Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli – Kita semua tahu bahwa sejarah memang sangat penting bagi suatu bangsa. Seperti kata sang proklamator, Bung karno  “Jangan pernah melupakan sejarah, ini akan membuat dan mengubah siapa kita”. Suatu bangsa terbentu karena sekelompok orang yang memiliki sejarah yang sama.

Terutama sejarah mengenai para pejuang kita. Karena, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”. Namun, sebelum kita lebih jauh belajar mengenai sejarah, ada baiknya kita memahami pengertian sejarah terlebih dahulu.

Secara umum, sejarah merupakan serangkain kejadian pada masa lampau yang disusun berdarsakan peninggalan berbagai peristiwa. Dalam dunia pendidikan, kita mengenal disiplin ilmu sejarah yang merupakan ilmu yang mempelajari  segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi di masa lampau sepanjang kehidupan umat manusia.

Sejarah berasal dari bahasa Arab yang berarti Sajaratun yang berarti pohon yang bercabang-cabang, karena sejarah merupakan kembangan dari satu titik kejadian saling berkaitan sehingga alur yang saling berkaitan, hal inilah yang kemudian digambarkan seperti pohon yang bercabang.

Dalam bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti ilmu pengetahuan yang bersumber dari penelitian yang mendalam. Dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata History yang berarti kejadian masa lampau, kejadian masa lampau manusia.

Menurut bahasa, pengertian sejarah dibagi menjadi dua yaitu pengertian dalam arti sempit dan pengertian sejarah dalam arti luas. Dalam arti sempit, sejarah artinya kejadian atau peristiwa.

Sedangkan dalam arti yang luas, sejarah adalah suatu peristiwa manusia akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. Selain pengertian diatas, para ahli juga memiliki definisinya masing-masing mengenai sejarah. Berikut beberapa penghertian sejarah menurut para ahli dari dalam dan luar negeri.


A. Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Dan Tokoh Indonesia

Pengertian Sejarah

Ada beberapa ahli dan tokoh Indonesia yang mengungkapkan gagasannya mengenai pengertian sejarah. Siapa sajakah para ahli dan tokoh Indonesia tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Muhammad Yamin

Muhamad Yamin mendefinisikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

2. Mohammad Hatta

Dalam pandangan Muhamad Hatta  sejarah bukan melahirkan cerita dari kejadian masa lalu, melainkan memberikan pengertian masa lalu sebagai masalah-masalah.

3. Nugroho Notosusanto

Nugroho Notosusanto bependapat bahwa, Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusiasebagai mahluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah diartikan pula sebagai kisah mengenai segala peristiwa itu, kisah itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

4. Roeslan Abdulgani

Tokoh yang dinilai sebagai orang yang paling berpengaruh atas terselengaranya KAA Asia-Africa Di Bandung ini mendefinisikan sejarah sebagai disiplin ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lalu beserta kejadian-kejadiannya; dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan.

Roeslan Abdulgani mengibaratkan sejarah seperti penglihatan tiga dimensi; pertama penglihatan ke masa silam, kedua ke masa sekarang, dan ketiga ke masa yang akan datang.

Artinya,perihal penyelidikan masa silam tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan masa sekarang yang sedang dihadapi, dan sedikit banyak tidak dapat kita melepaskan diri dari perspektif masa depan.

5. Drs. Sidi Gazalba

Ahli filsafat ini berpendapat bahwa sejarah adalah masa lampau manusia serta seputarnya yang disusun dengan ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan penjelasan yang memberi pemahaman tentang apa yang berlaku.

6. W.J.S Poerwadaminta

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, W.J.S Poerwadaminta mendefinisikan sejarah sebagai adalah  Asal-usul (keturunan) silsilah, Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo; cerita serta Pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

7. Moh. Ali

Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini berpendapat bahawa “sejarah merupakan keseluruhan perubahan, dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Ilmu sejarah merupakan disiplin  ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau”.


B. Pengertian Sejarah menurut Para Ahli Dan Tokoh Dunia

Pengertian Sejarah

Pengertian sejarah juga diungkapkan beberapa ahli dan tokoh dunia. Mereka tentunya memiliki pandangan masing-masing. Penasaran siapa saja ahli dan tokoh dunia tersebut? Berikut ini ulasannya :

1. Aristoteles

Filsuf asal Yunani ini berpendapat bahwa sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. Aristoteles juga berpendapat bahwa sejarah mencakup peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

2. Beverley Southgate

Beverley mengartikan Sejarah sebagai  sebuah studi masa lampau, secara ideal studi tersebut merupakan suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya. Sejarah merupakan  suatu studi  yang menampilkan suatu kenyataan; tidak hanya dapat dinikmati adanya, tetapi juga secara moral berguna di dalam pengajaran.

Oleh karena itu Sejarah divalidasi berdasarkan ketepatan metode ilmu pengetahuan; dengan penguatan objektivitasnya yang bersumber dari fakta dan menghasilkan suatu laporan kebenaran.

Berdasarkan  pengertian tersebut kita mengetahui  bahwa ilmu sejarah memiliki metode penelitian yang objektif yang berarti menghasilkan suatu kesimpulan berdasakan fakta yang memang benar-benar ada.

3. Ibnu Khaldun

Sejarawan asal Tunisia dan sering dikenal sebagai pendiri ilmu Historiografi, Sosiologi dan Ekonomi ini mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

4. Henri Pirenne

Sejarawan asal Belgia yang menulis sejarah multivolume tentang Belgia dan Prancis ini berpendapat bahwa sejarah merupakan sebuah kisah mengenai berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.

5. Jan Marius Romein

Sejarawan dan Jurnalis asal Belanda yang juga merupakan penulis buku Dalam Pesona Prambanan Indonesia di Tengah Gejolak Dunia (versi Indonesia)  ini mengemukakan Kata “sejarah” memiliki arti yang sama dengan kata history dalam bahasa Inggris dan geschichte dalam bahasa Jerman yaitu cerita tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

6. Ernst Bernheim

Menurut sudut pandanga Sejarawan asal German ini, sejarah adalah  sebuah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab akibat,baik  lahir maupun batin.

7. Charles Harding Firth

Sejarawan asal Ingris ini berpendapat bahwa Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangnnya.

Demikian pengertian sejarah menurut beberapa sumber, baik secara etimologi maupun dari beberpa pendapat para ahli dan tokoh yang dianggap berpengaruh dalam disiplin imu sejarah. Sebagai bangsa yang besar, bangsa yang kaya akan sejarah sudah sepatutnya kita memberi perhatian khusus terhadap sejarah, terutama sejarah Indonesia.

Setelah mengetahui apa itu sejarah dengan memahami pengertiannya, selanjutnya kita bisa lebih dalam mempelajari sejarah baik itu sejarah Indonesia maupun sejarah dunia. Banyak hal yang bisa kita dapat dari sejarah.

Melalui sejarah kita dapat belajar banyak hal, memetik hikmah dari setiap peristiwa masa lampu untuk mempersiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Terlepas dari apapun latar belakang pendidikan anda, penting bagi bagi anda untuk mengetahui sejarah dan mengambil pelajaran normatif yang terkandung didalamnya. Rentetan peristiwa yang terjadi dapat kita jadikan sebagai motivasi seseorang untuk berbuat lebih baik dair pendahulunya.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan