan yang terjadi di Indonesia. Untuk bisa membuat makalah ini maka pemakalah harus mendapatkan referensi yang cukup.

Untuk menjadikan makalah globalisasi menjadi unik referensi tidak harus dari buku tertentu ada banyak hal lain saat ini yang dapat dijadikan referensi. Salah satunya fenomena sosial manusia dan perkembangan pola kehidupan saat ini juga dapat dibahas dalam globalisasi. Berikut contoh pemaparan makalah globalisasi budaya.


Download Makalah Globalisasi File Doc

Copy Link Makalah Globalisasi di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1EheASls_NqvjUD-oFiihfV9Az8ZuMamF

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Latar Belakang Masalah

 

Untuk memaparkan suatu pembahasan maka harus memunculkan permasalahan yang dapat dijadikan dasar dalam  pemaparan. Untuk latar belakang masalah globalisasi kebudayaan maka dalam bagian ini akan dibahas tentang segala hal globalisasi kebudayaan di Indonesia.

Globalisasi adalah kondisi yang saat ini terjadi dan sedang berlangsung dalam segala belahan dunia manapun. Dari politik, sosial bahkan budaya juga mengalami globalisasi dalam setiap perkembangannya saat ini. Hal ini terlihat dari perilaku masyarakat indonesia dengan segala pola dan budaya yang sangat beragam atau heterogen.

Artinya globalisasi budaya terjadi dengan sangat cepat dan tanpa batas. Masyarakat indonesia dengan mudah mengakses budaya bangsa lain begitu juga bangsa lain. Tidak lagi terbatas seperti dulu seluruh produk budaya luar dapat diadopsi saat ini di indonesia. Hal ini merupakan fenomena globalisasi.

Disatu sisi globalisasi memberikan keuntungan dan kebaikan karena dapat mengakses apapun dengan mudah. Namun disamping itu tentunya terdapat pengaruh negatif dan merugikan bangsa indonesia itu sendiri.

Budaya korea, dan eropa adalah budaya yang paling banyak mendominasi dalam pergolakan globalisasi di Indonesia saat ini. Secara langsung hal ini membuat mulai dari gaya berbusana, berperilaku masyarakat juga tidak dapat dibendung. Baju, musik, makanan serta alat komunikasi saat ini memberi kemudahan dalam menjangkau apa saja yang dibutuhkan manusia saat ini. Globalisasi menjadi tren dan membentuk pola tersendiri dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Tidak lagi bersusah payah apa saja yang saat ini menjadi budaya dan trend dapat mudah dan dengan cepat menyebar ke segala penjuru dunia. Hal ini membuat perkembangan digital dan sosial media masyarakat menjadi sangat tidak bisa di prediksi. Betapa tidak akibat globalisasi budaya saat ini pihak asing juga bisa hidup dan berkarir di Indonesia.

tentu saja kondisi ini membuat persaingan menjadi sangat ketat. Terutama untuk mencari lowongan pekerjaan. Namun kondisi ini juga memiliki dampak positif bagi generasi di Indonesia yaitu menjadi lebih kreatif, daya saing juga semakin kompetitif dan persaingan bisnis terjadi menjadi sangat pesat.

Baca Juga: Makalah Pancasila


Rumusan Masalah

Berikutnya adalah penegasan masalah yang dibahas dalam makalah globalisasi ini. Dalam rumusan masalah biasanya terdiri dari berbagai pertanyaan untuk dibahas dan dijawab dalam makalah. adapun rumusan masalah yang dapat dijadikan pertanyaan dalam makalah ini adalah seperti dibawah ini:

1. Apa pengaruh yang ditimbulkan dari globalisasi kebudayaan di Indonesia?

2. Sikap dan perilaku yang seperti apa yang pantas dalam menghadapi globalisasi kebudayaan di Indonesia saat ini?


Identifikasi Masalah

Dari sekian banyak permasalahan dan hal penting yang dapat dibahas dalam makalah globalisasi namun penting adanya identifikasi masalah. Hal ini untuk lebih fokus pada hal-hal yang disoroti dan menarik untuk dibahas dalam makalah ini. Adapun untuk identifikasi masalah dalam makalah ini adalah

  • Adanya globalisasi menyebabkan pudar bahkan hilangnya entitas budaya asli bangsa Indonesia.
  • Globalisasi juga menjadikan perilaku dan pribadi rakyat dan masyarakat menjadi tidak khas lagi melainkan menjadi sangat kontras.
  • Selain itu pemerintah harus dapat mengatasi banyaknya perilaku yang menyimpang akibat tidak kuatnya dasar kebudayaan asli bangsa Indonesia.

Manfaat dan Tujuan Makalah

Setelah bagian identifikasi pemakalah juga dapat mencantumkan manfaat secara umum maupun khusus tentang manfaat membahas makalah ini. Tentu saja hal ini sangat penting agar apa yang dibahas sesuai dengan tujuan pembahasan yang ditentukan. Adapun manfaat dan tujuan makalah globalisasi ini dengan identifikasi diatas adalah

  • Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh globalisasi kebudayaan terhadap ketahanan luhur yang terdapat dalam bangsa Indonesia.
  • Selain itu untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk menangkal radiasi globalisasi kebudayaan di Indonesia.
  • Hal-hal yang harus dilakukan untuk meminimalisir pengaruh globalisasi kebudayaan yang terjadi di indonesia.

Landasan Pustaka

Untuk menjawab permasalahan yang dipaparkan dalam makalah makalah solusi akan ditemukan dengan merujuk pada narasumber atau referensi yang sesuai. Agar sinkron antara pembahasan masalah maka yang akan dipaparkan dalam landasan pustaka dalam makalah ini adalah sebagai berikut;

Globalisasi Kebudayaan

Kebudayaan adalah identitas sebuah bangsa atau negara. Kebudayaan itu selalu mencirikan nilai, moral dan karakter khusus dalam kehidupan. Jika kebudayaan terkena dampak globalisasi maka kebudayaan akan hilang perlahan dan berganti dengan kebudayaan yang belum sesuai dengan falsafah bangsa.

Misalnya saja yang paling mudah budaya saling menyapa dan ramah tamah yang dulu tertanam dalam bangsa Indonesia kini berganti menjadi sikap cuek dan masa bodoh. Hal ini terlihat didalam setiap kondisi dan dimanapun waktunya satu sama lain saling tidak menyapa dan diam. Semua terfokus pada android masing-masing.

Dampak Globalisasi

Sebagaimana diketahui bahwa globalisasi memberikan pengaruh yang tidak sedikit bagi kehidupan salah satunya dampak positifnya adalah dengan adanya globalisasi persaingan dan kompetitif dalam segala hal semakin berkembang. Terbukanya banyak kesempatan yang sama bagi siapa saja untuk berkembang dan maju.

Namun selain itu dampak negatif yang akan ditimbulkan dari globalisasi kebudayaan adalah tiada lagi kebudayaan asli bangsa indonesia. Gotong royong diganti dengan adanya jasa yang siap digunakan kapan saja. Budaya hemat berubah menjadi berinvestasi dalam bentuk properti dan bisnis.

Tentunya perubahan dalam segala aspek kehidupan yang sangat hedonis. Bahkan makanan serta perilaku juga berdampak. Makanan saat ini mengarah kepada makanan siap saji dan berorientasi dengan racikan berbahaya bagi tubuh. Pakaian yang dulu sangat kental adat timur kini cenderung mengarah gaya korea dan eropa.


Pembahasan

Bagian ini akan memaparkan tentang materi pembahasan globalisasi kebudayaan serta faktor yang mempengaruhinya. Dalam bagian pembahasan pemakalah dapat memaparkan fakta di dalam lapangan dan mengaitkan dengan landasan pustaka yang telah dicantumkan sebelumnya.


Pengaruh Globalisasi dalam Kebudayaan Bangsa Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi adalah sesuatu yang tidak dapat dicegah. Perkembangan dunia teknologi dan transportasi harus mengakibatkan berkembang dan berubahnya kebudayaan bangsa. Cerdas dalam menyikapi globalisasi adalah sikap yang baik dalam menerima arus globalisasi. Jika tidak maka rakyat akan menjadi korban globalisasi kebudayaan.

Munculnya globalisasi juga tidak selalu memberi dampak negatif tetap juga memberikan angin segar dan peluang yang besar bagi anak muda. Seperti peluang enterpreneur, creativepreneur menjadi garapan yang banyak menguntungkan.  Namun sayangnya peluang itu tidak dapat dioptimalisasikan oleh semua warga negara.

