Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

makalah pancasila sebagai dasar negara

Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara – Makalah pancasila sebagai dasar negara adalah sebuah karya ilmiah sederhana yang biasanya dibuat oleh mahasiswa dalam memenuhi tugas mata kuliah. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi dalam membuat karya ilmiah ini maka pemakalah harus mengetahui pancasila secara etimologi.

Untuk membuat makalah pancasila sebagai dasar negara tentunya membutuhkan buku tentang pancasila sebagai referensi dan juga undang-undang serta buku tentang civic education juga banyak membahas tentang hal ini.

Sebagai mahasiswa sudah sepatutnya makalah harus terlihat ilmiah dan mengesankan agar mendapat penilaian yang baik dan dapat menunjukkan kredibilitas pemakalah sebagai mahasiswa yang baik dan pintar. Berikut ini akan dibahas dan paparkan makalah pancasila sebagai dasar negara sebagai bahan inspirasi untuk membuat makalah yang baik dan benar.


Download Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara File Doc

Copy Link Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1lx2qs0C3PTeDn_UTjGoTpxytecOlW93T

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Contoh Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

Berikut ini adalah contoh penjelasan tentang membuat dan menyusun makalah tentang pancasila sebagai dasar negara. Untuk itu pastikan pemakalah telah membaca pancasila dari sumber yang jelas dan lengkap.


Latar Belakang Masalah

Sebagai warga negara bangsa Indonesia menjunjung tinggi pancasila adalah hal yang sangat mutlak. Pancasila adalah dasar yang memiliki nilai tinggi dari kedaulatan dan azas kebangsaan yang sangat mulia balasannya.  Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila juga patut di implementasikan  ke dalam kehidupan rakyat.

Selain sesuai dengan budaya dan teologi bangsa Indonesia pancasila di rangkai dengan nilai-nilai normatif yang sangat luhur oleh sebab itu pancasila adalah simbol kebangsaan Indonesia yang sangat tinggi tentunya.

Namun apa jadinya jika pancasila tidak dijadikan dasar utama dalam menjalankan sebagai warga negara di Indonesia. Sudah dapat dipastikan maka akan muncul konflik perbedaan yang sangat jauh bahkan memicu adanya perpecahan.

Pentingnya pancasila untuk dipahami dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air menjadikan  pancasila tidak saja sebagai lambang tetapi sebagai salah satu materi pembelajaran dalam semua jenjang di Indonesia. Sebagaimana yang terkandung dalam undang-undang dasar 45 yang menyatakan bahwa pancasila adalah kepribadian bangsa dan luhur yang patut dijadikan   model karakter setiap masyarakat Indonesia.

Namun saat ini Indonesia mengalami hambatan dan rintangan dalam membumikan pancasila. Perkembangan teknologi dan perubahan dalam pola kehidupan bermasyarakat di Indonesia menjadikan pancasila tidak lagi sebagai dasar sehingga tidak sedikit mengakibatkan perpecahan dan kerusakan. Inilah alasan mengapa pancasila sebagai dasar negara ini sangat penting dibahas dalam makalah ini.

Baca Juga: Makalah Bola Voli


Rumusan Masalah

Untuk mempermudah ruang lingkup pembahasan dalam makalah maka pentingnya membuat rumusan masalah agar pembahasan fokus. Rumusan masalah banyaknya sangat beragam tergantung dari kebutuhan permasalahan yang akan dibahas dalam pemakalah tersebut. Dan untuk pembahasan pancasila rumusan masalah yang dapat dijadikan pembahasan adalah:

1.Apa yang dimaksud dengan pancasila ?

2.Jelaskan Fungsi umum pancasila?

3. Jelaskan bagaimana dan Apa fungsi pancasila sebagai dasar negara di Indonesia?


Tinjauan Pustaka

Agar makalah lebih ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan maka dalam setiap makalah harus memiliki dasar atau landasan pustaka. Berkaitan dengan makalah pancasila sebagai dasar negara maka yang akan dibahas dalam tinjauan pustaka adalah pembahasan pancasila berdasarkan referensi yang diakui.

Untuk dapat memahami pancasila dengan baik maka memahami pengertian pancasila tidak saja sebagai tekstual namun sebagai kontekstualnya juga. Seperti salah satu pakar Maersudi yang memberikan pengertian pancasila yaitu sebuah ideologi yang diambil dari bahasa yunani dengan arti dan makna melihat, atau idea yang bermakna raut muka gagasan, atau buah pikiran beliau juga menyatakan bahwa pancasila adalah sebuah ajaran atau ide gagasan dari buah pikiran yang mendalam atau disebut juga dengan science desideas.

Untuk lebih memberikan pengetahuan yang lebih luas berkaitan dengan pancasila adalah pengertian menurut Puspowardoyo berkaitan pancasila adalah sebuah dasar atau ideologi rakyat dalam berkehidupan di dalam bangsa dan negara Indonesia. Menjadikan pancasila sebagai dasar sikap dalam melakukan atau mengolah sumber daya yang ada dalam bangsa Indonesia.

Begitu juga dengan pendapat Cipto yaitu pakar kewarganegaraan yang menyatakan bahwa pancasila adalah rujukan, dasar pedoman dalam menentukan sikap, pikir dan untuk mengembangkan kognitif serta perilaku manusia di Indonesia. Sering kita mendengar moral pancasila hal ini didasari atas pengertian yang sangat mendalam dari pancasila tersebut.  Kebesaran dan kedaulatan bangsa Indonesia dilambangkan dengan pancasila.

Dengan demikian dapatlah dipahami bahwa pancasila adalah dasar negara Indonesia yang di orientasikan kepada kehidupan kemanusiaan yang ada di dalam muka bumi. Oleh sebab itu sungguh sangat penting pancasila dipahami dan dijadikan panduan dalam berkehidupan di negara indonesia.


Pembahasan

Bagian ini adalah bagian yang paling utama untuk dibahas dalam makalah oleh sebab itu pada bagian pembahasan akan memaparkan sebuah materi yang menjadi fokus di makalah ini. Berikut contoh pembahasan tentang makalah pancasila sebagai dasar negara.

1.Pengertian Pancasila

Pancasila merupakan gabungan kata sansekerta yang  dapat diuraikan menjadi panca yang memiliki arti lima dan untuk sila memiliki arti asas atau prinsip. Rumusan ini yang menjadi dasar dan pedoman berbangsa dan bernegara di Indonesia untuk seluruh rakyatnya.

Menurut para pakar seperti Notonegoro mengatakan dan mengartikan pancasila adalah sebuah falsafah negara bangsa Indonesia. Selain itu pancasila juga patut dianggap sebagai ideologi yang dapat dijadikan pedoman dan pandangan hidup untuk menjadi masyarakat yang bersatu dalam menjaga dan mempertahankan bangsa dan negara.

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Yamin yang menyatakan bahwa pancasila itu 5 asas atau sendi yang wajib dijadikan sumber dan cermin dalam bertingkah laku dan berkepribadian bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dan Untuk pengertian yang disampaikan I.R.Soekarno sendiri pancasila adalah merupakan jiwanya bangsa Indonesia itu sendiri. Sehingga jika pancasila tidak lagi menjadi dasar dan ruh bangsa Indonesia akan punah dan hilang.

Pengertian pancasila diatas cukup dijadikan dasar bahwa pancasila adalah dasar negara yang paling tinggi yang patut diteladani. Jika pancasila tidak lagi dapat dipedomani maka bangsa indonesia akan hidup tanpa jiwa dan ruh yang kuat.

2. Fungsi Umum Pancasila

Sebagai fungsi umum pancasila adalah merupakan dasar dan falsafah sebagai sumber hukum, budi luhur, dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Segala hukum yang berlangsung dan berlaku dalam bangsa ini harus didasari dari pancasila itu sendiri sehingga tidak ada yang dirugikan dalam menjalankan  fungsi hukum di Indonesia.

Begitu pula pancasila sebagai perjanjian luhur yang akan menjadikan  warga negara akan hidup dalam kepentingan bersama dan menjaga kebersamaan. Dengan merujuk pada pancasila maka luhur yang akan terlihat pada rakyat akan terjaga kesatuan dan saling menjaga.

Dan fungsi umum pancasila juga adalah sebagai falsafah bangsa dalam mengembangkan pemerintahan di mata negara-negara lain. Tentunya dengan pancasila seluruh pengembangan dan ekploitasi bangsa diupayakan untuk kepentingan bangsa dan bukan untuk kepentingan golongan tertentu saja.

3. Beberapa Fungsi Pokok Pancasila

Berdasarkan etimologinya pancasila memiliki fungsi ganda yaitu sebagai dasar negara dan juga sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Sebagai pandangan hidup rakyat indonesia memiliki makna bahwa pancasila adalah idealnya sikap dan perilaku manusia. Dalam pancasila mengandung kesatuan indonesia yang memiliki arti bahwa seluruh rakyat di Indonesia itu adalah satu kesatuan dan harus bersatu. Tiada yang lebih dari yang lainnya. Jika demikian maka pancasila berfungsi sebagai pemersatu.

Selain itu dalam pancasila mengandung sila ketuhanan yang maha esa yang mengandung pengertian bahwa semua rakyat indonesia mengakui tuhan yang satu dan esa. Oleh sebab itu rakyat dengan segala perbedaan keyakinan akan tetap menuju kepada tuhan yang satu .

4. Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sebagai mana yang telah dijabarkan bahwa pancasila adalah dasar berdirinya bangsa Indonesia ini. Oleh sebab itu bangsa Indonesia diatur melalui 5 sila yang terdapat dari pancasila tersebut. Pancasila dirumuskan dan dijadikan lambang kebesaran bangsa Indonesia.

Hukum, sosial bahkan kemasyarakatan bangsa indonesia diatur sebaik-baiknya dalam pancasila. Sehingga yang ada adalah bangsa indonesia secara utuh dan kesatuan.  Kemerdekaan bangsa indonesia di jadikan sebuah simbol kebesaran yaitu pancasila dengan lambang garuda yang kuat dan gagah serta pemberani.

5. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila juga yang menjadikan bangsa Indonesia memiliki nilai dan khas tersendiri dari bangsa lain salah satunya adalah pancasila itu sendiri. Sehingga dalam pendidikan pancasila harus dapat diadopsi menjadi pribadi ideal bangsa indonesia itu sendiri.  Oleh sebab itu marilah kita sebagai warganegara menjunjung tinggi dasar negara yang besar ini yaitu pancasila .

Menjadikan semua sila sebagai kepribadian yang patut dikembangkan dan dibudidayakan sehingga bangsa Indonesia akan menjadi kuat. Kepribadian diri mencerminkan bangsanya sendiri.

Baca Juga: Makalah Sistem Informasi Manajemen


Penutup

Dan pembahasan dan paparan tentang pancasila sebagai dasar negara diatas akan ditutup menjadi kalimat yang singkat jelas dan padat. Itulah yang disebut dengan penutup. Penutup adalah bagian yang pasti di paparkan dalam setiap membuat sebuah makalah. berikut ini untuk menambah pemahaman akan dipaparkan penjelasan tentang bagian penutup.

Kesimpulan

Dari paparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pancasila adalah dasar dan ideologi terbentuknya suatu bangsa yang besar ini yaitu adalah Indonesia. Pancasila sendiri adalah 2 dasar atau 5 sila yang mengatur bangsa Indonesia menjadi bangsa yang utuh, berkeadilan dan berkedaulatan. Tanpa pancasila bangsa indonesia adalah bagian-bagian yang terpisah tanpa pedoman yang jelas. Oleh sebab itu dari makalah ini dapat ditegaskan bahwa pancasila wajib diteladani dan dipedomani.

Pancasila jugalah dasar yang digambarkan sebagai lambang dari Indonesia itu sendiri untuk menyatakan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang memiliki 5 dasar yang terdapat dalam pancasila itu sendiri. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pancasila adalah sebuah ketetapan yang wajib dipatuhi. Dan siapa saja yang tidak mematuhinya akan mendapatkan sanksi hukum. Hal ini tidaklah berlebihan karena pancasila sebagai dasar negara yang diakui di Indonesia.

Saran- saran

Adapun saran yang dapat di utarakan dalam makalah ini adalah bahwa seluruh rakyat indonesia wajib menjunjung tinggi pancasila menjadi dasar yang paling tertinggi pada bangsa ini agar pancasila tidak direndahkan dan hilang.

Demikian paparan makalah pancasila sebagai dasar negara diatas dijelaskan dengan singkat. Makalah diatas dapat dijadikan referensi tambahan dalam membuat makalah ilmiah tentang pancasila dan kewarganegaraan lainnya. Makalah ini juga dapat berfungsi sebagai bahan untuk menambahkan pengetahuan dan wawasan yang banyak tentang pancasila.

Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

Tinggalkan Balasan