Pengertian Budaya

Pengertian Budaya

Pengertian Budaya – Budaya merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sebagai identitas unik dan khas bagi suatu daerah. Bahkan anda mungkin sudah pernah mendengar penjelasan tentang pengertian budaya dari guru atau melalui media lainnya. Penting memang mengetahui tentang pengertian budaya, karena hal ini dapat memberikan hal yang positif.

Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali macam budaya. Hal ini  dikarenakan negara maritim ini memiliki banyak ragam suku dan Bahasa. Sehingga hal ini membuat banyak para pengunjung dari luar mancanegara berlibur disini. memang menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia karena memiliki banyak budaya yang amat melimpah dan unik.

Namun terkadang dengan banyaknya budaya yang ada, membuat orang masih saling membeda-bedakan. Nah, hal inilah yang mampu memberikan dampak buruk kelak pada anak dan cucu kita kelak. Oleh sebab itu belajar tentang pengertian budaya sangat dianjurkan, untuk mengetahui banyak tentang budaya.

Baca Juga: Pengertian Seni Budaya


Pengertian Budaya Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya

Ternyata pengertian budaya banyak dituturkan oleh berbagai pakar ahli di bidangnya yang berasal dari banyak negara. Mereka memiliki pemikiran yang berbeda-beda tentang budaya, sesuai dengan anggapan ilmu yang didapatkan. Dalam ulasan kali ini, anda akan diajak menyimak berbagi pengertian budaya dari berbagai pakar ahli. Adapun penjelasannya diantaranya :

Baca Juga:  Pengertian Olahraga 

1. Effat Al- Syarqawi

Pengertian budaya yang pertama adalah dari Effat Al – Syarqawi. Beliau menjelaskan pengertian  budaya dari sudut pandang agama islam. Pengertian budaya menurut beliau adalah, suatu khasanah dalam sejarah dari sekelompok masyarakat yang tercermin pada di kesaksian dan berbagai nilai kehidupan. Menurut Al- Syarqawi suatu kehidupan harus memiliki makna dan nilai rohaniah, yang memiliki tujuan sebagai pedoman hidup.

2. Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan

Dua tokoh ini merupakan ahli yang menekuni bidang ilmu kemasyarakatan dan pengetahuan sosial, serta proses-prosesnya termasuk perubahan sosial. Menurut mereka, pengertian budaya ialah sesuatu kebudayaan yang merupakan hasil karya meliputi cipta dan rasa dari masyarakat. Budaya memang memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan masyarakat, sehingga masyarakat tersebutlah yang menciptakannya.

3. Soekmono

Pengertian budaya selanjutnya datang dari ahli arkeolog Indonesia. Beliau bahkan pernah menjadi pemimpin dalam pembenahan candi Borobudur selama 12 tahun, yaitu dari tahun 1971 hingga 1983. Menurut ia budaya adalah hasil pekerjaan atau usaha dari manusia yang berwujud benda atau pemikiran manusia pada masa hidup di kala itu. Pendapat ini hampir mirip dengan Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan, yang mengambil pengertian budaya dari sisi masyarakat atau manusia.

4. Parsudi Suparian

Parsudi Suparian merupakan salah satu tokoh di bidang antropolog Indonesia. Beliau mempunyai ahli dalam masalah antropologi perkotaan, multikultuarisme dan kemiskinan. Sedangkan menurut dia, pengertian budaya adalah seluruh pengetahuan manusia yang di manfaatkan untuk mengetahui serta memahami pengalaman dan lingkungan yang mereka alami. Sama dengan 3 tokoh sebelumnya yang mendefinisikan budaya yang terdapat kaitannya dengan masyarakat.

5. Lehman, Himstreet Dan Batty

Pengertian budaya berikutnya datang dari Lehman, Himstreet dan Batty.  Yang memberikan penjelasan, bahwa budaya adalah sekumpulan yang tersusun dari pengalaman hidup dari berbagai masyarakat yang hidup pada masa itu. Dalam hal ini pengalaman yang dimaksud bisa berupa perilaku, kepercayaan, serta gaya hidup masyarakat itu sendiri.

