Contoh Makalah Manajemen

makalah manajemen

Makalah Manajemen – Siapa yang tidak mengenal istilah manajemen. Ilmu manajemen adalah ilmu yang digunakan dalam segala bidang. Untuk memahami ilmu ini seseorang dapat menambah pengetahuannya dengan membaca makalah manajemen.

Makalah manajemen akan memudahkan pembaca untuk memahami ilmu tersebut. Makalah menyajikan informasi perihal sebuah teori dengan sangat detail dan menggunakan klasifikasi. Sangat cocok bagi yang memiliki waktu sedikit untuk membaca.

Makalah manajemen juga dapat memberikan informasi dengan sangat singkat sehingga dapat dengan mudah untuk diingat dan dipahami. Berikut ini akan dibahas makalah tentang manajemen dengan struktur ilmiah seperti makalah.


Download Makalah Manajemen File Doc

Copy Link Makalah Manajemen di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1ogcYmleibKUg4_v5sU95KClo9N7gQImE

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Manajemen dan Fungsinya Dalam Kehidupan Manusia

Makalah Manajemen Sumber daya Manusia

Untuk mengetahui pembahasan tentang manajemen dan aplikasinya dalam kehidupan manusia dapat dipahami melalui penjelasan sederhana di makalah ini. Sebagai pemahaman dasar maka seseorang dapat memulai membaca sejarah dan latar belakang munculnya ilmu manajemen dalam dunia.

Latar Belakang

Berikut ini adalah ulasan tentang faktor dan peristiwa yang melatarbelakangi lahirnya ilmu manajemen dalam kehidupan. Serta bagaimana aplikasinya dalam hubungannya pada organisasi tertentu.

Lahirnya konsep manajemen dipelopori Adam Smith. Beliau menyatakan bahwa sesuatu pekerjaan akan lebih cepat dan berhasil apabila pekerjaan tersebut dilakukan secara berulang ulang dan  dibagi kedalam klasifikasi atau kelompok tertentu.

Pada saat revolusi industri yang terjadi di inggris di situlah mulai berubahnya tenaga manusia menjadi digantikan tenaga mesin.  Sehingga dengan demikian semua produksi yang dulunya dikerjakan di dalam rumah berubah menjadi mesin di pabrik-pabrik. Keadaan ini yang membutuhkan sebuah ilmu tentang bagaimana mengetahui permintaan pasar, melihat persediaan bahan baku, serta memberikan pengarahan kerja dan sebagainya. Dan ilmu manajemen lah yang digunakan pada saat itu lahirnya manajemen dilatar belakangi  akan peristiwa penting tersebut.

Ilmu manajemen ini berkembang menjadi saat ini menjadi sebuah aktifitas industri menjadi lebih tersistem, teratur dan dapat di ukur. Jadi ilmu manajemen digunakan untuk dapat membuat suatu pekerjaan menjadi mudah, cepat dan lebih berkualitas.

Baca Juga: Makalah Identitas Nasional

Rumusan Masalah

Berikutnya mari menelaah masalah yang dimunculkan dan sengaja di pilih untuk diidentifikasi dan diketahui jawabannya. Rumusan masalah yang telah di kumpulkan akan menjadi dasar pembahasan dalam bagian berikutnya di makalah manajemen ini.

  1. Bagaimana proses penggunaan istilah manajemen di indonesia?
  2. Jelaskan fungsi-fungsi dan kegunaan ilmu manajemen dalam tatanan kehidupan dan kebutuhan manusia di indonesia?
  3. Sebutkan dan jabarkan contoh ilmu manajemen dalam penerapannya ?

Manfaat dan Tujuan

Adapun tujuan dan manfaat penggunaan ilmu manajemen dalam tatanan instansi, organisasi maupun lembaga lainnya adalah sebagai sistem yang mengatur tatanan tertentu. Dan oleh sebab itu manfaat makalah manajemen ini adalah.

  1. Untuk mengetahui Bagaimana proses penggunaan istilah manajemen di indonesia
  2. Agar dapat memahami fungsi-fungsi dan kegunaan ilmu manajemen dalam tatanan kehidupan dan kebutuhan manusia di indonesia
  3. Dapat menjelaskan dan menyebutkan contoh ilmu manajemen dalam penerapannya

Pembahasan

Berikut ini akan dibahas satu persatu masalah yang telah diklasifikasikan sebelumnya dalam makalah manajemen diatas. Adapun yang menjadi pembahasan dalam makalah ini adalah sebagaimana berikut dibawah ini.

Ilmu manajemen

Sebagaimana dalam latar belakang masalah dapat diketahui bahwa revolusi industri oleh Inggris telah pelopor manajemen. Oleh sebab itu manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu manajement. Pengertiannya kini juga memiliki banyak ragam. Ada yang mengartikannya sebagai pengelolaan, kepemimpinan, kepengurusan, pembinaan maupun ketatalaksanaan. Pada tahun 1981 oleh Pariata Westra manajement resmi menggunakan istilah manajemen dengan alasan agar memperkaya perbendaharaan bahasa indonesia.

