Makalah Strategi Pemasaran

makalah strategi pemasaran

Makalah Strategi Pemasaran – Makalah strategi pemasaran adalah penjelasan singkat tentang strategi pemasaran suatu produk dalam sebuah perusahaan. Strategi pemasaran membutuhkan analisis dan ketelitian dalam melihat pasar dan menentukan aksi dalam melakukan produksi sebuah produk.

Untuk tahap awal dan sebagai dasar pengetahuan uraian dalam makalah strategi pemasaran ini dapat bermanfaat. makalah ini adalah pandangan umum terhadap teori strategi pemasaran. Untuk pembahasan yang lebih luas dan mendalam harus membutuhkan kebutuhan tertentu.

Makalah strategi pemasaran ini pada intinya adalah sebuah upaya dan persiapan sebuah perusahaan dalam menjalani operasi penjualan dan penjualan produk agar dapat dibeli dan diakses oleh para masyarakat maupun konsumen lainnya.


Download Makalah Strategi Pemasaran File Doc

Copy Link Makalah Strategi Pemasarani Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1ug5w64NRqX3VZpRfzIzyVT7ApaUQWX5E

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Strategi Pemasaran Dan Mengenal Fungsinya Dalam Perusahaan

Makalah Strategi Pemasaran

Berikut ini akan dibahas tentang strategi pemasaran serta bagaimana menentukan strategi yang jitu dalam sebuah organisasi perusahaan. Untuk bisa memahami strategi tentu seseorang harus memahami medan atau lapangannya. Setidaknya untuk menentukan strategi pemasaran seseorang memahami target pasar dari berbagai sudut pandang.


Latar Belakang Masalah

Tahukah bahwa untuk bisa diketahui oleh para konsumen atau masyarakat banyak maka suatu produk atau pun layanan jasa harus di pasarkan dengan strategi tertentu. Hal ini dikenal dengan istilah strategi pemasaran. Teknik dan strategi pemasaran yang menjadikan hasil produksi dapat dijangkau dan dipasarkan.

Untuk memasarkan suatu produk juga harus menggunakan teknik marketing tertentu. Ilmu strategi pemasaran akan melakukan teknik khusus sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Persaingan dunia usaha saat ini membuat strategi pemasaran melakukan banyak inovasi agar menemukan teknik pemasaran yang jitu dalam memasarkan sebuah produk.

Bahkan bagi perusahaan-perusahaan besar rela menggunakan atau tokoh tertentu untuk dijadikan ambasador produknya seperti menggunakan artis ternama. Ilmu strategi pemasaran membuat produk siap dipasarkan kepada sasaran dan target yang pas.

Banyak hal yang menjadi perhatian dalam ilmu strategi untuk memasarkan produk. Mulai dari menganalisis dan menentukan pasarnya , menentukan dan mendesain kemasan produk, efisiensi harga dan sebagainya. Hal ini sangat menarik untuk dibahas karena kesuksesan sebuah produk dalam  menembus pasar tergantung pada ketepatan strategi pemasaran.

Hal ini tidak dapat dipungkiri strategi pemasaran memiliki peran dan fungsi tertentu dalam memasarkan sebuah produk. Dan tentunya pasar yang akan dijadikan target pemasaran juga telah dilakukan pengamatan dan analisa kadar kemampuan atau daya resap atau daya beli produk tersebut.

Inilah mengapa makalah ini menarik untuk dibahas. Karena strategi lahir karena adanya hasil pengamatan misalkan saja seberapa penting orang membeli deodorant, umur berapa masyarakat yang menggunakan deodorant, desain produk seperti apa yang disukai.  Lalu pasti juga strategi pemasaran dapat mengukur kekuatan kompetitor, tawaran apa yang mungkin dapat menarik pasar, dan lain yang sebagaimana.

Baca Juga: Makalah Hak Dan Kewajiban Warga Negara


Pembahasan

Berikut akan dijelaskan seputar teori definisi dan ruang lingkup penggunaan strategi pemasaran dalam aplikasinya. Tentunya hal ini membutuhkan pengetahuan dasar tentang apa itu strategi dan pemasaran  serta penggunaanya.

Pemasaran dikenal pertama kali pada tahun 1960. Pada saat ini pemasaran dikenal sebagai sebuah teknik pelaksanaan dalam menentukan arah terhadap arus barang maupun agar bisa dibeli atau dipakai oleh konsumen. Namun dalam istilah Philip Kotler menyatakan bahwa  pemasaran diartikan sebagai suatu kualitas saling membutuhkan antara produsen dan konsumen dengan cara membeli dan mempertahankan produk para kelompok maupun individu tertentu.

Ada beberapa hal yang penting dalam menentukan target pasar sebuah produk. Pasar yang dijadikan target tidak saja dinilai memiliki potensial dalam melahirkan pelanggan namun pemasaran harus dapat menjadi kan pelanggan puasa dengan keberadaan produk tersebut. Adapun ketiga hal penting itu adalah penempatan produk, segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran.

Dalam menentukan segmentasi pasar ada beberapa langkah yang harus diperhatikan yaitu mengembangkan profit dalam setiap segmen yang ada serta mengidentifikasi yang menjadi dasar segmentasi pasar.

Sedangkan untuk penempatan produk hal berikut ini juga harus dijadikan pedoman yaitu  harus mampu merumuskan sasaran yang tepat untuk dijadikan penempatan produk dalam tiap segmen yang ditentukan atau yang dipilih. Dan mampu mengembangkan pemasaran dengan cara membaurkan tiap segmen yang terpilih menjadi sasaran target.Dan yang ketiga adalah untuk penetapan pasar sasaran yaitu harus dapat memilih segmen yang akan dimasuki dan harus menentukan teknik penilaian daya tarik segmen pasar yang telah ada.

Strategi pemasaran dengan kata lain adalah suatu upaya atau cara memasarkan suatu barang atau jasa atau produk dengan pola-pola dan teknik khusus yang telah disesuaikan dengan analisis pasar untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi.

Dalam perusahaan strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mencapai target penjualan tertentu. Untuk perusahaaan yang memproduksi barang atau produk tertentu. Dengan kata lain peran dan fungsi ilmu strategi pemasaran sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Tentu saja nilai perekonomian perusahaan ditentukan dari tingkat tinggi da rendahnya penjualan produksi di lapangan atau di pasaran. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi faktor penentu suatu nilai jasa dan barang yaitu komsumsi, pemasaran dan produksi.

Strategi Pemasaran Perusahaan dan Faktor Yang Mempengaruhinya.

Dalam menemukan pasar yang tepat ada beberapa faktor yang harus diketahui pengaruhnya dalam strategi pemasaran yaitu faktor lingkungan mikro perusahaan, dan lingkungan makro. Yang termasuk dalam lingkungan mikro perusahaan adalah pemasok  atau suplier , perantara pemasaran, pesaing, pelanggan, masyarakat umum maupun perusahaan itu sendiri.

Lingkungan Mikro

  • Perusahaan yang dimaksud dalam faktor mikro perusahaan ini adalah yang tergolong kedalam struktur organisasi itu sendiri. Strategi pemasaran dalam jangkauan ini manajemen akan membuat kebijakan dan menerapkan sistem keuangan perusahaan, pembelian , produksi, akuntasi sdm, dan rencana pemasaran.
  • Pemasok atau supplier yaitu ketersediaan sumber daya baik yang ada dalam dalam diri individu maupun perusahaan bahkan serta para pesaing dalam memproduksi jasa maupun barang tertentu.
  • Perantara Pemasaran yaitu para perusahaan lain yang juga ikut dan membantu melakukan promosi serta mendistribusikan barang produksi atau jasa tertentu kepada konsumen akhir yaitu seperti agen jasa pemasaran, perantara keuangan, perusahaan distribusi fisik dan perantara.
  • Pelanggan yang dimaksud disini adalah semua pasar yang siap menjadi konsumen apakah berupa perusahaan, lembaga, organisasi maupun individu maupun kelompok tertentu.
  • Sedangkan para pesaing yaitu menentukan suatu strategi pemasaran tertentu untuk menghadapi pesaing yang ada dalam pasar atau kompetitor lain.
  • Masyarakat umum adalah seluruh jenis dan lapisan masyarakat yang ada baik dalam jumlah besar maupun kecil yang memiliki potensi pasar.

