Perbedaan Visi dan Misi

Perbedaan Visi Dan Misi

Perbedaan Visi dan Misi – Semua organisasi atau sebuah perusahaan pasti memiliki visi dan misi yang berbeda beda jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Visi dan misi ini dirancang atau dibuat saat suatu organisasi atau perusahaan didirikan. Yang menjadi sebuah pedoman atas proses dalam pengambilan keputusan.

Adanya visi dan misi dalam sebuah organisasi juga bisa menjadi karakter yang kuat dari organisasi serta proses yang akan terarah. Banyak orang awam yang tidak mengetahui apa perbedaan visi dan misi.

Walaupun sudah sering membaca contoh visi dan misi. Visi harus bisa menunjukkan keefektifannya agar mudah diingat dan dipahami. Dibawah ini adalah perbedaan visi da misi jika dilihat dari berbagai aspek.


Dilihat Dari Pengertiannya

Apabila dilihat dari namanya saja sudah berbeda apalagi pengertiannya. Untuk mengetahui perbedaan visi dan misi yang pertama adalah dengan cara definisi atau pengertian itu sendiri.  Banyak juga orang awam yang belum mengetahui apa pengertian dari visi dan misi.

Visi

Visi mempunyai pengertian yaitu suatu pandangan kedepan yang berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam suatu organisasi maupun individu. Dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi yang sudah dirancang di yang akan datang.

Visi juga yaitu sebuah kalimat yang di dalamnya merupakan sebuah harapan, ataupun cita-cita yang ingin dicapai organisasi itu. Kandungan dalam visi tersebut yang menentukan pandangan atau arah organisasi tersebut akan dibawa kemana dalam waktu yang lama. Biasanya visi ini dibuat oleh pendiri atau ketuanya. Visi juga dibuat dalam bentuk tulisan yang singkat, padat dan jelas.

Misi

Jika pengertian dari visi adalah tujuan yang ingin dicapai. Maka pengertian misi adalah suatu tindakan atau strategi yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Apabila visi menentukan pandangan ke depannya. Jika misi merupakan tujuan atau alasan kenapa berdirinya sebuah organisasi tersebut..

Dan yang akan menjadi pedoman untuk mencapai tujuan yang telah dibentuk. Apabila visi gaya penulisannya adalah secara singkat, jelas, dan focus. Maka misi memiliki gaya penulisan yang lebih lengkap dibandingkan visi. Atau juga yang menjabarkan visi tersebut, sehingga orang akan mudah memahaminya saat membacanya.


Ditinjau Dari Waktunya

Perbedaan visi dan misi juga dapat dilihat dari waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti  yang dijelaskan di atas bahwa jika visi merupakan sebuah tujuan untuk masa depan. Maka visi adalah sebuah tujuan dalam jangka panjang dan yang berorientasi pada masa mendatang. Dikarenakan untuk mencapai visi tersebut membutuhkan jangka waktu yang panjang.

Tujuan yang dituliskan pada visi harus juga berorientasi pada masa depan. Karena tujuan tersebut untuk jangka panjang yang harus dicapai organisasi pada masa mendatang. Jika visi adalah pencapaian untuk jangka panjang maka jika misi adalah sebaliknya. Misi membutuhkan waktu atau target yang dibutuhkan adalah jangka pendek.


Dilihat Dari Sifatnya

Pada umumnya visi dan misi memiliki sifat yang berbeda. Jika visi memiliki memiliki sifat yang permanen Karena dilihat dari waktunya visi untuk tujuan masa depan. Tetapi visi juga berkaitan dengan integritas atau jaminan  dan konsistensi suatu organisasi.

Maka misi memiliki sifat yang dapat diubah-ubah, tetapi tetap harus sesuai dengan visi. Tetapi bukan berarti jika visi tidak dapat diubah. Visi masih dapat diubah tetapi itu dalam jangka waktu yang panjang. Dan apabila visi tersebut sudah tercapai atau bahkan melampaui.


Bentuk Kalimat

Untuk melihat apa perbedaan visi dan misi bida juga dilihat dari bagaimana bentuk kalimatnya. Jika visi memiliki bentuk kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Karena tujuan tersebut nantinya agar mudah dipahami oleh anggota atau relasi organisasi itu sendiri.

Tetapi juga walaupun singkat dan jelas, kalimat dari visi tersebut juga harus dapat mewakili semua hal yang ingin dicapai. Visi juga dirangkai dalam bentuk kalimat yang sesederhana mungkin tapi tetap mencakup banyak hal.

Jika visi memiliki bentuk yang singkat tetapi jelas. Berbeda halnya dengan misi yang memiliki bentuk kalimat yang lebih panjang dibandingkan visi. Karena misi ini merupakan segala tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Misi juga memiliki bentuk kalimat yang panjang, karena misi adalah penjabaran dari visi.


Isi Atau Kandungan

Jika secara pengertian saja sudah berbeda maka kandungan atau isi yang harus terdapat dalam visi dan misi juga berbeda.  Secara pengertian visi itu berarti rencana atau goals yang ingin dicapai pada masa mendatang. Sehingga kandungan yang ada di visi dapat berupa pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum.

Maka sebaliknya misi mengandung kalimat yang memiliki sifatnya khusus dan lebih lengkap atau terperinci. Kandungan dari visi harus focus dan dirangkai dalam kalimat yang singkat dan padat. Isi dari misi juga harus tetap selaras dengan isi dari visi tersebut. Karena isi atau kandungan kedua hal tersebut masih berhubungan.


Pentingnya Visi Dan Misi

Banyak organisasi yang memandang bahwa menentukan visi dan misi tidak terlalu penting.  Adanya visi dan misi dalam sebuah organisasi adalah hal yang penting untuk berjalannya seluruh kegiatan. Setiap organisasi memiliki visi dan misi yang berbeda, dikarenakan setiap organisasi memiliki tujuan yang ingin dicapai pun berbeda. Visi dan misi juga akan menjadi landasan dasar dalam membangun organisasi kedepannya.

Setiap organisasi harus ada visi dikarenakan visi dapat menumbuhkan standar kegiatan yang akan dilakukan. Karena apabila anggota yang ada di organisasi memahami untuk satu tujuan yang sama. Dan dengan memiliki visi bisa dikatakan bahwa organisasi tersebut memiliki suatu keyakinan bahwa hal itu akan terjadi.

Dan jika visi dapat menumbuhkan standar organisasi semangat para anggota atau yang bersangkutan untuk mencapai tujuan tersebut. Maka misi adalah menolong untuk menyusun dan mencapai dari visi tersebut. Dan memikirkan bagaimana strategi agar tujuan tersebut tercapai. Dengan adanya misi dalam sebuah organisasi juga dapat menentukan apa yang harus dan dilakukan dan yang tidak penting untuk dilakukan.


Dilihat Dari Ciri-Cirinya

Jika visi memiliki ciri yang kalimatnya adalah singkat, sehingga akan mudah diingat. Walaupun tersebut tapi visi juga harus focus. Untuk kalimatnya sendiri biasanya akan lebih padat misi daripada visi. Karena jika visi kalimat yang digunakan singkat maka misi adalah sebaliknya.

Dikarenakan misi adalah yang menjabarkan lebih detail visi tersebut. Tetapi tetap misi pun ada aturannya . jika misi kepanjangan juga tidak akan bagus. Karena visi dan misi dibuat agar mudah diingat dan dijalankan. Kandungan yang ada di misi juga menjadi pelengkap dari apa yang tertulis di dalam visi tersebut.

Visi dan misi juga yang menjadi penentu dalam keberhasilan pencapaian dari rencana yang telah disusun. Jika sebuah organisasi tidak memiliki visi dan misi juga akan membatasi peluang majunya organisasi tersebut. Memang perbedaan visi dan misi adalah dua hal yang berbeda jika dilihat dari berbagai aspek. Namun dalam pelaksanaannya visi dan misi harus bisa saling melengkapi.

Perbedaan Visi dan Misi

Tinggalkan Balasan