Gambar Mewarnai Rumah

Mewarnai Rumah

Mewarnai Rumah  – Mewarnai menjadi kebiasaan anak-anak, meskipun hasilnya tak beraturan. Tak hanya anak-anak, hingga orang dewasa pun masih pantas untuk mewarnai.

Biasanya mewarnai suatu gambar yang ada di kehidupan sekitarnya, seperti rumah, mobil, hewan dan sebagainya. Mulai dari mewarnai yang sederhana hingga yang rumit. Namun, mewarnai rumah menjadi prioritas anak-anak. Masih bingung mengajarinya? Simak cara-cara di bawah ini.


Langkah Yang Dilakukan Sebelum Mewarnai

Mewarnai Gambar Rumah Lucu

Sebelum memulai mewarnai gambar rumah ada hal yang bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1.  Fokus Pada Objek atau Gambar Aslinya

Perhatikan objek apa saja yang ada pada aslinya, lalu buat objek tersebut di gambar. Misalnya akan mewarnai rumah, maka fokuskan bukan hanya pada bentuk rumah, namun juga pada bagian-bagian lainnya. Seperti ornamen atau pelengkap yang ada pada gambar utama tersebut. Pada bagian jendela, bisa ditambahkan korden atau lainnya. Usahakan ornamen yang digambar memang ada pada objek yang nyata juga.

2.  Membuat Sketsa

Sebelum mewarnai sebuah gambar rumah menggunakan crayon, membuat sketsa yang tepat akan mempermudah langkah berikutnya. Buatlah sketsa menggunakan pensil HB atau 2B. Dengan membuat goresan halus sebagai ancang/dasar gambar sesungguhnya. Jangan terlalu keras menekan pensilnya, karena nanti akan diwarnai dengan crayon, bisa-bisa goresannya meninggalkan bekas. Bahkan lekukan tersebut tetap terlihat meski sudah ditimpa dengan crayon, jika terlalu keras menekannya.


Cara Mewarnai Rumah

Gambar Mewarnai Rumah

Setelah mengikuti langkah-langkah sebelum mewarnai. Selanjutnya adalah teknik sederhana mewarnai rumah dengan crayon. Sebenarnya cara atau dasarnya hampir sama ketika menggunakan pensil warna, perbedaannya hanya tools dan teksturmya. Inilah beberapa cara mewarnai rumah menggunakan crayon.

1.  Blocking

Blocking adalah salah satu teknik populer dalam mewarnai menggunakan crayon. Caranya dengan memblok bidang gambar menggunakan warna tertentu dengan menyapunya secara halus. Misalnya akan mewarnai pintu, untuk mewarnainya dapat menggunakan warna coklat muda untuk memblocking gambar pohon tersebut.

2.  Gradasi

Setelah proses blocking, langkah selanjutnya adalah melapisi bagian yang sudah di block dengan warna lain yang seirama dan bertingkat. Misalnya, melapisi warna pintu tersebut dengan warna coklat tua atau warna coklat lainnya. Pada intinya adalah membuat efek pintunya dengan gelap terang yang bagus. Teknik seperti ini dilakukan dengan cara mendahulukan warna gelap dahulu kemudian mentrasisikannya dengan warna yang lebih muda/terang.

3.  Mixing/Pencampuran

Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan warna lebih. Ada dua teknik mixing yang bisa dicoba, sesuaikan dengan kebutuhan gambar. Pertama, teknik goresan linear dan yang kedua, goresan circular. Goresan linear umumnya digunakan saat mewarnai gambar langit.

4.  Finishing

Langkah akhir atau penutup mewarnai rumah menggunakan crayon yaitu finishing. Teknik ini berguna untuk menghaluskan warna pada bagian-bagian yang masih belum sempurna. Pada tahap ini bisa menambahkan aksen-aksen pelengkap untuk menambah kesan gambar agar menjadi lebih menarik.

5.  Scrabbing/Pengerokan

Tahap ini bisa dijadikan sebagai tahap tambahannya. Scrabbing ialah mengerok bagian tertentu dari gambar menggunakan scrabber untuk penyempurnaan. Biasanya pada crayon tertentu juga disertakan alat scrabnya. Sebenarnya tahap ke-4 dapat dikatakan sudah selesai. Tapi pada gambar tertentu bisa juga hingga tahap scrabbing.


Gambar Mewarnai Rumah

Mewarnai Rumah


Mewarnai Rumah

 


Gambar Mewarnai Rumah


 

Mewarnai terkadang menjadi hobi anak-anak. Walaupun hasilnya masih acak-acakan, pada intinya mereka mau mencoba. Alangkah baiknya jika kita mengetahui cara-cara mewarnai rumah yang mudah diterapkan oleh anak-anak. Setelah mengikuti langkah-langkah mewarnai rumah. Berikut gambar ketika sedang mewarnai rumah:


Karya Mewarnai Gambar Rumah

Mewarnai Rumah


Mewarnai Rumah


Mewarnai Rumah


Mewarnai Rumah

Sepertinya, mewarnai itu hal yang mudah. Banyak kalangan yang menganggap ringan hal mewarnai. Nyatanya, banyak teknik-teknik mewarnai yang harus diterapkan untuk menghasilkan karya yang menarik.

Misalnya mewarnai gambar rumah, tidak hanya sekedar membuat sketsa yang kemudian diberi warna secara asal. Berbagai teknik mewarnai gambar rumah harus diterapkan untuk menghasilkan karya yang bagus. Inilah karya mewarnai rumah yang bisa dijadikan referensi sebelum mewarnai rumah.

Mewarnai Rumah

Tinggalkan Balasan