Kondisi ini yang lama kelamaan akan menumbuhkan kesenjangan sosial yang teramat jauh. Bahkan ketimpangan nyata terlihat dalam kehidupan. Oleh sebab  itu minimnya jiwa kemanusiaan kerap kita saksikan di sekeliling kita. Hal ini seharusnya menjadi bagian yang sangat diperhatikan masyarakat maupun pemerintah khususnya.

Artinya globalisasi tidak dapat dicegah namun bisa dinetralisir dengan cara tetap menjaga kestabilan budaya. Hal ini dapat dimulai dari rumah da keluarga. Sistem kontrolling terhadap budaya bangsa adalah keluarga dan sekolah. Keluarga harus mampu memberikan kebutuhan agama untuk seluruh anggota keluarga. Begitu juga dengan sekolah harus dapat memberikan pendidikan yang relevansi terhadap kebutuhan dan kehidupan bangsa dimasa yang akan datang.


Peran Pemerintah Dalam Menangkal Arus Globalisasi

Apapun alasannya pemerintah adalah tonggak yang paling peka terhadap keadaan globalisasi. Pemerintah harus dapat dijadikan tempat paling potensial dan aman bagi masyarakat untuk mendapatkan perlindungan. Pro aktif pemerintah terhadap warga sangat dibutuhkan dalam menanggapi globalisasi kebudayaan.

Begitu juga dengan masyarakat harus tatap dan patuh dalam menjalankan ketentuan ketertiban hukum yang berlaku di dalam negara bangsa dan negara. Globalisasi harus menjadikan bangsa Indonesia menjadi besar namun tetap memegang teguh dasar dan falsafah negara. Menerima budaya asing boleh saja namun tetap konsistensi terhadap budaya sendiri.

Baca Juga: Makalah Bola Voli


Penutup Makalah Globalisasi

Bagian penutup biasanya terdiri dari dua bagian yaitu kesimpulan dan saran-saran. Walau diuraikan dengan penjelasan yang singkat namun penutup sangat membantu para pembaca dalam memahami suatu makalah. berikut ini dan dipaparkan bagian kesimpulan yang terdiri dari kesimpulan dan saran.

Kesimpulan

  • Globalisasi adalah sebuah kondisi tanpa batas karena telah mengadopsi sistem global atau menyeluruh. Sehingga akan sulit dikontrol peredaran dan perkembangannya oleh sebab itu perilaku menyimpang dan segala hal yang mengakibatkan turunnya nilai moral sulit diantisipasi.
  • Globalisasi terjadi dengan adanya interaksi yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung selain itu dapat juga terjadi dari media televisi dan informasi lainnya.
  • Dampak globalisasi terjadi pada sendi kehidupan menjadikan rakyat indonesia tidak lagi menunjukkan adat ketimuran. Salah satunya budaya gotong royong berganti menjadi sikap individual dan mementingkan diri sendiri.
  • Salah satunya untuk mencegah pengaruh negatif globalisasi kebudayaan adalah dengan memberikan benteng untuk kualitas diri seperti meningkatkan skill, dan kemampuan, pemerintahan yang kuat demokratis dan transparansi.

Saran-saran

Dan adapun saran yang dapat dipaparkan dalam makalah ini adalah sebagai berikut;

  • Pemerintah harus dapat membuat peraturan yang sesuai dengan perkembangan dan perubahan budaya bangsa
  • Turut peran serta dan aktif menjaga dan tetap melestarikan budaya sendiri agar tetap bisa diketahui dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.
  • Adanya penyeleksian yang sangat ketat dan mendalam terhadap budaya yang masuk kedalam bangsa indonesia hal tersebut dilakukan dan diperhatikan oleh pelaku usaha maupun media massa yang terdapat di Indonesia.
  • Masyarakat harus selalu senantiasa turut menyeleksi dan memilih pola atau kebudayaan baru dalam kehidupan. Tidak langsung mengikuti apa saja yang menjadi tren atau kebiasaan mampu bertahan dengan budaya yang baik dalam berperilaku.

Itulah contoh makalah globalisasi kebudayaan. Pembahasan  dalam makalah ini diatur dan disusun agar mudah dibaca. Makalah ini berisikan perkembangan  dan pengaruh globalisasi terhadap kebudayaan di Indonesia. Makalah globalisasi diatas adalah salah satu bentuk model  pembahasan untuk karya ilmiah.

Makalah Globalisasi 

Tinggalkan Balasan