Makalah Pencemaran Lingkungan

makalah pencemaran lingkungan

Makalah Pencemaran Lingkungan – Lingkungan adalah sumber daya alam yang wajib dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Hal ini disebabkan karena lingkungan adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kestabilan manusia di muka bumi. Lingkungan yang tidak baik akan memberikan pengaruh buruk juga bagi kehidupan manusia. Contoh Makalah pencemaran lingkungan air dapat dijadikan inspirasi dalam membuat makalah lain.

Karena makalah difokuskan kepada pencemaran lingkungan maka sudah sepatutnya sistematika makalah harus membahas tentang lingkungan yang dibahas dalam makalah tersebut. Ada banyak pencemaran lingkungan yang dapat dijadikan sumber pemaparan masalah lingkungan di indonesia. Untuk lebih jelas berikut contoh pemaparan contoh makalah pencemaran lingkungan.


Downlaod Makalah Pencemaran Lingkungan File Doc

Copy Link Makalah pencemaran lingkungan di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1uIGpke-i7P6qTs4jf2QW9kihkq50S3yn

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Contoh Sistematika Makalah Pencemaran Lingkungan

Agar makalah dapat dirangkai menjadi sebuah karya ilmiah yang menarik, maka perlu adanya sistematika penulisan. Berikut ini adalah contoh menyusun makalah menjadi pembahasan yang mudah untuk dipahami.


1.Latar Belakang Masalah

Dalam hal ini latar belakang masalah akan memaparkan faktor-faktor yang akan memicu terjadinya pencemaran lingkungan dan permasalahan lingkungan yang dialami oleh masyarakat. Latar belakang masalah dibawah ini juga memaparkan tentang pencemaran lingkungan hidup manusia yang diakibatkan oleh limbah sampah yang tidak di olah dengan baik.

Sebagaimana yang diketahui secara umum bahwa pencemaran lingkungan adalah tercampurnya atau tersebarnya bahan kimia yang dapat menghambat dan mengganggu keseimbangan daur materi yang dapat berpengaruh kepada kesejahteraan kehidupan manusia di muka bumi. Permasalahan serius pencemaran lingkungan dapat mengancam jiwa manusia jika tidak diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Perubahan pola kehidupan manusia saat ini juga berdampak pada lingkungan sekitar dewasa ini. Pola konsumtif mengakibatkan banyak sampar kimia yang sangat sulit diurai sehingga dapat mencemari lingkungan hidup. Dan lama-lama akan menjadi limbah yang dapat menjadi racun dan wabah penyakit yang mematikan.

Udara dan air adalah salah satu yang akan terkena dampak pencemaran lingkungan secara pasif dan aktif. Untuk itu makalah ini sangat penting untuk didiskusikan dan dijadikan pertimbangan dalam menerapkan program pencemaran lingkungan.

Sampah plastik dan kimia lainnya yang sulit untuk diuraikan akan berakibatnya tidak suburnya lahan pertanian. Dan akan menimbulkan pencemaran udara jika dibakar. Oleh sebab itu harus ada solusi pengelolahan limbah yang benar dan efektif sehingga pencemaran lingkungan dapat di tangani dengan baik

Baca Juga: Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara


2.Rumusan Masalah

Dan berikutnya adalah merumuskan permasalahan yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan yang akan dibahas dalam makalah dan adapun salah satu contoh rumusan masalah yang dapat dikaji dalam makalah pencemaran lingkungan adalah sebagai berikut:

1. Definisi Pencemaran Lingkungan

2. Terdiri dari macam apa sajakah pencemaran lingkungan?

3. Apa faktor penting yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan?

4. Bagaimana Cara menanggulangi Terjadinya Pencemaran Lingkungan di Sekitarmu?

5. Apa dan bagaimana peran makhluk hidup dalam menanggulangi pencemaran lingkungan


3.Landasan Teori

Untuk membahas satu persatu-satu masalah pencemaran yang diungkapkan dalam makalah ini maka pentingnya di cantumkan atau disertakan definisi dan pengertian berdasarkan pencemaran lingkungan menurut beberapa ahli.

1. Pengertian Pencemaran Lingkungan

Lingkungan yang baik akan selalu mempengaruhi kebaikan dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya yang hidup dalam ekosistem yang sama. Dalam hal ini sebagaimana pendapat Emil Salim yang menyatakan bahwa segala benda yang ada dalam keadaan dan kondisi yang sama dan memiliki pengaruh terhadap ruang , waktu dan kehidupan manusia disebut dengan lingkungan hidup.

Jika disederhanakan bahwa lingkungan hidup adalah lingkungan tempat kita hidup bertempat dan berkembang biak. Untuk dapat menambah pemahaman tentnag lingkungan hidup akan dipaparkan definisi menurut Otto Soemarwoto yang mengatakan bahwa lingkungan hidup adalah ruang dan tempat serta benda yang terdapat dalam suatu tempat tertentu dan mempengaruhi kehidupan makluk hidup pada umumnya.

Dan dalam undang-undang nomor 4 tahun 1982 tentnag pokok pengelolaan lingkungan hidup bahwa berubahnya tatanan lingkungan kehidupan yang diakibatkan oleh masukknya zat energi, dan komponen lainnya sehingga berdampak pada kualitas lingkungan hidup pada tingkatan tertentu seperti penurunan kualitas fungsi.

2.Macam Jenis Pencemaran Lingkungan Hidup

Adapun jenis pencemaran lingkungan berdasarkan sifat zatnya adalah sebagai berikut: Pencemaran biologis yaitu pencemaran yang diakibatkan oleh mikroorganisme misalnya seperti salmonella typhosa. Sedangkan untuk pencemaran fisik adalah yang disebabkan oleh kaleng, kaca,atau beda padat dan gas atau pun benda cair.  Dan berikutnya pencemaran kimiawi yang diakibatkan oleh zat kimia seperti senyawa logam, nitrat, asam sulfat, ataupun detergent.

Dan selain itu pencemaran air berdasarkan tempat terjadinya dibagi atas  Limbah Industri yang termasuk dalam limbah jenis ini adalah berupa jenis logam berat merkuri Hg. Cadmium Ccl dan timbal (Pb). Senyawa berbahaya ini akan berakibat buruk apabila terdapat atau tercampur dengan rantai makanan zat yang terakumulasi pada manusia maupun hewan.

Dan untuk limbah pertanian biasanya di akibatkan penggunaan pupuk yang sangat berlebihan sehingga timbulnya eutrofikasi yang mengakibatkan tertutupnya permukaan air dan sinar matahari oleh eceng gondok alga.

Berikutnya adalah limbah Rumah tangga yang datang dari penggunaan plastik, detergent. Hal ini mengakibatkan matinya organisme dalam suatu habitat dan mengurangi oksigen pada perairan. Dan yang terakhir adalah minyak. Limbah minyak bumi yang tersebar akibat tumpahan dan kecelakaan kapal-kapal kilang minyak lepas pantai mengakibatkan tercemarnya air laut yang mengakibatkan tidak masuknya cahaya matahari menembus kedalaman air laut akibat minyak yang terdapat dalam laut. Matinya para fitoplankton dalam air laut yang diakibatkan tidak dapat berfotosintesis.

3.Pencemaran Udara

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan pencemaran udara salah satunya adalah debu, asap, serta gas buangan bahan bakar fosil. Dan bahan bakar fosil ini biasanya berasal dari minyak tanah dan batu bara.

Adapun pencemaran udara ini berasal dari udara yang telah tercampur atau tercemar dari zat berbahaya seperti CO atau gas karbon monoksida yang berasal dari pembakaran yang tidak sempurna  yang memberikan efek sakit kepala, mual jantung.

CO2 atau yang dikenal dengan karbondioksida yang berlebihan juga menyebabkan efek rumah kaca yang dapat menaikkan suhu udara pada permukaan bumi. Pencemaran udara yang diakibatkan dari faktor ini berasal dari pembakaran minyak bumi , kebakaran hutan maupun pembakaran batu-batuan.

Kita juga pasti pernah mendengar gas belerang atau dengan nama ilmiah nya disebut dengan SO2 dan NO2 atau nitrogen Oksida yang menyebabkan turunnya hujan asam. Sudah pasti zat ini akan terkontaminasi dengan tumbuh-tumbuhan, serta mikro organisme tanah dan air. pencemaran ini dapat mengancam jiwa makhluk hidup seperti manusia dengan menyebabkan iritasi pada mata, hidung maupun kepada paru-paru.


4. Pembahasan

Berikut ini adalah bagian pembahasan. Dalam makalah pembahasan materi akan dipaparkan degan jelas dan dapat menjawab permasalahan yang timbul. Misalnya saja dalam makalah pencemaran lingkungan ini maka pembahasan akan dibahas tentang bagaimana mencegah pencemaran lingkungan agar tidak berlebihan.  Dan berikut ini adalah pembahasan yang cocok di gunakan dalam makalah ini.

Perilaku yang dapat mencegah atau mengurangi datangnya pencemaran lingkungan adalah dengan membuat pola pembangunan industri yang tertib dan sesuai aturan pemerintah seperti jauh dari pemukiman warga atau masyarakat. Dan melakukan pengelolahan limbah organis yang dihasilkan oleh pabrik industri  menjadi pakan ternak atau bahan bakal.

Selain itu mengelola limbah rumah tangga kepada tempat tempat yang telah diatur dan disiapkan terlebih dahulu seperti tempat sampah. Sehingga sampah atau limbah berbahaya dapat di daur ulang menjadi bahan yang lebih berguna. Atau diolah kembali menjadi pupuk kompos.

Dan untuk menghindari limbah pertanian diharapkan seluruh masyarakat tidak menggunakan pupuk kimia melainkan menggunakan kompos yang dihasilkan dari pengolahan. Serta perlu adanya pengawasan terhadap penggunaan pestisida pada tanaman.

Untuk pencemaran udara hal dan sikap yang pantas dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan cerobong asap, mengurangi dan meminimalisasi penggunaan bahan bakar minyak, seperti berkendara. Dan mengimbangi polutan dengan menanam tanaman-tanaman anti polusi di lingkungan.

Dan untuk pencemaran air agar tidak terindikasi adalah dengan  melakukan netralisasi zat kimia. Dan melakukan pemeliharaan air atau sumber air agar tidak tercemar dengan menggunakan sistem DAS.

Seluruh manusia dan masyarakat harus ikut serta menjaga lingkungan. Karena pencemaran ditimbulkan dari sikap manusia yang tidak pada tempatnya dan senderung berlebihan. Oleh sebab itu dari makalah ini kita dapat mengaktifkan peran penting dalam menjaga lingkungan yang bersih dan lestari.

Baca Juga: Makalah Pendidikan


5. Kesimpulan

Sebagaimana diketahui kesimpulan adalah rangkuman serta ringkasan yang dibuat untuk mempermudah pembahasan menjadi kalimat yang mudah dimengerti. Kesimpulan terletak pada bagian akhir dalam sebuah makalah. Untuk kesimpulan yang dapat di paparkan dari makalah pencemaran lingkungan ini adalah:

Pencemaran atau polusi yang terjadi dan merusak ekosistem adalah sebuah aktifitas atau proses bercampurnya atau terindikasinya zat-zat berbahaya terhadap lingkungan sekitar. Mulai dari pencemaran udara, air maupun tanah.

Pencemaran lingkungan menyebabkan polusi pada air, udara dan tanah sehingga menurunkan kadar dan kualitas fungsi lingkungan menjadi bahaya bagi manusia.

Dan pencemaran atau polutan sendiri disebabkan karena banyaknya gas beracun yang terdapat dilingkungan serta juga dapat diakibatkan karena gunung meletus dan erupsi


6. Saran –Saran

Untuk yang terakhir yang akan dibahas adalah saran. Saran yang dimaksud dalam bagian ini adalah memaparkan saran positif dan ilmiah yang berasal dari pemakalah berkaitan tentang materi yang dibahas dalam makalah pencemaran lingkungan ini dan adapun contoh saran yang dapat dirangkum adalah sebagai berikut

Manusia adalah salah satu faktor terpenting dalam mengelola sumber daya alam yang ada dalam alam semesta ini. Mulai dari yang dapat mengembangkannya maupun yang dapat menggunakannya juga adalah manusia. Oleh sebab itu untuk menjaga lingkungan dari pencemaran maka disarankan para masyarakat harus:

  1. Menjaga kebersihan dan keseimbangan lingkungan.
  2. Menggunakan sumber daya alam atau energi bumi dengan tepat guna tidak berlebih-lebihan.
  3. Sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat untuk sama –sama menjaga lingkungan mulai dari adanya pelarangan dan sanksi bagi masyarakat yang merusak atau dengan sengaja mencemarkan lingkungan udara air maupun tanah.
  4. Adanya sanksi hukum yang jelas sebagai efek jera kepada masyarakat yang menyebabkan pencemaran lingkungan.
  5. Senantiasa bersyukur atas sumber daya alam yang ada dalam bumi. Dan bersyukur dengan cara menggunakan semua anergi dan sumber daya tepat dan tidak berlebihan. Serta mengurangi pola hidup komsumtif dan serba teknologi yang menyebabkan banyaknya sampah dari zat berbahaya.

Inilah contoh makalah pencemaran lingkungan udara, dan air diatas. Dengan paparan diatas bahwa makalah tentang pencemaran lingkungan ini memuat hal-hal yang berkaitan dengan pencemaran. Mulai pemaparan masalah, sampai memberikan solusi atas permasalahan pencemaran lingkungan yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Makalah Pencemaran Lingkungan

Tinggalkan Balasan