Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa – Tahukah Anda? Bahasa menjadi salah satu alat penghubung yang penting antar sesama manusia. Oleh karena itu, bahasa bisa dikatakan hal yang wajib dan penting dalam syarat berkomunikasi.

Pengertian bahasa secara harfiah adalah sarana yang digunakan setiap manusia sebagai alat komunikasi dan interaksi dengan makhluk hidup.


Sejarah Tentang Bahasa

Pengertian Bahasa

Bagaimanakah bahasa dimulai? Seseorang sependapat bahwa tulisan yang muncul setelah adanya bahasa, sehingga asal mula bahasa diketahui tidak semudah sejarah tulisan.

Banyak yang beranggapan bahwa perbedaan jenis versi dan teori dalam menjelaskan asal usul bahasa pernah menjadi perdebatan para sejarahwan. Sehingga tidak ada kesepakatan umum mengenai pengertian bahasa yang diungkapkan secara gamblang.

Walaupun demikian data dari berbagai sumber yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa banyaknya bahasa di dunia sangat beragam. Dan dari bahasa itu sendiri diperkirakan terdapat 6000-7000 bahasa saat ini.

Bahasa alami yaitu, olah vokal yang disebut isyarat sebagai media kedua yang bisa disandikan menggunakan stimulasi audio, taktil atau visual.

Contoh bahasa yang menggunakan media kedua, braille, tulisan grafis dan siulan. Dari bahasa tersebut yang digunakan sebagai media komunikasi bersifat independen pada modalitas.

Sebagai konsep dasar, bahasa bida mengacu pada kemampuan kognitif yang mempelajari sistem komunikasi yang kompleks. Dari keseluruhan bahasa merupakan proses semiosis penghubung antara isyarat dengan makna.


Pengertian Bahasa Secara Umum Dan Para Ahli

Pengertian BahasaJika suatu bahasa masih diragukan maka ada sistem lambang terorganisir dan disepakati secara umum untuk menghasilkan metode pembelajaran yang digunakan sebagai penyaji saat berkomunikasi.

Pada era ini dan dulu bahasa sudah menjadi alat utama dalam penyaluran kepercayaan nilai dan moral termasuk pada seni dan religi.

Secara umum pengertian bahasa berkaitan dengan budaya dan pola pikir dari masyarakat. Sehingga bahasa dapat terhubung dengan pola pikir setiap orang melalui lisannya sendiri. Dari adanya bahasa ini, terjadi pewaris budaya secara turun temurun.

Jika diatas merupakan pengertian bahasa secara umum maka. Dibawah ini akan dijabarkan pengertian bahasa menurut para ahli yang telah mengetahui beberapa makna dari bahasa yang muncul sesuai dengan survei yang mereka peroleh. Pengertian bahasa itu sendiri dijabarkan sebagai berikut :

1. Menurut Keraf Dari Smarapradhipa

Jika bahasa diartikan oleh para ahli maka menurut Keraf suatu pengertian bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota pada masyarakat berupa simbol bunyi yang menghasilkan alat ucap dari manusia yang bersifat arbitrer.

2. Santoso

Sedangkan menurut Santoso, bahwa pengertian bahasa merupakan suatu bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia yang dilakukan tanpa sadar. Sehingga membentuk pola bahasa sesuai dengan dialek tiap karakter manusia itu.

3. Wibowo

Dan yang ketiga menurut Wibowo mengatakan, bahasa merupakan sistem simbol yang bermakna artikulasi yang dihasilkan oleh media ucap dengan sifat arbitrer atau konvensional.

4. Walija

Dalam definisi bahasa iya lah suatu komunikasi terpenting yang sangat lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain sebagai lawan bicaranya. Pengertian dari Walija ini dikemukakan pada tahun 1996.

5. H. G Brown

Pengertian bahasa menurut H. G Brown merupakan suatu sistem komunikasi yang menggunakan sumber bunyi dari organ-organ ujaran yang didengar oleh anggota masyarakat.

6. Harimurti Kridalaksana

Menyatakan bahwa bahasa sebagai sistem bunyi yang bermakna, sehingga digunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia yang memiliki pikiran sebagai rencana dialektika.

7. Finoechiaro

Bahasa memiliki pengertian sebagai sistem simbol vokal arbitrer yang memiliki kemungkinan dari semua orang dalam suatu kebudayaan tertentu. Atau orang lain yang ingin mempelajari sistem kebudayaan. Untuk melakukan komunikasi yang memudahkan sistem interaksi antar sesama manusia.

