Makalah Perdagangan Internasional

5 min read

makalah perdagangan internasional

Makalah Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional adalah aktivitas bisnis dalam jumlah besar. Ekspor dan impor dalam perdagangan internasional memiliki nilai tambah dan kurang bagi indonesia. Oleh sebab itu penting dibahas makalah perdagangan internasional.

Makalah perdagangan internasional dapat dijadikan pengetahuan bagi siapa saja yang ingin mengetahui proses import dan eksport yang terjadi selama ini. Agar kita juga mengetahui bagaimana proses barang luar negeri masuk ke dalam negeri sendiri.

Selain itu diharapkan degan makalah perdagangan internasional masyarakat indonesia menjadi sadar bahwa perkembangan pasar dalam dunia internasional memiliki peluang besar bagi anak bangsa yang mau berkembang dalam bisnis.

Berikut ini makalah perdagangan internasional yang akan membahas tentang pengertian, dampak serta faktor yang mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional. Hendaknya semua pembahasan akan menambah khasanah yang bermanfaat.


Download Makalah Perdagangan Internasional File Doc

Copy Link Makalah Perdagangan Internasional di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1Xls-8GFhSJUpxaGHSx2D-02h46Berljx

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Mengenal Informasi Perekonomian  Dengan Mengulas Makalah Perdagangan Internasional

Makalah Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah peluang besar bagi generasi untuk meraih cita-cita yang tinggi.  Di zaman yang serba global menjadikan pasar bebas menjadi peluang untuk bersaing di segala bidang. Mulai dari ekonomi, politik maupun sosial tidak lagi zaman saat ini tidak mengetahui suatu informasi walaupun tidak memiliki hubungan dengan diri sendiri. Berikut ulasan makalah perdagangan internasional.

Baca Juga: Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia


Latar Belakang Masalah

Tidak semua masalah di lapangan dan dalam kehidupan nyata harus diperhatikan. Namun pada faktanya mengetahui segala hal akan lebih memudahkan apa saja yang ingin diraih. Salah satunya wawasan tentang  perdagangan internasional. Sekalipun hal ini tidak begitu penting namun dengan memahami perdagangan internasional kita dapat melihat peluang bisnis dalam bentuk yang besar. Berikut ini akan diulas latar belakang perdagangan internasional.

Dapat diketahui perdagangan internasional adalah transaksi perekonomian dalam jumlah banyak. Perdagangan internasional tidak saja dapat memberikan keuntungan bagi para pengusaha namun menjadi income yang besar bagi perekonomian bangsa.

Berbicara perdagangan internasional berarti membicarakan naik dan turunnya perekonomian suatu negara. Sangat tidak bisa dihindari bahwa perekonomian sangat berpengaruh dan terikat dengan sosial politik suatu negara. Oleh sebab itu spekulasi terjadi dipengaruhi oleh kondisi itu pula.

Perdagangan internasional sendiri lebih dikenal dengan ekspor dan impor. Segala sesuatu yang di ekspor dan imfort memberikan timbal balik dan respon yang berbeda.  Seharusnya ekspor dan impor yang besar akan memberikan keuntungan yang besar kepada para pengusaha bangsa. Namun dalam proses prakteknya bisnis perdagangan nasional hanya dapat memberikan keuntungan pihak tertentu. Kebijakan export pada tahun 1980 diharapkan menjadi mesin yang dapat membangkitkan pertumbuhan perekonomian bangsa. Karena sumber daya yang ada di indonesia menghasilkan income besar dan digunakan kembali untuk kepentingan rakyat dan bangsa itu sendiri.

Namun benarkan perdagangan internasional memberikan keuntungan bagi bangsa indonesia. Atau sebaliknya oleh sebab itu maka pentingnya permasalahan ini dibahas dalam makalah perdagangan internasional.


Rumusan Masalah

Untuk mempermudah di bahasnya suatu masalah maka harus ada poin poin khusus yang dibahas sehingga apa yang dijadikan rumusan masalah itulah yang akan diulas dalam pembahasan. Adapun poin penting permasalahan yang akan dibahas dalam rumusan masalah. Latar belakang dari makalah ini adalah.

  1. Bagaimana Penjelasan yang jelas tentang perdagangan internasional?
  2. Dampak apa yang ditimbulkan dari perdagangan bebas?
  3. Faktor yang dapat menghambat perdagangan internasional?

Tujuan dan Manfaat

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif dari aspek pengetahuan, pemahaman dan wawasan. Sebagaimana pada umumnya manfaat makalah perdagangan internasional yaitu

  1. Supaya dapat memahami tentang penjelasan yang jelas tentang perdagangan internasional.
  2. Agar dapat menyadari dan mengetahui dampak apa yang ditimbulkan dari perdagangan bebas.
  3. Untuk dapat Mengidentifikasi faktor yang dapat menghambat perdagangan internasional.

Pembahasan

Dalam bagian ini adalah memaparkan pembahasan teori dan materi menjadi informasi yang konkrit dan jelas. Walaupun dipaparkan dengan sangat sederhana pembahasan dalam makalah ini adalah berikut ini:

Perdagangan Internasional

Sebagaimana diketahui bahwa setiap negara atau suatu bangsa pasti memiliki kekurangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Seperti salah satunya adalah komputer dan alat digital, mobil dan sebagaimana. Tidak dapat terbayangkan jika barang-barang tersebut tidak ada di negara indonesia tentunya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi tidak akan meningkat.

Perdagangan internasional merupakan media dan akses untuk dapat menjalani kerjasama dalam memenuhi kebutuhan bangsa dan negara. Sebagaimana definisi sederhana tentang perdagangan internasional adalah suatu kegiatan atau proses aktifitas ekspor dan impor antar negara. Dengan begitu ekspor adalah proses menjual atau mengirim suatu barang ke luar negeri. Sedangkan impor adalah suatu proses atau kegiatan luar negeri.

Pastinya banyak dari kita untuk apa memahami teori dan apa manfaatnya mengetahui perdagangan internasional. Secara teoritis dengan memahami konsep dan definisi teori perdagangan internasional adalah untuk mengetahui arah dan pergerakan struktur perekonomian yang terjadi dalam waktu tertentu dan dapat menjelaskan arah perdagangan suatu negara. Dan yang pasti dengan memahami teori dan pemahaman tekstual perdagangan internasional bahwa dapat menentukan dan menunjukkan point keuntungan yang akan di dapatkan dari gains from trade atau perdagangan internasional. Dan tentunya dengan memahami tekstual dan kontekstual perdagangan internasional dapat dijadikan dalih untuk mengatasi problem yang terjadi nya defisit pada neraca pembayaran .

Dampak Perdagangan Internasional

Terjadinya perdagangan internasional atau ekspor impor barang luar dan dalam negeri terjadi biasanya disebabkan oleh kekayaan alam yang dimiliki , pengetahuan dan kecanggihan teknologi yang dikuasai, jumlah penduduk maupun luas tanah suatu bangsa. Selain itu perbedaan akan politik budaya serta sosial dalam suatu negara juga menjadi sebab munculnya perdagangan internasional.

Namun tahukah bahwa perdagangan tersebut menimbulkan beberapa dampak terhadap bangsa dan negara. Adapun dampak-dampak tersebut adalah :

Dampak positif dari ekspor adalah cadangan devisa negara menjadi meningkat, menjadikan pasar dalam menjual hasil produksi negara menjadi sangat luas jangkauanya. Dan tentunya akan menambah lapangan pekerjaan yang dapat dimanfaatkan oleh rakyat. Dan untuk dampak negatifnya adalah sumber daya alam akan diekploitasi dengan jumlah yang tidak berbatas dan akan mengakibatkan kelangkaan suatu barang tertentu. Dan tentunya akan meninggalkan sisa sisa kerusakan pada lingkungan.

Dampak positif impor adalah bangsa dan negara akan lebih maju karena segala sesuatu akses dapat ditemukan, negara juga akan mengalami peningkatan industri bahan baku, dan jika demikian akan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat dan masyarakat. Sedangkan sisi negatifnya masyarakat mengalami perubahan perilaku menjadi komsumtif, persaingan dalam dunia usaha juga semakin tajam dan hampir tidak dapat dilawan, dan jika demikian maka pengangguran akan menjadi sangat meningkat.

Faktor Yang Menghambat Perdagangan Internasional

Apapun alasannya masyarakat tidak dapat mencegah terjadi nya impor dan ekspor dalam negeri karena kegiatan ini saat ini mampu memberikan keuntungan dan manfaat yang tidak sedikit bagi bangsa. Salah satunya adalah ilmu teknologi menjadi sangat maju, produksi mengalami peningkatan jumlahnya kebutuhan masyarakat menjadi terpenuhi, serta devisa negara akan bertambah.

Namun perdagangan internasional atau ekspor import dapat mengalami banyak hambatan. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah adanya konflik atau perang yang terjadi dalam suatu negara, perbedaan mata uang, kebijakan impor dan ekspor yang terkadang menguntungkan satu pihak. Dan selain itu quota atau peluang impor juga kerap menjadi hambatan, ditambah dengan adanya produsen ekspor yang kerap sering molor dan yang terakhir adalah beban tarif yang wajib dibebankan ketika melintas daerah tertentu.

Campur tangan pemerintah dalam membuat kebijakan aktifitas ekspor import juga harus menjadi perhatian pihak ketika ingin melakukan perdagangan bebas. Salah satunya kebijakan pemerintah berupa proteksi, perdagangan bebas, dan adanya politik dumping.

Kebijakan proteksi yaitu perlakuan pemerintah untuk melindungi seluruh produksi dalam negeri dan biasanya bentuk-bentuk proteksi tersebut seperti

  • Tidak diperbolehkan melakukan impor produk barang yang juga diproduksi oleh bangsa sendiri.
  • Tarif impor sangat tinggi hal ini bertujuan agar barang yang masuk ke dalam negeri tidak besar jumlahnya.
  • Pembatasan jumlah barang tertentu yang masuk ke dalam negeri atau penjatahan quota.
  • Memberikan subsidi kepada seluruh produsen sebagai rangsangan untuk meningkatkan produksi pasar dalam negeri.
  • Pemerintah juga memberikan premi kepada siapa saja yang mampu menghasilkan produksi ya

Perdagangan bebas dalam perdagangan internasional juga memiliki kebijakan lain yaitu harga suatu barang dapat dengan bebas ditentukan sendiri agar dapat diperdagangkan dalam pasar bebas namun kebijakan ini berlaku bagi yang telah bergabung dalam keanggotaan perdagangan bebas.

Dan Dan yang berikutnya adalah politik dumping dimana mengandung sebuah kebijakan  tentang aturan perdagangan internasional yang menjual barang hasil produksi lebih murah daripada harga di dalam negeri sendiri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing agar lebih kompetitif dan berkualitas.

Baca Juga: Makalah Demokrasi


Penutup

Demikian diatas pembahasan tentang definisi dan peraturan serta kebijakan perdagangan internasional. Dalam makalah perdagangan internasional ini aktivitas ekspor dan impor dibahas dengan sangat singkat namun dapat dijadikan pengetahuan dasar bagi para masyarakat yang ingin menjalankan bisnis perdagangan internasional. Berikut penutup dalam pembahasan kali ini adalah

Kesimpulan

Perdagangan internasional adalah aktivitas ekspor dan import hasil produksi kedalam maupun luar negeri. Perdagangan internasional ini memiliki dampak positif dan negatif  yaitu

  • Dari ekspor adalah cadangan devisa negara menjadi meningkat.
  • menjadikan pasar dalam menjual hasil produksi negara menjadi sangat luas jangkauannya.
  • Dan tentunya akan menambah lapangan pekerjaan yang dapat dimanfaatkan oleh rakyat.
  • Dan untuk dampak negatifnya adalah sumber daya alam akan diekploitasi dengan jumlah yang tidak terbatas
  • Dan akan mengakibatkan kelangkaan suatu barang tertentu.
  • Dan tentunya akan meninggalkan sisa sisa kerusakan pada lingkungan.

Saran

Adapun saran yang dapat di jelaskan dalam makalah perdagangan internasional ini adalah untuk tetap menjaga kestabilan negara indonesia kebijakan perdagangan internasional hendaknya dapat menguntungkan para produsen lokal. Hal ini karena besar nya keuntungan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dalam negeri.

Diharapkan meskipun banyaknya impor dan ekspor barang namun kiranya rakyat tetap mencintai produksi sendiri. Dan kurangi pola hidup konsumtif yang mengakibatkan gaya hidup yang tidak sesuai dengan budaya indonesia.

Begitulah proses impor maupun ekspor dalam  makalah perdagangan nasional. Pengaruh positif juga memiliki dampak negatif oleh sebab itu diharapkan dengan makalah ini masyarakat dapat menjadikan wawasan dalam menjalankan bisnis eskpor dan impor. Tetap menjaga dan mencintai produksi indonesia agar terhindar dari sifat konsumtif dalam kehidupan saat ini.

Makalah Perdagangan Internasional

Tinggalkan Balasan