Pengertian Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran HAM – Kasus pelanggaran HAM merupakan salah satu kasus yang sudah banyak terjadi pada lingkungan masyarakat secara umum.

Hal ini terlihat dari banyaknya kasus atau berita yang beredar mulai dari korupsi, pembunuhan sampai pencemaran nama baik. Maka sebaiknya simak pengertian pelanggaran HAM berikut:


Tentang Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran HAM

Menurut beberapa pandangan bahwa pelanggaran HAM diartikan secara luas, namun yang perlu ditekankan dalam hal ini bahwa pelanggaran HAM sangat merugikan orang lain.

Pasalnya banyak yang dilakukan orang yang tanpa disadari itu merupakan pelanggaran HAM. Salah satu contohnya dalam perkataan yang biasanya bercanda sampai kelewat batas, dan lain sebagainya.

1. Pasal 1 Angka 6 No. 39 Tahun 1999

Pengertian pelanggaran HAM menurut Pasal 1 Angka 6 No. 39 Tahun 1999 yakni “setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku”.

Berdasarkan pengertian tersebut sudah jelas bahwa pelanggaran HAM sangat di tekankan kepada semua kalangan tanpa terkecuali baik masyarakat biasa maupun dari aparat negara.

Bahkan, dijelaskan pula baik disengaja maupun tidak disengaja tetap saja merupakan pelanggaran HAM. Sehingga dalam hal ini anda harus berhati-hati karena bisa pula ketika anda tidak sadar itu sedang melanggar hak orang lain.

2. UU no 26 Tahun 2000

Menurut UU no 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM menyatakan bahwa Pelanggaran HAM yakni “setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan, atau dikhawatirksn tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku”.

Berdasarkan pengertian pelanggaran HAM tersebut bahwa undang-undang telah menjamin hak-hak manusia secara adil. Sehingga anda tidak perlu khawatir apabila ada diskriminasi atau tidak terpenuhinya hak anda.


Sifat Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran HAMBerdasarkan sifatnya, pelanggaran HAM di bagi menjadi 2 yakni :

1. Pelanggaran HAM Berat

Merupakan pelanggaran HAM yang bisa membahayakan atau mengancam nyawa orang lain. Pada penggolongan ini termasuk sebuah perbuatan besar dan di pastikan mendapatkan hukuman yang sepadan sesuai dengan tingkatan pelanggaran yang dilakukan.

Beberapa diantaranya yakni ada perbudakan, pembunuhan, penyanderaan, perampokan dan lain sebagainya. Kiranya anda harus mengerti tentang pengertian HAM terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman dalam jenis pelanggaran HAM berat ini.

2. Pelanggaran HAM Ringan

Merupakan sebuah kasus pelanggaran HAM yang ringan dimana tidak sampai mengancam keselamatan jiwa orang. Akan tetapi, ini tetap saja termasuk dalam kategori berbahaya apabila dalam jangka waktu yang lama. Sehingga sangat penting untuk segera diatasi supaya tidak ada pelanggaran yang lainnya. Beberapa contoh pelanggaran HAM ringan yakni pencemaran lingkungan secara sengaja, penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang disengaja.


Contoh Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran HAM

Berikut ini ada beberapa kasus dari kasus pelanggaran HAM yang sudah terjadi beberapa kali, diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Pada Masa Orde Baru

Ketika masa pemerintahan Presiden Soeharto yang selama 32 tahun ini sudah terjadi ada ribuan pelanggaran HAM. Beberapa diantaranya yakni ada banyak aktivis politik, jurnalis, pemimpin oposisi, serta banyak pula para tokoh yang dianggap dapat menghambat pemerintah sudah ada kasus pelanggaran HAM yakni ada penyiksaan, penculikan, dan pembantaian.

Beberapa kasus tersebut ada yang di lakukan secara sengaja namun ada pula yang tidak sengaja, akan tetapi sesuai dengan pengertian pelanggaran HAM yang sudah di singgung di atas bahwa di lakukan sengaja atau tidak di sengaja tetap saja termasuk kasus pelanggaran HAM yang akan mendapatkan hukuman sesuai dengan tingkat pelanggarannya masing-masing tanpa terkecuali.