6. Ki Hajar Dewantara

Tentu sudah tidak asing lagi ketika anda membaca atau melihat nama tokoh ini. Pahlawan hebat dalam bidang pendidikan ini memang sudah terkenal di mana-mana. Ki Hajar Dewantara memiliki pendapat pula tentang pengertian budaya. Bagi beliau, budaya ialah hasil dari usaha perjuangan masyarakat pada alam serta zaman yang memberikan bukti kemakmuran dan kejayaan hidup. Usaha perjuangan inilah yang mampu menghadapi serta menyikapi berbagai kesulitan dalam mencapai kemakmuran dan kebahagiaan hidup masyarakat tersebut. Bahkan  Pendapat dari Ki Hajar Dewantara ini dianggap lebih tepat dengan budaya di Indonesia. Hal ini disebabkan karena budaya di Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan dari waktu ke waktu sehingga membuat perubahan kondisi alam.

7. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat juga memiliki pendapat tentang pengertian budaya. Menurut ia sendiri, budaya adalah sebuah gagasan, rasa, tindakan serta karya dari manusia selama hidupnya. Bagi koentjaranigrat semua hal tersebut dihasilkan dari usaha manusia itu sendiri dalam bermasyarakat atau bersosialisi. Dengan hal inilah mereka memiliki gagasan tentang kebudayaan dengan cara belajar satu sama lain.

8. E. B. Taylor

E. B. Taylor memiliki nama panjang Edwart Burnett. Ia merupakan ahli antropologi yang berasal dari Inggris. E. B Taylor juga memiliki pandangan atau pendapat tentang pengertian budaya. Menurut tokoh antropolog ini, budaya adalah keseluruhan yang meliputi kesusilaan, kesenian, kepercayaan, adat istiadat serta kebiasaan dan kesanggupan. Hal ini terjadi disebabkan oleh berbagai hal yang di pelajari oleh masyarakat.

9. Kluckkhohn Dan Kelly

Menurut pakar ini budaya adalah segala tatanan hidup yang terwujud secara historis. Konsep hidup ini tercipta secara implisit atau eksplisit, rasional maupun irasional. hal ini dijadikan sebagai acuan yang memiliki potensi pada tingkah laku atau perilaku manusia.

10 . Linton

Pengertian budaya selanjutnya datang dari ahli kebudayaan asal negara Amerika. Linton memberikan definisi tentang budaya. Bagi ia, budaya merupakan seluruh bentuk sikap dan tingkah laku serta kebiasaan yang diwariskan. Maksud dari pengertian ini, budaya ada karena adanya proses turun temurun dari para leluhur. Hal inilah yang menjadi suatu yang dicontoh serta menjadikan suatu kebiasaan. Sehingga dalam hal ini menjadikan budaya itu tumbuh di daerah tertentu.

11. Jensen Dan Trenholm

Pakar ahli budaya ini mendefinisikan bahwa budaya merupakan sekelompok norma atau aturan. Tidak hanya itu, budaya juga bisa berwujud seperti nilai-nilai kepercayaan, adat istiadat serta kode.  Semua hal tersebut tercipta karena perolehan dari kegiatan sosial kelompok masyarakat yang memiliki akibat saling mengikat satu sama lain, sehingga memberi mereka kesadaran.

12. Geert Hoftstede

Greet Hoftstede memberikan penjelasan tentang pengertian budaya yang memiliki kaitan dengan pemikiran. Menurut ia, budaya adalah terdiri dari program-program kelompok yang tersusun dari pemikiran anggota suatu kategori satu dengan yang lain. Selain itu, Greert juga memberikan penjelasan tentang nilai suatu budaya. Baginya nilai budaya terletak pada inti budaya itu sendiri.

13. Croydon

Pengertian budaya terakhir adalah dari Croydon. Ia memberikan definisi budaya yaitu sekumpulan pola terpadu yang sebagian berada pada di bawah kesadaran. Akan tetapi secara keseluruhan mengatur tentang perilaku manusia seperti senar yang dimanipulasi dari kontrol bonekanya.

Terdapat banyak ilmuwan dan ahli budaya yang memberikan pengertian budaya yang bermacam-macam. Setiap pendapat yang mereka sampaikan memiliki unsur-unsur tertentu menurut segi pandangannya. Hal itulah yang membuat pemikiran mereka berbeda dalam menyimpulkan tentang pengertian dari budaya.

Namun secara umum pengertian budaya adalah sebuah cara yang dimiliki bersama oleh sekelompok orang yang prosesnya terjadi secara turun temurun. Sehingga diwariskan untuk generasi selanjutnya. Itulah ulasan tentang pengertian budaya yang bisa disampaikan, semoga menambah wawasan anda.

Pengertian Budaya

Tinggalkan Balasan