Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan – Ilmu dan pengetahuan adalah dua hal yang saling berkaitan dan berhubungan. Keduanya memang serupa tetapi memiliki beberapa perbedaan yang perlu diketahui.

Perbedaan ilmu dan pengetahuan sendiri sebenarnya lebih kepada pemahaman tentang teori-teori yang dikaji. Selain itu, ilmu dan pengetahuan merupakan dua hal yang tidak bisa lepas. Maka dari itu keduanya memiliki perbedaan tetapi masih saling keterkaitan satu sama lain.


Ilmu dan Pengetahuan Menurut Para Ahli

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Menurut Moh Hatta dijelaskan bahwa ilmu merupakan pengetahuan tentang hukum kausal. Dimana pengetahuan tersebut diatur terhadap golongan masalahnya.

Menurut The Liang Gie mengatakan bahwa ilmu juga pengetahuan yang teratur mengenai pembahasan tentang suatu sasaran tertentu. Ilmu memusatkan perhatian pada suatu masalah atau golongan yang pada akhirnya terdapat sasaran untuk memperoleh keterangan terkait kebenaran.

Sedangkan pengetahuan yang dikemukakan oleh Notoatmodjo merupakan hasil dari proses mengetahui tentang apa yang didapat atau dipelajari dari objek tertentu. Namun menurut John Dewey berpendapat bahwa pengetahuan adalah pandangan instrumental pragmatis seseorang yang berkembang.

Baca Juga: Perbedaan Jalan Dan Lari


Ilmu dan Pengetahuan Menurut Bahasa

Ilmu menurut bahasa Arab berarti ilmu yang artinya mengetahui atau memahami. Sedangkan menurut bahasa latin berarti science atau sains yang berarti mengetahui. Disini berarti ilmu merupakan proses dalam pengumpulan suatu kondisi yang dipelajari dengan cara serta prosedur tertentu. Dari situ dihasilkan pengetahuan ilmiah serta analisis terhadap sesuatu.

Perbedaannya ilmu dengan pengetahuan menurut bahasa Indonesia yakni bahwa pengetahuan merupakan informasi atau segala sesuatu yang diketahui oleh seseorang. Pengetahuan lebih ditekankan pada hasil seseorang dalam mengetahui sesuatu. Dimana pengetahuan tersebut hanya sebatas untuk mengetahui  segala sesuatu secara sadar atas keinginan sendiri.

Baca Juga: Perbedaan Monokotil Dan Dikotil


Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini tidak lepas dari pengaruh ilmu dan pengetahuan. Ilmu dan pengetahuan adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Namun keduanya adalah hal yang berbeda. Secara umum ilmu disebut sebagai pemahaman seseorang tentang pengetahuan yang dimiliki. Sedangkan pengetahuan adalah kemampuan menghasilkan teori tentang ilmu yang dimiliki. Berikut perbedaan ilmu dan pengetahuan yang perlu dipahami :

1. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Menurut Sifatnya

Ilmu bersifat umum dan menyeluruh sedangkan pengetahuan lebih bersifat personal. Oleh karena itu, ilmu merupakan pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapa saja dan dapat dikaji lebih lanjut. Lain halnya dengan pengetahuan yang bersifat personal, yakni bahwa pengetahuan merupakan milik seseorang atau sekelompok orang. Dimana pengetahuan yang diperoleh adalah hasil usaha seseorang secara sadar atas pemahamannya terhadap ilmu yang diperoleh.

Selain bersifat umum dan personal,  ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan sifat lainnya. Dimana ilmu lebih bersifat kongkrit yang berarti dapat diamati dan dipelajari serta diajarkan. Sedangkan pengetahuan belum teruji kebenarannya sehingga hanya digunakan oleh pribadi atau sekelompok tertentu saja.

2. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Informasi yang Diolah

Secara informasi yang didapat ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan pada pengolahan informasi tersebut. Ilmu lebih kepada pengolahan informasi atau segala sesuatu menggunakan teori, cara, dan, metode ilmiah tertentu. Sedangkan pengetahuan hanya mengetahui sebuah informasi atau segala sesuatu secara terbatas. Dalam hal ini berarti ilmu masih mengolah lebih lanjut informasi lebih lanjut sedangkan pengetahuan hanya sekedar menerima informasi saja.

Dari sini dapat diketahui bahwa pengetahuan hanya sekedar tahu terhadap informasi bahkan tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Tidak sama halnya dengan ilmu yang masih harus mengolah sebuah informasi untuk mengetahui kebenarannya terlebih dahulu.

3. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Cara Mengkaji Sesuatu

Ilmu akan mempelajari dana mengkaji lebih lanjut terhadap segala sesuatu yang terjadi. Pengkajian tersebut terkait dengan metode ilmiah yang akan digunakan. Metode tersebut harus sesuai dengan apa yang akan dikaji dengan tujuan untuk mendapatkan kebenaran sehingga dapat dihasilkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tersebut yang nantinya akan dipelajari oleh siapa saja dan menjadi sebuah pengetahuan oleh masing-masing orang.

Sedangkan pengetahuan adalah proses seseorang dalam mengkaji informasi atau ilmu yang didapat hanya terbatas dengan teori tertentu saja. Dengan kata lain, pengetahuan memiliki objek yang terbatas dibandingkan dengan ilmu terkait pengkajian terhadap segala sesuatu.

4. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Proses Mendapatkannya

Perbedaan ilmu dan pengetahuan tentu saja dari proses mendapatkannya. Ilmu diperoleh dari hasil pengkajian mengenai sebab akibat tentang apa saja yang ingin diketahui. Memperoleh ilmu tentu saja harus dengan proses lebih lanjut dengan beragam teori ilmiah yang digunakan.

Sedangkan pengetahuan diperoleh seseorang atas dasar rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Dalam hal ini pengetahuan tidak datang begitu saja melainkan didasari oleh keinginan seseorang dalam mengetahui segala sesuatu.

Ilmu didapat dengan beragam tahap yang harus dilewati hingga menghasilkan kebenaran dari apa yang dipelajari. Namun, pengetahuan hanya sekedar ingin tahu terhadap apa yang ingin diketahui tanpa proses tertentu.

5. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Ruang Lingkupnya

Perbedaan ilmu dan pengetahuan yang selanjutnya adalah dari ruang lingkupnya. Meskipun serupa tetapi keduanya memiliki ruang lingkup yang berbeda. Ruang lingkup ilmu mencakup berbagai aspek mulai dari ilmu tentang alam, ilmu sosial, berbagai cabang ilmu lainnya. Sedangkan pengetahuan lingkupnya juga lebih luas lagi karena dari pengetahuan dapat mempelajari ilmu dari berbagai ruang lingkup ilmu.

Pengetahuan dikatakan tidak terbatas oleh ruang dan waktu karena siapa saja dapat memperoleh pengetahuan tentang apa saja yang dipelajari.  Selain itu, pengetahuan juga mencakup berbagai pengkajian tentang segala sesuatu yang ada di muka bumi dan alam semesta.

6. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Tugasnya Dalam Menyampaikan Sesuatu

Ilmu dan pengetahuan memiliki perannya masing-masing dalam menyampaikan informasi. Dalam ilmu segala sesuatu perlu dikaji sehingga menghasilkan informasi secara logis dan empiris terkait apa yang sedang dipelajari. Dari sini akan dilakukan proses pengajuan hingga memperoleh kebenaran informasi yang bisa disampaikan. Sedangkan pengetahuan menjawab terkait hal tersebut yang nantinya memperoleh apa yang ingin diketahui.

Secara garis besar ilmu bertugas menguji atau mengkaji segala sesuatu yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang akan disampaikan. Informasi tersebut menjadi sebuah pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapa saja karena telah diuji dan diketahui kebenarannya.

7. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Sumbernya

Ilmu identik dengan metode ilmiah, penelitian, pengkajian, dan sebagainya. Oleh karena itu, berbagai metode ini muncul juga berdasarkan sumber yang didapat. Ilmu bersumber dari segala sesuatu yang terjadi di muka bumi terkait berbagai permasalahan yang terjadi. Berbagai permasalahan tersebut perlu ditangani untuk diketahui kebenarannya sehingga menjadi pengetahuan yang bisa dipelajari.

Sedangkan pengetahuan diperoleh dari apa saja yang dipelajari berdasarkan intuisi. Pengetahuan tidak muncul begitu saja melainkan berdasarkan tindakan seseorang untuk memenuhi rasa ingin tahunya.

Itulah perbedaan ilmu dan pengetahuan yang perlu dipahami. Intinya adalah bahwa ilmu merupakan serangkaian proses untuk mengkaji setiap kejadian sehingga menjadi satu kesatuan ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari. Sedangkan pengetahuan adalah apa saja yang dipelajari dan diketahui atas dasar kesadaran ingin tahu terhadap informasi yang disampaikan oleh ilmu.

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan