Makalah Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Makalah Jaringan Komputer – Pada umumnya, contoh makalah jaringan komputer seringkali digunakan sebagai bahan pembelajaran dasar untuk memahami apa itu jaringan komputer.

Prosesnya sendiri dimulai dari memahami mengenai sejarah komputer itu sendiri. Selain itu, perlu juga dijelaskan tentang klasifikasi, bentuk/topologi jaringan, hingga komponen komputer yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, simak contoh makalah berikut.


Download Makalah Jaringan Komputer File Doc

Copy Link Makalah Jaringan Komputer di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1AgCa6b2KcmALe8l3glxkgp75UU1AWmiM

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan perkembangan zaman, pekerjaan manusia menjadi lebih rumit juga ikut dengan perkembangan modern ini. Maka dari itu hal terpenting di era modern ini bagaimana seseorang dapat mendapatkan data yang akurat, fleksibel juga dapat dipahami oleh semua orang.

B. Rumusan Masalah

agar memudahkan dalam pembahasan, maka disusun terlebih dahulu rumusan permasalahan sebagai berikut:

  1. Apa itu jaringan komputer dan bagaimana sejarah jaringan komputer?
  2. Bagaimana Klasifikasi Komputer?
  3. Apa saja yang termasuk topologi atau bentuk jaringan?
  4. Apa saja komponen jaringan komputer?

C. Tujuan

makalah ini dibuat dengan tujuan:

  1. Mengetahui apa yang dinamakan jaringan komputer juga sejarahnya.
  2. mengetahui klasifikasi komputer.
  3. mengetahui topologi dan bentuk jaringan.
  4. mengetahui komponen jaringan komputer.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Pengertian Dan Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan computer ini dibuat dengan cara menghubungkan sebuah komputer dengan computer yang lainnya agar menjadi sebuah jaringan. Dibawah ini pengertian dan juga sejarah jaringan computer:

A. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan computer merupakan sekumpulan computer yang saling dihubungkan. Ini dapat diartikan bahwa jaringan computer ini dapat terjadi dengan beberapa computer yang lebih dari satu. Computer tersebut terpisah-pisah, namun saling berhubungan dalam mengerjakan suatu hal.

Sekelompok computer yang membentuk jaringan tersebut disebut dengan otonom. Otonom ini memiliki arti bahwa setiap computer ini hanya dapat melakukan pertukaran alam suatu area ataupun dalam suatu member tertentu.

Dalam pembuatan jaringan computer ini, digunakan suatu jaringan yaitu jaringan jenis protocol komunikasi melalui media komunikasi yang dapat saling berbagi informasi. Selain berbagi informasi juga dapat berbagi program-program, perangkat keras seperti harddisk, printer dan masih banyak lagi.

Jaringan computer ini juga dapat dikatakan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi. Berbagai lokasi yang berbeda ini terdiri dari satu ataupun lebih computer yang sudah saling terkoneksi, seperti yang sudah dijelaskan tadi.

B. Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah jaringan computer ini secara global bermula dari tahun 1969, pada saat department pemerintah amerika sedang membentuk sesuatu pada saat itu. Tujuannya yaitu untuk melakukan riset dengan cara computer dihubungkan terlebih dahulu sehingga akan membentuk jaringan organic.

Setelah program riset tersebut terbentuk kemudian disebutlah dengan sebutan ARPANET. Pada sekitar tahun 1970 ternyata sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain. Dan dapat saling berkomunikasi dan juga membentuk jaringan computer.

Pada tahun 1972 Roy Tomlinson ternyata berhasil menyempurnakan suatu program yaitu program surat elektronik atau saat ini sering disebut dengan Email, yang dia kerjakan untuk membatu ARPANET. Program itu dinilai sangat mudah untuk digunakan, sehingga setelah program tersebut selesai banyak orang yang memakainya juga menjadi sangat popular kala itu.

Pada tahun 1973 jaringan ARPANET ini mulai dikembangkan dan dipergunakan oleh luar negara Amerika. Dan ternyata computer yang menggunakan jaringan ARPANET pertama ini adalah Komputer University College.

Seiring berjalannya waktu, maka semakin banyak juga program-program yang berhasil dibuat ataupun disempurnakan. Sehingga banya sekali saat ini yang menggunakannya.


2. Klasifikasi Jaringan Komputer

Berikut ini beberapa klasifikasi jaringan computer:

A. Berdasarkan Teknologi Transmisi

Dari teknologi transmisi ini ternyata memiliki dua bagian, yaitu:

Jaringan Broadcasting

Jaringan broadcasting ini memiliki saluran komunikasi tunggal yang dapat dipergunakan secara Bersama-sama oleh semua computer dengan seluruh jaringan. Pesan ini berukuran sangat kecil dan sering disebut dengan sebutan paket.

Paket tersebut dikirim dari satu computer ke computer-komputer lainnya, dan biasanya tersebut memiliki informasi tentang ukuran, penerima, isi dari paket tersebut dan juga sebagainya.

