Puisi Lucu

Puisi Lucu

Puisi Lucu – Karya sastra tidak harus selalu mengusung tema-tema berat yang memerlukan proses berpikir untuk mencerna maksud yang coba disampaikan. Ada kalanya karya sastra dibuat untuk memberikan hiburan tersendiri.

Misalnya seperti puisi-puisi lucu di bawah ini, yang dibuat untuk menyenangkan hati penulis dan pembacanya. Hal-hal yang membuat lucu, tentunya akan membuat siapa saja yang mendengarnya akan tertawa terpingkal-pingkal.

Namun jangan salah, hal-hal yang lucu bukan hanya bisa diperdengarkan saja, lebih dari itu puisi lucu pun akan  membuat siapa saja yang membacanya akan tertawa terpingkal-pingkal.


Puisi Lucu Tentang Cinta

Puisi Lucu

Tema cinta sering diangkat ke dalam berbagai karya sastra, tak terkecuali pula pada puisi lucu. Meski tentu saja ada yang berbeda dengan puisi bertemakan cinta dengan sentuhan perasaan melankolis. Berikut adalah beberapa puisi tentang cinta yang lucu dan menghibur:

 


1. PDKT Oleh Anak MIPA

Cinta adalah penggunaan unsur kimia yang ada dalam otak, kata anak kimia

Makhluk sepertimu.. sungguh aku ingin tahu, kata anak biologi

Bagaimana kalau kita kalkulusan bareng? Tanya anak matematika

Hal-hal yang tidak boleh dipercaya: prakiraan cuaca, statistik, dan anggapan bahwa masuk kuliah kamu akan langsung dapat pacar, kata anak statistic

Fisika itu murni soal fisik! Seru anak fisika

 


2. Sebuah Puisi Cinta Dari Anak Akunting

Wahai kekasih hatiku,

Debetlah seluruh cintaku pada neraca hati milikmu

Akan kujurnal semua transaksi rindu

Hingga tebalnya menyamai laporanku

Wahai kasih hatiku

Tunjuklah aku sebagai manajer investasi cintamu

Akan ku-hedging seluruh kasih dan sayangmu

Pada setiap lembar portofolio hatiku

Apabila masa jatuh tempo tiba

Jangan pernah kau retur indahnya kenangan kita

Biar saja bersemanyam di Reksadana asmara

Sibuk berkelana antara Aktiva dan Passiva

Wahai sang mutiara kalbu,

Rekonsiliasikanlah hatimu dan hatiku

Buatlah seimbang neraca saldo milik kita

Yang membungkus laba rugi milik berdua

Dan cerahkanlah laporan arus kas kita, untuk selamanya..

Jika di hari closing nanti, kecocokan saldo tak juga terjadi

Mungkin, cinta kita berdua perlu dijurnal balik..

 


3. Puisi Cinta Anak Matematika

Kala aku berjumpa dengan eksponen jiwamu

Sinus dan kosinus hatiku bergetar

Membelah rasaku

Semua diagonal ruang hatimu

Bersentuhan dengan seluruh diagonal ruang hatiku

Jika aku adalah jawaban dari akar-akar persamaan x1 dan x2

Maka dirimulah jawaban dari akar-akar persamaan dari 2×1 dan 2×2

Akulah sang binatang jalang

Dari kosongnya himpunan yang terabaikan

Kaulah integrasi dari belahan jiwaku

Kau pula jadi kodmain dari fungsi hatiku

Ke mana lagi harus kucari modulus vector hatimu

Dengan besaran apa pula harus kunyatakan cintaku

Kutatap variabel pada dua matamu

Yang bagaikan dua ellipsoid

Sedang hidungku bagai asimptot hiperbola

Dan kulihat grafik kosinus di bibirmu

Modus ponen, podue tollens…

Tak tahu harus dengan modus apa kusingkap logika hatimu

Beribu matriks ordo 2×2 telah kutempuh

Bagaimana harus kungkap adjoinku padamu

Kususuri tiap barisan geometri tak terhingga

Kutempuh tiap deret aritmatika tak berakhir

Akhirnya kutemukan determinan dari matriks hatimu

Tepat ketika jarum panjang dan pendek berhimpit, pada 10.54

 


4. Antara Persahabatan Dan Cinta

Cinta adalah sebuah harta yang berharga

Lebih daripada emas nilainya tak terkira

Persahabatan adalah harta yang lebih berharga

Yang mampu dimiliki oleh manusia

Cinta dan persahabatan…

Keduanya tak ternilai harganya

Ah, andai saja aku tahu dari dulu

Kujual saja semua cinta dan sahabatku

 


Puisi Lucu Humoris

 

Puisi Lucu

Puisi lucu ditulis dengan menyuguhkan humor untuk membuat pembaca (dan penulisnya sendiri) tertawa. Humor yang disisipkan ke dalam puisi tidak jarang dituliskan dengan menggunakan metafora dan majas, sehingga dibutuhkan kepekaan untuk mencerna maksudnya. Berikut adalah beberapa puisi lucu yang penuh humor:

 


1. Aku

Akulah karyawan terajin sedunia

Berani berkorban tidak nonton Piala Dunia

Meski hati merana dedikasi tetap tinggi

Meski hari sabtu pun tetap berdasi

Akulah karyawan yang layak dapat promosi

Yang terdahulu mengisi daftar absensi

Di antara semuanya akulah yang terajin

Bahkan teman tak masuk pun ‘ku absenin

Sebelum jam delapan sudah masuk kantor

Tanpa lupa membeli koran di depan

Berita koran penuh dengan koruptor

Kenapa aku tak dapat jatah bagian?

Zaman sekarang, hidup benar-benar tidak aman

Pake ponsel di mobil langsung ditodong kapak merah

Itulah kenapa aku tak membeli mobil atau ponsel

Akulah karyawan yang penuh setia

Sedari peletakan batu pertama, aku pula yang jadi kulinya

Jaringan komputer kantor, aku juga yang jadi bagian IT-nya

Bahkan sampai kantor diledakkan, akulah dalangnya!

 


2. Sandal Sejati

Selalu setia aku menemani di tiap langkahmu

Selalu teguh aku menopang berat tubuhmu

Selalu tabah kala kau tak membutuhkanku

Tak peduli terbuang, terbalik, hingga terjepit di bawah lemari

Karena akulah sang sandal sejatimu

 


3. Bayangmu

Bayangmu selalu hadir di tiap malamku

Ketika suasana berubah horror dan mencekam

Bayangmu pun hadir dalam mimpiku

Ketika aku bermimpi buruk

Bayangmu selalu menemani di kala sepiku

Ketika aku merasa sendiri dan ketakutan

Tak kuasa, aku pun bertanya-tanya

Kamu itu kekasihku atau hantu?

 


4. Jerawat

Oh, jerawat…

Kau tumbuh sampai menutupi jidat

Kau buat wajahku serasa pekat

Kalau kupijat wajahku kan terlihat pucat

Oh, jerawat…

Karenamu hari-hariku kian berat

Karenamu wajahku bagai tak terawat

Kalau berkaca ingin rasanya cermin itu kusikat

Oh, jerawat…

Kau terus saja bertambah sampai menjerat

Kau jadi alasan aku berani berbuat nekat

Kalau kubiarkan wajahku bisa sekarat

Oh, jerawat…

Kini tampangku kian berkarat

Kupencet satu maka kan muncul empat

Kupencet di jidat langsung muncul di pantat

Dasar jerawat!

