Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi – Ekonomi merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Ada beberapa definisi atau pengertian ilmu ekonomi dari berbagai sumber baik secara umum maupun menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian ilmu ekonomi yang bisa diketahui.


Menurut KBBI dan Wikipedia Ensiklopedia Indonesia (Secara Umum)

Pengertian Ilmu Ekonomi

Definisi atau pengertian ilmu ekonomi secara umum memang dapat diketahui dan dijumpai dalam KBBI dan Wikipedia Ensiklopedia Indonesia. Untuk diketahui, KBBI adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut pengertian ilmu ekonomi menurut 2 sumber tersebut.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian ilmu ekonomi menurut KBBI adalah sebuah cabang ilmu yang merujuk pada berbagai asas –asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang atau kekayaan.

Kekayaan yang dimaksud disini adalah termasuk uang, perindustrian maupun kegiatan perdagangan. Serta mencakup hal- hal mengenai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga.

Menurut KBBI, ilmu ekonomi juga berhubungan dengan tata kehidupan perekonomian suatu negara. Maksud dari perekonomian disini mencakup semua tindakan seperti aturan dan cara untuk menjalankan usaha berekonomi (perdagangan dan perindustrian).

Selain itu ilmu ekonomi juga berarti urusan keuangan rumah tangga. Rumah tangga yang dimaksud seperti organisasi atau Negara.

2. Menurut Wikipedia Ensiklopedia Indonesia

Pengertian Ilmu ekonomi menurut Wikipedia adalah ilmu yang mempelajari aktivitas perilaku manusia (sosial) yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Istilah ekonomi berasal dari kata “oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga. Dan “nomos” yang berarti peraturan, aturan dan hukum.Jadi secara garis besar dapat diartikan sebagai aturan atau manajemen rumah tangga.

Ilmu ekonomi juga dapat diartikan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk menciptakan kemakmuran. Dalam memilih dan menciptakan kemakmuran, manusia akan melakukan aktivitas ekonomi seperti produksi, distribusi maupun konsumsi.

Dalam hal ini memunculkan masalah ekonomi yaitu ketidakseimbangan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang makin terbatas.

Baca Juga: Pengertian Inflasi


Menurut Sejumlah Pakar atau Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi

Selain secara umum, pengertian ilmu ekonomi juga dapat ditilik melalui pendapat para ahli. Para pakar dan ahli ini berasal dari luar negeri maupun Indonesia. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Pengertian Islam

1. Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai sebuah cabang ilmu kajian yang bisa digunakan melalui 2 cara jalan. Dua jalan yang dimaksud disini adalah yang pertama dengan cara memakai segala hal yang mendekati kemungkinannya untuk dipakai.

Kedua adalah dengan cara menggunakan segala hal yang  kemungkinan bisa ditukarkan dengan barang. Jadi dari sinilah ekonomi menyebabkan munculnya nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

2. Menurut Adam Smith

Perlu diketahui Adam Smith adalah seorang tokoh filsuf politik ekonomi sekaligus pencetus sistem ekonomi kapitalise pada abad 18 dan 19. Dirinya terkenal dengan salah satu teori yaitu teori keunggulan mutlak.Menurutnya ekonomi berhubungan dengan suatu penyelidikan tentang kondisi dan sebab adanya kekayaan Negara.

Adam smith menjabarkan bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang secara sistematis mempelajari tentang seluk beluk tingkah laku manusia. Tingkah laku manusia disini merujuk pada usahanya untuk mengalokasikan sumber daya terbatas dan tak terbatas untuk mencapai tujuan tertentu dalam kehidupannya.

3. Menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow adalah seorang psikolog dan inspirator dalam hal teori kepribadian,identitas serta softskill. Beliau berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah bidang ilmu yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia.

Permasalahan disini tentunya melibatkan masalah perekonomian dengan menerapkan sumber perekonomian yang ada sesuai prinsip dan teori yang efektif dan efisien.

4. Menurut Paul Anthony Samuelson

Menurutnya ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara yang digunakan oleh masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber terbatas.

