Makalah Tentang Ham

makalah tentang ham

Makalah Tentang Ham – Makalah tentang ham adalah makalah yang memaparkan dengan penjelasan sederhana tentang hak asasi manusia. Ruang lingkup yang dibahas dalam makalah tersebut ditentukan dari masalah yang akan dibahas dalam latar belakang dan rumusan masalah.

Makalah tentang ham juga dapat membahas tentang ruang lingkup ham di indonesia atau bisa juga tentang hambatan penerapan ham. Yang menjadi inti permasalahan makalah tersebut tetap dalam kontekstual ham atau hak asasi manusia.


Download Makalah Tentang Ham File Doc

Copy Link Makalah HAM di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1yDT0LKhlWKgq7BkT0dp-VDv3th8WIDM8

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Tentang Ham di Indonesia

Makalah Tentang Ham

makalah yang membahas tentang hak-hak asasi manusia ini akan membahas seputar perjalanan dan proses hak asasi manusia di Negara Indonesia. Hak asasi manusia adalah hal penting yang patut dilindungi dan dijamin oleh pemerintah sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang.


Latar Belakang Masalah

Berbicara tentang hak asasi manusia adalah membicarakan tentang hal penting yang menjadi hak mutlak seseorang atau hak pribadi diri kita sendiri. Ham atau hak asasi manusia ini sendiri merupakan kebebasan persamaan dalam kehidupan sebagai hak normatif yang terdapat dalam individu diri masing-masing sebagai makhluk hidup.

Hak asasi manusia juga berarti hak-hak yang didasarkan atas kemanusiaan dalam setiap individu. Untuk penerapannya ham sering kali dilanggar dan tidak begitu menjadi suatu pertimbangan penting dalam bertindak dan bersikap. Padahal banyak hal kecil yang yang tidak pernah terpikirkan namun menjadi bagian hak asasi manusia lain selain kita yang wajib di perhatikan.

Misalnya memaksakan orang lain agar setuju dengan pilihan dan pendapat kita. Permasalahan ham sesungguhnya sangatlah luas oleh sebab itu perlu ada nya batasan masalah sehingga makalah ini tidak meluas pembahasannya.

Baca Juga: Makalah Korupsi


Rumusan Masalah

Sebagaimana yang telah dipaparkan bahwa hak asasi manusia adalah hak penuh yang dimiliki oleh setiap orang maupun masyarakat Indonesia pada khususnya dalam menjalani kehidupan di Indonesia ini. Adapun rumusan masalah yang akan menjadi topik pembahasan dalam makalah ini adalah sebagaimana yang dijelaskan dibawah ini:

  1. Faktor apakah yang melatarbelakangi terjadinya pelanggaran hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat ?
  2. Bagaimanakah peran pemerintah dalam menegakkan serta melindungi hak asasi manusia maupun rakyat Indonesia dalam mendapatkan haknya untuk hidup di dalam bangsa Indonesia ini?
  3. Upaya apa yang akan ditempuh oleh pemerintah untuk menanggulangi permasalahan pelanggaran hak asasi manusia saat ini di Indonesia?

Manfaat dan Tujuan

Salah satu manfaat pembahasan tentang hak asasi manusia ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hak asasi manusia telah diterapkan di negara Indonesia. Dan juga dengan dibahasnya permasalahan ham ini maka akan memberikan pengetahuan terhadap siapa saja yang ingin membaca makalah ini . adapun manfaat dan tujuan pembahasan ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan manfaat untuk memahami pemahaman tentang faktor apakah yang melatarbelakangi terjadinya pelanggaran hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat .
  2. Untuk tujuan agar dapat mengetahui sejauh mana peran pemerintah dalam menegakkan serta melindungi hak asasi manusia maupun rakyat Indonesia dalam mendapatkan haknya untuk hidup di dalam bangsa Indonesia ini.
  3. Serta bermanfaat untuk dapat mengembangkan pengetahuan agar mengetahui paya apa yang akan ditempuh oleh pemerintah untuk menanggulangi permasalahan pelanggaran hak asasi manusia saat ini di Indonesia.

