Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi – Masyarakat mendorong lajunya pembangunan ekonomi. Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi menjadi salah satu yang paling sering dipertimbangkan untuk menghindari problem makro ekonomi.

Adapun definisi serta perbedaan pertumbuhan ekonomi  dan pembangunan ekonomi yaitu perubahan pada satu aspek yaitu  peningkatan ekonomi dalam tatanan normatif, sedangkan pertumbuhan ekonomi yaitu  yang berkaitan dengan nilai inflasi, saham atau harga.


Definisi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Adapun definisi dari pertumbuhan ekonomi adalah terjadinya  kenaikan pada Produk Domestik Bruto (PDB) tanpa memperkirakan apakah berdampak kepada pertumbuhan atau pertambahan jumlah penduduk. Sedangkan Pembangunan ekonomi memiliki definisi sebuah proses multi dimensional terhadap perubahan sosial.

Jika demikian definisi, perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi secara kuantitas dan kualitas. Perkembangan definisi, perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi memiliki sumber daya alam yang dijadikan faktor faktor pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Adapun faktor faktor tersebut adalah Faktor ekonomi yang terdiri dari sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, keahlian atau kewirausahaan Faktor Non Ekonomi. Untuk faktor non ekonomi terdiri dari  sosial kultural, kondisi politik, perkembangan dan perubahan sistem yang berlaku, institusi atau kelembagaan.

Baca Juga: Perbedaan Bank Syariah Dan Bank Konvensional


Perbedaan Antara Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan kuantitas dan kualitas ekonomi adalah fakta yang saling mendukung untuk menyeimbangkan perkembangan diantara keduanya. Kuantitas menunjukkan pertumbuhan ekonomi sedangkan kualitas menunjukkan pembangunan ekonomi.

Salah satu tujuan suatu bangsa dalam aspek perekonomian adalah adanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Untuk itu perlu diketahui dan dipahami antara definisi, Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Adapun perbedaan tersebut adalah sebagai berikut

Pertumbuhan Ekonomi

kenaikan pendapatan nasional adalah wujud dari sebuah proses peningkatan kapasitas produksi yang disebut dengan pertumbuhan ekonomi untuk lebih detail proses pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari perbedaan ciri-ciri dibawah ini.

  • Economic growth atau yang sering disebut pertumbuhan ekonomi adalah suatu kondisi dimana kegiatan atau aktivitas perekonomian yang menyebabkan meningkat dan bertambahnya barang atau jasa yang diproduksi oleh masyarakat.
  • Pertumbuhan ekonomi di tandai dengan adanya kenaikan out put perkapita, dan dalam waktu jangka panjang.
  • Pertumbuhan ekonomi adalah merupakan sebuah proses dan bukan tentang gambaran keadaan ekonomi dalam waktu tertentu
  • Dalam Pertumbuhan Ekonomi ada 2 sisi yang harus menjadi perhatian yaitu out put total (GNP) dan sisi kedua adalah jumlah pendudukan
  • Dan pertumbuhan ekonomi adalah merupakan satu indikator adanya keberhasilan pembangunan.

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi selalu di identifikasi dengan peningkatan perkapitas masyarakat hal tersebut juga disebut dengan perubahan mendasar atau perubahan pundamental .

  • Economic of Development) yaitu upaya peningkatan taraf hidup keadaan suatu bangsa berdasarkan pendapatan per kapita yang riil.
  • Berikutnya Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses atau keadaan dimana terjadinya transisi dari yang sederhana menuju ke tingkat yang lebih maju (advance) .
  • Untuk pembangunan ekonomi perubahan yang tampak adalah proses multidimensional dimana harus melingkupi sikap masyarakat, struktur sosial, bahkan institusi nasional.
  • Pembangunan ekonomi menstimulasi atau merangsang peningkatan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita sebagai bentuk pertumbuhan ekonomi.
  • Dan yang terakhir bahwa pembangunan ekonomi selalu prosesnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan


Perbedaan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Antara Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

pertumbuhan ekonomi itu biasanya adanya peningkatan penambahan pada kegiatan produksi. Pertumbuhan ekonomi biasanya di topang oleh beberapa aspek seperti peningkatan aspek produksi, perkembangan teknologi dan pendidikan, peningkatan investasi, peningkatan pendapatan nasional, pertumbuhan kuantitas penduduk, kualitas manajemen. Selain definisi,Perbedaan Pertumbuhan ekonomi dan Pembangunan ekonomi terdapat perbedaan diantara keduanya.

Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Untuk memperjelas perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi dapat dilihat faktor pertumbuhan ekonomi dibawah ini :

  • Ketersediaan tanah dan kekayaan alam. Tanah dan kekayaan Alam adalah faktor utama  ketersediaan tanah dan kekayaan dalam faktor yang paling mempengaruhi jika tanah dan kekayaan alam tidak dapat di manfaatkan atau tidak tersedia maka produksi tidak akan berkembang.
  • Kualitas dan kuantitas mutu tenaga kerja dan penduduk. Kompetensi dan mutu kerja dan penduduk juga sangat mempengaruhi masyarakat yang lebih produktif, dan berkualitas akan meningkatkan hasil produksi.
  • Tingkat teknologi dan barang modal. Tingginya cost untuk suatu modal dan tingkat penguasaan teknologi  juga mempengaruhi. Faktanya jika barang modal bertambah maka produksi juga akan tinggi.
  • Gejala sosial atau sistem sosial dan sikap masyarakat. Kondisi atau keadaan masyarakat juga menjadi pengaruh oleh sebab itu keadaan ini harus diketahui keadaannya ada sebagian masyarakat yang masih menggunakan tradisional ada juga yang sudah advance atau lebih maju.

Faktor Pembangunan Ekonomomi

Dan untuk faktor faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut:

1. SDA (Sumber Daya Alam )

Sumber daya alam yang dimaksud dalam hal ini adalah tanah, air, udara beserta segala hal yang ada didalamnya. Dlam pengertian seluruh sumber daya yang tersedia dan bida dimanfaatkan.

2. SDM ( Sumber Daya Manusia )

Sumber Daya Manusia adalah SDM yang berkualitas, kompetitif, dan memiliki soft skill dalam mengembangkan kreatifitas Pemberdayaan sumber daya manusia bahwa pembangunan itu menjadikan manusia sebagai objek juga subjek sehingga dilakukan oleh manusia dan untuk kesejahteraan manusia itu sendiri. Sehingga manusia sebagai objek harus produktif menghasilkan produk yang kreatif dan memiliki daya saing dan jual yang tinggi .

4. Sumber Modal

Besar dan kecilnya modal juga menjadi faktor yang akan mempengaruhi. pertumbuhan ekonomi itu biasanya adanya peningkatan penambahan pada kegiatan produksi. Pertumbuhan ekonomi biasanya di topang oleh beberapa aspek seperti peningkatan aspek produksi, perkembangan teknologi dan pendidikan, peningkatan investasi, peningkatan pendapatan nasional, pertumbuhan kuantitas penduduk, kualitas manajemen

5. Infrastruktur

Keterkaitan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adanya infrastruktur yang tepat guna dan sasaran sehingga dapat mempermudah pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini yangg mengakibatkan berkembangan ekonomi sebagai alternatif penyerataan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi aktivitas perekonomian yang  berorientasi kepada pertumbuhan dan pembangunan yang berazaskan bersifat luhur memiliki unsur materi spIritual, unsur dunia bahkan sampai kepada unsur akhirat

6. Sosial Budaya

Pembangunan mandiri yang namanya mandiri bertujuan agar terhindar dari ketergantungan misal saja kita tidak bisa mengandalkan suatu negara untuk pasokan senjata misalnya harus mandiri sehingga dapat membutuhi kebutuhannya secara mandiri. Dan kondisi ini yang mengakibatkan berkembangan ekonomi  sebagai alternatif penyerataan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi aktivitas perekonomian berorientasi kepada pertumbuhan dan pembangunan yang berazaskan bersifat luhur memiliki unsur materi spiritual, unsur dunia bahkan sampai kepada unsur akhirat

7. Sistem pemerintah

Pembangunan kelanjutan tentunya memiliki perencanaan dan ukuran sehingga pembangunan tidak mubajir atau kurang tentunya berkelanjutan setahap demi tahap. Tidak bersifat besar di satu sisi dan sedikit disisi yngg satunya.

Peningkatan dan pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi juga dapat meningkatkan kepercayaan dunia akan keberadaan suatu bangsa. Baiknya kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan menjadi indikator yang paling di soroti dalam suatu bangsa. Pengembangan dan pemberdayaan manusia adalah menjadi subjek dalam aktivitas peningkatan ekonomi.

Definisi, perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi tidak saja fokus kepada penghasilan materi tetapi penguatan dan membangun sikap mental yang kuat. Dan dilakukan pengawasan terhadap perekonomian menjadi unsur penting dalam ekonomi islam, karena pada kenyataannya penyelewangan sering terjadi sehingga merugikan satu pihak dan menguntungkan pihak yang lainnya.

Jadi dibalik perbedaannya pertumbuhan dan  pembangunan ekonomi harus selalu beriringan agar perjalanannya tidak mengakibatkan ketimpangan, sehingga pelaksanaannya pertumbuhan maupun pembangunan memunculkan pola baru, metode, atau model model yang berbeda dan variatif.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Tinggalkan Balasan