Lingkungan Makro

Dan untuk lingkungan makro terdiri dari lingkungan demografis atau kependudukan, lingkungan ekonomi, lingkungan fisik, lingkungan sosial budaya, maupun teknologi. Dan untuk masing –masing  yang dimaksud dengan lingkungan ini adalah sebagai berikut:

  • Lingkungan demografis atau kependudukan yaitu data dan informasi kondisi kependudukan yang tergabung dalam distribusi penduduk, usia, kelahiran suku bangsa, agama dan perkawinan, serta tingkat kepadatannya menjadi pemasukan yang dapat dijadikan analisis pasar.
  • Lingkungan ekonomi yaitu adalah gambaran dan situasi terbaru dari perekonomian seperti tekanan inflasi , pola belanja konsumen kebijakan pemerintah, penurunan maupun peningkatan pendapatan.
  • Dan berikut adalah lingkungan fisik yaitu kondisi yang mengarah kepada anak pencemaran, tingkat campur tangan pemerintah dan proses pengelolaan sumber daya alam dan juga kelangkaan ketersediaan bahan mentah yang di butuhkan perusahaan.
  • Dan faktor yang berpengaruh lainnya lingkungan teknologi yang berkaitan dengan adanya biaya penelitian serta pengembangan, pertumbuhan serta perubahan teknologi dan komunikasi, peraturan kebijakan teknologi dan serta hal yang menunjukkan peningkatan suatu pertumbuhan teknologi.
  • Dan yang terakhir faktor sosial budaya yaitu keadaan yang berkaitan dengan nilai norma yang berlaku pada masyarakat yang mengatur dan berhubungan antara sesama manusia maupun kelompok tertentu.

Fungsi Strategi Pemasaran

Dengan demikian adapun fungsi umum strategi pemasaran adalah

  • Dapat meningkatkan motivasi pengembangan serta manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan akan termotivasi untuk selalu memperbaiki pola pandang dan ukur masa depan dan mampu melihat pasar dimasa yang akan datang.
  • Untuk menghasilkan pemasaran agar lebih efektif. Biasanya dalam perusahaan memiliki tim tim khusus yang kinerja menjadi lebih efektif karena adanya target yang akan dicapai sehingga pekerjaan akan lebih tepat sasaran.
  • Berfungsi untuk merumuskan tujuan perusahaan. Dengan adanya ketentuan target yang jelas atau strategi yang jelas maka tujuan perusahaan akan lebih menemukan arah yang lebih baik
  • Dan dapat berfungsi sebagai pengawas dan pengendali kegiatan perusahaan. Strategi dapat dijadikan suatu sistem untuk mengukur tingkat kualitas pekerjaan dalam tiap-tiap anggota di perusahaan tersebut.

strategi pemasaran juga memiliki fungsi dan peranan dalam perusahaan antara lain

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antara individu ke dalam tim pemasaran.
  • Dapat berperan sebagai alat ukur hasil pemasaran produk dalam standart tertentu.
  • Juga dapat berfungsi sebagai dasar keputusan kebijakan dalam pemasaran produk.
  • Sebagai alat deteksi untuk tingkat beradaptasi terhadap suatu perubahan kondisi dalam setiap pemasaran

Baca Juga: Makalah Perdagangan Internasional


Penutup

Sampailah pembahasan makalah strategi pemasaran ini kepada penutup dan isi kesimpulan dan ringkasan singkat tentang strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan. Adapun isi dari kesimpulan akhir ialah

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat dijelaskan dan disampaikan dalam makalah ini  adalah sebagai berikut bahwa strategi pemasaran adalah sebuah teknik yang melahirkan sebuah perilaku atau kebijakan berdasarkan pertimbangan situasi secara makro dan mikro sebuah perusahaan. Segala perilaku di luar perusahaan juga menjadi pertimbangan strategi pemasaran.

Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan siap bersaing dan memasarkan produk di pasaran dengan hasil yang maksimal. Dengan adanya strategi maka target pasar penjualan produk akan mudah dicapai.

Saran-saran

Dan untuk saran yang dapat disampaikan adalah strategi pemasaran seharusnya tidak saja di target  hanya pencapaian penjual yang banyak namun dibarengi dengan kualitas produk yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai konsumen

Selain itu mengedepankan dan mempertimbangan juga dampak negatif dari aktivitas produktivitas pabrik terhadap sosial masyarakat. Serta melakukan pencegahan adanya pencemaran lingkungan.

Makalah strategi pemasaran diatas adalah beberapa penjelasan yang dapat memberikan pemahaman dasar atau menambah pengetahuan tentang strategi pemasaran. Dalam prosesnya strategi pemasaran pada hakikatnya yang membedakan adalah target pasar dan kualitas produk.

Makalah strategi pemasaran ini juga diharapkan menjadi inspirasi dalam menentukan jenis produk yang akan dipasarkan. Setidaknya dapat melakukan analisis awal yang benar ketika ingin menjual sebuah produk.

Makalah Strategi Pemasaran 

Tinggalkan Balasan