Pidato Tentang Kebersihan

pidato tentang kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan – Pidato tentang kebersihan adalah pidato yang sebagian isinya menyampaikan tentang kebersihan. Bisa berbentuk motivasi, teguran bahkan ajakan. Pidato ini biasanya akan disampaikan Kepala Daerah, Kepala Sekolah atau Aparatur Desa di tempat-tempat yang disediakan.

Pidato dengan tema kebersihan ini bersifat ringkas dan jelas agar penyimaknya tidak bosan dan dapat jelas mendengar tujuan dari pidato tersebut.

Pidato seperti ini juga sebagai pemberitahuan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan dan juga ikut dalam kegiatan bersih yang dilakukan di beberapa tempat.

Ada beberapa macam pidato tentang kebersihan. Berikut adalah beberapa macam contoh pidato yang bertemakan kebersihan. Yuk simak!


1. Pidato Tentang Kebersihan Di Sekolah

Pidato Tentang Kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan Di Sekolah
Pidato ini disampaikan oleh Kepala Sekolah dengan guna mengajak seluruh anggota sekolah untuk menjaga kebersihan. Pidato ini biasanya disampaikan di hari-hari tertentu yang ditentukan sebagai hari bersih di sekolah.

Contoh :

Hadirin yang saya hormati dan anak-anak yang saya banggakan, lingkungan sekolah kita ini seharusnya dapat menjadi cerminan yang baik bagi diri kita. Budaya Indonesia yang mengutamakan kenyamanan membuat kita harus nya selalu menjaga lingkungan.

Alangkah tidak nyamannya jika sekolah yang sudah membuat kita nyaman ini dicemari dengan banyaknya kotoran serta sampah. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat di sekolah ini agar ikut menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih.

Dengan mengadakan hari bersih tiap minggu. Hal ini diberlakukan mulai minggu ini. Saya berharap seluruh masyarakat di sekolah dapat berpartisipasi. Demikianlah pidato yang saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih.

Baca Juga: Pidato Bung Tomo


2. Pidato Tentang Kebersihan Di Kantor

 

Pidato Tentang Kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan Di Kantor
Pidato kebersihan di kantor biasanya akan disampaikan oleh HRD, Manager ataupun atasan dari kantor itu sendiri. biasanya ini dilakukan ketika hari senin dan setiap kantor melakukan absen pagi. Penyampaiannya pun singkat, lugas dan informatif sehingga pidato ini dapat tersampaikan dengan baik.

Contoh :

Selamat pagi. Pada hari ini, saya ingin menyampaikan sedikit pidato mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan kebersihan di sekitar lingkungan kantor kita ini. Sehubungan dengan adanya pemberitahuan dari Pemerintah tentang menjaga kebersihan lingkungan kantor.

Maka, mulai minggu ini akan diberlakukan Jumat Bersih sebagai rangka dalam bersih-bersih seluruh kantor. Seluruh staff dan manager tiap divisi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Mulai dari pembersihan ruang kerja, meja kerja, ruang rapat, hingga lapangan parkir. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan rasa tanggung jawab serta solidaritas yang sempat hilang selama beberapa waktu ini.

Saya harapkan kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi kita agar menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya. Jangan lupa selalu utamakan kebersihan lingkungan sekitar dimanapun kita berada.

Selain itu, mulai dari hari ini akan disediakan kotak sampah di setiap meja dan sudut area kantor sehingga tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah di sembarang tempat. Saya rasa cukup pemberitahuan pagi ini, Sekian dan terima kasih.


3. Pidato Tentang Kebersihan Di Kantor Aparatur Desa

Pidato Tentang Kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan Di Kantor Aparatur Desa
Pidato tentang kebersihan ini akan ditemukan di kelurahan maupun kantor Kepala Desa dimana biasanya mereka melakukan penyampaian pidato ini ketika Senin Apel. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan sikap bertanggung jawab pada kebersihan ke seluruh pegawai.

Contoh :

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua. Sehubungan dengan Senin Apel pagi ini, saya ingin menyampaikan tentang kebersihan kantor kita.

Sehubungan dengan adanya pemberitahuan tentang menjaga kebersihan dari Dinas terkait, maka saya akan memberlakukan hari Jumat sebagai hari Jumat bersih. Seluruh aparatur desa diharapkan ikut serta terutama para pegawai yang dinas di lapangan.

Diharapkan agar ikut serta dalam kegiatan ini terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaannya. Selain itu, kebersihan dapur serta kamar mandi juga harus dijaga. Mulai hari ini, akan disediakan tisu di setiap kamar mandi serta sabun cuci piring di dapur.

Hendaknya bagi para pegawai yang memakai peralatan dapur, segera dibersihkan dan ditaruh kembali di tempatnya. Lalu, untuk pakaian pada Jumat Bersih, kita akan memakai pakaian olahraga dan untuk pakaian batik diganti pada hari Kamis.

Ini bertujuan agar memudahkan ruang gerak para pegawai. Saya rasa cukup sekian pemberitahuan pagi ini. Selamat pagi.


4. Pidato Tentang Kebersihan Di Acara Car free Day

Pidato Tentang Kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan Di Acara Car free Day
Pidato tentang kebersihan ini biasanya disampaikan oleh Walikota setempat. Guna meningkatkan rasa mawas diri pada seluruh masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar.

Contoh :

Selamat pagi dan salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua. Salam bahagia di Minggu cerah ini. Marilah kita panjatkan puji dan juga syukur kita atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan nikmat sehat sehingga kita bisa berkumpul kembali disini.

Senang rasanya dapat bertemu dan bertegur sapa kembali dengan masyarakat kota yang sangat saya hargai dan cintai ini. Beberapa hari yang lalu, saya baru saja menambah personil anggota kebersihan di seluruh area pusat kota.

Hal ini ditujukan agar menciptakan kota yang bersih dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Masalah ini tidak henti-hentinya selalu saya bahas ketika Senin Apel maupun Jumat bersih.

Ini agar mengingatkan kita selalu agar selalu ingat untuk menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap bersih. Perlu kita ingat, bahwa lingkungan hidup ini bukanlah tempat bagi manusia saja. Ada makhluk hidup lainnya yang ikut tumbuh serta berkembang biak di sekitar kita.

Sebagai makhluk yang lebih sempurna dari yang lainnya, hendaknya kita lah yang menjaga kebersihan lingkungan ini. Dengan membudayakan diri sendiri membuang sampah pada tempatnya terlebih dahulu.

Sebagaimana yang terlihat di sekeliling kita, sudah banyak tersedia tempat sampah dengan 3 klasifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis sampah, mulai dari sampah yang basah, sampah yang kering juga sampah plastik.

Hal ini bertujuan agar seluruh masyarakat dapat ikut andil dalam perubahan untuk kota kita yang tercinta ini. Hal ini harus diperbaiki sejak dini dengan membuang sampah plastik pada tempatnya. Dengan cara ini, maka perubahan akan terlihat di sekitar kita.

Karena sampah plastik beberapa waktu belakangan merupakan momok yang mencemari lingkungan. Indonesia berada di urutan negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia sehingga hampir keseluruhan sampah yang dimiliki oleh Indonesia adalah plastik. Sebagaimana yang kita ketahui, plastik adalah sampah yang susah didaur ulang dan susah melebur dengan tanah.

Butuh jutaan tahun untuk menyelesaikan persoalan sampah plastik ini. Dan seharusnya, tidak membutuhkan jutaan tahun untuk merubah kebiasaan kita. Dengan memulai dari hal yang paling kecil dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan serta mengurangi pemakaian plastik di kehidupan sehari-hari.

Hal ini akan berdampak baik pada kehidupan kita jika terus dibudayakan. Masyarakat yang saya hargai, kebersihan ini haruslah kita budayakan pada diri sendiri. sebagaimana yang kita tahu, bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Sebagai manusia yang beriman, haruslah kita menjaga kebersihan bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Selain untuk menjaga lingkungan, kebersihan akan mengingatkan kita bagaimana seharusnya manusia beriman bersikap.

Akhir-akhir ini banyak berita yang menampilkan tentang bagaimana alam sudah mulai murka dengan makhluk hidup di sekitarnya. Contohnya saja tanah longsor, jalan yang tiba-tiba ambles dan lainnya.

Hal itu sebagai pengingat untuk manusia bahwa alam ini juga ikut hidup dan tumbuh bersama kita. Alam juga akan merasakan sakit jika tidak dijaga dan dirawat seperti tubuh kita. Alam juga akan bersedih jika manusia berperilaku sembrono dalam menjaga lingkungan.

Untuk itu, marilah kita membudayakan kebersihan sejak dini. Sejak masih kanak-kanak, untuk mengenalkan arti kebersihan kepada diri sendiri maupun orang lain. Agar kelak alam tetap bersahabat pada kita maupun anak dan cucu kita kelak.

Mulailah dari yang terkecil dahulu seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mencemari lingkungan. Saya harap, pidato singkat ini dapat menjadi renungan bagi saya dan masyarakat sekalian.

Saya akhiri pidato ini dengan wabillahi taufik wal hidayat, wassalamualaikum  wr. wb.

Baca Juga: Pidato Perpisahan Sekolah


5. Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Hidup

Pidato Tentang Kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Hidup
Pidato tentang kebersihan yang satu ini pastinya selalu didengar oleh khalayak ramai. Lingkungan hidup adalah salah satu tema yang sering diangkat ketika membahas tentang kebersihan.

Pidato ini bisa saja disampaikan oleh siapapun. Termasuk kelompok anak muda pecinta kebersihan.

Contoh :

Selamat pagi dan salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua.

Senang rasanya dapat bertemu kembali dengan para rekan sejabat dimana hari ini kita akan kembali menggalakkan acara bersih-bersih setiap minggu. Acara ini sudah kita selenggarakan selama beberapa tahun belakangan ini.

Sudah banyak perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar ini karena kegiatan kita. Saya ingin membahas tentang lingkungan hidup di sekitar kita dimana kesadaran tentang kebersihan masih sangat kurang sekali.

Kesadaran tentang lingkungan masih sangat harus diperhatikan terutama pada kaum anak muda. Banyaknya kurang kesadaran terhadap sampah plastik, kini semakin membahayakan alam sekitar kita.

Sebagaimana yang diketahui oleh kita, sampah plastik adalah jumlah populasi sampah terbesar yang mencemari lingkungan kita. Sampah plastik adalah sampah yang paling sering ditemui di sekitar kita.

Mengapa? Karena masih banyaknya kaum anak muda yang meremehkan sampah plastik ini. Sebagai contohnya adalah pemakaian botol plastik dalam pembelian minuman mineral atau penggunaan sedotan plastik.

Seharusnya budaya seperti ini mulai digantikan dengan tumblr serta sedotan besi yang dapat dipakai kembali. Hal ini akan meminimalisir sampah plastik yang ada di Indonesia. Namun, kesadaran ini masih sangat kurang di antara kaum anak muda.

Seharusnya, organisasi kecil seperti kita ini mengadakan kampanye penting mengenai hal ini. Dengan menggalakkan pemakaian tumblr dan sedotan besi atau alumunium.

Kampanye ini akan kita lakukan setiap minggu pagi sehingga pada acara car free day nanti, para anak muda dapat mendengarkan kampanye kita. Sebagai contoh, kita juga harus melakukan pemakaian yang sama.

Karena perubahan ini harus dimulai dari sendiri. jadi, mulai besok kita harus merubah pemakaian botol dan sedotan plastik menjadi botol dan sedotan yang dapat didaur ulang. Kampanye juga harus kita sebarkan melalui social media serta surat kabar agar mengajak partisipan lebih banyak lagi.

Saya rasa cukup sampai disini pidato ini saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah-salah kata selama saya berucap. Terima kasih dan selamat pagi.

Itulah beberapa macam contoh pidato tentang kebersihan yang bisa dijadikan referensi untuk berpidato didepan umum. Isi pidato tidak perlu terlalu panjang, yang penting singkat, padat, dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh banyak orang. Jadi, akan ada banyak orang yang mengambil langkah setelah mendengar pidato kebersihan tersebut.

Pidato Tentang Kebersihan

Tinggalkan Balasan