Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin yang paling mencolok adalah dari warna dan teksturnya. Karena saat akan membeli margarin atau mentega pasti yang dilihat terlebih dahulu adalah warnanya. Atau jenisnya.

Jika mentega memiliki varian warna yaitu putih, kuning pucat, kuning pekat. Warna tersebut adalah tergantung dari makanan yang dimakan oleh hewan.

Jika margarin memiliki kandungan yang berbeda-beda setiap jenis atau merknya. Simak lebih lanjut ulasannya perbedaan margarin dan mentega beserta jenisnya.


Perbedaan Mentega Dan Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Di bawah ini ada beberapa perbedaan yang terdapat pada margarin dan mentega yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Simak lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan mentega dan margarin di bawah ini.

1. Tekstur Atau Warna

Untuk dapat melihat apakah itu mentega atau margarin,  dapat dilihat dari segi warnanya. Mentega memang memiliki warna kuning yang lebih pucat daripada margarin. Dan apabila untuk membuat kue biasanya mentega atau margarin akan dilelehkan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan mentega dan margin itu sendiri. Jika mentega saat dilelehkan hanya membutuhkan waktu yang sedikit.

Berbeda dengan margarin yang memang untuk proses melelehkannya lebih lama daripada mentega. Adanya kandungan dari lemak tumbuhan yang diproses secara teknik hidrogenasi. Maka dari itu margarin mempunyai tekstur yang lebih padat dan tidak secepat mentega saat dilelehkan.

Margarin mempunyai warna yang lebih mencolok dari pada mentega. Karena bahan yang digunakan dalam pembuatan margarin dan mentega berbeda maka tekstur yang dihasilkan dari mentega dan margarin pun berbeda.

2. Dilihat Dari Segi Bahan Dasar

Bahan dasar yang digunakan dalam proses pembuatan margarin dan mentega berbeda. Jika mentega memiliki bahan dasar yang terbuat dari lemak hewani. Dan lemak hewan tersebut memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Selain kolesterol juga terdapat kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Sementara jika margarin berbahan dasar lemak tumbuh-tumbuhan. Dan kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalam mentega lebih sedikit daripada margarin. Dan saat ini margarin sudah kaya akan kandungan omega dan vitamin.

Dikarenakan susu sapi juga menjadi salah satu bahan yang terkandung dalam pembuatan mentega, harga yang dijual pun lebih mahal dari pada margarin. Dikarenakan tekstur dari margarin yang lebih padat dari pada mentega, dikarenakan margarin memiliki kandungan air yang cukup tinggi dibandingkan mentega.

3. Aroma Yang Dihasilkan

Perbedaan margarin dan mentega yang selanjutnya adalah bisa dari aroma yang dihasilkan. Apabila mentega memang mempunyai aroma yang lebih menyengat dari pada margarin. Dan aroma ini sendiri akan mempengaruhi dari aroma yang dihasilkan saat diolah.

Seperti jika sedang membuat adonan kue dan yang digunakan adalah mentega. Maka adonan kue tersebut akan menghasilkan aroma harum dari kue yang sudah matang. Sedangkan memang margarin memiliki aroma yang tidak terlalu pekat.

4. Variasi Makanan Yang Bisa Dibuat

Banyak orang salah atau bingung saat ingin memakai margarin atau mentega. Jika mentega biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat kue seperti donat, dan kue lainnya. Berbeda dengan margarin jika mentega bisa dibuat untuk kue atau makanan ringan.

Jika Margarin bisa dibuat untuk Makanan yang gurih seperti nasi goreng. Karena adanya kandungan omega pada margarin sehingga cocok untuk pengganti minyak.  Bisa untuk menumis, memanggang, ataupun memasak dengan menggunakan Teflon.

Margarin juga cocok digunakan untuk membuat kue basah ataupun cake selain untuk menumis atau menggoreng. Dan mentega lebih cocok digunakan untuk membuat kue kering karena nantinya aroma yang dihasilkan khas. Dan jika mentega juga lebih cepat dilelehkan daripada margarin.

