Makalah Identitas Nasional

makalah identitas nasional

Makalah Identitas Nasional – Identitas adalah status tetap yang menunjukkan keberadaan seseorang atau benda. Identitas juga sebuah label tertentu untuk dikenali dan diketahui. Dalam makalah identitas nasional berarti pemakalah akan menyampaikan informasi identitas bangsa indonesia sebagai suatu negara.

Membuat makalah membutuhkan referensi yang cukup. Sebelum mencari sumber dan referensi maka pemakalah harus menentukan dengan pasti suatu masalah yang akan dibahas. Kedudukan sebuah masalah akan mudah ditemukan referensi serta jawaban dari permasalahan yang ada.

Untuk membuat makalah yang baik dan benar tentunya makalah identitas nasional dibuat dengan menggunakan sistematika penulisan karya ilmiah yang sederhana dan umum digunakan dalam pendidikan. Berikut ini ada contoh makalah yang dapat dijadikan untuk menambah wawasan tentang identitas nasional Indonesia saat ini.


Download Makalah Identitas Nasional File Doc

Copy Link Makalah Identitas Nasional di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1nLeJ2qil8VnSAos8WYWTtHgnV1G_Jo_Z

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


1. Latar Belakang Masalah

Salah satu bahan untuk dijadikan makalah adalah adanya suatu masalah yang penting untuk dibahas. dan untuk makalah identitas nasional ini maka akan dikemukakan terlebih dahulu problem atau latar belakang masalah yang berkaitan dengan identitas nasional.

Identitas nasional sangatlah penting. Jika suatu bangsa atau negara tidak memiliki identitas maka tidak akan dianggap sebuah suatu negara. Misalkan saja negara republik indonesia memiliki identitas nasional tertentu seperti memiliki bendera merah putih, lalu dipimpin oleh seorang presiden, lalu memiliki bahasa persatuan yaitu indonesia dan banyak lainnya.

Apa jadinya jika bangsa Indonesia tidak memiliki identitas? Maka yang terjadi indonesia akan dengan mudah diambil alih dan diperebutkan oleh siapa saja yang berkuasa. Dalam makalah ini akan dibahas pentingnya identitas nasional indonesia sebagai bangsa yang besar dan berkedaulatan.

Bahkan presiden republik indonesia sendiri menggunakan identitas kebangsaan ketika berada atau mengunjungi suatu negara dan bangsa lain. Begitu juga dengan bangsa lain akan menggunakan identitas resmi dan universal mereka.Seberapa penting identitas? Lalu apa sajakah yang menjadi identitas nasional. Permasalahan ini akan dibahas dalam makalah ini dengan jelas dan sederhana.

Identitas nasional sehari-hari juga saat ini patut di kembangkan dan terus dijaga. Era globalisasi identitas hampir tidak terlihat karena hampir semua masyarakat justru tidak menunjukkan identitas secara personal atau khusus. Tentu saja hal ini harus terus diawasi dan dikontrol oleh pemerintah. Komunikasi dan transaksi yang serba mudah saat ini membuat identitas nasional tidak lagi dibutuhkan. Keadaan ini seharusnya menjadi kekhawatiran tertentu. Karena dapat memberikan peluang bagi asing untuk memasuki wilayah teritorial bangsa.

Rumusan Masalah

Makalah identitas nasional ini memiliki rumusan masalah tertentu yang disusun sedemikian rupa agar mudah dijawab dan dibahas. Dalam membuat makalah kaidah rumusan masalah pada umumnya menentukan beberapa permasalahan dalam bentuk pertanyaan. Dan untuk rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:

1. Apa itu yang dimaksud dengan identitas Nasional?

2. Faktor apa sajakah yang dapat membentuk identitas nasional ?

3. Jelaskan mengapa pancasila menjadi  identitas nasional?

4.sebutkan beberapa contoh kegiatan yang mencerminkan identitas bangsa?

Baca Juga: Makalah Pasar Modal 


Tujuan dan Manfaat

Makalah Identitas Nasional

Setiap karya ilmiah dalam bentuk makalah memiliki tujuan dan manfaat. Selain untuk memenuhi tugas tentunya saja makalah memberikan manfaat yang banyak tentang suatu ilmu tertentu. Dan oleh sebab itu tujuan makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui tentang  pengertian dan yang dimaksud dengan  identitas Nasional?
  2. Serta untuk dapat mengenal Faktor apa sajakah yang dapat membentuk identitas nasional ?
  3. Dan bertujuan untuk dapat memahami pancasila merupakan identitas sekaligus kepribadian bangsa.
  4. Berikutnya juga untuk dapat mengenal beberapa contoh kegiatan yang mencerminkan identitas bangsa?

Pembahasan

Makalah Identitas Nasional

Untuk menjawab permasalahan dan rumusan masalah yang telah ditentukan maka pembahasan akan dijabarkan secara jelas di bagian landasan teoritis atau pada bagian pembahasan. Berikut ini pembahasan pada makalah identitas nasional.

1.Pengertian Identitas Nasional

Untuk dapat menjawab dan memahami tentang pengertian identitas nasional secara etimologis adalah identitas memiliki arti jati diri, tanda atau ciri yang ada pada seseorang, atau kelompok tertentu. Sedangkan nasional adalah menunjukkan kepada suatu bangsa.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa identitas nasional adalah sebuah pandangan hidup suatu bangsa, ideologi, falsafah pancasila yang memiliki kedudukan tertinggi dalam sebuah negara atau bangsa yang berlaku di dalam negara Indonesia.

Jika diuraikan secara global identitas nasional adalah, lambang negara yaitu pancasila, bendera merah putih, lagu kebangsaan indonesia raya, bhineka tunggal ika dan UUD 1945, juga seluruh kebudayaan bangsa indonesia juga merupakan identitas nasional.

Apa jadinya jika kita sebagai bangsa indonesia tidak menggunakan identitas nasional  misalnya saja yang berada di luar negeri. Tentu saja penting bagi kita menunjukkan identitas bahkan ketika sebagai Tenaga kerja asing di negara orang lain identitas adalah payung hukum yang akan melindungi diri kita selama bekerja dan tinggal disana.

Dan tidak saja hanya yang bekerja di luar negeri diri kita dalam mengikuti ajang tertentu maka kita wajib menunjukkan identitas diri dengan bendera merah putih. Namun saat ini pada saat  globalisasi terjadi tentunya menjadi bangsa yang menjunjung identitas menjadi sangat berat karena haus berkaitan dengan permintaan pasar. Oleh sebab itu meskipun tidak dengan secara jelas identitas diri kita tetap akan terlihat dengan ciri dan bahasa budaya yang kita gunakan.

2. Faktor Dan Unsur Yang Membentuk Identitas Nasional

Identitas nasional juga tercipta dan terbentuk dari banyaknya esensi yang terkandung dalam bangsa dan negara Indonesia ini. Unsur unsur tersebut terdiri dari suku bangsa, agama, kebudayaan dan bahasa. Indonesia sangat mengedepankan unsur diatas.

Oleh sebab itu wajar jika kita menggaungkan akan sikap menjunjung semua unsur tersebut sebagai identitas bangsa indonesia. Budaya, agama dan bahasa adalah salah satu identitas yang sangat mudah dikenali pada bangsa ini. Misalkan ketika kita berbahasa jawa timur maka hal tersebut menunjukkan identitas kalau kita adalah rakyat dengan memiliki suku jawa timur.

Begitu juga dengan kebudayaan. Indonesia memiliki banyak budaya sebagai identitas wilayah dan daerah tertentu di dalam Indonesia. Setiap propinsi yang terdapat dalam negara bangsa Indonesia memiliki budaya tertentu dan khusus yang menunjukkan identitas daerah tertentu misalkan sumatera utara dengan suku batak dan melayu.

Ada 3 bagian yang menjadi bagian unsur identitas nasional yaitu identitas fundamental, instrumental, dan identitas alamiah. Identitas fundamental adalah yang terdiri dari unsur ideologi, dasar dan falsafah bangsa indonesia. Sedangkan untuk unsur instrumental adalah yang terdiri dari lambang negara, bendera merah putih dan semua yang terkandung dalam undang-undang 1945 beserta tata perundangannya. Dan yang terakhir adalah identitas alamiah yang ditandai dengan agama, kepercayaan bahasa, budaya dan negara kepulauan bangsa indonesia.

identitas nasional juga terbentuk dari dua faktor yang terdapat dalam bangsa indonesia kedua faktor tesebut adalah faktor subjektif dan objektif. Faktor objektif adalah yang terdiri dari demografis, ekologis maupun geografis. Dan untuk faktor subjektifnya adalah faktor politik, budaya, sosial dan historis bangsa indonesia.