 


5. Kentut

Kentut, hal tak berwujud atau pun bernyawa

Hanya ada baunya saja

Tak berbahaya namun dijauhi

Ramah namun tak ada yang mau mendekati

Kalau berbunyi keras itu jujur

Kalau lirih tak berberbunyi itu pemalu

Kalau keluar semua sekaligus itu berjiwa besar

Kalau setengah-setengah itu hemat

Orang Inggris kentut akan berkata, “Excuse me,”

Orang Amerika kentut akan berkata, “I’m sorry,”

Orang Indonesia kentut akan berkata, “Not me… not me,”

Kentut itu seru

Asyiknya kalau dikumpulkan, ditahan

Lalu ledakkan keras-keras di tengah kelas

Buat semua teman tertawa

Atau malah jadi gila

Kentut itu bagai persahabatan

Hangatnya terasa dan begitu tercium langsung tahu dia ada

Yang selalu menemani hidup kita

Kentut itu tandanya sehat

Banyak kentut itu dahsyat

Kentut, berhati-hatilah saat melepasnya

Bertubi-tubi adalah bukti habis makan ubi

Berair adalah bukti mencret

Kentut itu bagaikan slogan pertemanan

‘nggak ada lo nggak rame’

Disegani, dikucilkan, tapi sering pula dirindukan~

 


6. PERHATIAN

Aku pria, dia wanita

Kami berdua saling mengenal

Aku pun naksir padanya, maka kubertanya

“Maukah kau menjadi istriku?”

Dia mengangguk tanda setuju

“Tapi ada syaratnya,” tuturnya

“Katakan saja apa yang kau pinta,” ujarku

“Aku ini butuh banyak perhatian,” akunya

“Hanya itu saja?” yakinku

“Ya, hanya itu saja… PERhiasan, HArta, Tabungan, Investasi, dan warisAN.” Jelasnya

“Jadi kapan kau akan menemui orangtuaku?” tanyanya kemudian

Tak berani menjawab, aku segera berbalik kanan dan bubar jalan…

Takut akan PERHATIAN

 


7. Takut

Sewaktu duduk berdua denganmu

Aku merasa gelisah

Tak tahu apa yang kurasakan saat itu

Hanya saja aku tahu, ada yang aneh

Hidungku menangkap bau yang tak enak

Menyengat hingga ujung rambuku pun merasa

Baunya begitu busuk sampai menusuk

Tapi tak berani aku menatapnya

Ingin sekali aku melirikmu

Tapi rasanya aku malu dan takut

Jujur, ingin kutanyakan sesuatu

Apa barusan kau yang kentut?

 


8. Lampu Bolam

Diam sejenak dalam pejam

Membelakangi tatap dalam kaca duga

Beribu tanya dan harap menikam

Membekap semua gelap membuta

Asa terpaku bertatap ragu

Meraba celah dalam mencari arah

Sebab nyata detik terus melaju

Tertipu oleh oase tengah

Senyum tersungging menjadi debu

Canda memeluk hangat jadi terpaku

Bersurat aku pada malamku

Andai harap palsu kan mencaciku

Bekap mataku tidak dengan gelapmu

Dekaplah dengan tatap indah bolammu

Aku hanya ingin miliki indah sinarmu

Tak hentinya bergulir doa agar listrik mengalir, menyalakan lampu bolamku

 


Berbagai Kumpulan Puisi Lucu

Puisi Lucu

Bagi orang yang senang membaca, tentunya perlu juga membaca ringan yang bisa bikin tertawa dan perut menjadi geli. Salah satu bacaan yang bisa dibaca adalah puisi lucu.

Berikut ini merupakan kumpulan puisi lucu yang akan membuat siapa saja terpingkal-pingkal saat membaca puisi lucu ini dan bisa menjadi obat penghilang stres paling mujarab ketika membaca puisi lucu:

 


1. Aku

Akulah karyawan yang sangat rajin di dunia

Buktinya berani berkorban tidak nonton piala dunia

Meskipun hati ini sangat merana namun tetap senantiasa berdedikasi

Meskipun setiap hari sabtu aku masih saja tetap berdasi

Karena akulah yang sangat pantas untuk mendapat promosi

Yang paling patut ditiru, akulah yang selalu awal mengisi daftar absen

Dan di antara reka-rekan yang lain, oh jangan tanyakan. Tentunya aku yang paling rajin

Rekan-rekan yang tidak masuk, aku absenkan mereka

Setiap pukul 08.00 teng, aku sudah masuk kantor

Dan tidak lupa aku pun membeli koran untuk dibaca

Setiap lembaran koran yang ku baca, terdapat banyak berita para koruptor

Dalam hati, kenapa aku tidak pernah kebagian?

