Pengertian Toleransi

Pengertian Toleransi

Pengertian Toleransi – Istilah toleransi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan istilah ini sudah diajarkan sejak di bangku sekolah.

Apalagi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat beragam, sehingga pemahaman yang baik tentang toleransi sangat diperlukan. Namun apakah pengertian toleransi yang sebenarnya?

Pengertian toleransi sendiri cakupannya cukup luas. Definisi dari toleransi bisa ditinjau dari beberapa aspek, mulai dari aspek bahasa hingga pendapat dari para ahli.

Semua pengertian dari toleransi ini sangat penting untuk dipelajari agar sikap ini bisa ditanamkan dengan baik. Di bawah ini akan disajikan ulasan lengkap tentang apa itu toleransi.


Pengertian Toleransi Dari Segi Bahasa

Pengertian Toleransi

Toleransi adalah kata serapan yang diambil dari bahasa inggris yaitu kata tolerance. Tolerance memiliki arti membiarkan. Sehingga dari akar katanya, toleransi adalah tindakan pembiaran.

Jika dikaitkan dengan bahasa arab, toleransi sepadan dengan kata tasamuh. Kata tasamuh artinya adalah mengizinkan atau bisa juga diartikan saling memudahkan.

Jika ditarik kesimpulan dari kata tolerance dan tasamuh, maka toleransi adalah tindakan yang membiarkan atau mengizinkan seseorang melakukan sesuatu.

Namun pengertian secara akar kata ini masih terlalu dangkal dan membingungkan. Oleh sebab itu, ada beberapa sumber lain yang bisa dijadikan rujukan untuk mencari arti dari kata toleransi. Salah satu rujukan terbaik yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Menurut KBBI pengertian dari toleransi adalah sifat atau sikap toleran dan penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.

Jelas hal ini menggambarkan sebuah kondisi yang berbeda namun tetap harus dihargai dan dimaklumi. Untuk paham akan makna kata toleransi sebaiknya kita juga merujuk pada pendapat para ahli.


Pengertian Toleransi Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Toleransi

Ada banyak para ahli yang mengungkapkan pendapatnya mengenai apa itu sebenarnya toleransi. Beberapa ahli ini adalah orang Indonesia. Berikut ini pendapat para ahli tentang pengertian toleransi yang sebenarnya:

1. W.J.S Purwadarminta

Menurut W.J.S Purwadarminta, sikap toleransi adalah sikap menenggang berupa menghargai dan memperbolehkan suatu pendapat atau pandangan yang berbeda. Dalam hal ini seseorang harus menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendiriannya.

Secara tersirat W.J.S Purwadarminta menegaskan bahwa setiap individu memiliki pandangan yang berbeda-beda. Pandangan yang berbeda ini harus tetap dihargai.

2. Heiler

Heiler adalah tokoh terkenal yang lebih menekankan sikap toleransi dalam aspek beragama. Dalam pandangan Heiler, toleransi adalah sikap mengakui adanya pluralitas agama dan menghargai semua agama tersebut.

Pandangan Heiler ini didukung dengan adanya fakta bahwa di dunia ini ada banyak sekali agama dan keyakinan. Menurut Heiler, semua pemeluk agama berhak mendapatkan perlakuan yang sama.

3. Djohan Efendi

Djohan Efendi juga memberikan pandangannya mengenai apa sebenarnya toleransi itu. Menurutnya toleransi adalah sikap menghargai kemajemukan. Kemajemukan disini adalah perbedaan antar setiap individu, mulai dari perbedaan agama, suku, dan beberapa perbedaan lainnya.

Djohan Efendi menekankan bahwa umat manusia harus menghargai kemajemukan yang ada. Hal ini sebagai bentuk usaha memberikan hak yang sama kepada setiap individu.

4. Michael Wazler

Michael Wazler berpendapat jika toleransi adalah sikap keniscayaan yang harus ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Ini artinya sikap toleransi adalah sikap dasar yang harus dimiliki oleh setiap anggota masyarakat.

Jika ada anggota masyarakat yang tidak menjunjung nilai toleransi, maka tatanan masyarakat tersebut akan rusak. Hal ini bisa dikatakan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Banyak sekali konflik di masyarakat akibat kurangnya rasa toleransi.

5. Dewan Ensiklopedia Indonesia

Menurut Dewan Ensiklopedia Indonesia bersikap toleransi artinya bersikap membiarkan orang lain memiliki pandangan yang berbeda. Pada umumnya manusia selalu memiliki perbedaan pandangan atau pendapat. Perbedaan ini harus dibiarkan selama masih dalam koridor yang benar.

Pembiaran terhadap perbedaan ini merupakan bukti sikap toleransi adalah sikap yang saling menghargai perbedaan tanpa adanya kesenjangan sosial.

Dari semua pendapat para ahli tersebut, mayoritas pendapat memberikan gambaran jika toleransi adalah sikap saling menghargai perbedaan.

Perbedaan ini secara garis besar adalah perbedaan yang ada pada tiga aspek penting yaitu agama, budaya dan dan politik. Toleransi juga memiliki pengertian sesuai dengan aspek penting tersebut.


Pengertian Toleransi Dalam  Beragama

Pengertian Toleransi

Toleransi dalam beragama memiliki pengertian yang cukup sederhana. Dalam hal ini, toleransi adalah tindakan saling menghargai antar umat beragama. Tidak perduli apapun agama yang dianut, antar masyarakat harus saling menghargai satu sama lain.

Di Indonesia, selama agama yang dianut adalah agama yang diakui oleh negara, maka pemeluk agama tersebut wajib untuk dihargai.

Di Indonesia ada 6 agama yang sudah diakui oleh negara yaitu Islam, Khatolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu. Dengan demikian, semua penganut agama ini wajib dihargai dan diperkenankan menjalankan ibadahnya masing-masing tanpa adanya diskriminasi.

Contohnya, jika umat beragama islam sedang melaksanakan sholat, maka umat beragama lain selain islam wajib menunjukkan sikap toleransi. Sikap toleransi ini bisa berupa tidak mengganggu masyarakat yang sedang sholat atau membuat keributan.


Pengertian Toleransi Dalam Perbedaan Budaya

Pengertian Toleransi

Selain dalam hal beragama, sikap toleransi juga harus ditunjukkan dalam berbudaya. Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya, bahkan setiap daerah memiliki budayanya masing-masing.

Toleransi dalam perbedaan budaya artinya adalah sikap saling menghargai budaya orang lain tanpa memandang rendah budaya tersebut. Jika toleransi dalam perbedaan budaya ini rusak, maka kerukunan masyarakat akan terganggu.

Toleransi budaya ini juga harus ditunjukkan oleh masyarakat dunia selain masyarakat Indonesia. Selama budaya tersebut tidak bertentangan dengan nilai-nilai pancasila, maka budaya tersebut wajib dihargai. Budaya adalah sesuatu  yang telah mendarah daging.

Orang batak harus menghargai budaya orang jawa, begitu juga sebaliknya, orang jawa juga harus menghargai budaya orang batak. Inilah yang disebut dengan toleransi dalam perbedaan budaya.


Pengertian Toleransi Dalam Dunia Politik

Pengertian Toleransi

Dunia politik adalah dunia yang juga harus dilandasi dengan sikap toleransi. Hal ini dikarenakan dalam dunia politik ada banyak sekali perbedaan pandangan pendapat dalam membuat yang terbaik untuk negara.

Sikap toleransi dalam dunia politik adalah sikap menghargai pendapat orang lain dalam perpolitikan dan menghargai hak politik orang lain. Sejak zaman perjuangan para pahlawan telah mencontohkan tindakan toleransi ini.

Di saat menjelang peristiwa Rengasdengklok, pejuang kaum tua dan kaum muda mengalami perbedaan pendapat tentang kapan akan dilaksanakan proklamasi. Dalam hal ini terjadi perdebatan sengit diantara para kaum negarawan.

Namun dengan adanya sikap toleransi dan menghargai pendapat dalam mengurus kemerdekaan, maka hal ini bisa ditengahi dengan baik. Hasilnya Indonesia bisa merdeka dengan cepat dari Jepang. Inilah yang disebut toleransi dalam berpolitik atau mengurus negara.

Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi sikap toleransi. Dengan memahami pengertian toleransi yang sebenarnya, maka rakyat Indonesia bisa lebih menerapkan sikap-sikap toleransi.

Dalam aspek apapun itu, sikap toleransi sangat dibutuhkan. Dengan adanya sikap toleransi kehidupan bernegara akan menjadi rukun, damai dan harmonis.

Pengertian Toleransi

One Reply to “Pengertian Toleransi”

  1. Kita memang harus saling menghargai disetiap perbedaan, agar kita bisa hidup rukun dengan baik. Tapi perlu diingat bahwa toleransi adalah saling menghargai perbedaan bukan mengikuti atau memaksakan perbedaan

Tinggalkan Balasan