Pengertian Lingkungan

Pengertian Lingkungan – Secara garis besar adalah kombinasi antara beberapa hal yang secara fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti energi surya, mineral, tanah, air, serta flora dan fauna yang tumbuh di dalamnya.

Selain itu juga termasuk kelembagaan yang dalam hal ini meliputi ciptaan manusia seperti keputusan terkait bagaimana menggunakan lingkungan fisik serta beberapa peraturan yang digunakan di lingkungan.

Lingkungan juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang terdapat di sekitar manusia kemudian tinggal bersama dan saling mempengaruhi bagi perkembangan kehidupan manusia.


Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan

Banyak sekali pengertian lingkungan jika dijabarkan secara rinci, termasuk juga pengertian lingkungan yang dikemukakan para ahli. Untuk lebih jelasnya, Berikut ini 12 pengertian lingkungan menurut para ahli :

1. Menurut Ahmad ( 1987 )

Ahmad berpendapat bahwa lingkungan adalah satu kesatuan dengan kehidupan. Menurutnya lagi lingkungan hidup merupakan suatu sistem kehidupan di mana terdapat campur tangan manusia.

2. Menurut Emil Salim

Emil Salim bahwa lingkungan hidup adalah  segala sesuatu termasuk benda, kondisi, keadaan maupun pengaruh yang terdapat di sekitar kita. Lingkungan hidup sangat berpengaruh terhadap ruangan yang kita tempati termasuk kehidupan manusia.

3. Menurut Otto Soemarwoto

Otto Soemarwoto menyatakan dalam bahasa inggris lingkungan adalah  environment. Dalam arti luas  lingkungan atau lingkungan hidup adalah tentang segala sesuatu yang terdapat pada setiap makhluk hidup maupun organisme dan juga sangat berpengaruh pada kehidupannya.

4. Menurut St. Munajat Danusaputra

St. Munajat Danusaputra berpendapat bahwa lingkungan adalah semua benda dan juga kondisi termasuk di dalamnya yaitu manusia dengan segala aktivitasnya. Dimana manusia yang terdapat di dalam suatu ruang dan saling mempengaruhi keberadaannya bagi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia maupun jasad hidup lainnya.

5. Menurut Jonny Purba

Jonny purba mengemukakan bahwa pengertian Lingkungan adalah wilayah yang menjadi tempat berlangsungnya bermacam-macam kegiatan baik berupa interaksi sosial antar berbagai kelompok dan pranatanya serta aktivitas lainnya yang dipengaruhi simbol  serta nilai yang berlaku

6. Menurut Sri Hayati

Pengertian Lingkungan Menurut SRI HAYATI, adalah satu kesatuan antara ruang dengan semua benda dan juga keadaan mahluk hidupnya. Dimana di dalamnya juga termasuk manusia beserta perilakunya untuk melangsungkan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia maupun mahluk hidup lain di dalamnya.

7. Menurut PROF. DR. ST. MUNADJAT DANUSAPUTRO, SH

Beliau mengemukakan bahwa Pengertian Lingkungan sebagai  segala sesuatu benda dan kondisi, termasuk juga di dalamnya manusia dengan tingkah laku serta perbuatan. Keadaan tersebut saling mempengaruhi kehidupan dan juga kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya yang berada dalam ruang tempat manusia itu berada.

8. Menurut S.J MCNAUGHTON & LARRY L. WOLF

Kedua ahli ini berpendapat bahwa lingkungan adalah semua faktor eksternal yang bersifat biologis maupun fisika. Faktor tersebut akan langsung mempengaruhi kehidupan, perkembangan, pertumbuhan, dan juga aktivitas reproduksi organisme.

9. Menurut Soedjono

Soedjono menjelaskan lingkungan masuk dalam kategori “lingkungan Hidup”. Dimana dalam lingkungan hidup terdiri dari Lingkungan hidup jasmani dan juga lingkungan hidup fisik yang mencakup tentang segala unsur dan faktor fisik jasmaniah. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan adalah segala sesuatu yang mencakup kehidupan seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia yang terdapat didalamnya.

10. Menurut Supardi ( 2003 )

Supardi menyatakan bahwa lingkungan merupakan jumlah seluruh benda hidup dan juga benda mati serta semua kondisi yang ada di lingkungan tempat kita tinggal. di tempat kita tempatkan. Secara umum lingkungan dibagi menjadi dua yaitu lingkungan fisik dan lingkungan non fisik.

11. Berdasarkan Undang-undang No 23 pada tahun 1997

Menurut Undang-Undang no 23 tahun 1997 Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam ruang dengan seluruh benda, daya, keadaan, serta makhluk hidup. Dan juga termasuk manusia dengan segala perilakunya yang dapat mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan serta kesejahteraan manusia maupun makhluk hidup yang lainnya.

12. Menurut Sambas Wirakusumah

Menurut definisi Sambas Wirakusumah lingkungan atau dalam arti kata pemahaman lingkungan adalah semua aspek di sekitar kita. Aspek tersebut termasuk juga kondisi eksternal biologis yang mana organisme hidup dan ilmu lingkungan digunakan kajian aspek lingkungan dari keberadaan organisme.


Macam-Macam Lingkungan

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita dan juga kehidupan manusia yang tidak terlepas dari pengaruh lingkungan lain. Tidak hanya tentang lingkungan hidup yang diartikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari beberapa seperti lingkungan hayati, lingkungan non hayati, lingkungan buatan dan lingkungan sosial. Lingkungan juga demikian, dibagi menjadi beberapa macam yaitu lingkungan alami dan juga lingkungan buatan. Berikut ini macam-macam lingkungan :

1. Lingkungan Alami

Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan yang muncul dan terbentuk dari sebuah proses alam yang terdiri atas berbagai sumber alami dalam hal ini juga termasuk ekosistem beserta komponen-komponen di dalamnya. Komponen tersebut dapat berupa fisik maupun berupa biologi.

Lingkungan alami terbentuk secara dinamis tanpa adanya unsur kesengajaan dari manusia. Dalam keberadaannya lingkungan alami mempunyai tingkat keberagaman maupun heterogenitas makhluk hidup dan juga organisme yang begitu tinggi. Contoh lingkungan alami adalah lembah, hutan, bukit, gunung, lembah, padang rumput, laut, danau, sungai, pantai, rawa dan banyak lagi lainnya.

2. Lingkungan Buatan

Macam lingkungan yang kedua adalah lingkungan hidup buatan. Lingkungan ini terbentuk atas campur tangan manusia artinya terjadi secara sengaja. Lingkungan dibuat oleh manusia dengan sengaja yang menggunakan bantuan teknologi sederhana maupun teknologi  modern.

Tujuan tak lain adalah demi membentuk suatu lingkungan baru untuk dapat ditempati. Contoh lingkungan buatan yaitu pasar, perkampungan, sekolah, jalan dan lain sebagainya.


Faktor Terjadinya Pencemaran Lingkungan 

Pengertian Lingkungan

Pencemaran lingkungan dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung pencemaran lingkungan dapat menimbulkan efek toksik yang bisa mengganggu kesehatan manusia, tumbuhan, dan juga hewan serta mengganggu keseimbangan baik secara ekologis yaitu di tanah, air dan juga udara.

Pada pencemaran lingkungan yang tidak langsung terjadi pada beberapa bahan kimia yang bereaksi dengan udara, tanah dan air, sehingga dapat menimbulkan terjadinya polusi. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mendasari terjadinya pencemaran lingkungan yang berujung terjadinya kerusakan  pada lingkungan. Berikut ini dua faktor penyebab terjadinya

1. Faktor Alam

Faktor yang pertama adalah karena alam. Untuk faktor ini tidak dapat dirubah namun dapat kita hindari agar tidak berdampak buruk pada manusia. Bencana alam yang marak terjadinya serta keadaan cuaca yang tidak pasti menyebabkan kerusakan lingkungan seperti banjir, tsunami, tornado, gunung berapi, dan gempa bumi. Semua hal tersebut dapat kita hindari namun tidak dapat dicegah.

2. Faktor Buatan

Faktor yang kedua adalah faktor buatan. Manusia sebagai makhluk yang cerdas dan juga memiliki kemampuan tinggi dibandingkan dengan makhluk lainnya akan terus tumbuh mulai dari gaya hidup sederhana hingga gaya kehidupan yang lebih modern dan tinggi. Keadaan ini menyebabkan kebutuhan manusia meningkat sehingga terjadi eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan.

Itulah 12 pengertian lingkungan menurut para ahli, macam-macamnya beserta faktor penyebab terjadinya pencemaran lingkungan.

Pengertian Lingkungan

Pengertian Pantun

Kartika Aryani
4 min read

Pengertian Negara

Kartika Aryani
3 min read

Tinggalkan Balasan