Hidup di zaman sekarang, memang benar-benar tidak aman

Pake handphone di dalam mobil, di luar mobil digedor-gedor dengan kapak merah

Hal itulah yang membuat aku tidak membeli handphone dan mobil

Akulah, akulah karyawan yang paling setia

Dari pertama peletakkan batu pertama kantor ini, akulah yang menjadi kulinya

Sampai kantor ini punya jaringan komputer, akulah yang menjadi net adminnya

Dan sampai kantor ini diledakkan, akulah yang menjadi otaknya

 


2. Sandal Sejati Yang Tak Pernah Henti Menemani

Aku yang senantiasa setia menemani setiap gerakan langkah kakimu

Aku yang senantiasa teguh menopang setiap berat dari tubuhmu

Dan aku yang senantiasa tabah jika kau tidak memerlukanku lagi

Tidak peduli jika aku terbuang, terbalik, terjepit oleh kaki-kaki lemari

Karena aku adalah sandal sejati yang tak pernah henti menemani

 


3. Cairan Putih

Aku senantiasa tersanjung saat melihat kecantikan serta keindahan yang ada pada dirimu

Pancaran cahaya yang keluar dari matamu membuat aku senantiasa ingin memandangmu

Senyum manis beserta tawa yang kamu keluarkan membuat aku senantiasa mengingatmu

Namun aku juga senantiasa melihat cairan putih yang selalu menghias bibir tipismu

Yang membuat aku senantiasa terdiap tanpa mengeluarkan sepatah kata

Namun dalam hati senantiasa bergumam “ih, kamu ngiler ya. Cantik-cantik kok ngiler”

 


4. Puisi Lucu Ala-Ala Anak Fisika

Tentunya archimedes dan newton tidak pernah akan mengerti

Akan medan magnet yang senantiasa berinduksi di antara kita berdua

Einstein dan edison pun tidak akan pernah sanggup merumuskan E=mc2

Ah, dan itu semua tidak sebanding dengan cintaku padamu

Pertama kali bayangan indah wajahmu tepat jatuh di fokus hatiku

Nyata, tegak, diperbesar dengan kekuatan lensa yang super duper maksimum

Bagaikan tetes minyak mili yang akan jatuh di ruang hampa udara

Cintaku akan tetap lebih besar daripada bilangan avogadro

Meskipun jarak kita seperti halnya matahari dan pluto saat sedang aphelium

Namun amplitudo gelombang hatimu senantiasa berinfestasi dengan hatiku

Bagaikan seindah gerak harmonik yang sempurna tanpa dipengaruhi gaya pemulih

Kita bagai kopel gaya dengan kecepatan angular yang tidak pernah terbatas

Energi mekanik cintaku tidak akan pernah terbendung oleh fiksi

Sedangkan energi potensial cintaku tidak terpengaruh oleh tetapan gaya apapun

Dan energi kinetik cintaku senantiasa = -mv~

Bahkan hukum kekekalan energi pun tidak dapat mendingin hukum kekekalan yang terjadi di antara kita

Lihatlah hukum cinta kita olehmu

Momen cintaku senantiasa tegak lurus dengan momen cintamu

Menjadikan cinta kita seperti titik ekuilinrium yang sangat sempurna

Dengan inersianya yang tidak pernah akan terhingga

Dan tidak akan tergoyahkan oleh impuls atau pun oleh momentum gaya sekali pun

Inilah yang disebut dengan resultan momentum cinta kita

 


