Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Perbedaan Negara Maju Dan Berkembang

Perbedaan Negara Maju dan Berkembang – Sebuah negara bisa digolongkan menjadi dua, yaitu negara maju dan negara berkembang. Dua golongan negara tersebut tentunya memiliki perbedaan yang signifikan dari berbagai segi, baik itu SDA maupun SDM-nya. Berikut ini adalah 10 perbedaan negara maju dan berkembang dari berbagai segi:


1. Pendapatan Negara

Hal yang menjadi perbedaan negara maju dan berkembang yang paling jelas adalah pendapatan negara yang sangat jauh berbeda. Di negara maju, umumnya pendapatan negaranya bisa dibilang tinggi.

Menurut Wikipedia, negara maju biasanya memiliki pendapatan hingga mencapai 12 ribu dolar per tahun. Maka dengan pendapatan yang cukup tinggi, sebuah negara bisa disebut sebagai negara maju.

Sedangkan untuk di negara berkembang, pendapatan per tahunnya cenderung rendah, sehingga kehidupan di negaranya belum tentu maju.

Di sebuah negara berkembang, ada yang memiliki pendapatan per tahun sekitar 1000 dolar per tahunnya. Untuk yang paling tinggi dari pendapatan negara berkembang adalah 12.000 dolar per tahunnya. Maka dari itu, negara dengan pendapatan yang rendah disebut negara berkembang.

Baca Juga: Perbedaan Sel Tumbuhan Dan Sel Hewan

2. Pendidikan Dan Kesehatan

Pada poin kedua, negara maju dan berkembang bisa dibedakan dari segi pendidikan serta kesehatan dari masing-masing negara. Negara maju memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang sangat baik. Biasanya, negara-negara maju memiliki fasilitas kesehatan yang memadai serta kualitas tenaga pengajar yang baik. Dari situ, sumber daya manusianya juga menyesuaikan dengan negaranya.

Berbeda dengan di negara berkembang, pendidikan dan kesehatan belum begitu sempurna. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penduduk di negara berkembang yang harus berobat ke luar negeri karena di sana fasilitasnya sudah memadai. Tidak hanya itu saja, penduduk di negara berkembang juga beberapa ada yang menuntut ilmu hingga ke luar negeri. Tujuannya sudah tentu agar memajukan negara asalnya.

3. Fasilitas Umum

Negara maju dan negara berkembang juga memiliki perbedaan pada segi fasilitas umum yang ada pada setiap negara. Umumnya, di negara maju memiliki fasilitas umum yang mampu menyejahterakan warganya. Bahkan beberapa fasilitas umum yang ada di negara maju tentunya sudah menggunakan teknologi terkini seiring dengan perkembangan zaman di negara tersebut.

Hal tersebut tentu berbeda 180 derajat dengan negara berkembang yang mana fasilitasnya masih terbatas dan tidak sebaik negara maju. Di samping itu pula, ada beberapa fasilitas umum yang dirusak oleh orang-orang jahat di negara berkembang. Hal itu pula tentu membuat negara mereka tidak sebaik negara maju. Pencurian fasilitas umum ini tentunya dapat merugikan negara.

4. Perindustrian

Permasalahan yang satu ini juga sudah tentu tidak asing dengan kedua jenis negara, baik itu negara maju maupun negara berkembang. Kedua jenis negara tentunya memiliki industri yang berbeda di masing-masing negara. Umumnya, negara maju lebih mengedepankan sektor industri teknologi, seperti misalnya mobil, komputer dan lain-lain yang bertujuan untuk memajukan kehidupan manusia.

Hal ini berbeda dengan negara berkembang, sisi perindustrian di negara berkembang ini beberapa ada yang masih menggunakan metode tradisional. Meskipun beberapa ada yang sudah menggunakan mesin, tetapi di negara berkembang tetap ada yang menggunakan metode tradisional yang tetap tidak ditinggalkan. Tentunya ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan negara maju yang menggunakan teknologi terkini.

5. Definisi

Secara definisi saja, negara maju dan negara berkembang mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Negara maju didefinisikan sebagai negara yang memiliki taraf industri yang cukup tinggi. Selain dari taraf industri, pendapatan setiap tahun dari negara maju juga ikut tinggi. Contoh dari negara-negara maju adalah negara di Eropa, Amerika, dan beberapa negara di Asia Timur.

Sedangkan untuk negara berkembang memiliki definisi yang berbeda. Seperti yang sudah disampaikan pada poin di atas, negara berkembang memiliki taraf industri yang cukup rendah. Di samping itu, pendapatan per tahun di negara berkembang juga cenderung rendah. Beberapa negara berkembang ini misalnya adalah beberapa negara di Afrika dan juga di Asia Tenggara.

6. Angka Kematian Dan Kelahiran

Jika berbicara tentang perbedaan negara maju dan berkembang, tentunya bisa dilihat dari segi angka kematian dan kelahiran yang tentunya berbeda-beda. Di negara maju misalnya, angka kematian cenderung tinggi dan angka kelahiran yang rendah. Hal tersebut karena negara maju mengedepankan kemajuan di bidang perindustrian dan tidak memikirkan seputar kelahiran dan lain sejenisnya.

Angka kematian di negara berkembang cenderung rendah, sedangkan untuk angka kelahiran dari negara berkembang cukup tinggi. Hal ini didasari karena banyaknya warga di negara berkembang yang menikah sebelum waktunya dan memiliki prinsip banyak anak banyak rejeki. Dari contoh tersebut, menyebabkan penyakit gizi buruk di negara berkembang bisa dibilang cukup tinggi.

7. Sumber Penghasilan

Di negara maju, sumber penghasilannya berasal dari industri yang ada di negara tersebut. Kegiatan ekspor ke negara-negara lain dari berbagai segi industri ini dapat meningkatkan devisa negara maju. Selain itu, orang-orang di negara maju memiliki sifat etos kerja yang cukup tinggi sehingga membuat negara tersebut menjadi negara yang maju.

Sedangkan di negara berkembang, sumber penghasilan negaranya berasal dari pertanian dan sektor jasa. Negara yang berkembang memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan bisa ditanami berbagai jenis tanaman. Kegiatan ekspor impor di negara berkembang juga tentu tidak jauh-jauh dari sektor pertanian. Sektor jasa di negara yang berkembang memiliki kemajuan yang sangat pesat.

8. Tingkat Literasi

Hal ini juga sudah jelas menjadi perbedaan dari negara maju dan negara berkembang. Negara berkembang cenderung memiliki tingkat literasi yang rendah. Hal ini didasari oleh kemalasan warga negara berkembang untuk membaca sesuatu sehingga tidak jarang mereka menelan informasi secara mentah-mentah. Tidak jarang juga mereka malas untuk mencari informasi yang diterima secara detail.

Hal ini jauh berbeda dengan negara maju. Mereka memiliki tingkat literasi yang tinggi dan bisa dibuktikan dengan sumber daya manusianya yang baik. Di samping itu pula, orang-orang di negara maju cenderung akan mengacuhkan informasi yang bagi mereka tidak penting. Orang-orang di negara tersebut juga akan mencari informasi secara detail serta dari berbagai sumber yang tersedia.

9. Kelebihan

Berbicara seputar kelebihan, negara maju memiliki kelebihan yaitu memiliki teknologi yang mutakhir dan terkini. Kelebihan ini dapat dibuktikan dengan hadirnya peralatan teknologi yang terbaru di negara maju. Baik itu gadget maupun peralatan lain yang menunjang kehidupan manusia. Sedangkan kelebihan dari negara berkembang adalah mampu untuk menerima teknologi dari negara maju.

Kegiatan ekspor berbagai produk teknologi di negara maju ini dapat dirasakan oleh warga di negara berkembang. Pembuktiannya adalah banyaknya warga di negara berkembang yang mempunyai kendaraan bermotor lebih dari satu. Selain itu, warga di negara berkembang sekarang bisa merasakan akses internet yang mana dikembangkan oleh warga di negara-negara maju.

Baca Juga: Perbedaan Nabi Dan Rasul

10. Kekurangan

Negara berkembang memiliki kekurangan yaitu sumber daya manusia yang tidak mampu menciptakan teknologi mutakhir. Sedangkan di negara maju juga memiliki kekurangan yaitu harus dituntut untuk menciptakan teknologi terbaru agar dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Sebuah negara bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu negara maju dan negara berkembang. Perbedaan negara maju dan berkembang dari berbagai segi ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran dan mampu membuat negara yang berkembang menjadi negara yang maju.

Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Tinggalkan Balasan