Makalah Wawasan Nusantara

makalah wawasan nusantara

Makalah Wawasan Nusantara – Wawasan nusantara adalah pola pandang atau sudut pandang yang meliput secara keseluruhan atau memandang segala sesuatu dari sudut pandang global dalam nusantara dalam mementingkan kepentingan nasional. Dalam makalah wawasan nusantara pengertian dan istilah ini akan dibahas mendalam dan lebih jelas.

Wawasan nusantara sangat penting apalagi saat ini perkembangan teknologi dan komunikasi begitu sangat cepat berubah. Makalah wawasan nusantara dapat dijadikan filter dalam menentukan kebijakan para masyarakat. Apakah untuk bisnis, politik bahkan untuk sosial kemasyarakatan.

Dengan makalah wawasan nusantara seseorang akan lebih bijak dalam menilai dan memutuskan sesuatu karena didasari dengan pengetahuan yang luas dan untuk kepentingan berbangsa dan bernegara. Berikut ini akan dibahas tentang bagaimana wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari.

Wawasan nusantara tidak saja cukup hanya dengan dipahami dan diketahui namun harus dapat diimplementasikan dengan baik dan benar. Dalam memahami makna wawasan kali ini akan dipaparkan berdasarkan bentuk makalah sederhana berikut ulasannya seperti dibawah ini:


Download Makalah Wawasan Nusantara File Doc

Copy Link Makalah Wawasan Nusantara di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1lU91blblK1hvFTb14BX93SAmnNDusrt9

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Latar Belakang Wawasan Nusantara

Makalah Wawasan Nusantara

Sebagai warganegara tentunya siapapun akan menginginkan bangsa ini adalah tempat paling aman dan terlindungi. Di dalam bangsa indonesia ini kita hidup berkedaulatan Indonesia yang diakui di mata dunia. Namun banyak dari kita lupa bahwa rakyat yang hidup di indonesia bukan hanya kita. Namun terdiri dari jutaan warga yang berbeda namun memiliki keinginan yang sama.

Tidak mudah bagi setiap orang harus merasa cukup dengan saat ini atau apa adanya. Apalagi terlebih kita telah melihat ketimpangan terjadi misalnya adanya perlakuan khusus terhadap pelanggar hukum yang sama beratnya.

Dalam kehidupan seperti ini kecerdasan dalam berwawasan nusantara sangat dibutuhkan. Untuk tetap berpikir positif menanggapi suatu hal tidak saja membutuhkan kesabaran tetapi pemahaman akan berwawasan yang tinggi.

Dalam makalah ini akan dibahas apa yang dimaksud dengan wawasan  nusantara serta apa manfaatnya dalam kehidupan kita. Secara pribadi memang tidak begitu banyak namun bagi orang lain tentunya sangat bermanfaat. Sebaliknya jika satu orang saja yang tidak memiliki wawasan nusantara maka yang akan kena dampaknya semua orang misalnya membuang sampah sembarangan.

Membuang sampah sembarangan yang dilakukan oleh salah satu orang yang tidak memiliki wawasan nusantara namun akibat sampah yang dibuang sembarangan adalah semua orang jadi sasaran sakit, banjir dan sebagainya.

Tentunya dengan menyadari dan memahami wawasan nusantara segala hal yang terjadi dalam bangsa indonesia ini dapat diselesaikan. Segala sesuatu telah diatur dalam tatanan hukum sosial dan politik lalu apakah implementasi wawasan nusantara dapat dirasakan manfaatnya. Masalah ini lah yang seharus diperhatikan semua pihak termasuk diri kita sendiri.

Contoh sederhana ini dapat dijadikan pemikiran bahwa wawasan nusantara bukan saja sekedar memikirkan pemerintah namun dalam rangka memberikan kebaikan pada diri kita sendiri.

Baca Juga: Makalah Otonomi Daerah


Rumusan Masalah

Makalah Wawasan Nusantara

Adapun rumusan masalah dalam makalah wawasan nusantara adalah sebagaimana yang telah dijabarkan dibawah ini yaitu:

  1. Mengapa berwawasan nusantara itu sangat penting dalam kehidupan?
  2. Apa dampaknya jika kita tidak memiliki wawasan nusantara?
  3. Apa manfaat dan tujuan memiliki wawasan nusantara dalam kehidupan

Tujuan dan Manfaat

Makalah Wawasan Nusantara

Dan sebagaimana pada umumnya tentunya makalah wawasan nusantara ini memiliki tujuan dan manfaat umum dan khusus. Manfaat umum dalam arti ingin mencari tau suatu materi tertentu yaitu wawasan nusantara. Sedangkan khususnya adalah memahami secara mendalam tentang dari makalah wawasan nusantara ini. Adapun yang dapat diketahui dari manfaat ini adalah :

  1. Untuk menambah pengetahuan tentang berwawasan nusantara itu sangat penting dalam kehidupan.
  2. Serta dapat memahami dampak jika kita tidak memiliki wawasan nusantara.
  3. Dan untuk mengetahui manfaat dan tujuan memiliki wawasan nusantara dalam kehidupan.