3.Pancasila Sebagai identitas nasional

Pancasila adalah salah satu simbol maupun identitas nasional yang sangat dikenal dan diketahui oleh seluruh bangsa lain. Pancasila adalah salah satu falsafah tertinggi di Indonesia. Hal yang terkandung dalam pancasila mengatur sistem berkehidupan pada bangsa yang besar ini yaitu Indonesia.

Siapa yang tidak kenal pancasila? Pancasila tidak saja dikenal namun dihafal oleh seluruh rakyat indonesia sebagai hal yang patut disematkan dalam diri seseorang. Pancasila yang di dalamnya terkandung 5 sila yang dijadikan dasar ideologi bangsa. Oleh sebab itu wajar jika pancasila adalah identitas yang paling utama dan dikenal oleh semua bangsa.

Keberagamaan dan banyaknya kekayaan suku dan bangsa di dalam indonesia disatukan menjadi satu identitas nasional. Sila-sila dalam pancasila mengatur dengan jelas dan teratur dan adil bagi seluruh masyarakat bangsa Indonesia. Oleh sebab itu bangsa indonesia akan makmur dan damai jika tetap mengamalkan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

4. Kegiatan Budaya Yang menjadi Identitas Nasional

Meski tidak semua budaya bisa disebutkan sebagai identitas tetapi paling tidak dapat dipahami identitas nasional cukup menunjukkan jati diri bangsa.salah satu nya istilah adat istiadat dalam perkawinan, atau pada saat tujuh bulan kehamilan atau acara adat lain. Kegiatan budaya juga menjadi identitas yang menyatakan merupakan daerah kesatuan Indonesia.

Budaya nasional adalah budaya yang terkandung dalam bangsa indonesia yang diakui menjadi ikon resmi dalam suatu daerah.

Baca Juga: Makalah Wawasan Nusantara


Penutup

Makalah Identitas Nasional

Dalam makalah ini penutup disajikan dan dipaparkan dengan singkat. Penutup menjadi kesimpulan yang dapat dijadikan jawaban dan solusi dari pembahasan makalah identitas nasional. Berikut ini contoh kesimpulan yang terdapat dalam penutup makalah ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan dalam makalah ini dapat diketahui bahwa identitas nasional adalah   sebuah lambang atau ciri tertentu yang terdapat pada seseorang atau golongan tertentu. Segala bentuk ciri, jenis dan unsur yang terkandung dalam falsafah indonesia merupakan identitas  nasional.

Identitas nasional adalah kesatuan dari apa yang terdapat dalam bangsa Indonesia. Oleh sebab itu apapun yang ditunjukkan dari salah satu bangsa indonesia berarti mengatas namakan bangsa indonesia. Jika identitas tersebut memberikan apresiasi yang baik dan bagus maka seluruh bangsa indonesia mendapat kebaikan tersebut. Tetapi begitu juga sebaliknya jika pemberi sinyal identitas buruk maka seluruh bangsa dan nasional akan dinilai buruk.

Oleh sebab itu mari kita jaga identitas nasional kita agar dapat mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia. Tetap menjaga kebudayaan, bahasa dan kepercayaan bangsa indonesia adalah cara terbaik mengharumkan dan membuat bangsa ini besar.


Saran-saran

Makalah Identitas Nasional

Adapun saran-saran yang dapat disampaikan dalam makalah ini adalah bahwa mari kita budayakan dan kita jaga segala hal yang terkandung dalam identitas nasional. Jangan sampai identitas bangsa seperti kebudayaan, bahasa, bahkan falsafah indonesia diakuisisi oleh pihak lain yang ingin menguasai bangsa Indonesia.

Penjelasan di atas adalah contoh makalah identitas nasional Indonesia. Untuk membuatnya lebih mendalam pemakalah dapat menambahkan pokok bahasan sesuai yang diinginkan. Namun secara sederhana susunan di atas dapat dijadikan referensi makalah sederhana.

Dapat disimpulkan bahwa makalah identitas nasional memaparkan dan membahas segala hal yang dimaksud dengan identitas nasional, serta ruang lingkup yang membentuk identitas nasional secara sederhana. Makalah tersebut tidak saja berisi poin masalah namun memuat tentang pembahasan materi secara sederhana.

Makalah Identitas Nasional

Tinggalkan Balasan