Pengertian Eksposisi

Pengertian Eksposisi – Dalam dunia tulis menulis, ada istilah yang disebut dengan eksposisi. Istilah eksposisi ini biasanya disandingkan dengan kata paragraf sehingga menjadi paragraph eksposisi. Namun terkadang istilah eksposisi juga disandingkan dengan kata teks, dan lebih dikenal dengan istilah teks eksposisi.

Sayangnya banyak yang masih belum mengetahui apa sebenarnya pengertian eksposisi ini. Jika ingin ahli dalam dunia kepenulisan, maka wajib hukumnya mengetahui tentang makna eksposisi yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari tulisan yang kita baca masuk ke dalam kategori eksposisi. Di bawah ini akan dijelaskan pengertian eksposisi secara lengkap dan dengan bahasa yang mudah dipahami.


Pengertian Eksposisi Jika Dilihat Dari Segi Bahasa

Pengertian Eksposisi

Untuk paham akan arti dari eksposisi, pertama kita harus merujuk arti dari kata tersebut. Kata eksposisi sendiri terdapat di dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI, kata eksposisi memiliki arti uraian yang memiliki maksud serta tujuan. Dalam hal ini kata eksposisi merupakan sesuatu yang menguraikan sebuah permasalahan.

Uraian yang dimaksud dalam eksposisi adalah uraian berbentuk teks. Hal inilah yang membuat eksposisi sering diartikan sebuah teks. Padahal eksposisi bukan hanya untuk menjelaskan sebuah jenis teks, namun juga untuk menyebutkan jenis paragraf.

Kata eksposisi juga merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu eksposition. Kata serapan ini memiliki arti sebuah teks yang memberikan penjelasan. Dari sini bisa diketahui jika kata eksposisi sudah lebih dulu ada di luar negeri. Kata ini juga menjelaskan banyak hal tentang kegunaan teks eksposisi.

Baca Juga:  Pengertian Seni Rupa


Pengertian Eksposisi Secara Umum

Pengertian Eksposisi

Memang sedikit sulit untuk memahami apa itu sebenarnya eksposisi jika hanya merujuk dari arti katanya. Secara umum ekposisi ini adalah jenis teks yang memuat beragam informasi dengan jelas. Ini artinya penulis teks eksposisi harus memberikan informasi secara benar dengan singkat sehingga pembaca bisa menangkap pesan yang disampaikan dengan mudah.

Salah satu contoh teks eksposisi yang paling sering ditemukan adalah teks berita. Teks berita ini pada umumnya hanya memberikan informasi yang jelas. Dalam teks eksposisi terdapat pendapat dari penulis tentang suatu permasalahan. Pendapat ini biasanya berupa argumentasi yang berdasarkan bukti konkret. Sehingga sebuah teks eksposisi bukan hanya sekedar teks karangan.

Teks eksposisi juga memiliki struktur paragraf yang cukup kompleks. Struktur ini terdiri dari beberapa bagian. Bagi siapapun yang ingin membuat teks eksposisi maka wajib mengikuti struktur ini, Tidak cukup jika hanya mengetahui pengertian eksposisi tanpa paham akan struktur dari teks eksposisi.


Struktur Dari Teks Eksposisi

Pengertian Eksposisi

Ada 3 struktur dari teks eksposisi yaitu tesis, argumentasi dan penegasan kembali. Ketiga struktur ini harus ada pada setiap teks eksposisi. Jika salah satu dari bagian ini tidak ada, maka sebuah teks belum bisa disebut sebagai teks eksposisi. Apa saja ketiga struktur tersebut? Berikut ini uraiannya:

1. Tesis

Tesis adalah bagian awal dari sebuah teks eksposisi. Bisa dikatakan jika bagian ini adalah bagian pembuka dari teks eksposisi. Pada bagian ini, penulis menyampaikan pengenalan topik apa yang ingin dibahas. Penjelasan ini biasanya cukup singkat karena memang hanya sebagai paragraf pengantar saja. Namun bagian tesis ini harus jelas, agar pembaca bisa paham duduk permasalahan yang akan dibahas di dalam teks.

2. Argumentasi

Bagian selanjutnya dalam teks eksposisi adalah argumentasi. Argumentasi adalah pendapat dari sang penulis yang dituangkan dalam bentuk paragraf dalam sebuah teks. Pendapat ini oleh dituangkan di lebih dari satu paragraf. Dalam menyampaikan pendapatnya, penulis tidak boleh menyampaikan pendapat yang asal. Penulis harus memiliki bukti yang bisa mendukung argumentasinya tersebut. Tanpa adanya bukti yang meyakinkan maka teks ini bukan teks eksposisi yang bagus.

3. Penegasan Kembali

Struktur berikutnya adalah penegasan kembali. Pada bagian ini, penulis memberi penekanan pada poin penting yang ingin disampaikan. Hal ini untuk memastikan jika para pembaca mengetahui apa yang disampaikan oleh sang penulis. Penegasan ini sangat penting agar teks eksposisi yang dibuat benar-benar sesuai dengan strukturnya. Penegasan kembali ini juga seperti kalimat kesimpulan pada teks.

Itulah struktur dari teks eskposisi. Jika sebuah teks tidak memiliki struktur seperti yang ada di atas, maka teks tersebut belum bisa dikatakan sebagai teks eksposisi. Jika diperhatikan sebenarnya struktur ini sangat sederhana dan tidak terlalu rumit. Teks eksposisi sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis-jenis ini dibedakan sesuai dengan tujuan teks eksposisi dibuat.

Baca Juga: Pengertian Puisi


Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Pengertian Eksposisi

Ada 5 jenis teks eksposisi yang bisa dibuat. Apa saja kelima teks eksposisi tersebut? Berikut ini uraian lengkapnya:

1. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi yang satu ini berisi tentang ilustrasi dari sebuah kejadian. Ini artinya teks jenis ini banyak menceritakan tentang suatu pokok bahasan agar dipahami oleh pembaca. Pokok bahasan ini cakupannya juga sangat luas. Penulis bisa membahas apapun dan penulis harus menjabarkannya agar pembaca memahami isi teks eksposisi yang dibuat.

2. Teks Eksposisi Berita

Berikutnya adalah teks eksposisi berita. Teks eksposisi yang satu ini adalah jenis teks yang memuat tentang isi berita. Isi berita ini adalah sebuah kejadian peristiwa atau fenomena yang di ulas secara mendalam. Penulis bisa memberikan argumentasinya tentang peristiwa atau fenomena tersebut. Tentu saja teks eksposisi ini juga sering disebut dengan teks eksposisi berita. Jenis teks ini adalah yang paling banyak dijumpai.

3. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan sebenarnya juga teks yang mengulas tentang suatu permasalahan,peristiwa atau kejadian. Namun dalam teks ini penulis tidak hanya menyajikan satu permasalahan. Di sini penulis akan memaparkan dua buah permasalahan dan membandingkannya. Tentu saja perbandingan ini berdasarkan argumentasi dari si penulis. Dengan adanya perbandingan ini, penulis akan menyampaikan mana yang menurutnya lebih baik.

4. Teks Eksposisi Defenisi

Ada banyak penulis yang menyampaikan pendapatnya tentang defenisi atau pengertian suatu hal. Jika penulis membuat teks seperti ini, maka teks ini dinamakan teks eksposisi defenisi. Dalam hal ini penulis harus memberikan bukti yang kuat mengapa ia berani memberikan defenisi suatu benda atau objek. Teks eksposisi seperti ini sering dibuat oleh para ahli yang pakar dalam suatu bidang.

5. Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi yany terakhir adalah eksposisi analis. Eksposisi analisis adalah jenis teks yang berisi analisis. Analisis ini tentu saja berdasarkan analisis dari si penulis. Analisis ini disertai tentang pendapat penulis mengenai sebuah topik yang diangkat oleh penulis. Dalam teks ekposisi analisis disampaikan dalam bahasa yang padat serta mudah untuk dimengerti. Ini artinya analisis ini bukan sebuah analisis yang terlalu mendalam dan sulit dimengerti.

Itulah informasi seputar pengertian eksposisi, struktur dan jenis-jenisnya. Lebih mudah memahami pengertian eksposisi jika sudah memahami struktur dan juga jenisnya. Teks seperti ini adalah teks yang sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi penting namun berisi pendapat dari penulisnya. Membuat teks eksposisi sebenarnya juga tidak sulit selama penulis membuat semua struktur yang diperlukan.

Pengertian Eksposisi

Tinggalkan Balasan