Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan – Tahukah Anda? Pengertian pendidikan dapat ditelusuri dengan pengetahuan dan sebaliknya pengertian pendidikan juga dapat ditelusuri melalui pengetahuan umum.

Karena bagaimanapun pendidikan memiliki kaitan yang kuat terhadap pengetahuan. Kemudian perlu diketahui bahwa pengetahuan merupakan jalur alternatif yang sangat dibutuhkan orang banyak. Bahkan menjadi motivasi terbesar dalam menjalani proses pendidikan.

Namun disini apa saja sih yang mendukung pengertian pendidikan itu terhadap pengetahuan?  Kemudian bagaimana kaitan pendidikan terhadap ilmu pengetahuan? Beberapa pengertian pendidikan secara merata, yang dapat memudahkan pemahaman dalam mengetahui tentang pendidikan.


Pengertian Pendidikan Secara Umum

Pengertian Pendidikan

Pengertian pendidikan yaitu suatu proses pembelajaran pengetahuan, kemampuan serta keterampilan yang dilihat dari kebiasaan setiap orang, yang menjadi bahan warisan dari orang sebelumnya hingga sekarang.

Disini dijelaskan bahwa pengertian pendidikan sangat dibutuhkan dalam penunjang pengetahuan serta penelitian ataupun pelatihan.

Ada yang mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar dengan cara yang sistematis dan dinamis. Hal ini sebagai tujuan mewujudkan pembelajaran serta meningkatkan potensi dari setiap peserta didik.


Pengertian Pendidikan Secara Etimologi

Pengertian Pendidikan

Arti pendidikan berasal dari bahasa inggris yaitu Education, dimana dari bahasa latinnya yaitu Eductum. Dengan artian kata “E”  yaitu sebuah proses perkembangan dari dalam keluar kemudian kata “Duco” dengan artian yang sedang berkembang.

Jadi Pendidikan adalah proses kemampuan serta keahlian diri yang terus berkembang terus menerus secara individual. Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan akan terus selalu ada dan tidak akan pernah hilang, seperti yang dijelaskan dalam arti pendidikan.


Pengertian Pendidikan Secara Terminologi

Pengertian Pendidikan

Menurut kamus besar bahasa indonesia pengertian pendidikan adalah sebuah proses ataupun tahapan dalam pengubahan sikap serta etika maupun tata laku seseorang atau kelompok dalam orang dalam meningkatkan pola pikir manusia melalui pengajaran dan pelatihan serta perbuatan yang mendidik.

Hal ini berkaitan dengan tujuan bahwa arti pendidikan bukan hanya sebagai proses ataupun sistem transfer knowledge saja akan tetapi sebagai proses pengubahan etika, norma ataupun akhlak dari setiap peserta didik.


Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan

Beberapa para ahli yang memiliki definisi tersendiri dari pengertian pendidikan. Dengan landasan serta pemikiran yang berkaitan dengan sisi pendidikan tertentu. Nah inilah beberapa pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli, yang bisa dijadikan referensi pendukung dalam menunjang pengetahuan:

Ki Hajar Dewantara

Definisi pendidikan menurut ki hajar dewantara adalah proses penunjang kekuatan kodrat sebagai manusia yang memiliki akal, dalam menguasai pengetahuan pada peserta didik. Dengan tujuan manusia dapat meninggikan derajatnya melalui pendidikan yang setinggi-tingginya.

Martinus J Marimba

Mengemukakan pengertian pendidikan sebagai sarana membantu atau menolong setiap orang agar dapat melaksanakan hidupnya dengan baik. Selain itu juga dapat menentukan tujuan hidup sesuai yang dibutuhkan dan menjadi pribadi yang mandiri. Salah satu upaya mendidik serta mambantu meningkatkan taraf berpikir menuju kedewasaan.

Thompson

Pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh G. Thompson yaitu sebagai pengaruh kuat terjadinya perubahan pada setiap jati diri manusia. Kemudian yang menghasilkan pemikiran-pemikiran serta penelaran setiap manus yang berbeda. Dengan hal itulah pendidikan dapat berjalan dan ilmu pengetahuan dapat berkembang dan meluas.

Jhon Dewey

Pengertian pendidikan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan menurut Jhon Dewey yaitu suatu proses yang membersamai pengembangan, peningkatan serta pertumbuhan yang terus menerus. Tanpa harus adanya tujuan akhir belakang. Dimaknai dari hal ini yaitu memang pada hakikatnya dunia pendidikan tidak akan pernah habis dari dunia.

Itulah beberapa pengertian pendidikan yang pastinya berpengaruh dengan peningkatan pengetahuan secara kolektif yang dikemukakan oleh para pakar pendidikan.


Pengertian Pendidikan Menurut Undang-Undang Dasar

Pengertian Pendidikan

Pada Undang-Undang Dasar yang tertera pada No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional mengemukakan bahwa, pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya siswa dapat aktif mengembangkan pola pikir dirinya untuk memiliki kekuatan nilai religius, mengontrol diri, jati diri, etika, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Maksudnya adalah suatu kesadaran manusia dalam berusaha untuk mewujudkan sistematis pembelajaran yang aktif dan efisien. Kemudian sebagai wadah untuk mengembangkan bakat,menggali potensi diri, mengetahui jati diri serta membekali diri dalam hidup bermasyarakat.


Pengertian Pendidikan Berdasarkan Tujuannya Terhadap Pengetahuan

Pengertian Pendidikan

Secara luas pengertian pendidikan dilihat dari tujuannya yaitu sebagai sarana untuk mencerdaskan serta mengembangkan potensi dan taraf pola pikir peserta didik.

Hal ini dengan meningkatnya pola pikir dari setiap peserta didik dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan lebih aktif dalam menghadapi dunia bermasyarakat. Tujuan pendidikan dari beberapa sumber hukum, yaitu:

Menurut Undang-Undang No 2. (1985 ) adalah untuk meningkatkan pola pikir dalam hidup berbangsa  dan membentuk masyarakat yang seutuhnya, yaitu meningkatkan ketakwaan, memiliki ilmu pengetahuan, memiliki jati diri yang tauladan, jati diri yang aktif, dan bertanggungjawab terhadap bangsa.

Menurut Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, menerakan tujuan pendidikan yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beretika serta norma, memiliki ilmu pengetahuan, sfektif dan efisien, dalam menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Menurut MPRS No. 2 Tahun 1960, tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang berjiwa Pancasila sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.

Jadi, tujuan pendidikan pada dasarnya sebagai wadah ataupun sarana yang mengembangkan kepribadian serta potensi diri dalam meningkatkan pengetahuan melalui pendidikan.


Pengertian Pendidikan Berdasarkan Fungsinya

Pengertian Pendidikan

Fungsi pendidikan sangat berkaitan dengan pengertiannya, karena apabila bertentangan akan menjadi salah artian dalam menuntut ilmu. Secara umum fungsi dari pendidikan yaitu yang membentuk diri baik dari kemampuan, keahlian, etika dan akhlak yang menjadi lebih baik.

Kemudian menjadi sarana untuk membekali diri untuk menghadapi dunia bermasyarakat. Hal itu karena yang dibutuhkan oleh dunia masyarakat bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan yang luas akan tetapi adanya etika dan adab. Beberapa pengertian pendidikan berdasarkan fungsinya yang dikemukakan oleh para ahli ataupun pakar pendidikan.

  • Horton dan Hunt. Menurut Horton dan Hunt, fungsi pendidikan adalah mempersiapkan manusia agar dapat mandiri dan mencari nafkah untuk dirinya sendiri, Mengembangkan pola pikir serta potensi diri dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik sesuai yang dibutuhkan masyarakat, Membantu menghidupkan serta melestarikan kebudayaan dalam bermasyarakat, serta menanamkan keterampilan dan keahlian partisipasi dalam demokrasi.
  • David Popenoe. Menurut David Popenoe tentang fungsi pendidikan adalah  sebagai bentuk trensfer cultur ataupun pemindahan kebudayaan dari generasi sebelumnya hingga sekarang, lebih aktif dan ikut serta dalam memilah manusia sebagai pemeran sosial, kemudian aktif dalam berkontribusi terhadap pembangunan taraf berpikir, serta menimbulkan nilai sosial yang tinggi dalam menguasai ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa pengertian pendidikan yang dapat ditinjau dalam taraf peningkatan pengetahuan. Bagaimanapun tingkat dan jenis pendidikan sangat berpengaruh dengan tahap pengetahuan dari peserta didik. Kodrat manusia dalam menuntut ilmu sudah menjadi kebutuhan melalui jalur pendidikan.

Pengertian Pendidikan

Tinggalkan Balasan