Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara

makalah hak dan kewajiban warga negara

Makalah Hak Dan Kewajiban Warga Negara – Sebagai warganegara indonesia tentunya harus mengetahui kewajiban dan haknya. Berbicara hak pasti kita akan berbicara kewajiban. Dalam makalah hak dan kewajiban warga negara ini akan dibahas seputar hak dan kewajiban warga indonesia.

Makalah hak dan kewajiban warga negara akan membahas tentang poin-poin hak serta kewajiban kewajiban masyarakat sebagai warganegara. Manakah yang terlebih dahulu ditunaikan hak atau kewajiban sebagai warganegara?

Hak dan kewajiban harus dapat dijalan seimbang karena antara hak dan kewajiban menempati posisi dan peran yang sama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam makalah hak dan kewajiban warga negara ini akan dijelaskan seputar hak-hak yang dapat dituntut kepada pemerintah.

Selain itu dalam makalah hak dan kewajiban warga negara ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk menyadari hak dan kewajibannya pada bangsa dan negara. Berikut penjelasan lengkap berkaitan tentang hak dan kewajiban warganegara tersebut.


Download Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara File Doc

Copy Link Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1vREguoYPTD57JObtzqKFFnZApi5RoX_i

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Hak Dan Kewajiban Warga Negara  di Indonesia

Makalah Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Berikut ini akan dijelaskan tentang hak dan kewajiban warganegara terhadap bangsa dan negara di Indonesia. Pembahasan akan dirangkum dalam makalah hak dan kewajiban warga negara berikut ini. Latar belakang masalah akan mengungkapkan pengertian secara sederhana dan memaparkan beberapa perilaku yang tergolong kedalam hak dan kewajiban warganegara.


Latar Belakang

Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan berhak diterima oleh seseorang atau individu sebagai warga negara yang dilindungi. Sedangkan kewajiban adalah tugas yang harus ditunaikan oleh seorang individu sebagai warga negara yang baik dan patuh kepada pemerintah dan bangsa.

Keduanya memiliki kepentingan yang sama oleh sebab itu kedua aspek tersebut harus seimbang antara hak dan kewajiban adalah hal yang harus ditunaikan dan diterima. Justru akan terjadi ketimpangan jika antara hak dan kewajiban tidak menempati porsinya masing-masing.

Secara hukum yang berlaku di dalam negara indonesia ini juga jelas bahwa seluruh warga negara indonesia dijamin haknya sebagai warga negara indonesia . Namun seharusnya secara langsung warga negara juga memiliki kewajiban yang harus di tunaikan.

Terlalu banyak hal yang harus diperhatikan menyangkut hak warganegara. Karena hal ini jelas telah tercantum dalam undang-undang dasar bahwa dari tiap-tiap warganegara mendapatkan hak untuk diberikan kehidupan dan pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan. Hal ini tertera dengan jelas dalam pasal 27 undang-undang dasar ayat 2.

walaupun kita ketahui hak dalam tiap-tiap warganegara belum dapat dirasakan keseluruhan. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini hak warga yang tidak tertunaikan dengan semestinya. Jangan kan untuk kehidupan yang layak untuk mendapatkan pekerjaan warganegara saja harus menjalani rangkaian proses yang sangat panjang. Dan bahkan tidak mendapat kesempatan sama sekali. Hal ini terlihat dari angka pengangguran yang sangat tinggi saat ini.

Begitu juga dengan kewajiban tidak sedikit juga warganegara tidak dapat menunaikan kewajibannya sebagai warganegara bahkan banyak yang mengabaikannya dengan sengaja. Itu mengapa makalah ini sangat penting dibahas dan diperhatikan agar masalah hak dan kewajiban dapat menemukan titik terang dan mendapatkan solusi.

Baca Juga: Makalah Perdagangan Internasional


Rumusan Masalah

Agar fokus terhadap permasalahan maka uraian tersebut haru diklasifikasikan menjadi pertanyaan yang akan diformulasikan dalam pembahasan. Adapun yang dimaksud dengan rumusan masalah adalah sebagai berikut:

  1. Sebutkan hak-hak individu sebagai warganegara indonesia?
  2. perihal apa sajakah yang menjadi kewajiban pemerintah kepada seluruh warganya ?
  3. Problematika apa sajakah serta hambatan apa yang muncul dalam berkehidupan bernegara ?

Manfaat dan Tujuan

Selain untuk mendapatkan informasi tentang hak dan kewajiban warganegara makalah ini dapat dijadikan perbandingan dengan informasi yang lain agar dapat dijadikan sebuah pemahaman yang utuh dan jelas. Adapun manfaat dan tujuan tersebut adalah

  1. Untuk mengetahui  hak-hak individu sebagai warganegara indonesia
  2. Agar dapat memahami hal penting yang menjadi kewajiban pemerintah
  3. Problematika apa sajakah serta hambatan apa yang muncul dalam berkehidupan bernegara ?

Pembahasan

Untuk bisa menjawab apa yang menjadi permasalahan dalam menjalankan hak dan kewajiban maka akan dibahas sebuah teori. Landasan teori dan kajian pustaka akan memberikan solusi tentang bagaimana hak dan kewajiban bisa berjalan seiring dan sejalan.

1. Hak-hak Individu Sebagai Warga Negara

Secara sederhana dan umum semua orang memahami hak sebagai sesuatu ketentuan yang berhak didapatkan oleh individu dan seseorang. Bahkan sejak dalam kandungan hak itu ditanggung dan dijamin oleh negara untuk mengetahui apa saja yang menjadi hak warganegara adalah sebagai berikut:

  1. Tiap- tiap individu sebagai warga negara mendapatkan perlindungan hukum
  2. Dan untuk setiap warga negara juga berhak untuk mendapatkan penghidupan dan kehidupan yang layak
  3. Memiliki hak yang sama di mata hukum maupun pemerintahan .
  4. Dan tiap warganegara berhak dan bebas memilih kepercayaan dan agama dan memeluk kepercayaan yang dipilih.
  5. Selain itu juga tiap warga negara juga berhak mendapatkan pendidikan serta pengajaran yang layak.
  6. Dan tiap-tiap warganegara juga memiliki hak yang sama dalam mempertahankan NKRI dari musuh serta memiliki hak untuk kemerdekaan serta berserikat.

Untuk kewajiban sebagai warganegara juga sangat penting dan memiliki nilai keharusan dalam kehidupan bernegara. Salah satu contoh kewajiban seorang warganegara adalah ikut andil dan berperan dalam membela bangsa dan mempertahankan kedaulatan bangsa dari pihak asing dan musuh. Selain itu juga berkewajiban bagi warganegara untuk menunaikan atau membayar pajak dan retribusi.

Hak dan kewajiban warga negara itu memiliki nilai kebersamaan dan keseiringan dalam hidup dibawah naungan republik indonesia. Jadi jika disesuaikan dengan undang-undang dasar kewajiban warganegara adalah menjunjung dan menghormati hukum serta pemerintahan, membayar pajak, ikut serta dalam membela dan mempertahankan keamanan negara, menghormati hak asasi serta wajib mengikuti pendidikan dasar dan tunduk kepada ketetapan undang-undang dasar 1945.

2. Hak Dan Kewajiban Pemerintah Terhadap Warganegara

Berdasarkan undang-undang dasar 1945 jelas terlihat bahwa pemerintah memiliki hak dan kewajiban untuk melindungi dan menjamin kehidupan rakyat dan warga dalam mencapai tujuan yang sama yaitu mewujudkan cita-cita nasional. Adapun hal-hal penting yang meliputi hak dan kewajiban pemerintah adalah: wajib berupaya dan menciptakan undang-undang dan peraturan keamanan dan ketertiban. Pemerintah juga berhak memaksa setiap warga negara untuk taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku di dalam negara indonesia, dan yang terakhir adalah pemerintah memiliki hak untuk melakukan monopoli terhadap sumber daya yang menguasai kepentingan akan hajat hidup orang banyak.

Sedangkan untuk kewajiban pemerintah atau negara yang sebagaimana diatur dalam undang-undang 1945 adalah melindungi warganegara dan wilayah indonesia, turut meningkatkan kesejahteraan umum, turut mencerdaskan kehidupan bangsa, dan menjaga serta turut melaksanakan perdamaian dan ketertiban dunia dan keadilan sosial. Khusus untuk pendidikan pemerintah bahkan telah menganggarkan sebanyak 20% untuk mencapai tujuan pendidikan di Indonesia. Hal ini menunjukkan konsistensi pemerintah dalam memberikan hak pendidikan dasar bagi warga negara.

Sering kita melihat warga atau masyarakat kena tilang karena tidak menggunakan helm saat berkendara. Tentunya perilaku ini menjadi contoh yang tidak baik karena melanggar peraturan yang telah ditentukan. Sanksi atas pelanggaran itu adalah ditilang.

3. Problematika dan Hambatan Implementasi

Bicara hak dan kewajiban memang pasti ada hambatan dan problematika yang terjadi dalam prosesnya. Sistem pemerataan dalam menerima hak dan menunaikan tanggung jawab belum mapan. Dalam makalah ini paling tidak kita sama-sama menyadari bahwa untuk menerima hak kita juga menunaikan kewajiban.

Besarnya bangsa indonesia dan banyaknya hal yang harus pemerintah membuat urusan hak  adalah hal yang paling banyak terlewatkan salah satunya hak mendapatkan pendidikan dasar. Jelas telah tercantum bahwa pemerintah wajib membiayai pendidikan dasar tiap warga negara.

Melalui program wajib belajar 12 tahun adalah salah satu cara pemerintah menunaikan kewajibannya kepada seluruh warganegara. Untuk saat ini memang masih terdapat banyak anak-anak putus sekolah dan belum mengentaskan wajib belajar 12 tahun. Hal ini memang membutuhkan banyak perhatian karena terkadang program tidak bisa menjangkau semua sistem dan wilayah.

Banyaknya pengurusan pemerintah terhadap banyaknya masalah pemerintah membuat semua hak dan kewajiban pemerintah tidak dapat di tunaikan satu persatu. Namun tanggung jawab pemerintah dapat berubah kebijakan, fasilitas dan hal lainnya.

Terlebih kebutuhan akan warganegara dalam setiap tempat dan waktu juga sangat berbeda hal ini menjadi pertimbangan khusus tentang bagaimana agar seluruh warga negara mendapatkan haknya. Oleh sebab  itu setiap warganegara juga harus memahami akan kendala tersebut. Belum lagi hambatan para warga yang tidak mau patuh dan melanggar peraturan hukum yang ditetapkan. Tentunya kondisi ini akan semangkin membuat daftar panjang pekerjaan pemerintah.

Melalui makalah ini paling tidak pemakalah mengajak bahwa orang-orang yang menunaikan kewajiban adalah orang yang paling mulia daripada sekedar menuntut hak.

Baca Juga: Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia


Penutup

Dalam bagian penutup diharapkan makalah dapat memberikan penjelasan dan uraian singkat tentang makalah hak dan kewajiban warga negara. Berikut ini akan di berikan penjelasan pada kesimpulan tentang pembahasan makalah hak dan kewajiban warga negara.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat dirangkum dalam makalah sederhana ini adalah bahwa setiap warga negara memiliki hak serta kewajiban. Hak adalah sesuatu yang pantas dan mutlak didapatkan oleh seluruh warganegara sejak dalam masa kandungan sekalipun.

Dan kewajiban adalah tugas dan tuntutan yang harus ditunaikan oleh seluruh warga negara berkaitan dengan ketentuan yang telah berlaku baik secara hukum dan tatanan ketatanegaraan.

Hak dan kewajiban warganegara telah diatur dan tercantum dengan sangat jelas dalam undang-undang dasar 1945 yang menyatakan   bahwa tiap warganegara berhak mendapatkan dan atas kehidupan dan penghidupan yang layak serta pekerjaan  bagi kemanusiaan.

Artinya pemerintah bertanggung jawab penuh dengan ketersediannya lapangan pekerjaan sehingga semua warganegara dapat menghidupi kehidupannya degan layak. Walau demikian untuk bisa mewujudkan itu semua maka warganegara harus dapat meningkatkan dan membekali diri dengan kemampuan dan skill yang cakap sehingga dapat di berdayakan secara optimal.

Saran-saran

Adapun saran yang tepat yang dapat disampaikan oleh pemakalah adalah bahwa tiap warganegara harus mengetahui haknya tetapi juga harus mengetahui kewajiban sebagai warga negara pula. Banyak hal yang menunjukan sikap ketaatan kepada pemerintah sebagai bukti kewajiban. Salah satunya adalah mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di dalam tatanan indonesia.

Penjelasan diatas adalah pembahasan umum tentang makalah hak dan kewajiban warga negara. Harapannya makalah dapat memberikan informasi dan masukan yang positif bagi seluruh masyarakat dan pembaca. Pembahasan sederhana ini akan lebih baik jika dijadikan pedoman dan pembahasan yang positif sehingga terwujudnya cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia.

Makalah Hak Dan Kewajiban Warga Negara 

Tinggalkan Balasan