Contoh Makalah Korupsi

makalah korupsi

Makalah Korupsi – Secara sederhana makalah korupsi adalah sebuah paparan ilmiah yang membahas tentang korupsi. Sebagaimana yang diketahui korupsi adalah perbuatan yang melanggar hukum. Makalah ini secara moral harus dapat dijadikan informasi lengkap tentang korupsi.

Makalah korupsi harus dapat memaparkan dan menguraikan dengan jelas tentang korupsi baik dari segi definisi maupun hal-hal yang berkembang tentang korupsi yang terjadi di Indonesia saat ini. Korupsi sendiri telah memiliki arti sebagai perilaku yang salah.

Korupsi selalu berkaitan dengan politik dan pejabat dalam sebuah pemerintahan. Namun untuk lebih spesifik dan terstruktur dalam makalah korupsi hanya akan dibatasi pada masalah umum. Hal ini disebabkan makalah hanya dibahas dengan waktu yang sangat singkat.


Download Makalah Korupsi File Doc

Copy Link Makalah Pancasila di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1EQ05ituommzQOSD1tIkqujXjnuleyEP-

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Contoh Makalah Korupsi Di Indonesia

Makalah Korupsi

Berikut ini adalah paparan contoh makalah korupsi yang akan membahas tentang korupsi. Di dalam makalah akan dibahas juga korupsi sesuai bagian-bagian tertentu sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan yang akurat dan jelas.

Baca Juga: Contoh Saran Dalam Makalah


Latar Belakang Masalah

Untuk mengantarkan pembaca dalam memahami makalah ini maka akan dipaparkan latar belakang masalah. Tujuan bagian ini adalah untuk menjelaskan tentang sebuah kondisi nyata tentang korupsi. Biasanya untuk menarik pembaca latar belakang masalah harus mampu mengungkapkan fakta yang meyakinkan.

Korupsi adalah sebuah tindakan tercela. Banyak pihak yang dirugikan akibat perilaku korupsi. Korupsi adalah perbuatan curang terhadap sesuatu hal yang berkaitan dengan anggaran. Dan sebagai negara yang berlandaskan hukum perbuatan korupsi dapat dijerat sanksi hukum yang berat.

Para koruptor biasanya menghalalkan segala cara untuk mengambil alih atau menguasai sesuatu bagian untuk memperkaya diri sendiri atau golongan tertentu. Dan dipastikan dimanapun pelaku korupsi adalah pelaku kejahatan.

Korupsi tidak saja mengakibatkan kerugian pada materi namun juga dapat merugikan moral bangsa sebagai negara yang demokrasi dan jujur.  Betapa tidak korupsi akan mengakibatkan tidak berjalannya fungsi suatu badan yang menanggung hak orang banyak. Misalnya korupsi dana haji, dana sekolah, dan dana yang lain.

Akhir-akhir ini masyarakat juga dikejutkan dengan pelaku korupsi yang dilakukan oleh pejabat. Hal ini tentunya menjadi dasar akan pentingnya membahas korupsi. Korupsi seharusnya tidak saja harus dibahas namun harus diantisipasi dan disikapi dengan sangat serius. Jika tidak maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang sakit karena diisi dengan pelaku korupsi.  Oleh sebab itu dalam makalah ini akan dibahas tentang korupsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi korupsi dalam kehidupan.


Rumusan  Masalah

Agar pembahasan dalam makalah ini dapat dipahami dengan benar. Maka bagian latar belakang masalah akan memaparkan masalah khusus yang akan dibahas dalam makalah ini. Salah satunya poin masalah yang dipaparkan dalam makalah korupsi ini adalah:

  1. Apakah yang dimaksud dengan istilah korupsi?
  2. Bagaimana pendapat atau opini masyarakat terhadap perilaku korupsi di Indonesia?
  3. Jelaskan fenomena korupsi yang terjadi dalam negara Indonesia saat ini?
  4. Kebijakan apa yang dilakukan atau upaya apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk mencegah perilaku korupsi dan menanggulanginya ?

Tujuan Makalah

Untuk mengetahui tujuan akan adanya pembahasan tentang korupsi ini maka dalam bagian ini pemakalah akan membuat tujuan umum dari pembuatan makalah ini. Nah biasanya tujuan selalu sinkron degan rumusan masalah yang dibuat dalam makalah. Adapun tujuan tersebut adalah:

1. Untuk mengetahui yang dimaksud dengan istilah korupsi?

2. Agar dapat memahami dan mengerti pendapat atau opini masyarakat terhadap perilaku korupsi di Indonesia?

3. Sebagai bahan pertimbangan dalam memahami fenomena korupsi yang terjadi dalam negara Indonesia saat ini?

4. Dan Serta untuk mengetahui kebijakan apa yang dilakukan atau upaya apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk mencegah perilaku korupsi dan menanggulanginya?