Pembahasan

Makalah Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara akan dibahas berdasarkan pengertian dan definisi yang lebih spesifik. Pembahasan tentang wawasan ini akan lebih mudah dipahami karena akan dijelaskan dengan teori wawasan nusantara.

1.Landasan Berpikir Wawasan Nusantara

Sebagaimana yang diketahui seseorang dapat berpikir tentang wawasan nusantara pasti memiliki pengetahuan yang cukup tentang indonesia. Namun sebelum memahami wawasan nusantara perlu dipahami tentang landasan wawasan nusantara yaitu idiil, dan konstitusional.

Landasan idiil  wawasan nusantara adalah pancasila. Pancasila adalah dasar negara seluruh dasar pandangan bermuara dan berdasar dari pancasila itu sendiri. Masyarakat Indonesia sudah sepantasnya bersyukur bahwa telah menjadikan pancasila sebagai dasar negara yang utuh dan berkeadilan sosial.

Landasan wawasan nusantara yang berikutnya adalah konstitusional yaitu yang didasarkan dari undang-undang dasar tahun 1945. Mengapa undang-undang? Karena segala sesuatu peraturan tentang tatanan kehidupan, berbangsa dan bernegara diatur sebaik-baiknya dalam undang-undang tersebut.

Dan selain landasan wawasan nusantara memiliki kandungan unsur-unsur yang sangat penting untuk diketahui yaitu unsur wadah (countour), isi (Content),

Adapun wadah atau yang disebut dengan countour adalah sebuah warna atau ciri kehidupan yang berorientasi kepada sifat nusantara atau kedaerahan serta memiliki budaya indonesia dengan segala kekayaan dan perbedaanya tersebut.

Sedangkan untuk content atau isi yaitu berdasarkan kesepakatan dan aspirasi bersama dalam satu kesatuan serta tujuan nasional. Dan persatuan yang kuat antara seluruh masyarakat yang beragam namun menjadi satu karena tujuan nasional tersebut.

Dan unsur yang ketiga adalah conduct atau tata laku. Adanya perilaku yang lahir dari jiwa dan mental dalam berbangsa dan bernegara indonesia tersematkan dalam jiwa dan semangat hal ini lah yang disebut dengan tata laku bathiniah.

2. Fungsi dan Peran Wawasan Nusantara

Mengapa wawasan nusantara itu sangat penting dalam kehidupan. Hal ini disebabkan karena bangsa indonesia menyakini akan kebenaran falsafah dan ideologi untuk mencapai tujuan nasional . wawasan nusantara dapat berfungsi sebagai katalisator dalam berpikir dan berperilaku rakyat indonesia dalam kehidupan berkebangsaan dan bernegara.

Dengan begitu wawasan nusantara adalah landasan berpikir rakyat indonesia agar memiliki pola pikir dan perilaku yang baik dan benar. Landasan dalam berwawasan nusantara sangatlah jelas dimana kehidupan harus didasari oleh berketuhanan, berkeadilan dan tentunya berperikemanusiaan.

Tanpa wawasan nusantara yang benar akan sulit bagi seseorang untuk dapat berperilaku sesuai dasar dasar nilai budi luhur bangsa indonesia.

Sama seperti karakter yang kini hendak ditanamkan dalam pendidikan nasional indonesia. Hal ini bertujuan agar seluruh rakyat indonesia memiliki pola pikir degan tujuan nasional yang sama. Meski berbeda dalam hal keyakinan dalam beragama dan berkeyakinan namun jiwa tetap dalam kesatuan indonesia.

3. Tujuan Wawasan Nusantara

Sebagian masyarakat indonesia beranggapan bahwa wawasan nusantara cukup hanya dengan mengaku sebagai warganegara indonesia. Saat ini dunia mengalami pergeseran dan perubahan pola kehidupan yang sangat fundamental wawasan nusantara bertujuan untuk tetap menyatukan rakyat dalam mencapai tujuan.

Tentunya jika kita tidak memiliki wawasan nusantara maka seseorang akan berperilaku untuk menguntungkan dirinya sendiri dan kelompok tertentu tanpa memikirkan dampak nya pada bangsa indonesia sendiri.