Sayangnya sampai akhir ini pun manajemen tetap belum memiliki pengertian yang sama dikalangan para ilmuwan dan praktisi manajemen. Manajemen memiliki pengertiannya sendiri tergantung penekanan serta kebutuhan masing-masing. Oleh sebab itu hal ini menjadi hambatan pagi yang ingin mempelajari ilmu manajemen tersebut.

Namun dengan dasar hal ini juga terjadi dengan ilmu-ilmu lainnya manajemen sepakat telah bisa digunakan dan dipelajari meski belum memiliki pengertian yang sama namun dinyatakan semua pengertian tentang manajemen memiliki unsur yang sama .

Dan agar dapat memudahkan pemahaman dan pengetahuan manajemen diisyaratkan memiliki pola sudut pandang yang sama. Misalkan menurut G.R. Terry menyatakan bahwa ilmu manajemen adalah suatu ilmu yang mengarah kepada pengetahuan untuk melakukan penyusunan, perencanaan, penggerakkan serta pengendalian dalam tujuan untuk mencapai sebuah target yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan yang tersedia lainnya.

Selain itu menurut M. Manullang ilmu manajemen itu sendiri adalah sebuah seni dalam mengatur, merencanakan, mengorganisasikan sumber daya manusia untuk tujuan agar tercapainya sebuah target yang telah ditentukan atau yang hendak dicapai.

Dan yang terakhir Malayu SP. Siagian juga membuat pengertian tentang ilmu manajemen yaitu sebuah keahlian dan seni dalam memanfaatkan sumber daya manusia dan yang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu degan waktu dan proses yang lebih efisien dan efektif.

Fungsi dan Kegunaan Ilmu Manajemen

Selain banyaknya pengertian ilmu manajemen ilmu ini memiliki kegunaan dan fungsi tersendiri yaitu untuk menganalisis sesuatu hal agar lebih mudah dan lebih mendalam. Selain itu juga sebagai sistematika dalam membahas sebuah masalah agar lebih teratur. Dan yang terakhir ilmu manajemen untuk pedoman dan dasar dalam mengatur dan proses manajemen itu sendiri.

Jika dijelaskan lebih lanjut tentang fungsi dan kegunaan ilmu manajemen menurut Nickel, McHug dan Mc Hug menyatakan sedikitnya ada 4 fungsi manajemen yang terdiri dari.

  • Mengandung fungsi perencanaan atau planning. Jika dijabarkan ilmu manajemen dapat berfungsi sebagai sebuah analisis yang dirancang dan diplanning untuk menyikapi dan sebagai antisipasi akan adanya perubahan dimasa yang akan datang. Misalnya menyiapkan produk yang laku di pasaran di masa yang akan datang.
  • Fungsi Pengorganisasian biasa disebut dengan Organizing hal ini memiliki fungsi sebagai strategi dalam mendesain struktur organisasi yang maksimal dan tepat dalam mencapai sasaran target yang lebih efektif dan efisien.
  • Pengimplementasian istilah dikenal dengan fungsi directing yaitu sebuah desain program agar teknik dan sebuah proses dapat dipahami dan dimengerti oleh seluruh pihak sehingga dapat meningkatkan kinerja serta tanggung jawab dalam mencapai produktivitas yang ditentukan.
  • Fungsi pengendalian atau disebut juga controlling. Hal ini memiliki kegunaan sebagai proses pengawasan, penilaian serta mengendalikan rangkaian aktifitas dengan ukuran target dan tujuan yang hendak dicapai dan ditentukan

Manfaat Manajemen dalam Organisasi.

Organisasi terbentuk karena adanya tujuan yang hendak dicapai. Dan untuk mencapai tujuan tertentu ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi tersebut. Dan menurut T. Hani Handoko ada berbagai alasan mengapa ilmu manajemen itu sangat diperlukan dan dipentingkan dalam organisasi yaitu;

  • Ilmu manajemen berguna untuk mencapai tujuan suatu organisasi tertentu.
  • Ilmu manajemen juga berfungsi sebagai indikator penyeimbang antara tujuan-tujuan organisasi yang berbeda antara masyarakat, konsumen, pelanggan, karyawan bahkan sampai tujuan pemilik sendiri.
  • Dan dengan ilmu manajemen tujuan organisasi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian ilmu manajemen memiliki peranan dan fungsi yang amat luas dan universal. dalam sendiri kehidupan ilmu tatanan ini dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan. Apakah itu konsep, prinsip maupun kaidah-kaidah dalam sebuah kondisi manajerial tertentu.

Manajemen tidak saja berfungsi dalam hal organisasi perusahaan tetapi dapat digunakan malam memanajemeni organisasi pendidikan,keagamaan serta sosial dan lainnya. Ilmu manajerial tertentu akan berfungsi membantu proses percepatan pencapaian tujuan tertentu.

