Sejarah Internet

Sejarah Internet

Sejarah Internet – Dizaman yang sekarang ini Internet sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Melalui internet, kita dapat melakukan apapun. Misalnya seperti  berhubungan dengan kerabat yang jauh, bekerja, membaca berita, menonton video dan lain-lain. Seakan bila tidak ada internet, hidup akan hampa. Namun tahukah anda mengenai sejarah internet?

Istilah internet merupakan kepanjangan dari interconnection-networking. Artinya adalah jaringan komunikasi luas yang menghubungkan jaringan komputer ke seluruh dunia menggunakan media telekomunikasi seperti telpon atau satelit. Internet pun terdiri dari berbagai macam topologi jaringan komputer.

Saat ini, internet telah berkembang dengan pesat. Tidak terkecuali, di negara kita Indonesia. Namun, pernahkah anda mengetahui bagaimana sejarah internet sampai sekarang? Jika belum, di sini kita akan membahas bagaimana sejarah internet pada awalnya dan bagaimana internet berkembang di Indonesia.


Sejarah Internet Dan Perkembangannya Di Dunia

Sejarah Internet

Pada tahun 1969, Internet adalah jaringan komputer yang diciptakan dan dikembangkan oleh ARPA (bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat). Saat itu, Internet masih dikenal dengan istilah “ARPANET” (Advance Research Project Agency Network).

Dari hasil proyek tersebut, diketahui bahwa perangkat lunak yang berbasis UNIX dapat berpadu dengan perangkat keras komputer. Hal tersebut lalu dikembangkan untuk membantu manusia agar dapat berkomunikasi jarak jauh melalui jaringan telepon.  Dibawah ini merupakan sejarah dan perkembangan internet lebih lanjut :

1. Tahun 1957

4 Oktober 1957, Rusia (yang waktu itu masih Uni Soviet) memperkenalkan satelit buatan mereka. Satelit tersebut diluncurkan di Kosmodrom Baykonur. Satelit  ini menggegerkan dunia saat itu, sehingga Amerika memutuskan memulai “Space race” untuk bersaing dengan rusia.

2. Tahun 1958-1959

Dewan Pertahanan Amerika Serikat membentuk proyek ARPANET yang dikenal sebagai cikal bakal internet. Jaringan ini pun dipakai untuk kepentingan militer. Salah satu tujuan ARPANET adalah untuk bersaing dengan Rusia saat itu.

3. Tahun 1984

Awalnya, Departemen pertahanan Amerika Serikat  hanya menghubungkan jaringan ARPANET tersebut di 4 tempat saja. Tempat-tempat tersebut adalah Standford Research Institute, University Of California, U.C Santa Barbara dan the University of Utah.

Ternyata, jaringan ini begitu terkenal dan hampir semua universitas juga ingin mencoba teknologi ini. Pihak ARPA pun kewalahan melayani permintaan mereka. Maka pada tahun 1984, Departemen Pertahanan membagi Proyek ARPANET ini menjadi dua. Satu, Jaringan MILNET untuk kepentingan militer. Kedua, jaringan ARPANET itu sendiri yang digunakan untuk kepentingan riset akademis.

4. Tahun  1960-an

Tahun 1960-an disebut sebagai awal mula perkembangan internet. Paul Baran mengembangkan konsep switching packet yang berguna dalam perkembangan internet. Pada tahun 1961, konsep wold wide web pertama kali diperkenalkan oleh Leonard Kleinlock dalam jurnalnya “information Flow in Large Communication Nets”.

Selain itu ,J.C.R. Lickider juga mempublikasikan konsep bahwa computer dapat saling terhubung untuk saling mengirimkan data di tahun 1962.

5. Tahun 1970-an

Vin Cerf yang dikenal saat ini sebagai Bapak Internet Dunia membangun sebuah kelompok kerja “International Network Working Club”. Kelompok ini membantu meningkatkan teknologi jaringan komputer. Di tahun 1972 ini juga makin banyak tempat yang terhubung jaringan ARPANET ini. Tempat yang mulai memiliki jaringan ARPANET masa itu salah satunya adalah The NewYork Times.

Di tahun 1973, Makin banyak universitas di dunia yang memiliki jaringan ARPANET. Pada tahun inilah istilah Internet muncul. Pada tahun 1974, Vin Cerf bersama rekannya Bob Kahn memperkenalkan Transmission Control Protocol (TCP).  Muncul pula penyedia layanan internet ISP bernama Telenet yang merupakan versi komersil ARPANET.

6.Tahun 1980-an

Tahun 1980-an masyarakat mulai memiliki Personal Computer (PC). PC ini pun sudah menjadi gaya hidup atau kebutuhan pada saat itu. Pada tahun ini, internet mulai dipakai secara luas untuk mengirim email dan File Transfer Protocol (FTP).

Pada tahun 1983, system DNS atau domain name system pun diperkenalkan. DNS seperti .com,.net, dan lain-lain dibuat untuk memudahkan pengguna internet untuk mengenal dan mengingat alamat situs yang dikunjungi.

7. Tahun 1990-an

Sistem HTML (HyperText Markup Language) diperkenalkan oleh Tim Berners Lee. Pada tahun 1992, sudah mulai ada konten audio dan video yang dapat dinikmati di Internet. Saat itu sudah muncul istilah “surfing” atau berselancar di Dunia Maya.

Website-website pun mulai bermunculan di tahun 1993. Web browser bernama Mosaic Web Browser pun mulai dikembangkan. Di tahun 1994, Yahoo pun didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo. Tahun 1195, situs e-commerce pertama yaitu eBay, Craiglist, dan Amazon mulai berdiri.  Tahun 1998, Google pun mulai berdiri.

8. Tahun 2000-sekarang

Tahun 2000-an merupakan tahun puncak perkembangan internet. Pada tahun 2003, social media seperti Skype dan My Space mulai muncul. Website besar seperti WordPress dan Safari Web Browser pun muncul di tahun ini. Tahun 2004, Facebook berdiri berbarengan dengan Mozilla Firefox  dan menjadi awal era social media.

Pada tahun 2005, Youtube dan Reddit muncul. Sampai saat ini, era social media terus berkembang dan memunculkan banyak platform baru seperti Twitter, Instagram, Path, WhatsApp dan lain-lain.


Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah Internet

Sejarah internet di Indonesia dimulai dari tahun 1980. Berikut  ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai perkembangan Internet di Indonesia

1. Tahun 1980-an

Jaringan computer pertama kali masuk ke Indonesia ke 5 Universitas. Universitas yang termasuk adalah Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh Bandung. Namun, jaringan ini akhirnya tidak berkembang karena kurang baiknya infrastruktur.

Tahun 1986, komunitas radio Amatir mulai popular. Mereka tidak hanya memakai jaringan telekomunikasi, namun juga mengembangkan jaringan tersebut untuk membuat radio panggil. Pada  tahun 1989, pelajar Indonesia di luar negeri membentuk sebuah mailing list untuk saling berkomunikasi.

Nama mailing list tersebut adalah [email protected] Pola dari mailing list ini terus mengalami perkembangan,  terutama pada host server ITB dan egroups.co. Akhirnya, mailing list inilah yang akhirnya menjadi salah satu hal yang penting dalam sejarah perkembangan internet di Indonesia.

2. Tahun 1990-an

Pada awal 1990, komunikasi antara Indonesia- Kanada dilakukan melalui gelombang radio. Saat itu yang melakukannya adalah Onno W. Purbo yang saat itu di Kanada dengan rekan – rekan amatir radio di Indonesia. Alat yang digunakan berupa PC/XT dan walkie-talkie dengan band 2 meter.

Setelah itu mereka terus melakukan berbagai percobaan hingga akhirnya komunikasi menggunakan internet semakin efisien. Pada tahun 1994, ISP Indonesia bernama IndoNet mulai muncul. Akhirnya di tahun 1995-1996, ITB berhasil mengembangkan internet dengan Radio Packet. Infrastruktur untuk internet di Indonesia semakin diperbaiki dan berkembang. Media Online muncul di tahun 1998, yaitu detik.com.

3. Tahun 2000-an

Di tahun 2000-an, sudah berkembang berbagai mailing list untuk kepentingan pendidikan. Salah satunya adalah Jaringan Informasi Sekolah. Selain itu, 2000-an juga sudah dikenal sebagai era blogging di Indonesia, tepatnya pada tahun 2003. Banyak masyarakat yang akhirnya membuat komunitas blogger. Tahun 2004 pun menjadi era berkembangnya social media di Indonesia sampai sekarang.

Itulah pemaparan tentang sejarah internet dan juga perkembangan internet di Dunia dan Indonesia. Sampai saat ini, Internet terus berkembang dan memunculkan inovasi terbaru. Seiring dengan berkembangnya internet, kita selaku pengguna juga harus lebih bijak dalam berinternet. Sangat disayangkan bila internet yang sudah dikembangkan dengan susah payah malah disalahgunakan dengan cara yang tidak patut.

Sejarah Internet

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Ayu Utami
5 min read

Sejarah Bola Voli

Ayu Utami
3 min read

Sejarah Bola Basket

Ayu Utami
3 min read