5. Puisi Lucu Anak Akunting

Duhai kekasihku yang tidak ada dua

Tetaplah debet cintaku di dalam neraca hatimu

Dan akan senantiasa ku jurnal setiap transaksi rindu dari dirimu

Sampai setebal laporan keuangan yang senantiasa ku buat

Duhai kekasihku yang tidak ada dua

Jadikanlah aku sebagai manager cintamu

Dan akan ku hedging semua kasih beserta sayangmu

Disetiap lembaran-lembaran portofolio yang ada di hatiku

Apabila masa jatuh tempo sudah tiba saatnya

Janganlah kau meretur setiap kenangan indah yang sudah kita lalui bersama

Biarkanlah ia bersemayam di reksadana asmara kita berdua

Dan biarkanlah ia berkelana di antara aktiva beserta passiva

Duhai mutiara kalbuku yang tidak ada dua

Hanya engkaulah satu-satunya master budget hatiku

Inventorynya cintaku yang sangat syahdu

Biarlah ia bersemayam di Reksadana asmara

Dan general ledgerku yang tidak pernah lekang ditelan oleh waktu

Duhai cintaku yang tidak ada dua

Rekonsiliasikanlah antara hatiku dan hatimu

Dan seimbangkanlah antara neraca saldo di antara kita berdua

Yakni yang membuat laporan laba rugi kita

Serta cerahkanlah laporan arus kas kita bersama selamanya

Dan jika hari closing nanti tiba, maka tidak ada kecocokan saldo di antara kita berdua

Mungkin itulah pertanda bahwa cinta kita mesti di jurnal balik

 


6. Puisi Lucu Versi Anak Matematika

Disaat aku mulai bersua dengan eksponen jiwamu

Sinus konsinus yang ada di dalam hatiku mulai bergetar hebat

Membelah rasa diantara diagonal-diagonal yang ada pada ruang hatimu

Dan bersentuhan dengan diagonal-diagonal yang ada pada ruang hatiku

Jika aku adalah persamaan dari akar-akar x1 dan x2

Maka engkaulah yang menjadi persamaan dari akar 2×1 dan 2×2 nya

Aku ini merupakan binatang jalang

Dari himpunan-himpunan yang kosong

Sedangkan engkau, engkau adalah integrasi belahan dari jiwaku

Engkaulah kodmain dari fungsi hatiku

Kemanakah harus ku cari modulus vektor yang ada di dalam hatimu?

Duhai kekasihku, harus dengan besaran apakah lagi aku menyatakan besarnya cintaku ini?

Setiap hari, ku lihat variabel dimatamu

Mata yang bagaikan 2 elipsoid

Sedangkan hidungku bagaikan asimptot-asimptot hiperbola

Dan setiap hari pula, aku senantiasa melihat grafik cosinus dimulutmu

Entah harus dengan modus apa lagi ku singkap logika hatimu

Sudah beribu-ribu matriks ordo2x2 aku tempuh

Lalu bagaimana lagi aku mengungkap adjoinku padamu

Ku jalani tiap barisan-barisan geometri yang tak hingga jumlahnya

Dan tiap barisan aritmatika yang tak terhitung

Akhirnya aku bisa menemukan deerminan matriks hati mu

Yakni tepat saat jarum jam yang pendek dan panjang berimpitan tepat pada pukul 10.47

 


7. Bayanganmu

Bayanganmu senantiasa hadir disetiap malam-malamku

Saat suasana mulai semakin horor

Serta semakin sangat mencekam

Bayanganmu senantiasa hadir disetiap malam-malamku

Disaat aku bermimpi buruk pun

Bayanganmu senantiasa menemani dalam sepi panjangku

Dan disaat aku mulai merasa sendiri serta ketakutan

Aku pun tidak kuasa lagi menyimpan tanya

Kamu itu benar pacarku atau hantu sih?