8. Carol

Bahasa merupakan sistem bunyi yang memiliki urutan vokal terstruktur. Yang digunakan atau dapat digunakan dalam cara berkomunikasi internasional. Dengan sekelompok manusia dan secara lengkap digunakan untuk mengungkapkan suatu peristiwa yang ada di sekitar manusia.

9. Kamus Linguistik

Bahasa adalah sistem lambang bunyi pada arbitrernya di gugus fungsikan oleh para anggota masyarakat sebagai cara kerja sama dalam mengidentifikasikan diri. Dalam pencarian pola interaksi ke sesama manusia.

10. Willian A. Havilland

Pengertian dari bahasa menurut Willian adalah suatu sistem bunyi yang digabungkan melalui aturan yang timbul menjadi sebuah arti yang bisa ditangkap oleh semua orang. Yang nantinya akan membantu proses berbicara dalam pola pelafalan yang terarah.

11. Pangabean

Suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan bagaimana suatu peristiwa itu terjadi pada sistem saraf yang berkembang. Yang akan menghasilkan suatu bunyi untuk menangkap argumen, peristiwa, dan pendapat yang dimiliki manusia sebagai suatu perkataan. Itulah pengertian terakhir menurut Pangabean.


Fungsi Bahasa Yang Harus Diketahui

Pengertian Bahasa

Bahasa juga memiliki fungsi dan manfaat untuk penggunanya. Fungsi dari bahasa itu sendiri sebagai alat komunikasi penting dalam lingkup masyarakat.

Kedua peran komunikasi dalam suatu percakapan tentu akan sangat penting, maka diperlukan adanya kerjasama dalam menunjukkan siapa yang akan menjadi lawan bicara secara fasik maupun psikologis.

Untuk itu, fungsi utama bahasa itu sendiri adalah. Sebagai alat berinteraksi dengan manusia, sebagai alat untuk berfikir, sebagai alat menyalurkan arti kepercayaan di masyarakat. Sebagai metode pembelajaran pada lingkup bahasa itu sendiri, dan masih banyak lagi fungsi bahasa secara umum dalam kehidupan sehati-hari tiap manusia.


Manfaat Bahasa Dalam Kehidupan

Pengertian Bahasa

Selain fungsi, bahasa juga memiliki manfaat yang penting dalam kehidupan. Dan salah satu dari manfaat itu sendiri adalah sebagai pengantar dalam dunia pendidikan.

Yang mana kegiatan belajar mengajar menggunakan bahasa Indonesia dan dijadikan mata pelajaran di sekolah. Dan juga Bahasa digunakan sebagai bahasa resmi bangsa Indonesia, yang diresmikan setelah proklamasi kemerdekaan terjadi .

Dan juga bahasa merupakan ilmu pengetahuan dari adanya perkembangan kebudayaan nasional yang ada di Indonesia. Disinilah yang membedakan bahasa Indonesia dengan bahasa daerah. Karena bahasa Indonesia memiliki ciri dan identifitasnya sendiri.

Bahasa juga bermanfaat sebagai pengenalan situasi dengan penangkapan hal dalam pemberlakuannya kejadian dalam lingkup nyata.

Sehingga seseorang yang mengerti akan suatu bahasa. Ia akan mencari tau apa makna dari suatu peristiwa yang di lafalkan oleh seseorang itu.

Yang kemudian akan berguna sebagai pencarian suatu makna dalam mempelajari naskah-naskah kuno. Yang mempelajari tentang sejarah manusia, peradaban, dan perkembangan dari bahasa itu sendiri.


Hakikat Dari Bahasa Itu Sendiri

Pengertian Bahasa

Pada hakikatnya bahasa memiliki 2 unsur yang bersifat bunyi-bunyian yang sistematis. Sebagai contoh bahwa suara atau alat ucap yang ada di diri manusia.

Sedangkan unsur lainnya adalah sesuatu yang dinyatakan pada manusia melalui jalan pemikiran, pendapatan, suatu peristiwa yang ada di dunia dari manusia itu sendiri. Dari kedua unsur tersebut dapat menghasilkan suatu bahasa yang sangat sistematis.

Demikianlah beberapa pengertian bahasa menurut para ahli dan secara umum. Hingga manfaat dan fungsi dari bahasa itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari yang dijumpai oleh manusia atau masyarakat luas. Sekiranya dari saya semoga bermanfaat untuk anda.

Pengertian Bahasa

Tinggalkan Balasan