Rumah Adat Padang

rumah adat padang

Rumah Adat Padang – Seperti yang kita tahu Padang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat. Memiliki predikat kota terbesar di Sumatera Barat Padang kini telah berkembang pesat sebagai kota metropolitan. Berbagai macam modernisasi dapat Anda jumpai ketika Anda berkunjung ke Kota Minang ini.

Tapi biar begitu rumah adat padang masih bisa kita temui karena kekayaan Indonesia yang satu ini benar-benar di jaga. Kota Padang kini telah menjadi kota metropolitan yang menjanjikan.

Berbagai gedung-gedung tinggi dan rumah-rumah berkonsep modern menjadi pemandangan Anda kala bersanjang ke Padang.  Akan tetapi tahukah Anda bagaimana Kota Padang pada masa lampau? Bagaimana perjalanan Kota Padang hingga menjadi Kota yang memiliki bangunan-bangunan gedung dan rumah modern?


Mengenal Rumah Adat Padang

rumah adat padang

Pada awalnya masyarakat Padang mendiami rumah adat Padang sama seperti masyarakat Indonesia di berbagai wilayah lain. Rumah adat Padang menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Padang pada masa itu.

Padang dapat menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu libur panjang. Namun tahukah Anda apa yang membedakan rumah adat Padang dengan rumah adat tradisional wilayah lain?

Apa saja jenis-jenis rumah adat Padang peninggalan nenek moyang? Bagaimana keunikan rumah adat Padang yang terkenal hingga mancanegara? Apakah Anda penasaran? Berikut ulasannya untuk Anda:


Rumah Gadang

rumah adat padang

Rumah adat Padang pertama yang akan kita ulas adalah Rumah Gadang. Seperti yang kita tahu, rumah Gadang merupakan rumah adat Padang yang sangat populer. Ternyata rumah Gadang masih diklasifikasikan lagi ke dalam beberapa jenis rumah Gadang berdasarkan bentuk rumah.

Walaupun Rumah Gadang memiliki bentuk atap yang hampir sama yaitu seperti tanduk kerbau namun setiap Rumah Gadang memiliki keunikan tersendiri. Seperti apa? Berikut jenis-jenis Rumah Gadang:

1. Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam

Rumah Gadang Jenis Maharam adalah rumah adat Padang yang terbilang mewah. Keseluruhan bangunan terbuat dari kayu juar, kayu surian dan kayu ruyung (pohon kelapa) dengan atap dari seng.

Rumah Gadang Gajah Maharam yang dibangun harus menghadap ke utara dengan dinding sisi timur, barat, dan selatan ditutup oleh sasak. Memiliki gojong sebanyak 5 buah yaitu 4 buah terletak di atap dan 1 diletakkan di depan sebagai pelindung tangga rumah ini terlihat gagah.

Gajah Maharam terdiri atas 4 buah kamar di sebelah selatan yang berjejer kearah timur barat dengan ukiran khas minangkabau yang menghiasi pintu-pintu kamar. memiliki 30 tiang penopang rumah Gadang Gajah Maharam ini pernah dinobatkan sebagai rumah yang tahan gempa. Hebat ya.

2. Rumah Gadang Gonjong Limo

Anda dapat menjumpai rumah adat Gadang Gojong di Kota Payakumbuh, Padang. Seperti namanya rumah adat Padang ini memiliki tambahan gojong pada sisi kiri atau kanan bangunan.

Gojong Limo memiliki pengakhiran yang sama dengan Gajah Maharam hanya saja pengakhirannya tidak ditambah ajung. Menarik bukan. Ajak keluarga Anda untuk berwisata ke Padang dan menyaksikan secara langsung keindahan Rumah Gadang Gojong Limo.

3. Rumah Gadang Surambi Papek

Sesuai dengan namanya rumah adat Padang ini memiliki pengakhiran kiri dan kanan yang disebut dengan “bapamokak” (papek) dalam bahasa Padang. Rumah Gadang Surambi Papek ini sedikit berbeda dengan rumah Gadang yang lainnya.

Anda harus masuk melalui pintu belakang rumah ketika hendak berkunjung ke ini. namun seiring dengan perkembangan jaman banyak rumah Gadang Surambi Papek yang telah dimodifikasi sehingga memiliki pintu depan rumah. Ada ada saja ya.

4. Rumah Gadang Batingkek (Rumah Gadang Bertingkat)

Rumah Gadang Batingkek yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah rumah gadang bertingkat merupakan rumah adat Padang yang akan jarang Anda temui di Padang saat ini. Pada rumah ini tingkat yang dimaksud adalah gojong yang bertingkat-tingkat. Model bangunannya hampir mirip dengan Rumah Adat Gadang Gajah Maharam.


Rumah Gojong

Rumah adat Padang yang selanjutnya adalah Rumah Gojong. Meskipun namanya tidak sepopuler Rumah Gadang namun Rumah Gojong memiliki ciri khas tersendiri. Anda dapat menjumpai Rumah berbagai macam jenis rumah Gojong di desa-desa daerah Padang. Seperti apa keunikannya? Berikut jenis-jenis Rumah Gojong Rumah Adat Padang Sumatera Barat:

1. Rumah Gojong Ampek Baanjuang

Rumah Gojong Ampek Baanjuang merupakan rumah adat Padang yang wajib didirikan di daerah Luhah Nan Tigo Padang dan merupakan tanda adat bagi masyarakat setempat. Memiliki 4 buah gojong di atas atap dengan jumlah ruangan bisa lebih dari 7 ruangan. Luangkan waktu Anda untuk berkunjung ke daerah tersebut jika Anda bersanjang ke Padang.

2. Rumah Gojong Anam

Rumah Gojong Anam ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan Rumah Gadang Gajah Maharam tetapi telah dimodifikasi dengan menambahkan ukiran khas minangkabau sehingga menyerupai bangunan berunjung. Untuk rumah adat Padang ini memiliki bangunan yang lebih modern dibandingkan dengan rumah adat Padang yang lain.

Banyak yang mengira bangunan ini merupakan bangunan transformasi antara Gadang Gajah Maharam dengan bangunan berunjung.

3. Rumah Gojong Sibak Baju

Rumah adat Padang yang satu ini masih meniru model Rumah Gadang Gajah Maharam. Ciri khas rumah Gojong Sibak Baju memiliki bentuk yang hampir sama dengan sibakkan baju atau belajah baju.

Bahan dasar pembuatan rumah ini adalah kayu dan sasak. Saat berkunjung ke Padang Anda akan menjumpai Rumah Adat Gojong Sibak Baju yang unik ini.

Demikianlah jenis-jenis rumah adat Padang yang sampai saat ini masih dilestarikan di era yang serba canggih ini. Anda pastinya bangga Indonesia memiliki rumah-rumah adat tradisional warisan nenek moyang yang masih terus eksis hingga sekarang.

Anda dapat mengajak keluarga untuk berwisata sejarah di Kota Padang dan melihat secara langsung rumah adat Padang yang memiliki usia lebih dari ratusan tahun.

Rumah Adat Padang

Gambar Rumah Adat

Kartika Aryani
4 min read

Rumah Adat Jawa

Kartika Aryani
3 min read