Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa – Kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari seni, terutama seni rupa. Bahkan sejak zaman dahulu seni rupa sudah ada di dunia. Lalu apa sebenarnya seni rupa itu? Pengertian seni rupa sebenarnya sangat luas sekali. Bahkan ada banyak para ahli yang mengungkapkan pendapatnya mengenai apa itu seni rupa.

Secara umum seni rupa adalah sebuah cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh mata dan disentuh dengan tangan. Untuk lebih jelasnya tentang seni rupa, di bawah ini akan disajikan informasi penting mengenai pengertian dari seni rupa secara bahasa dan menurut para ahli. Informasi ini akan mempermudah pemahaman siapapun akan seni rupa.

Seiring perkembangan teknologi yang sangat cepat, saat ini banyak orang yang berbakat dalam bidang seni, terutama seni rupa. Untuk anda yang masih awam dengan dunia seni, mungkin anda belum paham apa itu seni rupa, pengertian seni rupa secara umum adalah sebuah karya seni yang bisa dilihat oleh mata dan bisa diraba dengan indera peraba.

Banyak orang yang memiliki pendapat sendiri-sendiri tentang pengertian seni rupa. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni rupa itu sendiri adalah sebuah cabang seni yang menciptakan karya seni dengan media yang bisa dilihat dengan mata dan dapat dirasakan dengan indera peraba. Selain itu seni rupa juga dapat disebut sebagai karya seni yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.


Pengertian Seni Rupa Menurut Bahasa

Seni rupa menurut bahasa bisa diartikan dari kata-kata  penyusunnya. Seni rupa sendiri dibangun dari dua kata yaitu kata seni dan kata rupa. Kedua kata ini memiliki arti yang berbeda-beda. Kata seni memiliki arti sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya, gerakan dan beberapa metode lainnya. Sedangkan kata rupa memiliki arti wujud atau sesuatu yang bisa dirasa, dilihat, diraba dan juga dinikmati.

Jika ditinjau dari bahasanya maka bisa disimpulkan jika seni rupa adalah sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya yang bisa dirasa, dilihat, diraba dan juga dinikmati. Dalam konteks ini, apapun itu selama memiliki keindahan dan bisa dirasa, dilihat, diraba dan dinikmati maka termasuk ke dalam seni rupa.

Secara bahasa seni rupa memiliki arti yang cukup jelas dan mudah untuk dipahami. Penyusun kata-katanya sudah menggambarkan apa itu seni rupa yang sesungguhnya. Namun demikian, ada banyak sekali ahli seni rupa di dunia ini yang memberikan pendapatnya mengenai apa sebenarnya seni rupa itu. Semua pendapat dari para ahli ini juga bisa dijadikan rujukan agar lebih paham tentang apa itu seni rupa.


Pengertian Seni Rupa Dari Berbagai Ahli

Ada banyak ahli seni rupa yang ada di dunia ini. Mereka bahkan mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu sebuah seni rupa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian seni rupa dari beberapa  ahli di dunia:

1. Haukin

Haukin adalah salah satu ahli seni rupa yang terkenal di dunia. Menurut Haukin, seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan kedalam sebuah benda. Haukin berpendapat jika sebuah seni rupa adalah seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

2. Kumala Devi Chattopadhayaya

Kumala Devi Chattopadhayaya merupakan ahli seni rupa yang berasal dari India. Wanita ini berjuang untuk meningkatkan nilai seni rupa yang ada di negaranya. Menurut wanita ini, seni rupa adalah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dalam kata lain, seni rupa adalah suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

3. La Mery

Berasal dari negara Prancis, La Mery adalah seorang ahli seni rupa yang sangat terkenal. Dalam urusan seni rupa, La Mery juga memiliki pendapatnya sendiri tentang apa itu seni rupa. Menurutnya seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. La Mery menegaskan jika seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

4. Coorig Hartong

Jika La Mery dari Prancis, ahli seni rupa Cooring Hartong ini berasal dari Belanda. Coring hartong juga memberikan pendapatnya mengenai apa itu seni rupa. Menurut dirinya, seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi, sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Cooring Hartong menaggap jika seni rupa adalah suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

5. Sussane K Langer

Tokoh seni yang satu ini sebenarnya adalah seorang filsuf yang berasal dari Amerika. Menurut Sussane K Langer pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Sussane memberikan gambaran jika seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Itulah pengertian seni rupa dari berbagai ahli yang ada di dunia ini. Pengertian-pengertian ini akan sulit dipahami jika tidak mengetahui lebih dalam lagi mengenai ragam seni rupa. Seni rupa sendiri dibagi-bagi lagi menurut fungsinya dan wujudnya. Untuk lebih paham akan seni rupa, sebaiknya pahami juga pengertian dari seni rupa berdasarkan ragamnya.


Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Fungsinya

Jika ditinjau dari fungsinya maka seni rupa bisa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni dan seni rupa terapan memiliki pengertian yang berbeda. Berikut ini pengertian dari seni rupa murni dan juga seni rupa terapan:

1. Pengertian Dari Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah jenis seni rupa yang hanya mengutamakan keindahan bukan mengutamakan fungsinya. Dalam hal ini karya seni hanya berfungsi sebagai benda yang untuk dinikmati keindahannya. Selain hanya keindahan, hal lain hanya menjadi faktor pelengkap saja. Contoh dari seni rupa murni adalah lukisan. Lukisan hanya untuk pajangan saja dan dinikmati keindahannya. Lukisan tidak memiliki nilai guna dalam kehidupan sehari-hari selain keindahan.

2. Pengertian Dari Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan berbeda dengan seni rupa murni. Seni rupa terapan adalah seni rupa yang lebih mengutamakan nilai gunanya daripada nilai keindahannya. Meskipun seni rupa terapan memiliki nilai keindahan, namun yang lebih ditonjolkan adalah nilai gunanya.

Contoh dari seni rupa terapan adalah pakaian. Pakaian memiliki nilai guna yang tinggi yaitu untuk menutupi tubuh manusia. Walaupun pakaian memiliki seni keindahan namun tetap yang diutamakan adalah gunanya.

Seni rupa juga bisa dibedakan berdasarkan wujudnya. Berdasarkan wujudnya seni rupa dibedakan menjadi dua kategori. Keduanya memiliki pengertian yang berbeda.


Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Wujudnya

Seni rupa berdasarkan wujudnya bisa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Berikut ini pengertian dari kedua seni rupa tersebut:

1. Pengertian Dari Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa dua dimensi merupakan jenis seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar. Ini artinya seni rupa ini hanya berupa sesuatu yang bisa dilihat dan diraba. Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan, foto dan juga gambar.

2. Pengertian Dari Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar namun juga memiliki tinggi. Seni rupa ini adalah seni rupa yang memiliki ruang. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah patung, guci dan beberapa seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan juga tinggi.


Unsur-Unsur Seni Rupa

Agar menjadi sebuah karya seni, Seni rupa memiliki unsur–unsur yang disatukan kemudian menjadi sebuah karya seni yang indah. Unsur-unsur inilah yang nantinya akan membentuk ciri khas dan keindahan dalam seni rupa. Berikut adalah unsur–unsur dari seni rupa

1. Titik

Unsur ini adalah dasar dari sebuah ide yang akan tertuang untuk membuat karya seni rupa. Titik adalah unsur paling kecil dalam pembuatan seni rupa. Unsur ini adalah awal mula dari pembuatan karya seni rupa.

2. Garis

Unsur ini adalah sebuah penggabungan dari titik satu ke titik yang lain. Garis memiliki jenis yang macam–macam. Setiap garis yang dituangkan akan membentuk watak dan ciri khas yang dapat menggambarkan karya seni tersebut.Garis juga dapat menggambarkan sifat, entah itu kaku, lentur ataupun keras.

3. Bidang

Unsur ini adalah pengembangan dari kumpulan garis–garis yang sudah dituangkan disebuah media. Garis–garis tersebut jika digabungkan akan menjadi bidang yang mempunyai keindahan tersendiri. Seorang seniman sangat teliti dalam menyatukan unsur–unsur ini.

4. Bentuk

Unsur seni rupa yang satu ini dapat memberikan kesan pada sebuah karya seni sehingga sebuah karya seni dapat menjadi lebih hidup. Dilengkapi dengan sentuhan para seniman dan detail yang sempurna, membuat karya seni ini mejadi indah.

5. Ruang

Unsur seni rupa yang satu ini memiliki dua sifat yaitu sifat semu dan sifat nyata. Sifat semu hanya dapat dinikmati dengan csrs dilihat saja, sedangkan sifat nyata dapat dilihat dan diraba. Kedua sifat ini sangat berbeda tergantung dari dimensinya, dimensi 2 atau dimensi 3.

6. Warna

Unsur seni rupa ini sangat penting dalam membuat karya seni, terutama seni rupa. Agar menjadi sebuah karya seni yang indah, seorang seniman harus emadupadankan warna. Perpaduan warna akan menggambarkan suasana hati, entah itu senang ataupun sedih.

7. Tekstur

Dalam sebuah karya seni rupa, tekstur bisa diartikan sebagai sifat atau keadaan dalam sebuah karya seni. Tekstur ini dibedakan menjadi 2 yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Tekstur semu adalah tekstur yang memiliki kesan tidak ada kesamaan antara penglihatan dan indera peraba.

Sedangkan untuk tekstur nyata adalah unsur dari sebuah karya seni dimana antara indera peraba dan indera penglihatan terasa sama. Para penikmat seni selalu memperhatikan salah satu unsur yang satu ini.

8. Gelap Terang

Unsur ini akan membuat hasil karya seni terlihat nyata dan hidup. Karena dalam pegerjaanya sangat memperhatikan intensitas cahaya. Untuk membuat karya seni yang luar biasa, seorang seniman akan membuat karya seni dengan memperhatikan intensitas cahaya secara detail.


Macam-Macam Seni Rupa

Didalam sebuah karya seni rupa terdapat jenis-jenis atau macam–macam seni rupa dan memiliki arti yang berbeda–beda. Tentunya setiap jenis seni rupa pasti akan memiliki nilai estetika yang menakjubkan. Untuk menambah wawasan anda mengenai seni rupa, berikut adalah macam-macam dari seni rupa :

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya seni rupa terbagi menjadi 2 macam yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah karya seni yang dibuat untuk menuangkan ide dari seorang pembuatnya. Sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk membantu aktifitas manusia.

2. Seni Rupa Berdsarkan Wujudnya

Wujud dari karya seni rupa ini sangat berbeda antara karya seni yang satu dengan yang lainnya. Akan tetapi secara umum seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah karya seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan dari satu arah.

Contoh karya seni rupa 2 dimensi adalah lukisan, ilustrasi dan sketsa. Sedangkan untuk pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang dapat dinikmati dari berbagai sisi. Contoh dari karya seni rupa 3 dimensi adalah patung, sebuah bangunan dan bunga yang terdapat dalam vas.

3. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Berdasarkan masanya seni rupa terbagi menjadi 3 macam yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Sifat yang dimiliki seni rupa tradisional ini adalah statis, dimana pola dan bentuknya selalu sama dari dulu hingga sekarang.

Seni rupa modern ini bersifat individualis, dimana sebuah karya seni diberi sentuhan berbagai  kreativitas. Sedangkan untuk seni rupa kontemporer adalah sebuah karya seni yang tercipta pada waktu tertentu dan memiliki sifat yang mengikuti perkembangan zaman.


Fungsi Seni Rupa

Sebuah karya seni rupa yang diciptakan oleh seorang seniman pasti memiliki nilai estetika yang tinggi dan ciri khas masing-masing. Karya seni rupa yang memiliki nilai estetika yang tinggi akan disukai banyak orang bahkan dihargai dengan nilai yang tinggi. Selain itu seni rupa juga memiliki fungsi, antara lain

1. Fungsi Individu

Fungsi ini memiliki sifat individualis yang bertujuan untuk memuaskan diri sendiri. Seseorang menciptakan karya seni ini untuk mengekspresikan dirinya dan dengan ini akan timbul sebuah kepuasan batin dari si pembuat karya tersebut. Karya seni ini menggambarkan suasana hati sang pembuat. Entah itu senang ataupun sedih.

2. Fungsi Sosial

Sebuah karya seni rupa memiliki fungsi sosial, dimana karya seni ini memiliki nilai keindahan yang bertujuan untuk memberi kepuasan kepada banyak orang. Hasil karya tersebut dapat berguna bagi banyak orang contohnya saja sebuah bangunan gedung dan bangunan rekreasi.

Bangunan-bangunan yang ada saat ini sangat berguna untuk banyak orang seperti untuk tempat berteduh dan untuk tempat berlindung. Selain itu patung juga dapat memberi kepuasan banyak orang, dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki patung tersebut dapat menimbulkan decak kagum para penikmat seni.


Seni rupa itu sendiri memiliki bentuk yang nyata dapat dilihat dan diraba. Contoh dari seni rupa yang sering ditemui di sekitar anda adalah lukisan dan juga ukir–ukiran. Untuk hasil yang maksimal pembuatan karya seni rupa membutuhkan proses yang panjang dan juga ketelatenan.

Seni rupa memiliki nilai estetika yang sangat tinggi, selain itu seni rupa juga mengandung arti. Jika seseorang melihat hasil karya seni rupa yang sangat indah, orang tersebut dapat terhanyut dalam keindahan hasil karya seni tersebut. Jadi seseorang dapat terhibur hanya dengan melihat atau meraba karya dari seni rupa tersebut.

Semua informasi tentang pengertian seni rupa di atas memberikan gambaran yang jelas tentang apa itu seni rupa. Seni rupa memiliki pengertian yang sangat luas. Bahkan bisa ditarik kesimpulan jika kehidupan manusia memang tidak bisa terlepas dari seni rupa. Keseharian manusia selalu dipenuhi dengan karya-karya seni rupa baik itu yang murni maupun terapan.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai pengertian seni rupa, unsur dari seni rupa, macam–macam seni rupa dan fungsi seni rupa. Untuk membuat sebuah karya seni rupa yang indah dibutuhkan keahlian dan ketelatenan. Untuk anda yang ingin belajar membuat sebuah karya seni rupa anda bisa memulainya sedikit demi sedikit.

Pengertian Seni Rupa

Tinggalkan Balasan