Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia

5 min read

makalah manajemen sumber daya manusia

Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia – Makalah manajemen sumber daya manusia adalah sebuah karya ilmiah yang disusun untuk membahas permasalahan sumber daya manusia dan manajemennya. Struktur utuh untuk membuat satu makalah ini harus didahului dengan kata pengantar dan out line yang akan dibahas di makalah.

Biasanya makalah manajemen sumber daya manusia adalah berisi tentang permasalahan manusia sebagai sumber daya tidak memiliki kualitas yang maksimal.oleh sebab itu pentingnya manajemen dalam meningkatkan sumber daya manusia tersebut.

Nah untuk membuat makalah manajemen sumber daya manusia maka dapat dimulai dengan membuat out line yang akan dibahas. Misalnya bagaimana memanajemenin manusia agar optimal dan berkualitas. Atau bisa juga dengan memaparkan definisi sumber daya manusia.

Untuk lebih memahami berikut akan dipaparkan sebuah contoh tentang makalah manajemen sumber daya manusia secara tuntas, lengkap dan mudah dimengerti. Makalah akan dimulai dengan  latar belakang masalah.


Download Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia File Doc

Copy Link Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1Xls-8GFhSJUpxaGHSx2D-02h46Berljx

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


A. Latar Belakang Masalah

Makalah Manajemen Sumber daya Manusia

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa seorang pemakalah wajib merangkai dan membuat latar belakang masalah. Latar belakang masalah adalah poin yang mendasari dibahasnya makalah tersebut. Nah untuk membuat makalah agar tetap menarik dan berkualitas maka memilih pembahasan yang menarik orang untuk membacanya.Dan berikut ini adalah salah satu contoh latar belakang masalah untuk makalah manajemen sumber daya manusia.

Sumber daya secara umum memiliki  4 jenis.  Adapun jenis itu yaitu sumber daya manusia dan kemampuan teknologi, fisik, dan finansial. Tidak dapat dipungkiri sumber daya adalah faktor penting dalam mencapai sebuah target atau tujuan tertentu. Ke empat sumber daya tersebut juga merupakan modal untuk mengembangkan potensi keuntungan.

Misalnya dalam suatu perusahaan, sumber daya manusia akan dioptimalisasikan menjadi pundi keuntungan. Mulai dari skill, loyalitas dan kemampuan kognitif yang berasal dari sumber daya manusia merupakan aset terbesar dalam perusahaan.

Terlebih kemampuan dalam menggunakan teknologi tentu saja akan menjadi unsur terpenting dalam meraih kesuksesan dan keberhasilan dalam sebuah perusahaan. Segala sesuatu yang ada membutuhkan sentuhan manusia sebagai sumber daya manusia yang menggerakkan segala yang ada. Tanpa manusia tentu semua bahan tidak akan berfungsi.

Namun ada juga manusia sebagai sumber daya tidak akan maksimal tanpa ilmu manajemen. Manusia akan lebih berkualitas dengan mengaturnya dalam sebuah sistem manajemen yang terkordinir dan tersistematis.

Itulah mengapa makalah tentang manajemen sumber daya manusia ini sangat penting untuk dipaparkan dan dibahas lebih mendalam. Ilmu manajemen akan menjadi media utama agar semua sumber daya manusia dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

Baca Juga: Makalah Demokrasi


B. Tujuan Dan Manfaat Rumusan Masalah

Makalah Manajemen Sumber daya Manusia

Setelah memaparkan latar belakang masalah secara umum dan khusus maka rumusan masalah akan memperkecil ruang batasan yang akan dibahas pada makalah. Dan untuk bagian ini contoh dibawah ini sangat cocok digunakan.

Rumusan Masalah

1.Jelaskan Pengertian dan definisi manajemen sumber daya manusia ?

2.Bagaimana Ilmu manajemen dalam mengelolah sumber daya manusia ?

3. bagaimana proses tahapan  manajemen sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan ?

4. Jelaskan tentang fungsi ilmu manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan ?

Tujuan

1. Untuk memahami dan mengetahui pengertian manajemen sumber daya manusia

2. Agar dapat mengetahui secara mendalam tentang pendekatan ilmu manajemen sumber daya manusia.

3. Serta bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen sumber daya manusia


C. Pembahasan

Makalah Manajemen Sumber daya Manusia

Berikutnya akan dipaparkan pembahasan tentang manajemen sumber daya manusia. Agar lebih mudah dan mudah untuk dibaca maka pembahasan sesuai dengan rumusan masalah yang dijelaskan atau dipaparkan sebelumnya diatas.

1. Pengertian Sumber Daya Manusia

Ada banyak pengertian yang dapat dipahami dari berbagai beberapa ahli manajemen. Namun perlu diketahui bahwa manajemen sumber daya manusia secara umum memiliki pengertian yaitu, suatu ilmu cara maupun teknik yang dapat mengatur dan mengembangkan potensi atau peranan sumber daya manusia agar dapat berfungsi sesuai dengan harapan serta memaksimalkan potensi dari sumber daya dalam mencapai tujuan dalam suatu perusahaan.

Adapun beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli salah satunya Melayu SP Hasibuhan menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah sebuah seni dan kemamupuan dalam mengatur dan mengefektifkan sumber daya manusia menjadi daya dan kekuatan yang akan mencapai tujuan perusahaan, maupun masyarakat.

Ada juga menurut Henry Simamora yang mengatakan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dalam mengembangkan potensi, membudidayakan serta mampu merencanakan pengelolaan individu menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, tepat sasaran dan bernilai.

Dari definisi-definisi tersebut dapat dipahami bahwa manajemen sumber daya manusia adalah tentang segala hal yang berkaitan degan sumber daya manusia. Jadi dalam ilmu manajemen manusia atau individu adalah sumber yang harus diolah, diberdayakan, dinilai, dikembangkan menjadi satu kesatuan kemampuan yang utuh dan dapat bernilai manfaat baik secara fsikis maupun material.

Individu atau manusia adalah sumber daya manusia yang sangat penting dan wajib di berdayakan potensi didalamnya menjadi sesuatu yang bernilai. Misalnya seorang individu yang memiliki ilmu pendidikan dalam bidang IT maka dikembangkan potensi menjadi ahli IT di perusahaan sehingga mampu mengendalikan produksi ke dalam alat digital yang mudah.

Berubahnya seorang individu tadi menjadi tenaga ahli yang handal itulah yang disebut ilmu manajemen. Manusia di anggap sebagai multi sumber yang dapat di berdayakan menjadi sumber yang lebih bermanfaat dan berkualitas tentunya.

Baca Juga: Makalah Senam Lantai


2. Pendekatan Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada 3 pendekatan dalam manajemen sumber daya manusia yaitu pendekatan mekanis atau klasik. Pendekatan ini adalah menjadikan individu atau manusia sebagai mesin produksi yang dapat menghasilkan produksi berdaya jual materi namun pendekatan ini dapat dianggap tidak manusia karena mengganggap manusia seperti itu.

Dan pendekatan berikutnya adalah pendekatan paternalistik atau juga dikenal dengan paternalisme yaitu sebuah pendekatan yang menjadikan manajemen sebagai alasan untuk melindungi para karyawan atau pekerja dalam sebuah perusahaan.

Serta berikutnya menggunakan pendekatan human relation atau sistem sosial. Pendekatan ini adalah dengan tetap mempertimbangkan sosial terhadap pekerja dan karyawan sehingga hak-hak individu dalam perusahaan juga harus di pertanggung jawabkan


3. Tahap-Tahap Proses Manajemen Sumber Daya Manusia

Setidaknya ada 3 tahap dan proses dalam manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan yaitu rekrutmen, maintenance, dan development.

Untuk tahap rekrutmen adalah proses penyaringan dan mengklasifikasikan manusia ke dalam lowongan yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kemampuan. Tahap ini adalah awal pemberdayaan agar setiap individu akan menjadi tenaga kerja yang handal dalam perusahaan tersebut.

Lalu tahap maintenance dimana kestabilan para individu sangat dijaga dan dirawat oleh sebab itu para pekerja akan diberikan upah maupun gaji yang sesuai, diberikan bonus, insentif dan biaya kesehatan. Proses ini lah yang dimaksud degan proses maintenance atau menjaga dan memelihara pekerja agar tetap memiliki performa dalam bekerja.

Dan yang ketiga adalah proses development atau pengembangan. Dalam tahap ini tenaga kerja atau individu akan  diberdayakan dan dikembangkan menjadi tenaga profesional dengan cara memberikan pelatihan, pendidikan dan yang lainnya. tentunya tahapan diatur dan dirancang berdasarkan waktu, efisiensi dan kebutuhan akan perusahaan dan tenaga pekerja tersebut.


3. Peran Serta Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebagaimana yang diketahui dalam ilmu manajemen bahwa manusia juga adalah merupakan pelaku yang dapat mengembangkan kemampuan ini. Dalam manajemen manusia berfungsi sebagai perencanaan dalam memberdayakan potensi.

Selain itu juga manusia juga berperan sebagai kontroling. Manusia yang dikembangkan juga harus meliputi segala unsur agar kehidupan menjadi seimbang. Misalnya saja seorang individu yang berhasil diberdayakan dan dikembangkan menjadi tenaga kerja yang handal dan ahli di bidangnya. Tetap dipenuhi kebutuhan psikologisnya agar tidak menimbulkan gejolak seperti memberikan upah yang sesuai, memberikan pelatihan dan pemberdayaan rohani yang cukup.

Jika tidak diberdayakan dengan manajemen yang baik manusia juga akan tumbuh menjadi pekerja yang kaku dan baku sehingga tidak dapat menggunakan akal dan moral untuk menetralisir kehidupannya menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu ilmu manajemen sumber daya manusia harus dilakukan oleh orang orang yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dibidang itu agar manusia atau pekerja yang dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang berlaku dalam kehidupan manusia.

Dalam memberdayakan  tenaga kerja menjadi sumber daya manusia yang berdaya guna setidaknya dalam pola pengembangan pelatihan membutuhkan beberapa penilaian. Adapun penilaian harus menyangkut 3 aspek yaitu analisis organisasi, pekerjaan, dan pribadi.

Analisis organisasi untuk menentukan pelatihan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan individu dalam menunjang karir dan kemampuannya dalam perusahaan. Sedangkan untuk analisis pekerjaan adalah kesesuaian skill yang dimiliki dan materi pengembangan yang efisien dan efektif untuk karyawan dan pekerja tersebut. Dan yang ketiga adalah analisis pribadi yang berorientasi kepada memilih sistem dan pola pendidikan dan pelatihan apa yang sesuai dan cocok untuk para pekerja di perusahaan tersebut.


Penutup

Makalah Manajemen Sumber daya Manusia

Seperti pada umumnya penutup akan dipaparkan dibagian akhir pada makalah.  penutup biasanya dijelaskan dengan sangat singkat namun secara keseluruhan. Sehingga pembaca makalah dapat mengerti isi makalah tersebut. Dan adapun kesimpulan pada penutup makalah manajemen sumber daya manusia adalah sebagai berikut:

Dari pembahasan dibawah diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah merupakan ilmu dan kemampuan dalam mengelola mengorganisasikan, merencanakan serta,  mengembangkan individu sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, menghasilkan dan memiliki nilai.

Ilmu manajemen sumber daya manusia berkembang mulai abad 20 mulai dari menanggap manusia adalah  mesin, atau robot berubah menjadi sumber daya manusia yang lebih tinggi derajat dan perannya. Manusia telah dianggap sebagai tenaga ahli yang siap diberdayakan menjadi tenaga profesional yang menguntungkan.

Pendekatan yang dilakukan dalam manajemen sumber daya manusia saat ini adalah dengan merekrutmen, kemudian di maintenance atau dipelihara dan dijaga serta yang ketiga di kembangkan atau diberdayakan menjadi tenaga kerja yang bernilai tinggi. Ilmu manajemen juga dapat berfungsi memperbaiki sistem kerja dan proses agar dapat tercapainya tujuan target sebuah perusahaan atau organisasi.

Penjelasan dan contoh diatas adalah salah satu bentuk model tentang makalah manajemen sumber daya manusia. Paparan diatas sesuai dengan struktur makalah sebagaimana semestinya. Namun makalah diatas dapat ditambah dan dikurangi sesuai kebutuhan para pemakalah. Pemaparan makalah diatas dijabarkan sesuai judul dan latar belakang yang di paparkan sehingga makalah menjadi sistematis dan terstruktur.

Makalah Manajemen Sumber daya Manusia

Tinggalkan Balasan