Contoh Penggunaan Ilmu Manajemen dan Profesi Tertentu

Kita pasti mengenal istilah administrasi. profesi ini juga menggunakan ilmu manajemen dalam aplikatifnya. Dalam aplikasinya ilmu manajemen berfungsi untuk menata dan mengelola administrasi dalam suatu organisasi perusahaan maupun instansi tertentu. Dalam manajemen administrasi ilmu ini akan mengatur sistem financial, personalia, budgeting, informasi bahkan sampai kepada hubungan masyarakat.

Dengan demikian manajemen memiliki fungsi yang berbeda namun memiliki unsur penerapan yang sama. Artinya pada hakekatnya ilmu manajemen memiliki fungsi yang sama yaitu semua strategi dalam mencapai target dan tujuan dengan menggunakan sistem yang lebih efektif dan efisien.

Contoh berikutnya adalah manajemen resiko yaitu manajemen berfungsi menganalisis, mengantisipasi dan merancang posisi suatu organisasi agar dalam mencapai suatu tujuan terhindar dari ancaman resiko yang besar dan merugikan. Dengan adanya manajemen resiko setidaknya dalam proses pencapaian tidak terjadi permasalahan yang dapat mengancam sebuah organisasi perusahaan tertentu.

Manajemen resiko tidak saja berisi tentang teknik menghindari resiko tetapi bagaimana ilmu ini bisa menghadapi resiko yang telah datang sehingga tidak mengakibatkan kerugian dalam jumlah yang besar.

Biasanya manajemen memang berfungsi yang mengatur dalam hal sistem, operasional, pengawasan dan melakukan kontroling terhadap perjalanan dan aktifitas dalam organisasi perusahaan maupun organisasi lembaga lainnya.

Dengan demikian ilmu manajemen adalah yang mengatur tatanan sistem operasional dan pengelolaan sumber daya manusia dan yang lain dalam mencapai tujuan dan target tertentu.

Baca Juga: Makalah Pasar Modal

Penutup

Ilmu manajemen telah dipaparkan dengan sangat jelas, sederhana. Agar dapat lebih mudah memahaminya maka ringkasan dalam kesimpulan dapat membantu.  Untuk makalah manajemen ini kesimpulannya adalah sebagaimana yang tertera dibawah ini.

Kesimpulan

Adapun ringkasan yang berhasil dihimpun dari penjelasan dan pembahasan diatas maka dapat diketahui bahwa ilmu manajemen adalah ilmu manajemen adalah suatu ilmu yang mengarah kepada pengetahuan untuk melakukan penyusunan, perencanaan, menggerakkan serta pengendalian dalam tujuan untuk mencapai sebuah target yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan yang tersedia lainnya.

Dan untuk fungsi manajemen adalah sebagai berikut Mengandung fungsi perencanaan atau planning. Jika dijabarkan ilmu manajemen dapat berfungsi sebagai sebuah analisis yang dirancang dan diprogram untuk menyikapi dan sebagai antisipasi akan adanya perubahan dimasa yang akan datang. Misalnya menyiapkan produk yang laku di pasaran di masa yang akan datang.

Fungsi Pengorganisasian biasa disebut dengan Organizing hal ini memiliki fungsi sebagai strategi dalam mendesain struktur organisasi yang maksimal dan tepat dalam mencapai sasaran target yang lebih efektif dan efisien.

Pengimplementasian  istilah dikenal dengan fungsi directing yaitu sebuah desain program agar teknik dan sebuah proses dapat dipahami dan dimengerti oleh seluruh pihak sehingga dapat meningkatkan kinerja serta tanggung jawab dalam mencapai produktivitas yang ditentukan.

Fungsi pengendalian atau disebut juga controlling. Hal ini memiliki kegunaan sebagai proses pengawasan, penilaian serta mengendalikan rangkaian aktifitas dengan ukuran target dan tujuan yang hendak dicapai dan ditentukan

Saran-saran

Adapun saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya makalah ini dijadikan pengetahuan tambahan yang dapat memotivasi dan memberikan informasi tambahan tentang ilmu manajemen. Apapun alasannya ilmu manajemen sangat bermanfaat dalam segala hal termasuk untuk diri sendiri ilmu manajemen sangat bermanfaat dalam mencapai tujuan tertentu.

Itulah makalah manajemen yang membahas dan memaparkan secara sederhana tentang ilmu manajemen dan proses perkembangannya. Tanpa disadari dengan mengetahui informasi tentang manajemen maka seseorang dapat mempelajarinya sendiri tentang ilmu manajemen dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Makalah manajemen ini sangat bermanfaat bagi organisasi perusahaan, instansi maupun lembaga pendidikan. Dengan makalah ini dapat diketahui tentang suatu hal dan cara efektif merencanakan suatu teknik untuk mencapai suatu tujuan.

Makalah Manajemen

Tinggalkan Balasan