Sumber terbatas ini akan digunakan untuk menghasilkan banyak produk dan komoditi. Produk komoditi tersebut akan dipasarkan dengan cara didistribusikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dengan begitu manusia akan berpeluang untuk mendapatkan banyak keuntungan yang sebesar-besarnya dengan menggunakan modal yang kecil.Intinya ilmu ekonomi dapat dikatakan sebuah studi tentang manusia dalam kegiatannya sehari-hari dalam rangka untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

5. Menurut John Stuart Mill

John Stuart Mill adalah seorang filsuf empiris yang terkenal di Negara Inggris. Berjasa dalam melakukan reformasi utilitarianisme sosial Inggris. John mills adalah anak dari seorang akademisi dan sejarawan bernama James Mill.

Secara umum John Mill berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Ekonomi menurutnya juga tentang kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

6. Menurut M. Manullang

Ilmu ekonomi menurutnya adalah suatu studi atau ilmu pengetahuan yang mempelajari seluruh hal di dalam masyarakat demi usahanya untuk meraih kemakmuran. Kemakmuran disini adalah keadaan dimana setiap orang akan bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Kebutuhan yang dimaksud bisa berupa barang dan jasa.

7. Menurut Amwal

Menurut Amwal ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan sebuah keputusan yang efektif. Keputusan efektif ini diambil guna mengelola sumber daya yang sudah tersedia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan individu atau masyarakat.

8. Menurut Suherman Rosyidi

Pengertian ilmu ekonomi menurutnya merupakan salah satu cabang studi atau ilmu pengetahuan yang berupaya dengan sungguh sungguh memberikan pengetahuan.

Pengetahuan yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan gejala-gejala yang timbul di lingkungan masyarakat. Gejala ini muncul karena akibat sejumlah perbuatan manusia.

Maksudnya Perbuatan manusia disini berupa usaha usaha mereka dalam rangka memenuhi kebutuhan. Atau dengan kata lain cara demi pencapaian kemakmuran hidup manusia.

9. Menurut Khursid Ahmad

Menurut Khursid Ahmad ilmu ekonomi adalah hal hal yang berhubungan dengan sejumlah upaya untuk memahami setiap permasalahan ekonomi dengan perilaku manusia. Berikut hubungan keduanya namun melalui sudut pandang ajaran agama islam.

10. Menurut Louis Cantori

Sedikit ada kemiripan pendapat dengan Khursid Ahmad yang menilik ilmu ekonomi menurut sudut pandang islam.Menurut Louis Cantori ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang didasari atas segi islami. Yaitu mengenai masalah yang menjamin berputarnya nilai dari harta yang dimiliki oleh setiap manusia.

Hingga mencapai suatu titik dimana manusia tersebut akan memaksimalkan seluruh fungsi hidupnya hanya sebagai hamba Allah sang Pencipta. Yang mana akan dipergunakan untuk mencapai falah (Kesejahteraan ) di dunia maupun di akhirat nanti.

11. Menurut Hermawan Kertajaya

Hermawan Kertajaya adalah salah satu tokoh pakar pemasaran yang berasal dari Indonesia namun sudah dikenal di mata dunia. Dulu pernah menempuh pendidikan di Institut Teknologi Surabaya (ITS) namun tidak sampai selesai.

Meskipun begitu oleh ITS malah diberikan gelar Honoris Causa atas dedikasi ilmunya dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia.

Pengertian ilmu Ekonomi menurutnya adalah sebuah wadah. Yang didalamnya terdapat berbagai sektor sektor industri yang telah melekat.

12. Menurut Gregory Mankiw

Menurutnya ilmu ekonomi adalah sebuah studi atau cabang ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber sumber daya langka.

13. Menurut Penson

Pengertian ilmu ekonomi yang terakhir yaitu menurut Penson.  Penson berpendapat bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah ilmu yang selalu mengkaji mengenai kesejahteraan material pada setiap diri manusia. Kesejahteraan material disini adalah bisa berupa benda (produk) maupun jasa.

Itulah beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut KBBI, Wikipedia Ensiklopedia Indonesia , maupun menurut pendapat para ahli. Ilmu ekonomi memang sudah tidak asing di masyarakat karena di setiap harinya selalu terjadi transaksi ekonomi. Semoga artikel ini dapat menjadi rekomendasi sebagai salah satu bahan pembelajaran.

Pengertian Ilmu Ekonomi

One Reply to “Pengertian Ilmu Ekonomi”

Tinggalkan Balasan