2. Kasus G30S/PKI

Seperti yang sudah umum diketahui bahwa kasus pembantaian pada 30 September 1965 ini merupakan kasus yang kontroversial yang menimbulkan banyak tanda tanya. Akan tetapi ini merupakan sebuah kasus yang melanggar HAM yang banyak orang.

Salah satunya yakni ada banyak orang yang meninggal secara mengenaskan pada peristiwa tersebut. Sebenarnya kasus ini termasuk dalam peristiwa kudeta yang diikuti dengan pembantaian masal secara besar-besaran.

3. Konflik di kota Maluku

Beberapa tahun silam ada sebuah kasus kekerasan dan konflik yang terjadi di Maluku, terutama di Ambon yang kerap membuat media masa ramai membicarakan kasus ini.

Ketika itu, terdapat seorang penyusup yang ikut masuk ke daerah perbatasan di mana melakukan aksi nekatnya dengan cara pembakaran rumah serta pembunuhan. Hal ini sangat mengejutkan banyak pihak karena karena tidak adanya sambungan komunikasi pada sosial di masyarakat.

Dari sinilah sehingga muncul kecurigaan yang pada akhirnya bisa membuat perasaan saling curiga yang akhirnya diboncengi oleh pihak ketiga yang menginginkan pada konflik tersebut terus berlangsung lama.


Solusi Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran HAM

Dalam upaya untuk mengatasi kasus pelanggaran HAM, pemerIntah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi ini. Akan tetapi akan menjadi hal yang percuma ketika dari kita selaku masyarakat tidak mengupayakan pula karena yang menjadi peran utamanya yakni masyarakat itu sendiri.

Maka dari itu sangat penting untuk memulai dari diri sendiri. Beberapa hal yang bisa di lakukan sebagai sebuah upaya atau solusi untuk mengatasi kasus pelanggaran HAM yakni :

1. Mengadakan Reformasi Pada Tubuh Aparat Hukum Dan Peradilan Secara Tegas

Pastinya ini untuk mengurai atau menimbulkan efek jera sehingga tidak sampai terjadi kasus pelanggaran HAM lagi. Setidaknya meminimalisir sedikit demi sedikit dari pada membiarkannya terus berkelanjutan tanpa adanya ketegasan.

Hal ini apabila dikaitkan dengan pengertian pelanggaran HAM maka harus ada menyesuaikan antara jenis pelanggaran dengan hukuman yang di berikan.

2. Menindaklanjuti Kasus Pelanggaran HAM

Cara yang bisa anda lakukan untuk menindaklanjuti ini yakni dengan mengeluarkan UU yang berkaitan serta mempunyai kekuatan hukum sebagai tindakan secara nyata dalam praktik pelanggaran HAM.

3. Mengadakan Sosialisasi

Bentuk sosialisasi ini bisa ditunjukkan pada masyarakat maupun pada institusi-institusi peradilan tentang pengidentifikasian bentuk pelanggaran HAM. Salah satu contoh kepada masyarakat baik dari segi pendidikan yakni mengadakan seminar tantang HAM atau kepada ibu-ibu PKK di desa.

Selain itu, untuk karang taruna atau kaum bapak-bapak di desa bisa dengan program yang sama. Hal ini berkaitan dengan pengertian pelanggaran HAM, bentuk pelanggaran HAM, sampai pada hukuman bagi orang yang melanggar HAM.

4. Memperkuat Lembaga Hukum

Maksudnya yakni dari pemerintah membentuk lembaga hukum untuk menindaklanjuti kasus pelanggaran HAM yang terjadi. Walaupun saat ini sudah di bentuk lembaga tersebut, mungkin bisa di tingkatkan dari aspek kinerja atau lainnya supaya lebih mengena dalam pemberantasan pelanggaran HAM.

5. Adanya Kesadaran Diri

Kesadaran diri ini muncul dari siri anda sendiri sebagai warga negara yang baik sekiranya harus mengetahui hal-hal yang termasuk melanggar hak orang lain. Hal ini bisa didasari dengan adanya pemahaman pada pengertian pelanggaran HAM terlebih dahulu kemudian menyebar pada hal lainnya yang berkaitan dengan HAM.

Pembekalan ini sebagai modal awal supaya mengetahui tentang batasan hak diri sendiri maupun hak orang lain yang tidak boleh dilanggar.

Pengertian Pelanggaran HAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *