Pengertian Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya – Kehidupan seorang manusia memang tidak bisa lepas dari yang namanya seni dan budaya. Sejak zaman dahulu, seni dan budaya ini sudah ada sehingga seni dan budaya ini bersatu di masyarakat.

Pengertian seni budaya ini bisa diartikan dari berbagai sisi, yaitu dari sisi pendapat ahli dan secara umum. Sehingga nantinya kita bisa mengetahui apa itu pengertian seni budaya.


Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, seni berarti bentuk yang penampilan serta pengungkapannya tidak menyimpang dari kenyataan. Seni juga bisa diartikan sebagai sarana untuk meniru alam.

Istilah seni juga bisa diartikan sebagai keindahan yang dapat menggerakkan perasaan seseorang untuk melihatnya. Berikut ini pengertian seni, budaya dan seni budaya menurut para ahli:

1. Hillary Bel

Berdasarkan pendapat dari Hillary Bel, seni adalah istilah yang digunakan pada semua karya yang bisa menggerakkan hati orang yang melihatnya. Seni juga menjadi cara untuk mencari tahu siapa pencipta dari seni tersebut.

2. Sudarmiji

Sudarmiji mengartikan seni sebagai manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan media tertentu. Media tersebut berupa garis, tekstur, bidang, warna, volume, dan gelap terang.

3. Andreas Eppink

Andreas Eppink juga berpendapat bahwa budaya adalah pernyataan artistik dan intelektual untuk menjadi ciri khas masyarakat.

4. C. Kliucckhohn

Budaya menurut C. Kliucckhohn berarti sistem peralatan dan teknologi, pengetahuan, mata pencaharian, kesenian, organisasi kemasyarakatan, bahasa, upacara keagamaan, dan religi.

5. Edward Burnett Tylor

Menurut Edward Burnett Tylor, budaya berarti keseluruhan dari sebuah kompleks yang dalamnya mengandung berbagai aspek mengenai masyarakat.

6. Harry Sulastianto

Harry Sulastianto yang mengartikan seni budaya sebagai suatu keahlian untuk mengeluarkan ide-ide serta pemikiran indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju.

7. Menurut Ida Bagus Putu Perwita

Menurut Ida Bagus Putu Perwita, seni budaya adalah adalah penunjang sarana sebuah upacara adat.

8. M. Thoyibi

M. Thoyibi juga berpendapat bahwa seni adalah perwujudan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan, dan juga sudah bisa dirasakan oleh orang banyak dalam kurun waktu perjalanan sejarah peradaban manusia.


Pengertian Secara Umum

Sedangkan untuk istilah secara umum, seni diartikan sebagai segala sesuatu yang dibuat oleh manusia yang memiliki unsur keindahan. Seni juga mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sani yang dalam bahasa Sansakerta berarti persembahan, pemujaan dan pelayanan yang berhubungan dengan upacara keagamaAn.

Sedangkan pengertian budaya adalah cara hidup yang berkembang bersama pada sekelompok orang dengan cara turun-temurun dari generasi ke generasi. Budaya ini terbentuk dari berbagai unsur yang sulit dengan meliputi berbagai aspek yang sekiranya dekat dengan masyarakat.

Dalam bahasa Sanskerta, budaya atau buddhayah berarti hal-hal yang berkaitan dengan akal budi manusia. Buddhayah merupakan bentuk jamak dari buddhi yang artinya akal atau budi.

Sehingga jika disatukan, pengertian seni budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia mengenai cara hidup yang berkembang pada suatu kelompok. Yang mana memiliki unsur keindahan secara turun temurun dari generasi ke generasi.


Fungsi Seni Budaya

Setelah mengetahui beberapa pengertian seni budaya, mengetahui fungsi seni budaya juga hal yang penting. Agar nantinya orang-orang bisa mengapresiasi seni budaya dengan cara yang benar. Fungsi seni budaya bisa dibagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetis.

Fungsi praktis berarti fungsi karya seni yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam segi fungsional. Seperti misalnya adalah kursi dan meja yang dibuat oleh masyarakat Jepara. Selain enak untuk dipandang, karya seni budaya ini juga dapat berguna bagi kehidupan masyarakat.

Selain itu terdapat juga fungsi estetis. Fungsi estetis ini adalah fungsi karya seni yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam segi hiasan. Misalnya lukisan, patung, arca, dan lain-lain. Terkadang juga karya seni budaya ini juga digunakan untuk ritual keagamaan.


Contoh Seni Budaya

Keberadaan seni budaya ini dari generasi ke generasi memang tidak ada habisnya. Seni budaya sendiri juga memiliki banyak contoh yang tentunya sering dijumpai masyarakat. Berikut adalah contoh dari seni budaya:

1. Seni Tari

Salah satu seni budaya yang masih berkembang di masyarakat sampai saat ini adalah seni tari. Tentunya beberapa dari masyarakat sering menyaksikan pementasan seni tari, dan bahkan tidak jarang juga ada yang memperagakan seni tari ini.

Seni tari ini dilakukan untuk mengekspresikan gerak yang memiliki tujuan untuk berbagai kebutuhan, seperti dakwah, ritual masyarakat, menyambut tamu, dan lain-lain. Dari zaman dulu sampai sekarang, seni tari ini memiliki banyak variasi mulai dari tari tradisional hingga tari modern.

2. Seni Rupa

Pengertian seni rupa merupakan contoh seni yang dibuat dengan media yang bisa ditangkap mata dan bisa dirasakan dengan rabaan. Penciptaan karya seni rupa ini mengolah pada konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, dan lain-lain dengan acuan estetika.

Bentuk seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni ini bisa dicontohkan menjadi lukisan, patung, fotografi, film, dan lain-lain. Sedangkan seni rupa terapan bisa dicontohkan seperti pada bagian fungsi seni budaya di atas.

3. Seni Musik

Seni musik menjadi salah satu contoh seni budaya yang tidak bisa lepas dari masyarakat. Arti dari seni musik adalah sebuah cabang seni yang berfokus pada penggunaan melodi, irama, tempo, harmoni, dan instrumen lainnya. Seni musik berperan sebagai sarana dalam menuangkan perasaan penciptanya dan dapat bertambah dan berganti seiring berjalannya waktu.

Macam-macam seni musik dapat dibagi menjadi musik klasik, musik tradisional, dan musik populer. Masyarakat saat ini sering mendengar musik populer karena musik populer ini mudah untuk didengarkan dan bisa didengarkan oleh siapa saja.

4. Seni Teater

Berdasarkan pengertiannya, seni teater adalah seni pertunjukan yang ditampilkan di atas panggung. Secara lengkapnya, seni teater adalah seni yang menampilkan gerak manusia yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting para pemainnya.

Seni teater ini juga sering dijumpai di masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang melakukan pertunjukan teater di seluruh Indonesia. Akan tetapi, kesenian ini kurang diminati masyarakat secara luas. Sehingga hanya beberapa orang tertentu saja yang menyaksikan seni teater.

5. Seni Kriya

Seni kriya bisa diartikan sebagai sebuah seni yang dibuat dengan menggunakan tangan serta memperhatikan berbagai aspek seni dan fungsional. Berkembangnya zaman, seni kriya sendiri identik dengan seni kerajinan. Seni kerajinan ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Contoh seni kriya sendiri adalah seni kriya kayu, tekstil, logam, keramik, batu, kulit, dan lain-lain. Batik juga menjadi salah satu contoh seni kriya asli Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Penutup

Pengertian seni budaya adalah sebuah aspek yang memuat unsur keindahan dan sudah ada sejak turun temurun. Karya seni budaya ini berkembang bersama dengan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak bisa lepas dari yang namanya karya seni budaya. Selain itu, karya seni budaya wajib untuk dijaga dan dilestarikan, terutama seni budaya asli Indonesia.

Pengertian Seni Budaya

Tinggalkan Balasan