Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengarkan musik bahkan tak sedikit orang selalu mendengarkan musik setiap harinya. Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat seperti untuk menambah semangat dan juga untuk hiburan.

Selain itu di Indonesia sendiri juga banyak orang yang menggemari seni musik. Walaupun banyak yang menggemari musik atau seni musik, masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengerti tentang pengertian seni musik. Agar dapat mengetahui tentang seni musik, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai seni musik

Baca Juga: Pengertian Sosiologi


Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Musik

Secara umum pengertian seni musik adalah sebuah cabang seni yang didalamnya terdapat melodi, tempo, irama, harmoni dan vocal yang berperan penting sebagai sarana untuk menggambarkan perasaan pencipta.

Akan tetapi para ahli yang juga dapat disebut sebagai seorang seniman musik mempunyai pengertian tersendiri mengenai seni musik. Berikut adalah pengertian dari seni musik menurut para ahli

1. David Ewen

Menurut David Ewen seni musik adalah sebuah ilmu pengetahuan tentang pengkombinasian antara ritmik dan beberapa nada. Bentuk instrumen dan vokal dapat mencakup sebuah melodi dan harmoni . Hal tersebut merupakan bentuk ekspresi dari segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan dari segi emosional.

2. Jamalus

Pengertian seni musik menurut Jamalus adalah sesuatu hal yang dapat menghasilkan sebuah karya seni berupa bunyi. Dari bunyi tersebut dapat dibentuk menjadi sebuah lagu atau sebuah komposisi yang menunjukan pikiran serta perasaan si pencipta.

Hasil karya tersebut terjadi melalui unsur-unsur seni seperti irama, melodi, harmoni, susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

3. Sylado

Menurut Sylado seni musik adalah sesuatu wujud yang terbentuk dari sekumpulan ilusi dan lantunan suara. Untuk lebih jelasnya Sylado menjelaskan bahwa sebuah alunan musik beserta nada yang mempunyai jiwa dapat menggerakkan bahkan menggetarkan hati si pendengar dan si pencipta.

4. Lexicographer

Seni musik menurut Lexicographer adalah sebuah ilmu dan seni yang dipadupadankan dengan unsur ritmis dan nada. Selain itu seni tersebut juga dipadukan dengan vokal atau sebuah instrumen yang melibatkan harmoni dan melodi. Seni musik bertujuan untuk mengungkapkan segala hal, lebih khususnya sesuatu yang mempunyai sifat emosional.

5. Suhartjarja

Menurut pandangan dari Suhartjarja, pengertian seni musik adalah sebuah ungkapan rasa yang indah dari manusia dalam sebuah konsep pemikiran yang kompleks.

Pemikiran tersebut merupakan bentuk dari nada maupun suara yang mengandung harmoni dan ritme. Selain itu pemikiran tersebut mempunyai bentuk ruang dan waktu yang dikenal oleh diri manusia dalam lingkungan hidupnya sehingga dapat dinikmati.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa


Unsur-Unsur Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Seni musik dapat terdengar indah karena didalamnya terdapat unsur-unsur musik yang digabungkan. Selain itu, dengan adanya unsur musik tersebut membuat seni musik dapat dinikmati oleh para pendengar dan penciptanya.

Gabungan dari unsur-unsur musik yang ditata dengan sedemikian rupa dapat menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Unsur-unsur yang tergabung dalam seni musik antara lain

1. Melodi

Pengertian melodi adalah gabungan dari sejumlah nada atau bunyi, yang dipilih berdasarkan perbedaan tinggi rendah dan naik turunnya. Melodi tersebut terdiri dari tone, durasi dan pitch. Pengertian dari tone adalah not dapat dihasilkan dari berbagai macam alat musik dengan warna suara yang berbeda-beda.

Durasi adalah serangkaian not-not yang digabungkan menjadi melodi dalam waktu tertentu. Sedangkan untuk pitch adalah sesuatu yang mengatur not-not dan diberi lambang alfabet yaitu A-G. Perlu diketahui bahwa pitch juga sering disebut sebagai timbre atau warna suara.

2. Ritme (Irama)

Pengertian dari ritme atau irama adalah sebuah gerakan yang teratur karena adanya aksen secara tetap. Ritme atau irama akan menjadi lebih indah karena adanya gabungan perbedaan nilai pada satuan bunyi. Bisa dikatakan bahwa ritme merupakan ketukan dasar yang mengalir secara teratur mengikuti gerak dari melodi yang bervariasi.

Untuk dapat merasakan ritme pada sebuah lagu, dengarkanlah sebuah lagu secara berulang-ulang.  Pola irama musik adalah penggerak sebuah perasaan yang sangat berhubungan dengan gerakan fisik. Ritme ini sendiri dapat melekat erat di benak seseorang jika sering dilatih secara teratur.

3. Birama

Pengertian Birama adalah unsur seni musik berupa ketukan atau ayunan yang dilakukan secara berulang-ulang yang dilakukan secara teratur dalam waktu yang sama. Birama sendiri biasanya ditulis dalam bentuk angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya.

Angka pembilang yang terletak di atas garis miring (/) menunjukan jumlah ketukan, sedangkan angka penyebut yang terletak dibawah garis miring (/) menunjukan nilai sebuah nada dalam satu ketukan.

Untuk birama yang mempunyai angka penyebut genap dinamakan birama bainar, sedangkan untuk birama yang mempunyai angka penyebut ganjil dinamakan birama ternair.

Dalam seni musik terdapat 2 jenis birama yaitu birama perduaan dan birama pertigaan. Untuk birama perduaan bersahaja yaitu birama 2/4 dan 2/8, sedangkan untuk birama perduaan bertingkat yaitu birama 4/4, 8/4, 4/8 dan 8/8.

Untuk jenis birama pertigaan bersahaja yaitu birama 3/4 dan 3/8 sedangkan untuk birama pertigaan bertingkat yaitu birama 6/4, 6/8, 9/4 dan 9/8.

4. Harmoni

Pengertian harmoni adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan keselarasan bunyi. Harmoni meliputi peranan, susunan dan hubungan dari perpaduan bunyi dalam bentuk secara keseluruhan. Selain itu harmoni juga mempunyai elemen-elemen yaitu interval dan akor.

Interval merupakan susunan antara nada-nada yang ketika dibunyikan secara serentak akan terdengar sangat harmonis. Sedangkan akor akan mengiringi melodi sebuah lagu sebagai satu kegiatan dan nantinya lagu tersebut akan enak untuk didengar.

5. Tempo

Pengertian dari tempo adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan cepat lambatnya musik atau lagu. Tempo juga dapat diartikan sebagai ukuran kecepatan birama pada sebuah lagu. Jika permainan suatu lagu tersebut semakin cepat, maka nilai tempo pada lagu tersebut juga semakin besar.

Tempo sendiri terbagi menjadi 4 jenis yaitu tempo lambat (largo, adagio, lento, grave), tempo sedang (andante, andantino, allegro moderato, moderato), tempo perubahan (rit, rittad, accel, string), tempo cepat (allegro, presto, vivace, allegreto)

6. Tangga Nada

Unsur seni musik yang satu ini memiliki pengertian yaitu urutan atau sederetan nada-nada yang tersusun secara berjenjang dan diantara nada satu dengan nada yang lain tedapat sebuah jarak tertentu.

Jarak pada nada-nada tersebut sangat bervariasi yakni ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2 dan 2. Nantinya jarak-jarak inilah yang akan menentukan variasi nada dan tangga nada.

7. Timbre

Pengertian dari timbre adalah kwalitas bunyi atau warna bunyi yang nantinya akan memberi sebuah kesan. Timbre pada sebuah alat musik dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetarnya bunyi tersebut.

Perlu diketahui bahwa timbre yang dihasilkan oleh alat musik tiup akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan oleh alat musik petik. Meskipun kedua alat musik tersebut memainkan nada yang sama.

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai pengertian seni musik secara umum, pengertian seni musik menurut para ahli dan unsur-unsur seni musik.

Seni musik memiliki banyak manfaat untuk masyarakat yakni untuk hiburan, untuk menambah semangat saat beraktivitas, sebagai sarana pengexpresian diri, sebagai iringan sebuah tarian dan sebagai sara pendidikan.

Pengertian Seni Musik

Tinggalkan Balasan