Contoh Makalah Renang

makalah renang

Makalah Renang – Renang adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Siapapun orangnya suka berenang, namun tidak semua orang bisa berenang.  Padahal berenang adalah salah satu olah raga yang paling di anjurkan untuk diketahui dan dipelajari. Mengapa demikian? Karena berenang seni olah raga yang memiliki fungsi lain selain menyehatkan yaitu sebagai self safety. Atas dasar itu pentingnya membahas makalah renang ini.

Dalam makalah renang ini akan dibahas beberapa gerakan berenang yang dapat dipelajari dengan mudah. Misalnya akan dibahas tentang manfaat, macam gerakkan serta latihan yang dapat mendukung kemampuan orang dalam memahami teknik berenang. Apa saja dan bagaimana ulasannya di dalam makalah dibawah ini. Dipastikan belajar renang akan menyenangkan setelah membaca dengan seksama makalah ini.

Pada  makalah renang ini akan dibahas ada fungsi dari olah raga renang selain untuk kesehatan. Hal ini pentingnya mengingat saat ini kesehatan adalah hal yang sangat mahal harganya. misalnya diabetes, dengan berenang dapat mengurangi berat badan karena diakibatkan banyaknya  energi yang dibutuhkan saat renang.


Download Makalah Renang File Doc

Copy Link Makalah Pancasila di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1gpMLGVlWLZnkvOsk5PiXipqZ_FU1Yht8

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Renang dan Macam-Macam Gerakannya

Makalah Renang

Renang itu dapat menyelamatkan diri jika tiba-tiba ada bencana yang tidak terduga sehingga mengakibatkan diri seseorang berada dalam air yang dalam serta deras. Renang juga berpotensi sebagai olah raga tubuh yang sangat dianjurkan untuk para wanita agar mendapatkan tubuh yang ideal.

Baca Juga: Makalah Globalisasi


Latar Belakang Masalah

Tidak diragukan lagi kalau olah raga renang ini merupakan salah satu cabang olah raga yang paling banyak digemari hal ini terlihat dari banyak ajang pertandingan renang dalam bentuk olimpiade nasional bahkan international. Tidak banyak diketahui banyak orang bahwa berenang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satunya adalah kemampuan dalam mengolah nafas, keseimbangan tubuh dan kecepatan dalam mengarungi kolam renang adalah kemampuan yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Ada banyak gerakan dalam renang. Macam gaya-gaya itu sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan langsung di dalam kolam kecil atau kolam khusus untuk renang. Mulai dari gaya kupu-kupu, punggung, bebas dan dada. Berenang harus dapat dijadikan aktifitas rutin bagi semua masyarakat. Karena dampak berenang sangat baik untuk kesehatan.

Dalam makalah ini akan ada pembahasan tentang bagaimana gerakan renang mulai dari yang sederhana dan yang tingkat sulit. Dan yang pasti dalam makalah ini harapannya kesadaran orang akan pentingnya aktifitas renang ini menjadi meningkat.


Rumusan Masalah

Renang memiliki pembahasan yang luas jika dibahas dengan pendekatan klasifikasi renang. Namun yang perlu dipahami dan mendasar adalah menyadari akan pentingnya olah raga renang. Karena hanya dengan merasakan manfaatnya orang akan mau melakukan sesuatu hal. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah.

  1. Seperti apa sejarah olah raga renang bisa ada di Indonesia dan menjadi cabang olah raga resmi di negara ini?
  2. Jelaskan masing masing gerakan dasar berdasarkan gaya renang yang baik dan sempurna?
  3. Apa manfaat renang dalam kehidupan manusia ?

Manfaat

Agar lebih terarah dan tersistematis mengetahui manfaat suatu sikap menjadi kan orang tersebut menjadi lebih dewasa . salah satunya macam manfaat memahami makalah renang ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memahami tentang seperti apa sejarah olah raga renang bisa ada di Indonesia dan menjadi cabang olah raga resmi di negara ini.
  2. Untuk tujuan agar dapat menjelaskan masing masing gerakan dasar berdasarkan gaya renang yang baik dan sempurna.
  3. Agar memahami dan mengerti tentang apa manfaat renang dalam kehidupan manusia.

Pembahasan

Berikut ini akan dibahas tentang renang serta sejarah olah raga renang. Hal ini sangat penting untuk melandasi pola pikir dan dijadikan semangat dalam mempelajari renang. Tentunya sesuatu hal yang lebih diketahui akan lebih mudah dilakukan daripada tidak.


Sejarah Renang dan Pengertiannya

Renang kadang sering diibaratkan keindahan atlet dalam berenang. Mulai dari gerakan gaya kupu-kupu gaya bebas dada bahkan gaya punggung. Biasanya atlet renang yang akan dinyatakan menang adalah perenang yang lebih cepat sampai pada jarak lintasan yang ditentukan dengan kecepatan tertentu. Dan para pemenang akan diuji kembali dengan semifinal, dan babak final.

Sejarah renang mencatat bahwa tahun 1837 olah raga renang ini baru dimulai tepatnya pada abad 19 di kota London. Dan perkembangannya muncul kembali sampai pada tahun 1869 dalam wujud yang lebih besar yaitu asosiasi. Dan untuk di Indonesia sendiri Kota Bandung adalah salah satu kota pertama ynag menajdi awal dari dilaksanakan renang ini.

Sejarah itu mengenal dengan membuat kolam renang pada saat itu yaitu kolam renang Cihampelas sekitar tahun 1904 silam. Artinya jika dirunut sebelum Indonesia merdeka olah renang telah ada berkembang di beberapa kota seperti Surabaya, bahkan Kota Jakarta.

Namun perkembangan olah raga renang tidak menjadikan atlet Indonesia menjadi berprestasi. Hal disebabkan karena kurangnya dana dan anggaran untuk penyelenggaraan renang ini. Bahkan bukan hanya itu saja renang tidak dapat berkembang dan menorehkan prestasi disebabkan oleh rendahnya rasa nasionalisme atlet, tidak disiplin, dan tidak maksimalnya manajemen official renang membuat olah raga ini seolah tidak berarti.

Padahal atlet renang pernah menorehkan prestasinya pada tahun 1977 hingga tahun 2003 untuk tingkat Asia dan Asean. Namun setelah itu renang redup dan mulai hilang dari peredaran.

Baca Juga: Makalah Pancasila


2. Mengenal Macam-macam gaya Renang

Untuk kepentingan tamasya dan rekreasi orang berenang dengan menggunakan gaya dada. Tetapi untuk kebutuhan perlombaan dan olimpiade adalah berenang dengan gaya kupu-kupu, bebas, dan gaya punggung.

Biasanya dalam ajang lomba renang gaya bebas perenang diperbolehkan menggunakan gaya punggung, kupu-kupu kecuali gaya dada.  Namun teknik renang yang banyak digunakan dalam olimpiade seperti federasi renang international perenangnya menggunakan gaya krol atau front crawl.

a. Gaya Bebas

sebagaimana pada umumnya gaya ini adalah posisi dengan dada menghadap ke atas permukaan air. dan diikuti gerakan kedua tangan yang mengayuh kedepan dan kebelakang secara bergantian keatas dan kebawah. dan saat keadan berenang wajah berada menghadap pada permukaan air. yang menarik dan menjadi seni dan teknik yang sulit adalah proses pernafasan yang hanya dilakukan pada saat posisi lengan digerakkan ke luar dari air, sehingga posisi tubuh menjadi miring ke samping.

Dan untuk teknik pernafasan setiap perenang bebas memilih apakah ke kanan atau ke kiri ketika hendak mengambil nafas.

Berdasarkan dari gerakannya gaya bebas ini adalah gaya yang paling mudah dan cepat membuat perenangnnya sampai finish. Hal ini disebabkan karena gerakan renang tidak dibatasi oleh gaya-gaya lain yang lain. Tidak saja bagi perenang yang sudah terlatih saja gaya bebas dapat membuat pemula juga dapat berenang dengan cepat.

b. Renang Gaya Dada

Gaya ini adalah salah satu gaya yang membuat gaya perenang menjadi indah dipandang pada saat perlombaan berlangsung. Hal ini disebabkan posisi perenang seperti gaya katak yaitu dengan dada menghadap permukaan air, serta batang tubuh dalam posisi tetap, kedua kaki yang berfungsi untuk menendang air ke arah luar sedang tangan lurus ke depan.

Gerakan tangan yang seperti membelah air berfungsi agar badan maju cepat kedepan. Dan untuk pernafasan nya dilakukan pada saat posisi mulut tepat berada di permukaan air. tingkat kesulitannya memang lumayan tinggi bagi perenang pemula. Namun seni ini yang menjadikan olah raga renang sangat diminati banyak orang, namun perenang gaya ini sangat lambat dibanding dengan gaya bebas.

c. Gaya Kupu-Kupu

Gaya ini sering dikenal juga dengan gaya lumba-lumba. Posisi gaya ini adalah dada menghadap ke permukaan air. kedua lengan melakukan gerakan menekan ke bawah dan ke arah luar dalam waktu yang bersamaan. Untuk kaki keduanya melakukan tendangan air kebawah dan keatas layaknya seekor ikan lumba-lumba itu. Dan teknik bernafas untuk gaya ini adalah dilakukan lewat mulut yang dilakukan pada saat kepala berada diluar permukaan air.

Konon katanya para perenang mengatakan gaya kupu-kupu adalah teknik renang yang paling sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya. Karena membutuhkan latihan untuk bisa melakukan gerakan yang sangat terkordinasi satu sama lain. Jadi kalau menguasai gaya ini maka akan mampu menguasai pertandingan gaya bebas.

3. Manfaat Olah Raga

Sebagaimana yang telah disampaikan dalam paparan diatas bahwa renang memiliki banyak manfaat selain untuk kesehatan. Penderita obesitas juga sangat dianjurkan untuk melakukan renang yang teratur. Bahkan untuk mencapai tingkat relaksasi ibu hamil juga diwajibkan berenang. Adapun manfaat lain adalah sebagai berikut:

  • Membentuk otot yang terdapat dalam tubuh manusia seperti leher, kaki, lengan , dada, perut pinggang bahkan telapak kaki menjadi lentur karena melakukan pergerakan yang membutuhkan energi besar.
  • Gerakan mendorong air saat berenang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung serta paru-paru bahkan pembuluh darah seolah berdetak sangat harmonis.
  • Dapat meningkatkan tinggi badan terutama bagi seseorang dalam masa pertumbuhan.
  • Bagi penderita asma renang dapat melatih pernafasan seseorang menjadi sehat dan lancar. Karena sistem crdiovaskular dalam renang menjadikan pernafasan menjadi kuat dan panjang.
  • Dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh sekitar 24% karena renang membutuhkan banyak energi.
  • Self safety jika sesuatu terjadi maka dapat menyelamatkan diri.
  • Dampak psikologis dengan melakukan renang adalah dapat menghilangkan stres pada diri seseorang serta pikiran juga menjadi lebih rileks.

Penutup

Dalam penutup ini makalah renang akan menjelaskan ringkasan pembahasan menjadi bagian yang sedikit dan singkat.  Sehingga siapa saja yang membaca makalah ini akan mudah mengingat pembahasannya maupun mengingat gerakannya.

Kesimpulan

  1. Renang adalah salah satu olah raga yang sangat kaya akan manfaat dalam diri dan tubuh manusia kesehatan jasmani dan fisik membuat para perenang menjadi lebih sehat jantung, paru-paru dan pernafasan.
  2. Renang adalah olah raga yang seharusnya dikembang dan digaungkan lagi. Minimal sebagai antisipasi jika terjadi yang tidak diinginkan seperti banjir, atau tenggelam.

Saran-saran
  1. Ayo semangatkan kembali olah renang, karena renang tidak saja merupakan olah raga dalam pertandingan namun renang memberikan dampak yang sangat banyak bagi tubuh manusia.

Makalah renang diatas adalah salah satu bukti penjelasan yang mendukung bahwa renang adalah olah raga yang sangat baik dan kaya akan manfaat. Renang tidak saja sekedar hobi namun dapat dijadikan olah raga yang menyenangkan dan menenangkan bagi diri seseorang.

Renang berdasarkan perkembangan dan sejarahnya di Indonesia seharusnya dapat dijadikan dasar bahwa renang harus lebih digalakkan akan masyarakat Indonesia menjadi lebih sadar kesehatan.

Makalah Renang

Tinggalkan Balasan