Landasan Teoritis

Dalam makalah korupsi ini pada bagian ini akan dipaparkan tentang korupsi. Mulai dari definisi dan hal –hal yang berkembang dari korupsi yang terjadi di Indonesia. Adapun salah satu penjelasan yang dapat diuraikan  dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Korupsi dalam Undang Undang

korupsi memiliki arti dan pengertian yang dicantumkan dalam Undang Undang  no 20 tahun 2001 yang menyatakan bahwa korupsi atau tindak pidana korupsi dapat dikelompokkan yaitu suap menyuap, penjegalan, kerugian keuangan negara, serta pada pemerasan.

Dengan demikian pancasila secara harfiah sebuah perilaku kejahatan atau keburukan, ketidak jujuran bahkan menyimpang dari kesucian.

2. Opini Masyarakat Terhadap Perilaku Korupsi

Bermacam opini masyarakat terhadap perilaku korupsi. Ada yang beranggapan negatif sampai kepada tanggapan acuh dan tidak mau tau. Hal ini seharusnya menjadi hal penting dibahas dan diketahui oleh seluruh masyarakat. Bahwa korupsi dapat merugikan bangsa oleh karena itu kita juga harus peduli.

Korupsi dapat terjadi karena adanya peluang dan pembiaran dari orang-orang sekitar. Lemahnya hukum dalam memberikan sanksi kepada pelaku korupsi membuat para pelaku tidak jera melakukan korupsi.

Wajar jika ada opini atau tanggapan negatif terhadap korupsi. Karena uang dan anggaran yang dikorupsi adalah hasil pajak dan milik rakyat Indonesia. Namun banyak rakyat kecil yang merasa tidak perlu akan itu dan merasa pemerintah telah cukup untuk mengurusi itu semua. Tentunya opini ini akan membuat korupsi akan tumbuh semakin subur.

3. Fenomena Korupsi Yang terjadi di Indonesia

Korupsi adalah masalah yang tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia. Banyak kasus korupsi yang muncul dipermukaan akhir-akhir ini juga tidak menemukan titik terang. Hal ini disebabkan karena korupsi sudah tersistem dan mendarah daging bagi sebagian oknum yang curang dan serakah.

Bahkan terkadang korupsi dilakukan secara bersamaan oleh pejabat pemerintah yang sudah semestinya melindungi aset negara. Rangkaian korupsi sudah sangat meresahkan masyarakat terlebih apabila keterlibatan keluarga dan kroni dalam melakukan korupsi.

Baca Juga: Makalah Bahasa Indonesia


Pembahasan

Dalam makalah permasalahan yang dipaparkan akan dibahas dengan mencari referensi dan sumber yang sesuai dengan permasalahan yang dipaparkan. Pembahasan harus dapat menjawab semua pertanyaan yang muncul dalam makalah. Untuk membahas makalah korupsi ini isi pembahasannya adalah

1. Peran Serta Masyarakat Dalam menyikapi Korupsi di Indonesia

Korupsi adalah gejala perilaku yang paling hina. Hanya yang memiliki keimanan yang lemahlah yang sanggup melakukan korupsi dan merugikan pemerintah. Perlu diketahui bahwa masyarakat memiliki hak yang sama untuk memberantas korupsi yang terjadi di negara ini.

Masyarakat dalam undang undang nomor 31 tahun 1991 memiliki hak untuk mencari tau atau memberikan informasi tentang adanya kecurigaan korupsi yang terjadi dalam suatu waktu tertentu.  Artinya masyarakat diperbolehkan dan sangat diharapkan kerjasamanya untuk memberikan informasi kepada para aparat penegak hukum akan adanya indikasi korupsi.

Selain itu kita sebagai masyarakat juga diperbolehkan dan diberikan hak untuk memberikan saran dan pendapat berkaitan dengan perkara korupsi yang terjadi dalam negara Indonesia. Sikap tidak peduli dan apatis akan menghambat informasi yang jelas tentang perilaku korupsi yang terjadi dan tentunya keikutsertaan masyarakat dalam memberantas korupsi dijamin keselamatannya.

2. Beberapa Upaya Yang Dapat Ditempuh Untuk Mencegah Korupsi

Dalam pembahasan ini dapat diketahui beberapa penjelasan tentang upaya untuk mencegah korupsi yang sudah sangat terjadi di masyarakat antara lain dengan pencegahan preventif, kuratif, edukasi dan lembaga swadaya masyarakat.

Pencegahan secara preventif dapat dilakukan dengan menanamkan rasa cinta dan nasionalisme dalam mencintai bangsa Indonesia. Masyarakat yang cinta tidak akan melakukan kerugian untuk bangsanya. Selain itu juga adanya penegakkan hukum yang disiplin dan jujur dalam mengembangkan amanat bangsa kepadanya.

Sedangkan cara lain adalah dengan melakukan tindakan kuratif yaitu memberikan sanksi pemecatan secara tidak hormat dan tentunya mendapat hukum yang sangat setimpal atas perilakunya tersebut.

Kedisplinan dan tegaknya hukum akan membuat efek jera sehingga korupsi tidak akan terjadi di dalam suatu instansi maupun perusahaan.

Edukasi juga merupakan cara terbaik untuk mencegah pelaku korupsi banyak orang melakukan korupsi karena tidak mengetahui dampak dasyat dari perilaku yang tidak terpuji ini. Adanya sosialisasi dan pendidikan non formal dalam bentuk seminar kepada masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya peduli terhadap sekitar.

LSM juga seharusnya berperan aktif dalam memantau serta mengawasi perjalanan perilaku korupsi sampai tuntas dan selesai hingga korupsi tidak saja dihukum namun diwajibkan untuk mengembalikan uang korupsi tersebut.


Penutup

Dalam bab ini akan dibahas ulasan pemakalah terhadap analisa teori dan fakta yang didapat. Penjelasan dalam bagian ini akan menjadikan makalah menjadi sempurna. Penutup biasa diisi dengan kesimpulan dan saran . dan adapun kesimpulan dari makalah korupsi ini adalah sebagai berikut;

1. Kesimpulan

  • Dari penjelasan diatas korupsi adalah sebuah sikap penyelewengan atau penggelapan uang milik suatu negara atau sebuah perusahaan untuk kepentingan dan keuntungan sesuatu hal yang berkaitan dengan diri sendiri .
  • Ragam masyarakat dalam menanggapi korupsi di Indonesia ada sebagian yang marah serta emosi namun ada juga yang bersikap apatis dan tidak mau tau.
  • Korupsi di Indonesia merupakan perilaku yang sering terjadi dan berulang-ulang. Hal ini biasanya dipicu dengan keserakahan dan ambisi semata dalam menguasai kekuasaan dan politik tertentu
  • Apapun alasanya oknum terpenting dan yang berkewajiban dalam memberantas korupsi adalah pemerintah. Karena segi hukum dikuasai negara, harapanya pelaku korupsi harus mendapatkan hukuman yang setimpal dan seberat-beratnya karena merugikan bangsa dan negara.
  • Dan Adapun upaya kongkrit dalam menghapus mata rantai korupsi adalah dengan merevitalisasi pejabat publik yang terindikasi korupsi dan menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Dan membentengi para generasi dengan nilai-nilai moral dan tidak memiliki kepribadian yang menyimpang seperti korupsi.

Saran-saran

Dan untuk saran dari pemakalah untuk pembahasan ini adalah

  • Mari bersama-sama untuk peduli dengan keadaan sekitar. Korupsi tidak akan terjadi jika tidak ada yang membantunya atau memberi peluang. Instansi-instansi pemerintahan hendaknya menegakkan disiplin dan membersihkan praktek korupsi di Indonesia.
  • Membekali karakter jujur dalam setiap mata pelajaran dan pembelajaran di Indonesia jujur menjadi syarat mutlak di Indonesia. Sehingga jujur dapat di implementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.
  • Awal dari sikap korupsi adalah berbohong, agar sifat bohong adalah memberikan kesempatan siapa saja yang salah namun berkata jujur dan benar terhadap kesalahan yang diperbuat.

Inilah contoh makalah korupsi di Indonesia yang dirangkai menjadi bagian-bagian makalah. Korupsi diungkapkan dan dibahas secara mendalam berdasarkan latar belakang masalah yang ingin dibahas. korupsi adalah perilaku yang menyimpang dengan adanya makalah yang membahas khusus tentang korupsi dapat memberikan informasi tentang korupsi yang dapat merugikan.

Makalah Korupsi 

Tinggalkan Balasan