Makalah Pasar Modal

makalah pasar modal

Makalah Pasar Modal – Siapa yang tidak mengenal pasar modal. Perkembangan pasar modal pada saat ini membuat banyak orang ingin belajar pasar modal. Untuk menambah wawasan tentang perkembangan pasar modal makalah pasar modal dibawah ini dapat memberikan informasi yang jelas tentang pasar modal.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perekonomian di indonesia mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Hal ini diakibatkan dari perubahan dari sosial politik suatu bangsa sehingga mempengaruhi ekonomi. Dalam makalah pasar modal ini akan dibahas tentang pengetahuan dasar menjalankan pasar modal.

Walaupun akan dibahas dengan sangat singkat namun dalam makalah ini akan dibahas tentang bagaimana pasar modal berkembang dan bergulir di indonesia. Apa pentingnya memahami pasar modal berikut informasi lengkapnya.


Download Makalah Pasar Modal File Doc

Copy Link Makalah Pasar Modaldi Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1wfwl99AiDDwscNH8gRfmU6mC1V-aIdjB

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Latar Belakang Masalah

Makalah Pasar Modal

Kehidupan telah mengalami perubahan yang sangat besar. Oleh sebab itu segala sendi kehidupan juga ikut berubah tentunya. Berkaitan dengan pasar modal tentunya pasti masyarakat mengetahui bahwa pasar modal cara cepat saat ini untuk menjual dan membeli suatu aset. Meraih peruntungan dalam pasar modal tidak dapat dipastikan.

Sifatnya selalu berubah jika transaksi menghasilkan keuntungan yang  berpihak maka bisa saja mendapatkan keuntungan yang besar. Namun begitu juga sebaliknya bisa jadi mengalami kerugian yang besar. Terlebih dengan kondisi kehidupan perekonomian di negara kita yang tidak stabil ini.

Namun bukan pedagang namanya jika tidak mau mengalami kerugian untung rugi adalah resiko seorang pengusaha. Oleh sebab itu butuh pengetahuan dasar dalam menjalankan bisnis pasar modal paling tidak pemahaman dasar saja juga sudah lebih baik.

Karena saat ini pengetahuan kita di lapangan lebih banyak mendorong kesuksesan seseorang dibanding dengan pengetahuan akan hal tertentu. Tetapi paling tidak keduanya berjalan seimbang antara pengetahuan teori dan mengetahui di lapangan atau pasar nyatanya.

Pasar modal melakukan jual beli dan transaksi dalam bursa efek. Tidak butuh waktu yang lama atau dengan cara yang lama pula kini pasar modal mempermudah semua pihak dalam menjual atau membeli aset tertentu dalam waktu yang singkat dan cepat.

Agar sukses dalam meraih keuntungan di pasar modal maka setidaknya seseorang paham apa yang dimaksud dengan pasar modal dan bagaimana cara mengendalikan pasar modal atau menjual aset dengan cepat dan menguntungkan.

Banyak orang berpendapat bahwa pengetahuan pasar modal itu tidak penting karena saat ini segala sesuatu mudah untuk dijual beli. Perlu diketahui bahwa untuk bisa sukses dalam pasar modal kita tidak harus dituntut untuk menguasai pasar tetapi kemampuan membaca situasi politik dan sosial masyarakat yang berkembang saat itu.

Baca Juga: Makalah Wawasan Nusantara


2. Rumusan Masalah

Makalah Pasar Modal

Adapun rumusan  masalah dalam makalah  pasar modal ini adalah poin penting untuk dibahas tentang pasar modal. Dan jika dilihat dari latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah yang akan disusun adalah sebagai berikut;

1. jelaskan pengertian dan makna pasar modal  ?

2. Bagaimana aktifitas dan tranksaksi pasar modal di indonesia ?

3.Lembaga- lembaga apa saja yang terlibat langsung dalam pasar modal?

4.jelaskan jenis-jenis pasar modal yang terdapat di indonesia ?


3. Manfaat dan Tujuan Makalah

Makalah Pasar Modal

Dalam pembuatan karya ilmiah tentunya memiliki tujuan dan manfaat makalah secara umum dan khusus. Untuk makalah pasar modal ini tujuan dan manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui tentang pengertian dan makna luas  d dengan pasar modal ?
  2. Untuk dapat menjelaskan dan memahami Bagaimana isu dan perkembangan pasar modal di Indonesia?
  3. Agar dapat mengindikasi dan mengenal lembaga- lembaga apa saja yang terlibat langsung dalam pasar modal?
  4. Untuk mengetahui dan menjelaskan jenis-jenis pasar modal yang terdapat di indonesia ?

Pembahasan

Untuk menjelaskan pasar modal tidak saja cukup dengan hal-hal yang terdapat pada lapangan pasar modal namun perlu adanya definisi khusus tentang pasar modal. Hal ini akan dibahas dan dijelaskan pada bagian pembahasan. Dan adapun pembahasan yang akan dijelaskan pada makalah ini adalah sebagai berikut:

1.Pengertian Pasar Modal

Pasar modal juga dikenal dengan istilah capital modal. Dan untuk pengertian pasar modal adalah diartikan sebagai pasarnya keuangan bagi pihak-pihak yang menginginkan mendapatkan dana untuk jangka panjang. Biasanya minimal jangka panjang untuk dan didapatkan adalah lebih dari 1 tahun.

Pasar modal juga dapat dimaknai dengan arti yang lebih sempit yaitu bursa efek tempat yang sangat diprioritaskan diperdagangkannya bursa dan modal.

Sedangkan bursa efek sendiri adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli efek yang dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Adapun yang termasuk kendala bursa efek adalah surat berharga komersial atau disebut juga dengan commercial paper, obligasi, waran, maupun bukti utang dan right issue.

2. Sistem Pasar Modal di Indonesia

Bursa saham dibuka oleh Bapepam atau badan pelaksana pasar modal pada tahun 1977.  Badan ini adalah salah instansi yang dinaungi langsung oleh departemen keuangan. Yang menarik disini adalah jika investor yang berasal dari warga negara indonesia tidak akan dikenakan pajak jika ia membeli saham pada pasar midal atas royalti, pajak kekayaan nilai saham maupun pendapatan capital gain.

Instansi ini juga membuat strategi untuk menarik perusahaan untuk melakukan emisi dengan memberikan keringanan untuk pembayaran pajak mencapai 20% selama 5 tahun.

Namun pada saat tahun 1988 pemerintah melakukan deregulasi pada sektor keuangan dan perbankan sehingga menghasilkan pokok-pokok peraturan yaitu go public dipermudah dengan memberi kemudahan laba tidak harus mencapai 10 %. Selain itu menghapus pungutan Bapepam dan fee pendaftaran di bursa.  Selain itu untuk investor asing diperbolehkan untuk membeli saham pada perusahaan  yang melakukan go public.

3. Keterlibatan Instansi dan lembaga Pada Pasar Modal

Pasti kita bertanya apa tugas badan pengawas untuk pasar modal. Dan apa keterlibatannya. Sebagaimana yang diatur dalam kepres no 53 tentang pasar modal yang diterbitkan pada tahun 1990 adalah:

  1. Melindungi kepentingan dan kenyamanan para pemodal yang berasal dari masyarakat umum dengan mengatur dan menyajikan perkembangan pasar modal untuk dapat diperjualbelikan dengan sara yang efektif dan efisien.
  2. Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga kliring, reksadana, bursa efek, perusahaan efek dan perorangan.
  3. Memberikan masukan dalam hal ketentuan pasar modal yang terjadi dalam efek agar dapat berjalan secara tertib.

Biasanya bapepam memiliki tugas dan fungsi pokok untuk mengatur dan membuat ketentuan pelaksanaan teknis proses dalam pasar modal. Namun yang jelas bapepam berjalan dan bekerja sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh menteri keuangan.

4. Bentuk Jenis Pasar Modal

untuk mengetahui perkembangan pasar modal perlu diketahui bahwa ada dua jenis pasar modal . Untuk mengetahui kedua jenis pasar modal ini adalah sebagai berikut:

Pasar Perdana atau Primary Market adalah pasar yang digunakan untuk melakukan penawaran pertama kepada para pemodal selama kurang lebih 6 hari kerja. Dalam pasar perdana ini para manajemen perusahaan dapat menggunakan modal untuk pengembangan usaha lain yang dapat memberikan keuntungan.

Pasar sekunder sedangkan untuk pasar sekunder ini proses atau transaksi jual beli saham terjadi setelah melewati pasar perdana. Bisanya setelah 90 hari masa yang diberikan maka secara langsung emisi akan memberikan efek untuk dicatat di bursa efek. Di pasar ini para investor dapat membeli dan menjual efek kapan saja setiap saat. Pasar sekunder adalah pasar yang mengumpulkan para investor lembaga dan perseorangan yang siap melakukan transaksi jual beli di pasar modal.

Pasar sekunder beroperasi dan melakukan transaksi di bursa reguler dan bursa paralel. Untuk bursa reguler merupakan bursa yang dikenal dengan resmi seperti efek jakarta atau  BEJ  dan efek surabaya atau dikenal dengan BES.

Untuk bursa paralel sendiri merupakan perdagangan efek yang terjadi diluar bursa resmi namun tetap diatur dalam bentuk bursa sekunder dan terorganisir oleh perserikatan perdagangan uang maupun efek atau dikenal dengan PPUE melalui pengawasan yang optimal oleh Bapepam. Yang berbeda dari pasar ini adalah transaksi dapat terjadi tanpa melakukan pertemuan karena antara penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda.

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa pasar modal memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mendapatkan modal dan dana untuk kepentingan bisnis. Begitu juga sebaliknya para pemodal siap memberikan modalnya demi keuntungan yang lebih.

Pasar uang memang menjadikan perekonomian berputar dan berkembang sangat cepat. Pasar modal adalah teknik melakukan usaha dengan ketentuan tertentu. Dapat disimpulkan bahwa pasar modal adalah jalan alternatif seseorang untuk mendapatkan modal ataupun dana untuk digunakan bisnis lain dengan aturan tertentu.

Selain mudah pasar modal juga dapat dijadikan salah satu pasar terbuka tanpa menggunakan instrument untuk mendapatkan dana atau modal dalam melakukan usaha dan bisnis.

Baca Juga: Makalah Otonomi Daerah


Penutup

Pembahasan dalam makalah pasar modal diatas akan diringkas menjadi beberapa kalimat agar mudah dimengerti dan di ingat. Yang terpenting dalam penutup bahwa makalah harus dapat menyampaikan informasi yang jelas dan singkat.

Kesimpulan

Bagian kesimpulan adalah ringkasan dari materi yang dibahas agar lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca. Untuk makalah pasar modal ini kesimpulan yang dapat dipaparkan adalah sebagai berikut:

Pasar modal adalah suatu pasar yang memperjual belikan aset maupun yang membutuhkan dana jangka panjang kepada semua pihak baik pemerintah, masyarakat maupun pengusaha dengan singkat kompleks dan bersifat abstrak.

Adapun produk yang diperjual belikan dalam pasar modal alah seperti waran, obligasi, saham reksa dana, maupun right issue.

Adapun manfaat pasar modal adalah sebagaimana yang dijelaskan dibawah ini yaitu:

  1. Untuk Emiten pasar modal dapat mengurangi ketergantungan emiten terhadap bank. Selain itu juga dalam pasar modal dana yang didapatkan memiliki jumlah yang cukup besar bahkan langsung dapat diterima langsung setelah pasar modal untuk yang perdana berakhir.
  2. Dengan adanya pasar modal dana perusahaan akan lebih berpariasi dan bebas untuk dikelola karena dalam pasar modal tidak ada conenant.
  3. Perusahaan yang bermain dalam pasar modal mendapatkan tingkat solabilitas yangg tinggi.

Sedangkan manfaat untuk para investor pasar modal bermanfaat sebagai

  1. Investasi akan mengalami peningkatan seiring degan peningkatan harga saham dalam pasar modal.
  2. Dan biasanya investor akan mendapatkan dividen serta dapat melakukan investasi.

Saran-saran

Pasar modal adalah sistem jual beli yang sangat modern tanpa batas membutuhkan keahlian tertentu dalam menjalani peruntungan dalam bidang ini. Oleh sebab itu berani mengambil resiko dan tetap menjaga ambisi dapat menghindarkan para pelaku pasar modal mengalami kerugian.

Penjelasan sederhana tentang makalah pasar modal ini adalah pembahasan yang sangat umum. Informasinya dapat dijadikan pengetahuan dasar tentang pasar modal. Agar mendapatkan informasi yang lebih banyak pembaca dapat mencari referensi tentang pasar modal dalam ilmu ekonomi.

Makalah Pasar Modal

Tinggalkan Balasan