Makalah Manajemen Pemasaran

makalah manajemen pemasaran

Makalah Manajemen Pemasaran – Pendidikan adalah salah satu lembaga fundamental dalam sebuah bangsa atau negara. Oleh sebab itu lembaga pendidikan harus memiliki daya tarik tersendiri agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk menimba ilmu. Dalam makalah manajemen pemasaran pendidikan ini akan dibahas bagaimana pendidikan dapat diterima di tengah masyarakat dunia digital.

Makalah manajemen pemasaran pendidikan ini sangat bermanfaat dalam menciptakan dan menyajikan pendidikan menjadi sesuatu yang menarik dan memiliki nilai pasar yang menjanjikan. Mau tidak mau pendidikan harus bertransformasi menjadi bisnis yang memiliki daya saing tinggi.

Berikut ini akan dibahas dalam bentuk makalah manajemen pemasaran pendidikan ini para pelaku da pelaksana lembaga pendidikan akan termotivasi untuk menggunakan strategi jitu dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tentunya memenuhi kebutuhan masyarakat.


Download Makalah Manajemen Pemasaran  File Doc

Copy Link Makalah Manajemen Pemasaran Pendidikan di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1bUl9T-59KTjs3x-Ao9MuhWcqjJR_GLCG

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Manajemen Pemasaran Pendidikan

makalah sistem informasi manajemen

Pembahasan materi ini akan menjadi menarik jika dipaparkan dalam bentuk makalah selain lebih enak dibaca tetapi untuk menghindari tingkat kejenuhan dalam membaca sebuah karya ilmiah. Untuk pembahasan masalah ini berikut ditampilkan latar belakang masalah.

Latar Belakang Masalah

Untuk dapat menyajikan informasi dan pemahaman yang kompleks pada makalah ini pembahasan akan diulas dalam latar belakang masalah sebagai pembuka. Berikut ini adalah beberapa penjelasan masalah

Manajemen memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah lembaga atau administratif tertentu. Adapun fungsi tersebut adalah Organizing, Directing, Controlling dan Planning. Manajemen pemasaran akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai pendidikan di masyarakat.

Perkembangan zaman dan berubahnya sistem tatanan kehidupan saat ini menjadikan pendidikan berubah menjadi ladang bisnis yang berfungsi dua aspek pertama sebagai mesin produksi sumber daya manusia dan yang kedua berfungsi sebagai bisnis aset yang sangat menjanjikan.

Hanya lembaga pendidikan yang memiliki manajemen yang baik yang akan dicari dan digandrungi oleh masyarakat dimasa yang akan datang. Kebutuhan masyarakat akan pendidikan menjadi sangat bervariasi dan semakin tinggi kualitasnya. Hal ini ini disebabkan kebutuhan pasar terhadap kualitas sumber daya manusia juga tinggi. Artinya pendidikan tidak saja sebagai kebutuhan memberantas buta huruf tetapi sebagai kebutuhan agar dapat bertahan hidup dimasa yang akan datang. Alasan ini lah pendidikan sangat membutuhkan manajemen pemasaran.

Baca Juga: Makalah Perilaku Organisasi

Rumusan Masalah

Berdasarkan masalah diatas maka dapat dijadikan pembahasan rumusan masalah dalam makalah manajemen pemasaran ini adalah sebagai berikut:

  1. Jelaskan bagaimana aplikasi keilmuan manajemen pemasaran dalam lembaga pendidikan?
  2. Untuk apa dan bagaimana fungsi manajemen pemasaran pendidikan dalam memenuhi kebutuhan pasar konsumen.
  3. Uraikan contoh kompleks strategi pemasaran pendidikan ?

Tujuan Dan Manfaat

Salah satu manfaat karya ilmiah adalah untuk memberikan penjelasan khusus tentang sebuah teori atau permasalahan. Dalam makalah manajemen pemasaran pendidikan ini tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa penting manajemen pemasaran untuk kebaikan pendidikan. Nah untuk ini berikut tujuan dan manfaat makalah ini adalah

  1. Untuk Memahami dengan jelas tentang bagaimana aplikasi keilmuan manajemen pemasaran dalam lembaga pendidikan.
  2. Serta bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen pemasaran pendidikan dalam memenuhi kebutuhan pasar konsumen.
  3. Dan tujuan selanjutnya adalah untuk dapat menguraikan contoh kompleks strategi pemasaran pendidikan.

Pembahasan

Dari latar belakang masalah yang telah dijelaskan diatas maka materi pembahasan akan di jawab dengan teori secara spesifik. Hal ini untuk menjawab dan menjelaskan permasalahan dan solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun kajian pustaka yang dibahas dalam makalah ini adalah.