Point To Point

Program ini terdiri dari berbagai macam koneksi pasangan individu yang berasal dari mesin-mesin tersebut. Sebuah paket yang akan dikirim pada jaringan jenis ini mungkin saja harus melewati beberapa perantara untuk sampai ke tempat selanjutnya.

B. Berdasarkan Geografis

Berdasarkan geografisnya jaringan computer terbagi beberapa bagian yaitu

a. LAN (Local Area Network)

Lan merupakan salah satu jenis jaringan computer yang hanya dapat mencakup wilayah yang kecil saja disekitarnya. Dengan perkembangan teknologi yang benar-benar pesat, membuat teknologi dari ethernet ternyata kini telah benar-benar berkembang.

Tempat-tempat yang menyediakan jaringan lan inilah sering disebut sebagai wifi, namun saat ini nama jaringan ini popular dengan nama Hotspot.

Lan memiliki ciri-ciri seperti ini, contohnya jaringan internetini mencakup daerah-daerak kecil atau sempit. Transfer data menjadi lebih cepat, sharing sangat mudah, memudahkan komunikasi antar user dan juga sebagainya.

Keuntungannya: biaya untuk program ini lebih murah, informasi yang ditemukan dapat lebih banyak, dapat saling tukar menukar data ataupun berbagi dan juga masih banyak lagi. Dan untuk Kelemahan: program ini dapat digunakan oleh banyak orang yang mencakup wilayahnya dengan begitu akses internet akan semakin lambat.

b. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN merupakan jaringan LAN yang sama dengan teknologi yang sama pula, hanya saja yang membedakannya MAN memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan LAN. Jaringan ini banyak digunakan oleh semua orang ataupun secara pribadi.

MAN hanya menggunakan satu ataupun dua buah kabel saja untuk menghubungkannya. Jaringan MAN memiliki ciri-ciri: lingkup koneksi mencakup daerah yang sangat jauh, menghubungkan banyak sekali jaringan LAN. Kecepatan koneksi program ini sangat cepat, karena jaringan ini lewat satelit, Telkom dan juga gelombang radio.

Kelemahan: jaringan ini sangat sulit jika ingin melakukan pengecekan, jaringan internet akan semakin lambat karena lalu lintas yang padat sambil menggunakan jaringan ini. Mudah dikembangkan dan juga hemat pembayaran atau hemat biaya.

c. WAN (Wide Area Network)

Jaringan ini merupakan program jaringan computer yang dapat mencakup daerah yang sangat luas dibandingkan dengan MAN. Karena WAN ini mencakup antar wilayah, bisa juga antar negara sampai antar benua yang ada.

Program ini biasanya dipergunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang, yang tiap cabangnya berlokasi di tiap-tiap daerah. WAN ini terdiri dari kumpulan beberapa mesin-mesin yang dihubungkan dan memiliki tujuan untuk menjalankan suatu program.

d. Internetwork

Jaringan computer yang satu ini merupakan jaringan induk dari semua jaringan yang ada di dunia ini. Apalagi untuk saat ini, jaringan yang satu ini berfungsi sebagai jantung di era informasi ini. Kenapa internet ini disebut sebagai induk nya jaringan computer? Karena hal-hal terkecil pun untuk dapat akses ke internet pastinya membutuhkan jaringan ini.


3. Topologi Atau Bentuk Jaringan Komputer

Masing-masing topologi mempunyai karakternya masing-masing dan pastinya juga berbeda. Dan juga masing-masing dari topologi mempunyai keuntungan dan juga kerugiannya. Dibawah ini beberapa jenis-jenis dari topologi:

A. Topologi Bus

Topologi bus ini memiliki bentuk dengan susunan komputernya menggunakan satu kabel saja, dengan memanjang. Yaitu kabel pertama dan juga kabel terakhir tidak sama-sama bertemu, sehingga memiliki dua ujung jaringan yaitu awal dan akhir.

Ciri-ciri:

Merupakan suatu teknologi lama yang dihubungkan dengan menghubungkan satu kabel dalam satu baris saja. Tidak memerlukan peralatan aktif untuk menghubungkannya, susah melakukan pengecekan jika ada terjadi kerusakan. Tidak perlu dihubungkan dan yang terakhir sangat terjangkau dalam biaya.

Kelemahan:

Jika ada salah satu kabel yang menghubungkan computer ke computer lain terputus, maka computer yang lainnya pun tidak dapat digunakan. Sangat sulit melakukan kegiatan sesuatu dan juga memperlambat akses data.

Kelebihan:

Jaringan ini sangat hemat dalam biayanya, dan juga cukup mudah untuk memperluas jaringan. Dan yang terakhir, tidak membutuhkan banyak kabel untuk untuk menghubungkan ke perangkat yang lainnya.

B. Topologi Ring

Topologi ring ini memiliki bentuk seperti ring yaitu lingkaran. Pergerakan pada topologi ini berputar pada suatu alat yang disebut hub.

