Seni Budaya

Seni Budaya

Seni Budaya – Apa itu seni budaya?  Pasti yang terpikir di benak anda pertama jika bicara seni dan budaya adalah berbagai kerajinan tangan yang dihasilkan manusia. Seni dan budaya memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu dengan lainnya.

Karena disetiap karya seni ada kebudayaan yang khas dan pada setiap kebudayaan mengandung nilai seni yang indah. Begitu eratnya hubungan antara keduanya, sehingga sangat sulit jika kita membahasnya secara terpisah tentang keduanya.

Ada banyak sekali bentuk seni dan budaya yang ada di kehidupan anda walau mungkin serik tidak anda sadari. Di bawah ini akan diulas sedikit tentang seni dan budaya untuk menambah referensi anda dalam memahami apa sebenarnya seni dan budaya itu.


Pengertian Seni dan Budaya

Pengertian Seni

Seni Budaya terdiri dari dua kata yaitu seni dan budaya, yang keduanya memiliki pengertian masing-masing yang perlu untuk anda pahami. Berikut pengertian dari seni dan budaya:

Seni sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta yaitu sani memiliki arti pemujaan, pelayanan atau persembahan. Sehingga selalu dihubungkan dengan sebuah upacara keagamaan yang dikenal dengan kesenian.

Namun juga ada yang berpendapat lain (Padmapusphita) bahwa kata seni berasal dari Belanda Genie yang dapat diartikan jenius. Jadi bisa disimpulkan seni itu merupakan kemampuan bakat yang dimiliki sejak lahir buah dari kejeniusan.

Kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddayah yang memiliki arti sesuatu terkait dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris budaya disebut culture berasal dari bahasa latin colore, memiliki arti mengolah atau mengerjakan. Jadi bisa disimpulkan budaya adalah hasil olahan atau pekerjaan budi dan akal manusia.

Seni Budaya jika diartikan dari asal frasa katanya maka memiliki pengertian merupakan setiap karya seni yang dibuat secara sengaja. Pembuatannya berlandaskan kepada akal atau budi yang dimiliki sekelompok masyarakat yang kemudian turun temurun dari generasi ke generasi.

Nah, itu dia pengertian seni budaya jika ditarik dari asal mula kata yang membentuk frasanya. Banyak juga pengertian atau definisi yang diutarakan oleh para ahli di bidang seni dan budaya yang bisa anda pelajari sendiri. Selanjutnya adalah ulasan tentang macam dari seni dan budaya yang telah anda hasilkan oleh manusia.


Macam Macam Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya

Banyak sekali cabang ilmu seni dan budaya yang ada sampai saat ini yang bisa anda pelajari. Ada 5 cabang seni yang bisa anda lihat dan pelajari di sekitar anda, yaitu:

  • Seni Rupa: Adalah salah satu bentuk seni kebudayaan dimana kesenian yang memiliki wujud pasti atau memiliki unsur rupa. Seni rupa sendiri memiliki klasifikasi lagi ke dalam beberapa bentuk. Bentuk-bentuk tersebut adalah seni gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya dan multimedia.
  • Seni Teater: Adalah bentuk seni budaya yang melibatkan kemampuan memahami dan berkarya teater. Kemampuan membuat naskah hingga berlakon sesuai yang ditulis di dalam naskah teater. Mampu memahami dan menciptakan setting sesuai dengan naskah yang dibuat.
  • Seni Musik: Salah satu contoh seni budaya yang melibatkan unsur bunyi sebagai unsur utama dari seni musik ini. Merupakan hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi dengan ritme dan harmoni yang indah didengar.
  • Seni Tari: Adalah hasil ciptaan manusia yang memiliki keindahan dengan menggunakan unsur gerak tubuh di dalamnya. Gerak tubuh adalah bentuk atau cara koreografer mengkomunikasikan maksud tertentu kepada penonton.
  • Seni Sastra: Adalah hasil penciptaan manusia berupa keindahan yang bisa dinikmati secara visual dari makna yang dimiliki. Keindahan seni sastra bisa disuarakan atau dituliskan contohnya, puisi, kaligrafi, prosa dan tulisan.

Itulah macam-macam dari seni dan budaya yang ada, yang bisa anda pelajari atau pun hanya anda nikmati di dalam kehidupan sehari-hari. Seni dan budaya juga dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagai warisan dari nenek moyang yang terdahulu yang sudah jadi tradisi, berikut ulasannya.


Seni Budaya Indonesia yang Mendunia

Seni Budaya Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman seni dan budayanya, karena memiliki berbagai macam suku bangsa di dalamnya. Beberapa hasil seni dan budaya Indonesia bahkan sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO, sehingga menarik minat turis untuk mempelajarinya. Apa saja hasil seni dan budaya bangsa Indonesia yang telah mendunia, berikut ulasannya:

1. Batik

Batik Indonesia, bukan hanya meliputi kain tetapi juga budaya, teknik serta pengembangan motif serta teknologinya. Telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 2 Oktober tahun 2009, yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Batik pertama kali di bawa ke dunia internasional oleh mantan presiden RI bapak Soeharto, yang mengenakannya pada konferensi PBB. Hingga saat ini batik terus mengalami perkembangan baik motif atau teknik pembuatannya.

2. Alat Musik Angklung

Salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini diakui oleh UNESCO sejak tahun 2011. Bunyinya yang unik membuatnya mendunia dan banyak negara telah mempelajarinya hingga menggunakannya sebagai alat ajar di sekolah.

3. Kesenian Wayang Kulit

Kesenian wayang telah mendapatkan pengakuan UNESCO sejak 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Banyak sekali warga negara asing yang tertarik untuk mempelajarinya. Mereka biasanya belajar langsung dari dalang yang sudah memiliki nama.

4. Tari Reog Ponorogo

Kesenian Reog selalu dihubungkan dengan kerajaan Majapahit yang ingin menyatukan Nusantara. Reog masih kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan gaib dalam pertunjukannya. Sempat diakui oleh negara tetangga, tapi reog tetap lestari di Indonesia.

5. Tari Kecak

Tari tradisional Bali ini populer di kalangan wisatawan dunia, kebanyakan mereka tahu setelah berkunjung ke Bali. Nama kecak berasal dari kata “cak” atau api disebut juga fire dance, merupakan pertunjukan tari masal yang disertai sendra tari di dalamnya.

6. Tari Saman

Merupakan salah satu tarian yang berasal dari suku Gayo di Aceh Tenggara, unik karena hanya menampilkan tepukan tangan dan liukan anggota tubuh. Telah diakui sebagai warisan budaya yang perlu perlindungan mendesak pada tahun 2011 oleh UNESCO.

7. Keris

Keris merupakan senjata tradisional khas dari Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Dahulu senjata ini sering digunakan oleh anggota keluarga kerajaan sebagai pusaka yang disucikan. UNESCO telah mengakui keris sebagai kekayaan budaya Indonesia pada tahun 2005.

Itulah seni budaya Indonesia yang mendunia, jika dunia saja mengakuinya maka rakyat Indonesia wajib melestarikannya. Jangan tunggu kesenian budaya kita direbut oleh negara lain, rawatlah lestarikan sedari sekarang.

Demikian sedikit informasi terkait seni budaya mulai dari pengertian sampai kebudayaan Indonesia yang mendunia yang perlu untuk anda ketahui. Dari penjelasan di atas bisa anda ketahui betapa kayanya Indonesia akan seni dan budaya bangsa.

Kebudayaan yang ada di Indonesia perlu dilestarikan dan dijaga agar tetap bisa diturunkan ke generasi selanjutnya. Jika buka warga negara Indonesia sendiri siapa lagi yang bisa menjaga kekayaan milik bangsa yang berupa seni dan budaya ini. Jadi jaga dan lestarikan seni budaya bangsa kita.

Seni Budaya

Aliran Seni Lukis

Ayu Utami
3 min read

Seni Rupa 2 Dimensi

Ayu Utami
3 min read

Pengertian Seni Tari

Ayu Utami
4 min read