 


8. Seharusnya

Seharusnya, detik ini aku sedang memelukmu

Merasakan dekapan hangat setiap tubuhmu

Dan menyatukan jiwa yang mengalirkan gelora cinta

Namun semua itu tidak aku lakukan

Karena aku tidak kuat mencium bau badanmu

Kamu itu belum mandi dari pagi ya?

Dan seharusnya detik ini aku sedang menatapmu dengan penuh kelembutan

Serta menikmati teduh matamu yang layu

Seperti halnya pertunjukan yang ada disinetron-sinetron

Tapi semua itu tidak ku lakukan

Karena terdapat kotoran di sudut-sudut matamu

Kamu itu belum cuci muka dari bangun tidur ya?

Seharusnya detik ini aku sedang melumat bibir tipismu

Dan melepaskan getar-getar gairah yang ada di dalam dada

Melepaskan setiap harsat yang bergejolak

Yakni yang memacu kinerja jantung

Namun semua itu tidak aku lakukan

Karena mulutmu sangat bau jengkol

Kamu belum gosok gigi yah saat selesai makan jengkol?

 


9. Cemberut

Duhai kekasihku, janganlah kamu suka cemberut

Nanti muka imutmu menjadi berkerut

Seperti halnya orang yang sedang sakit perut

Mengeliat-geliat seperti tikus cecurut

 


10. Badanmu

Merahnya warna buah ceri, tidak semerah warna bibirmu

Putihnya boneka salju, tidak seputih warna kulitmu

Halusnya benang sutra, tidak sehalus rambut panjangmu

Namun, baunya bunga bangkai, tidak sebau badanmu

 


11. Jerawat

Jerawat oh jerawat

Engkau tumbuh semakin subur menutupi lebarnya jidatku

Engkau pun membuat mukaku semakin terasa pekat

Jika ku pijat mukaku, maka ia akan langsung pucat

Jerawat oh jerawat

Karena engkau, hari-hari yang ku lewati semakin bertambah berat

Karena muka ku sudah seperti tidak terawat lagi

Jika aku berkaca, ingin rasanya cermin yang ada dihadapanku aku sikat

Jerawat oh jerawat

Kenapa engkau terus bertambah seolah-olah semakin menjerat

Dan engkau pun bisa menyebabkanku semakin berbuat nekat

Jika ku biarkan engkau terus menerus, maka mukaku pasti akan sekarat

Jerawat oh jerawat

Kini tampangku semakin kian berkarat

Apabila ku pencet satu, maka timbullah empat

Jika ku pencet di jidat, maka timbullah di pantat

Dasar engkau jerawat

 


12. Kentut

Kentut oh kentut

Dia memang tidak berwujud serta tidak bernyawa

Namun baunya tetap terasa

Dia memang tidak berbahaya namun tetap saja ia dijauhi

Dia memang sangat ramah sekali namun tetap saja ia tidak didekati

Kalo bunyinya ia terdengar keras, berarti ia jujur

Akan tetapi jika suaranya sangat pelan bahkan tidak terdengar, berarti ia pemalu

Jika keluar sekaligus berarti ia berjiwa besar

Namun jika keluar setengah-setengah berarti ia hemat

Kentut oh kentut

Jika orang Inggris kentut, mereka bilang “excuse me”

Sedangkan jika orang Amerika, mereka bilang “pardon me”

Namun jika orang Indonesia, mereka bilang “not me, not me”

Kentut, engkau itu sangat seru

Asyiknya saat dikumpulkan dan ditahan

Lalu diledakkan keras-keras di tengah-tengah ruangan kelas

Agar teman-teman menjadi tertawa

Atau bahkan bisa saja menjadi gila

Kentut oh kentut

Seperti halnya persahabatan

Hangatnya sangat terasa

Begitu tercium, orang-orang tahu ada dia

Yang senantiasa menemani hidup kita bersama

Kentut oh kentut

Jika tidak kentut, maka berarti tidak sehat

Jika banyak kentut, berarti tandanya itu dahsyat

Kentut oh kentut

Berhati-hatilah disaat melepaskannya

Jika suaranya terdengar bertubi-tubi maka pertanda sudah makan ubi

Apabila berair pertanda jika sedang mencret

Kentut oh kentut

Jika tidak ada engkau maka hidup tidak akan rame

Akan tetapi jika ada engkau malah keramean

Selalu disegani, dikucilkan, namun sangat ngangenin

Maka dari itu, kami senantiasa menyukaimu sampai kapan pun

Prettttttt

Woy siapa itu yang kentut

 