1. Apa itu Manajemen Pemasaran Pendidikan

Secara umum manajemen adalah sebuah ilmu atau seni dalam mengatur dan pemberdayaan sumber daya manusia dan yang lain menjadi produktivitas yang bernilai dan berkualitas. Sedangkan pemasaran sendiri memiliki pengertian suatu strategi teknik atau cara tertentu untuk menjual atau memperkenalkan suatu barang atau produk tertentu kepada konsumen atau masyarakat tertentu. Jika dimaknai manajemen pemasaran pendidikan adalah sebuah upaya atau teknik mensosialisasikan atau menjual produk pendidikan kepada konsumen atau masyarakat sebagai objek pengguna pendidikan.

Dengan adanya manajemen pemasaran pendidikan menjadi mudah diakses dan dicari pasar atau masyarakat sebagai konsumen yang lebih banyak. Pengertian ini dapat diberikan contoh adalah teknik pengenalan dan sosialisasi sekolah atau lembaga pendidikan swasta agar lebih menarik dan disukai oleh masyarakat.

Kondisi ini ditunjukkan dengan adanya indikasinya banyaknya lembaga pendidikan swasta yang berlomba untuk menjual produk pendidikan yang berpotensi memiliki nilai jual dan diminati cukup tinggi. Itu mengapa kualitas pendidikan swasta menjadi meningkat dengan sendiri.

Manajemen pemasaran pendidikan ini sendiri sangat dibutuhkan dalam lembaga pendidikan swasta dewasa ini. Banyaknya persaingan membuat lembaga pendidikan swasta berlomba memberikan kemudahan dan produk pendidikan yang baru dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dimasa yang akan datang.

Tujuan dan Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Pendidikan

Secara langsung penjelasan diatas sebenar telah menjelaskan betapa bermanfaatnya manajemen pemasaran dalam dunia pendidikan. Namun agar dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam maka dapat diuraikan bahwa manajemen pemasaran memiliki manfaat dan fungsi dalam pendidikan sebagai berikut:

  • Mengemas informasi produk pendidikan dengan jelas, menarik dan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas
  • Menstimulasi masyarakat atau konsumen akan produk suatu lembaga pendidikan.
  • Sebagai brand atau mengenalkan ciri tertentu dengan lembaga pendidikan lainnya yang tersedia.
  • Untuk mendapatkan penilai dan pandangan positif masyarakat terhadap produk pendidikan yang dihasilkan lembaga tersebut.
  • Dan sebagai upaya peningkatan performa kualitas pendidikan kepada masyarakat.

Dengan demikian manajemen pemasaran dapat menarik dan mendapatkan pelanggan maupun konsumen yang dapat membeli produk pendidikan tertentu atau bahasa sederhana agar tingginya minat calon siswa yang bersekolah di lembaga tersebut.

Manajemen pemasaran juga menjadi faktor mendorongnya peningkatan kualitas dan performa lembaga pendidikan untuk menciptakan produk pendidikan yang disukai diminati dan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Dan yang terakhir manajemen pemasaran akan menjadikan sebuah lembaga pendidikan tertentu tetap seimbang, relevan dengan kebutuhan masyarakat yang terus mengalami perubahan.

Contoh Strategis Pemasaran Pendidikan

Manajemen pemasaran dalam pendidikan pasti akan melakukan pengamatan dan analisis yang mendalam untuk mengetahui dan memahami pasar pendidikan agar dapat menciptakan produk pendidikan yang laku di pasaran atau di masyarakat langkah ini sering disebut dengan identifikasi pasar.

Berikutnya adalah melakukan positioning atau melakukan segmentasi pasar membuat klasifikasi kebutuhan pasar menjadi bagian-bagian tertentu hal ini berfungsi sebagai opsi yang bervariasi kepada pasar atau konsumen.

Untuk memberikan kesan yang beda manajemen pemasaran akan membuat penawaran khusus kepada para pelanggan dan konsumen atau dikenal dengan istilah diferensiasi produk. Tentu saja penawaran yang berbeda dan lebih menguntungkan secara matematis dan logis akan semakin diminati dan dipilih.

Dan strategi berikutnya adalah dengan melakukan publikasi dalam bentuk yang lebih besar dan potensial sehingga komunikasi pemasaran akan ditangkap dengan mudah oleh konsumen. Misalkan publikasi prestasi, kelebihan dan yang lainnya di media massa tertentu. Dan yang terakhir strategi pemasaran unik dalam pendidikan adalah mempromosikan lembaga pendidikan sebagai produk jasa yang menyediakan kebutuhan konsumen.

Selain strategi pemasaran ada berbagai cara untuk dapat meningkatkan citra dan nilai suatu lembaga pendidikan di masyarakat antara lain

  • Fisik sekolah yang baik dan permanen juga merupakan daya tarik tersendiri. Tentunya desain gedung atau ruang sekolah yang posisinya menghadap ke jalan utama sangat potensial menarik perhatian masyarakat.
  • Eksistensi kepala sekolah atau pemilik yayasan dalam acara atau even tertentu menjadi media publikasi untuk dikenal dan di dengar masyarakat. Bukan saja hanya media masa semua sumber daya yang ada dalam sekolah juga memiliki potensi harga jual yang tinggi. Salah satunya dedikasi kepala sekolah atau ketua yayasan.

Perkembangan Manajemen Pemasaran Pendidikan Dewasa Ini

Dari penjelasan diatas harus dapat disadari bahwa pendidikan bukan kewajiban tetapi bisnis dan pasar yang diperjualbelikan produknya untuk kebutuhan hidup manusia dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu tidak heran jika saat ini pemasaran lembaga pendidikan kini gencar seperti pemasaran produk komersial dalam dunia nyata saat ini.

  • Teknik pemasaran lembaga pendidikan kini telah menduduki majalah dan media mass tertentu. Majalah yang menjadi media penerbitan lembaga pendidikan saat ini juga sudah melebar. Yaitu majalah internal maupun eksternal.
  • Bahkan tingginya persaingan para kompetitor dalam dunia pendidikan membuat manajemen pemasaran pendidikan harus berevolusi melakukan pemasaran dan publik dalam bentuk radio, bahkan dalam bentuk film dokumenter.
  • Bahkan pemasaran juga melibatkan peserta didik yang merupakan konsumen lembaga menjadi sumber potensi pemasaran seperti membentuk kelompok atau ikon tertentu. Pemasaran ini dilakukan degan cara melakukan pameran agar dapat menarik perhatian para konsumen.
  • Menggunakan media massa dalam manajemen pemasaran pendidikan bukan lagi hal yang aneh. Seiring berkembangnya media masa dan komunikasi maka bentuk da jenis pemasaran dalam pendidikan juga ikut berkembang salah satunya adalah melakukan publishing dan bentuk periklanan khusus.

Baca Juga: Makalah Manajemen

Penutup

Sampailah pembahasan makalah manajemen pemasaran ini kepada penutup dan kesimpulan. Pembahasan ini memang sangat menarik dimana saat ini pendidikan adalah sebuah produk yang siapa saja berhak membeli atau tidak kepada produk pendidikan tertentu. Hal ini sangat berbeda dengan saat dulu bahwa pendidikan adalah hal ynag diharuskan.

Kesimpulan

Manajemen pemasaran pendidikan adalah pola baru saat ini dalam dunia pendidikan. Sedangkan pengertian manajemen pemasaran pendidikan itu sendiri adalah sebuah ilmu, cara teknik atau strategi untuk memasarkan produk pendidikan kepada masyarakat atau produk pendidikan.

Banyak cara dan teknik pemasaran pendidikan dalam manajemen pemasaran .

  • Melakukan Pengamatan dan analisis yang mendalam untuk mengetahui dan memahami pasar pendidikan agar dapat menciptakan produk pendidikan yang laku di pasaran atau di masyarakat langkah ini sering disebut dengan identifikasi pasar.
  • Positioning atau melakukan segmentasi pasar membuat klasifikasi kebutuhan pasar menjadi bagian-bagian tertentu hal ini berfungsi sebagai opsi yang bervariasi kepada pasar atau konsumen.
  • Membuat penawaran khusus kepada para pelanggan dan konsumen atau dikenal dengan istilah diferensiasi produk. Tentu saja penawaran yang berbeda dan lebih menguntungkan secara matematis dan logis akan semakin diminati dan dipilih.
  • Melakukan Publikasi dalam bentuk yang lebih besar dan potensial sehingga komunikasi pemasaran akan ditangkap dengan mudah oleh konsumen. Misalkan publikasi prestasi, kelebihan dan yang lainnya di media massa tertentu.
  • Dan yang terakhir strategi pemasaran unik dalam pendidikan adalah mempromosikan lembaga pendidikan sebagai produk jasa yang menyediakan kebutuhan konsumen.

Saran-saran

Adapun saran penting dalam  makalah ini yang ingin disampaikan adalah kepada lembaga pendidikan kiranya dapat memperhatikan produk pendidikan yang ditawarkan kepada masyarakat salah satunya tidak melupakan muatan karakter dalam setiap produk pendidikannya.

Itulah penjelasan dan pemaparan sederhana makalah manajemen pemasaran pendidikan. Harapannya makalah ini dapat dijadikan informasi yang bermanfaat dan berguna dalam meningkatkan kualitas produk dan lembaga pendidikan di Indonesia

Makalah Manajemen Pemasaran

Tinggalkan Balasan