Kajian Pustaka

Berikut ini teori ham yang akan dibahas dengan pendekatan teori maupun kajian pustaka. Hal ini akan memberikan penjelasan teori tentang pengertian dan teori hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ini

1. Hak Asasi Manusia

Menurut undang-undang yang berlaku dalam bangsa Indonesia ini diketahui bahwa hak asasi manusia adalah seperangkat hak manusia yang ada dalam dirinya yang wajib dilindungi, dihormati serta dijunjung tinggi untuk kehormatan bangsa serta harkat martabat manusia sebagai warga negara pada bangsa Indonesia.

Sedangkan menurut Jan Materson hak asasi manusia atau adalah hak asasi manusia adalah nilai esensi dalam diri manusia yang menjadikan kehidupan dan dirinya dapat dianggap sebagai manusia yang mulia. Begitu juga dengan John Locke memberikan pernyataan bahwa hak-asasi manusia itulah pemberian atau (fitrah) yang diberikan dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang sifatnya kodrati dan wajib dijunjung.

2. Ham dan Ciri-Cirinya

Hak asasi manusia juga memiliki ciri khusus agar dapat dipahami dan dimengerti oleh semua masyarakat Indonesia, adapun ciri tersebut adalah :

  • Ham adalah hak diri seseorang yang tidak dapat diwarisi, dibeli dan dijual kepada warga negara lainnya di dalam kehidupan masyarakat tersebut.
  • Hak asasi manusia itu diberlakukan kepada siapa saja warga negara Indonesia tanpa dibedakan atas dasar perbedaan agama, politik ras maupun etnis tertentu.
  • Kebebasan dalam berpendapat dan hidup sebagaimana layaknya manusia lainnya. Hak asasi manusia tidak diperbolehkan untuk dilanggar dan diwarisi namun dilindungi oleh negara Indonesia.

3. Pelanggaran Ham Yang terjadi di Indonesia

Agar lebih kongkrit dalam memahami hak asasi manusia di Indonesia ini berikut akan dijelaskan beberapa contoh bentuk pelanggaran ham di Indonesia

  • Pelanggaran ham kepada pejalan kaki karena disebabkan pedagang yang berjualan di trotoar jalan. Bahaya dan kerugian yang terjadi oleh pejalan kaki adalah sering terjadi kecelakaan dan mengganggu serta menghambat pejalan kaki.
  • Pelanggaran hak asasi manusia terhadap minat dan bakat yaitu pemaksaan kehendak orang tua terhadap salah satu jurusan yang diberikan kepada anaknya sehingga anak tidak dapat mengembangkan minat sebagaimana yang diinginkan
  • Tidak masuknya guru maupun dosen dalam memberikan materi ajar kepada mahasiswa yang berhak mendapatkan pengajaran sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan merupakan bentuk pelanggaran ham ringan

Baca Juga: Contoh Saran Dalam Makalah


Pembahasan

Makalah tentang ham ini membahas masalah dasar dari nilai-nilai hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk mendapatkan hak tentunya setiap orang harus memikirkan juga akan adanya kepentingan hak orang lain pula. Berikut ini pembahasan ham berdasarkan kajian pustaka

Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Pelanggaran Ham

Sebagaimana yang telah dipaparkan dalam latar belakang masalah, bahwa banyak masyarakat tidak mengetahui pokok-pokok utama ham. Oleh sebab itu banyaknya kasus pelanggaran ham disebabkan karena tidak mengetahui dan tidak memahami ham itu sendiri. Jika diamati maka pelanggaran ham sering terjadi diakibatkan oleh:

  • Kurangnya kesadaran setiap warga negara untuk saing menghormati hak asasi warga negara yang lain seperti mulai dari tata tertib, etika bahkan melanggar moral yang telah berlaku dalam kehidupan masyarakat.
  • Ajaran serta keyakinan dalam beragama belum dapat di aktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya sehingga lebih banyak orang yang ingin dihormati tetapi sedikit yang mau menghormati.
  • Tidak berjalannya konsep good governence, dan corporate governence.
  • Kurang sosialisasi tentang pentingnya memahami hak asasi manusia, dan rendahnya perhatian pemerintah terhadap kondisi masyarakat saat ini.

Solusi Dan Upaya Pencegahan Terjadinya Pelanggaran Ham

Pelanggaran ham dan permasalahan ham di indonesia sudah berada pada kondisi yang sangat memprihatinkan. Satu sama lain tidak lagi memperdulikan akan hak orang lain terhadap diri kita. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah pelanggaran ham yaitu:

  • Adanya konswekensi tegas atas kesalahan pelanggaran ham yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja.
  • Menegakkan dan menciptakan lingkungan yang sadar hak asasi manusia sehingga menjadi budaya yang harus diteladani dan diikuti oleh generasi yang akan datang.
  • Adanya organisasi atau lembaga yang perduli dan mau menangani dan memberikan perlindungan hak asasi manusia yang terjadi di lingkungan masyarakat.
  • Terbentuknya suatu aparat yang berfungsi mengawasi terjadinya pelanggaran hak asasi manusia.

Peranan Pemerintah Terhadap Pelanggaran Ham

Dengan alasan apapun segala hal yang terjadi dalam kehidupan masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah. Apalagi hal yang berkaitan degan hak asasi manusia, dimana tanggung jawab ini telah diatur sebagaimana mestinya dalam undang-undang Tahun 199 Nomor 39 yang menyangkut hal sebagai berikut:

  • Tanggung jawab menegakkan, melindungi serta menghormati ham adalah kewajiban penuh pemerintah sebagaimana yang diatur dalam peraturan pemerintah Indonesia, Hukum Internasional maupun undang-undang lain yang dapat diakui dan diterima di Negara Republik Indonesia.
  • Tanggung jawab dan kewajiban pemerintah juga meliputi hak asasi manusia dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum bahkan dalam pertahanan bangsa Indonesia.
  • Kebebasan serta hak dibatasi oleh perundang-undang yang telah diatur untuk menjamin penghormatan kebebasan hak asasi manusia, ketertiban umum kesusilaan serta kepentingan bangsa.
  • Pemerintah maupun golongan ataupun partai dari pihak manapun tidak berhak dan tidak memiliki wewenang dalam memberikan arti serta merusak dan mengurangi bahkan menghapus ketentuan hak asasi manusia dan kebebasan yang telah diatur dalam undang-undang sebelumnya.

Penutup

Itulah pembahasan hak-hak asasi manusia dalam makalah tentang ham di Indonesia agar lebih mudah dalam memahami dan mengingat pembahasan ini maka berikut disertakan kesimpulan dan saran-saran yang dapat membantu melengkapi pembahasan ini.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan pembahasan dari makalah tentang ham di Indonesia ini adalah

  • Hak asasi manusia adalah hak dasar setiap manusia atau warga negara Indonesia yang wajib di hormati dan tidak diperkenan untuk ditindas. Begitu juga sebaliknya setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk menghormati dan menjunjung kebebasan dan hak asasi orang lain.
  • Hak asasi manusia adalah hak wajib yang diatur dan dilindungi, ditegakkan bahkan diawasi oleh pemerintah dalam semua bidang dan ruang lingkup kehidupan masyarakat atau setiap warganegara di Negara Indonesia.
  • Segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh oknum, individu, maupun partai apapun adalah merupakan tindakan yang melanggar hukum oleh sebab itu wajib di berikan sangsi atas pelanggaran yang telah dilakukan tersebut.

Saran-saran

Adapun saran-saran yang dapat disimpulkan dan diberikan sebagai bentuk kontribusi terhadap ilmu pengetahuan adalah:

  • Hendaknya setiap warga mampu mempertahankan dan menjaga hak asasi manusia dirinya sendiri. Serta turut mendukung dan mensukseskan akan tegaknya hak asasi manusia di dalam masyarakat tersebut.
  • Menjaga hak asasi diri sendiri sama pentingnya dengan menjaga dan menghormati hak asasi orang lain pula. Oleh sebab itu perlunya sosialisasi da upaya pemerintah dan lembaga praktisi keilmuan tertentu yang peduli dan berupaya memberikan pengetahuan tentang ham.
  • Pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini harus ditindaklanjuti da diberikan sangsi yang sesuai sebagai dasar peneggakkan sumber hukum di Indonesia.

Itulah pembahasan penting makalah tentang ham yang menjelaskan hak-asasi manusia dari berbagai pengertian dan analisa yang mendalam. Hak asasi manusia adalah pengetahuan yang teramat penting. Dengan tidak adanya hak asasi manusia maka hilangnya jaminan kebebasan rakyat dan masyarakat dalam berpendapat dan hal lainnya.

Makalah Tentang Ham 

Tinggalkan Balasan