13. Perhatian

Aku ini seorang cowok, dan dia seorang cewek

Aku pun mengenalnya, begitu pun dia mengenalku

Dan aku pun naksir padanya lalu bertanya

Apakah kamu mau menjadi calon istriku?

Dia pun mengangguk itu berarti tanda setuju

Namun ada syaratnya, katanya

Sebutkanlah apakah syaratnya!

Aku butuh banyak sekali perhatian, katanya

Hanya itu saja, kataku

Ia hanya itu saja, Perhiasan, Harta, Tabungan, Investasi, serta Warisan, katanya

Jadi kapankah kau akan melamarku, sambungnya

Aku pun tidak menjawab, lalu membalikkan badan dan berkata aku takut akan perhatian

 


14. Persahabatan Dan Cinta

Cinta merupakan sebuah rasa yang sangat berharga

Melebihi dari emas yang tiada terkira

Persahabatan pun juga merupakan harta yang paling berharga

Yang dimiliki oleh setiap manusia

Cinta dan persahabatan tidak bisa dipisahkan

Mereka sesuatu yang tidak ternilai

Ah, andai saja aku mengetahuinya dari dulu

Sudah ku jual semua sahabat-sahabat dan cintaku.

 


15. Puisi Anak Elekrtoik

Sejak pertama kali aku bertemu denganmu

Aku tahu, bahwa kamulah yang ku nanti-nanti selama ini

Lihatlah, disetiap kali aku memandangmu

Ampremeter beserta volmeter cintaku ini senantiasa menunjukkan skala penuh

Bukan hanya itu saja, gelombang-gelombang di osiloskop hatiku ini pun bergerak tidak karuan

Setiap kali aku mendekatimu

Hatiku senantiasa bergetar lebih dahsyat dari getaran turbin yang sedang membangkitkan arus AC tiga fasa yakni 220 volt 50 Hertz

Namun bila engkau jauh dari sisiku

Aku bagaikan komputer digital tanpa sebuah mikroprosesor

Atau bagaikan sebuah rangkaian pemancar yang tanpa catu daya

Karena hanya kamu lah yang bisa me recharge kekosongan muatan kapasitor hatiku

Dan hanya kamu lah yang bisa mengaktifkan perangkat keras serta perangkat lunak yang aku miliki sekarang

Aku ingin hatiku beserta hatimu seperti anoda dan katoda dari dioda yang dibias menjadi maju

Aku pun ingin hati kita seperti lilitan indikator yang melekat kuat pada inti transformator

Maka biarlah tahanan di antara hati kita besarnya tidak lebih dari satu ohm

Agar sinyal-sinyal analog yang sudah aku kirim bisa mengalir indah dari emiter hatiku menuju emiter hatimu tanpa adanya distorsi yang berarti

Biarkanlah sinyal-sinyal tersebut engkau sampling, kuantisasi, serta dekodekan

Agar kamu pun bisa menganalisis kesungguhan byte-byte cinta ini

Jangan pernah kamu sangsikan ketulusanku pada dirimu

Dan biarlah keraguanku aku tapis dengan menggunakan band pass filter

Jika kamu tidak percaya pada cintaku, maka belahlah dadaku ini

Agar kamu melihat namamu tertera indah pada display LCD hatiku

Jika kamu masih tidak percaya

Maka belahlah lagi lebih dalam

Maka kamu akan melihat rangkaian penerima yang jalur-jalurnya sudah cacat

Akibat menerima gelombang-gelombang elektromagnetik intensitas tinggi yang kamu pancarkan

Jika kamu masih tidak percaya juga

Maka biarlah, demi dirimu aku rela memutus saklar utama kehidupan diriku

Agar kamu pun tahu betapa besarnya amplitudo cintaku pada dirimu

Percayalah padaku, karena hanya kamulah yang benar-benar aku cinta

 


16. Puisi Lucu Ala Anak Kedokteran

Hari itu, disaat tubuhku pada metabolismenya yang terendah

Mataku pun berakomodasi tidak bisa percaya

Apakah benar dengan apa yang diungkap oleh nevi opticiku?

Dalam pesan WA mu

Katamu, akulah nukleus di dalam kehidupanmu

Katamu juga, jika kamu flagelattanya maka akulah ATP nya

Dan katamu juga jika kamu inflamasinya, maka akulah prostaglandinnya

Apakah kamu sadar?

Kamu telah berhasil membuatku mengalami hipertensi, fisiologis, serta tachycardi

Perintahkanlah membrana tympanimu untuk mendengar seluruh discuss vertebralisku yang berkata

Bahwa setiap cardiac outputku senantiasa membutuhkan pacameker dari dirimu

Setiap detail gerakan glossus yang kamu berikan senantiasa merangsang saraf simpatisku

Ucapan selamat malammu bagaikan diazepam

Sedangkan ucapan jangan menangis sayang darimu bagaikan valium bagiku

Namun disaat kamu pergi, bagiku terasa seperti imunosupresi

Apakah yang akan terjadi pada diriku?

Kamu bilang cinta?

Aku pun tidak pernah mendengar dorland mengucapkannya

Lalu di jurnal manakah agar aku bisa menemukan randomises yang tepat

Yakni segala control trial beserta double blind atau yang berkaitan lagi tentangnya?

Diagnosa lah aku

Infus lah aku dengan cairan elektrolit yang bermerk aku milikimu

Dengan begitu kita akan mengaktivasi seluruh sistem organ secara bersama-sama

Dan biarlah brain stem death yang benar-benar bisa memisahkan kita berdua

 


17. Ibuku

Oh ibu, engkau lah istri dari bapakku

Anaknya dari nenekku

Dan anaknya dari kakekku

Oh ibu, engkau lah saudaranya tanteku

Engkau juga saudaranya dari pamanku

Dan tantenya dari sepupu-sepupuku

Oh ibuku,

Itulah engkau bukan aku

 


18. Ayahku

Oh ayahku, engkaulah suami dari ibuku

Anaknya dari nenekku

Beserta anak dari kakekku

Oh ayahku, engkaulah ayahnya kakak-kakakku

Engkau pula ayah dari adik-adikku

Ayahku, oh engkaulah memang ayahku


Meskipun dibuat untuk menghibur, namun puisi lucu tetap ditulis dengan memperhatikan diksi dan metafora yang menjadi ciri khas dalam penulisan puisi. Sehingga meski berisikan canda dan senda gurau, namun keindahan bahasa dan penyampaiannya tetap diperhatikan.

Itulah beberapa puisi lucu yang bisa membuat siapa saja tertawa terbahak-bahak dan membuat sakit perut. Dengan adanya beberapa kumpulan puisi lucu di atas, maka tentunya bisa menghilangkan rasa stres setelah seharian bekerja bukan? Jika sudah membaca puisi lucu di atas, maka otomatis pikiran pun akan kembali fresh seperti sedia kala.

Puisi Lucu

Puisi Berantai

Ayu Utami
3 min read

Puisi Sapardi Djoko Damono

Ayu Utami
4 min read

2 Replies to “Puisi Lucu”

  1. Puisi saya ttng bulan
    Bulan…
    Dilangit engkau satu,
    Didalam kalender,enggkau dua belas…
    Didalam kandungan engkau sembilan
    Bulan…
    Abis bulan,terima gaji

Tinggalkan Balasan