Tujuan yang paling mendasar dari wawasan nusantara adalah sebagaimana yang tercantum dalam falsafah undang-undang dasar kita yaitu harus dapat berupaya melindungi segenap bangsa maupun tumpah darah indonesia serta turut berkontribusi dan mensukseskan cita-cita bangsa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga bangsa dianggap sebagai bangsa yang besar tertib dan damai.

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari tentunya yang membedakan orang-orang yang memiliki wawasan nusantara dengan yang tidak adalah ciri perilakunya. Orang orang yang memiliki wawasan nusantara lebih cenderung menertibkan kedamaian, ketentraman bahkan ketenangan.

Begitu sebaliknya orang-orang yang sengaja menumbuhkan api perpecahan dan perdebatan sehingga menumbuhkan perselisihan.

Disinilah fungsi wawasan nusantara sangat diharapkan. Dimana seseorang dapat menyikapi kehidupan dan kondisi dengan lebih kearah yang lebih positif dan cenderung mementingkan kepentingan bersama.

4. Contoh Sikap dan Perilaku Yang Mencerminkan Sikap Memahami Wawasan Nusantara

Adapun sikap yang mencerminkan wawasan nusantara dalam berpolitik adalah melaksanakan dan mematuhi prinsip demokrasi dalam pemilihan presiden maupun pemilihan umum lainnya. Segala sesuatu yang diatur dalam tatanan hukum adalah wajib di patuhi hal ini bukan karena posisi diri kita adalah warga namun siapapun dan apapun jabatan wajib mematuhi hal tersebut.

Selain itu sikap politik yang menunjukkan memahami wawasan nusantara adalah memahami hak-hak asasi manusia . sehingga tidak merasa dominan terhadap beragama dan bersuku bangsa tertentu. Dan yang juga penting adalah mampu menjaga dan mempertahankan daerah atau wilayah teritorial indonesia daerah cengkeraman bangsa asing dan musuh.

Baca Juga: Makalah Kenakalan Remaja


Penutup Makalah Wawasan Nusantara

Makalah Wawasan Nusantara

Dalam bagian akhir makalah wawasan nusantara ini akan memberikan penjelasan tentang wawasan nusantara dengan singkat serta memberikan saran sebagai sumbangsih kepada pembahasan. Selain itu juga penutup juga harus dapat mengarahkan kepada pola pemikiran yang benar tentang wawasan nusantara.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari isi makalah wawasan nusantara adalah cara pandang dan berpikir seseorang atau indiidu yang berdasarkan atas falsafah pancasila dan dasar-dasar bangsa yang luhur dan menyeluruh.

Jika disederhanakan wawasan nusantara adalah sebuah pikir dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai budaya, bangsa dan kepercayaan kebenaran untuk mengedepankan kepentingan bersama. Wawasan nusantara tidak dipengaruhi oleh perbedaan agama, budaya dan ras.

Keberagamaan dalam indonesia akan disatukan dalam satu ideologi bangsa bhineka tunggal ika dan persatuan kesatuan bangsa. Orang orang yang berwawasan nusantara akan selalu menjaga ketertiban, keamanan dan ketenangan. Berupaya mematuhi tata tertib dan peraturan yang ditentukan oleh undang-undang dan hukum yang telah diatur dalam tatanan ketatanegaraan.

Minimnya pemahaman akan wawasan nusantara akan mengakibatkan dampak yang cukup besar baik untuk diri sendiri dan orang lain tentunya. Salah satu perilaku yang mencerminkan tidak memiliki wawasan nusantara adalah korupsi, tidak membayar pajak, melakukan penyelewengan, melakukan kerusakan dan keributan.

Saran

Adapun saran dari pemakalah dalam pembahasan wawasan nusantara adalah mari meningkatkan kesadaran agar mau berperilaku dan berpandangan wawasan nusantara sebagai cermin akan kecintaian dan kebanggan terhadap bangsa indonesia ini. Sekecil apapun kebaikan untuk bangsa dan negara lebih baik dibanding dari segudang ilmu yang ada didunia ini.

Pembahasan makalah wawasan nusantara ini masih di jelaskan secara sederhana dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran kita akan bangsa indonesia. Dalam makalah ini memang tidak membahas wawasan nusantara secara mendalam namun cukup untuk menambah khasanah tentang wawasan nusantara.

Makalah wawasan nusantara ini dapat dijadikan dasar pemikiran dalam menentukan sikap kita sebagai warganegara. Belajar untuk memandang positif bukan kearah negatif. Bangsa ini sangat membutuhkan sikap dengan tegas dan berpendirian bukan sekedar berpengetahuan namun minim akal dan kesadaran.

Wawasan Nusantara

Tinggalkan Balasan