Ciri-ciri:

Jaringan ini dihubungkan dengan cara memutar dengan arah seperti jarum jam. Data akan mengalir dengan searah ke kiri ataupun ke kanan, sehingga tidak akan terjadi tabrakan antara kedua data tersebut. Masalah yang sering di alami jaringan ini hampir sama dengan jaringan topologi bus.

Kelebihan:

Data mengalir dengan satu arah sehingga kemungkinannya kecil untuk terjadi tabrakan. Pengiriman datanya lebih cepat, waktu mengakses data pun sangat cepat.

C. Topologi Star

Dalam topologi star atau topologi bintang ini, didalamnya ada salah satu Sentral yaitu sentral yang dibuat sebgai sentral pusat. Topologi bintang ini memiliki tingkat kesulitan atau kerumitan yang lebih mudah.

Kelebihan:

Kerusakan pada salah satu jaringan computer tidak akan mempengaruhi computer yang lain, sehingga tidak mempengaruhi computer yang lainnya. Jaringannya sangat tahan meskipun lalulintas padat, untuk penambahan computer ataupun pengurangan computer sangat mudah dilakukan.

Setiap computer berhubungan secara langsung satu sama lain, untuk menghubungkan jaringan ini dapat menggunakan kabel yang sama.

Kelemahan Topologi Star:

Jika lalu lintas jaringan padat, maka akan memperlambat pengiriman data yang dikirim. Jaringan ini menggunakan banyak kabel, sehingga boros dalam penggunaan kabel. Jika server mengalami gangguan, maka seluruh jaringan pun akan terganggu. Dan yang terakhir jumlah terminalnya pun terbatas.

D. Topologi Mesh Atau Topologi Jala

Topologi ini adalah suatu bentuk hubungan antara perangkat beserta jaringan- jaringan dimana setiap perangkat terhubung secara langsung tanpa perantara ke perangkat-perangkat yang lainnya. Dalam setiap topologi ini perangkat yang tersambung dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat dimana yang ditujunya.

Secara singkat, topologi ini ribet karena membutuhkan biaya yang cukup tinggi juga tidak terlalu praktis dalam menggunakannya.

Ciri-ciri Topologi Mesh:

Topologi ini memiliki hubungan yang yang berlebihan dengan masing-masing peralatan-peralatan yang lainnya. Susunan pada setiap peralatan ini saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Peralatan yang digunakan topologi ini semakin banyak, maka semakin sulit juga dalam mengendalikannya.

Kelebihan Topologi Mesh:

Dalam jaringan topologi ini, kapasitas komunikasi pada channel ini sangat terjamin, karena hubungannya lebih. Relative sangat mudah jika akan diperbaiki, privasi dan keamanan dalam jaringan ini terjamin, karena komunikasi antara dua computer ini tidak dapat saling diakses oleh computer yang lainnya.

Kelemahan Topologi Mesh:

Biaya perawatan jaringan ini cukup tinggi, dan juga sangat membutuhkan banyak sekali kabel jaringan.

E. Topologi Pohon

Jaringan topologi pohon ini merupakan kombinasi antara kedua jaringan, yaitu jaringan bus dan juga jaringan star. Di dalam topologi ini terdiri atas beberapa kumpulan jaringan yaitu dari topologi star yang dihubungkan dalam dalam suatu jaringan topologi bus.

Computer-komputer ini saling dihubungkan dengan satu sama lain. Computer yang dihubungkan tersebut disebut  dengan sebutan tulang punggung. Pada jaringan ini topologi bertingkat dan biasanya digunakan antara sentral.


4. Komponen Jaringan Komputer

Kompoten yang ada dalam suatu jaringan computer ini adalah node dan juga link. Node merupakan suatu titik yang dapat menerima input data ke dalam jaringan, atau juga dapat menghasilkan output ataupun informasi.

Node ini bisa berupa sebuah printer ataupun seperti alat-alat untuk mencetak dan yang lainnya. Selain printer, dapat juga berupa PC ataupun computer mikro.

Link adalah jalur yang berupa transmisi pada arus informasi atau data yang berada diantara node. Link tersebut dapat berupa kabel, sistem gelombang mikro, laser dan juga yang terakhir adalah sistem satelit. Jaringan node ini terletak sangat jauh dengan jaringan link.

BAB III

PENUTUP

Jaringan komputer yang telah dijelaskan diatas ada yang memiliki manfaat untuk mengirimkan data. Masing-masing jaringan computer diatas dihubungkan satu sama lain agar membentuk suatu jaringan yang dapat berguna. Namun ada juga jaringan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang pastinya berbeda.

Itulah makalah jaringan computer beserta pengertian dan bentuk jaringannya. Semoga makalah ini dapat membantu para pembaca dan diharapkan dapat bermanfaat untuk semua orang.

Makalah Jaringan Komputer

Tinggalkan Balasan