Contoh olahan dari mentega adalah untuk butter cookies, nastar,  kue jahe dan masih banyak lagi. Olahan dari margarin adalah seperti kue lumpur, sponge cake, bolu, ayam tumis, atau juga cocok untuk memanggang roti atau jagung. Dikarenakan rasa gurih yang dihasilkan oleh margarin.

5. Lebih Sedap Mana Mentega Atau Margarin?

Apabila dilihat dari segi cita rasanya, itu semua tergantung selera setiap masing-masing orang. Dan bagaimana cara mengaplikasikannya pada makanan. Banyak yang berfikir bahwa mentega lebih enak daripada margarin, karena tekstur dan aroma yang dihasilkan oleh mentega sangat khas dan pas. Yang sangat pas untuk dipadupadankan dengan beraneka jenis kue.

Baca Juga: Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder


Jenis Mentega

Perbedaan Mentega dan Margarin

Ada Banyak jenis mentega  sesuai dengan fungsi dan manfaatnya masing-masing. Simak ulasan apa saja jenis mentega di bawah ini.

Salted Butter

Jenis mentega ini memiliki cita rasa yang asin karena adanya kandungan garam dalam mentega tersebut. Salted butter atau yang lebih dikenal mentega asin ini memang lebih dikenal oleh masyarakat. Biasanya jenis mentega ini digunakan untuk bahan mengolesi roti goring atau martabak. Karena rasa asin yang dihasilkan salted butter ini juga bisa digunakan untuk menumis atau menggoreng.

Unsalted Butter

Unsalted butter atau yang biasa disebut dengan mentega tawar ini dapat digunakan untuk beraneka olahan makanan. Jenis mentega ini terbuat dari bahan susu atau krim, sehingga mengandung lemak susu yang cukup tinggi.

Organic Butter

Jenis mentega ini adalah dibuat dengan sapi yang diternak. Organic butter juga tersedia pilihan yang salted ataupun yang unsalted.

Whipped Butter

Dan pada jenis mentega ini terdapat kandungan gas atau udara  seperti nitrogen. Hal tersebut yang membuat mentega jenis ini memiliki tekstur yang lembek. Biasanya jenis mentega ini hanya digunakan untuk membuat lapisannya saja dari kue, roti, atau pancake.

Light Butter

Jika mentega memiliki kandungan kalori yang tinggi, maka untuk jenis mentega ini memiliki kalori yang cukup rendah disbanding dengan mentega jenis lainnya. Dikarenakan kandungan lemak susu yang ada di dalam mentega ini memang rendah. Light butter ini cocok untuk membuat kue kering. Dan tidak cocok jika digunakan untuk menumis, karena sifatnya yang cepat meleleh.

Blended Butter

Jenis mentega ini adalah termasuk jenis mentega yang modern. Biasanya blended butter ini digunakan untuk campuran atau pengganti minyak dan canula. Minyak canola masih tergolong dalam salah satu jenis minyak nabati.

Baca Juga: Perbedaan Negara Demokrasi Dan Negara Otoriter


Jenis Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Memang jenis margarin ini lebih sedikit daripada jenis mentega. Dibawah ini adalah jenis margarin.

Traditional Stick Margarine

Jenis margarin ini adalah margarin yang tidak sehat jika dibandingkan dengan yang lainnya. Karena margarin jenis ini mengandung lemak jahat yang paling tinggi.

Regular Tub Margarines

Jenis margarin ini juga biasa disebut dengan margarin oles. Dan margarin jenis ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Non Fat Margarine

Atau juga bisa disebut dengan light margarine. Jenis margarin ini bukannya tidak mempunyai kandungan lemaknya, tetapi memang lebih rendah. Jenis margarin ini adalah yang paling banyak mengandung air.

Dan masih banyak lagi jenis jenis mentega dan margarin yang ada di dunia.selain perbedaan pun sebenarnya margarin dan mentega juga mempunyai persamaan. Karena dari fungsi dan manfaat margarin dan mentega tersebut sama.

Perbedaan Mentega dan Margarin

Tinggalkan Balasan