Seni Rupa Murni

Definisi Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni – Seni rupa adalah sebuah ragam seni yang diletakkan pada media sehingga bisa dinikmati dan juga diraba.  Secara garis besar, seni rupa ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Kedua jenis seni ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Sebenarnya seni rupa yang bersifat murni dan seni rupa bersifat terapan dibedakan berdasarkan fungsinya. Jika seni rupa  murni hanya bisa dinikmati sedangkan seni rupa terapan selain bisa dinikmati juga bisa digunakan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai segala sesuatu tentang seni rupa khusus yang bersifat murni.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang definisi, fungsinya dan juga ragamnya. Bagi anda yang tertarik dalam dunia seni, hal ini sangat penting sekali. Berikut ini informasi penting tentang jenis seni rupa yang satu ini untuk anda.


Definisi Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni memiliki banyak sekali ruang lingkup. Salah satu ruang lingkup tersebut adalah seni rupa yang bersifat murni. Secara bahasa, seni artinya adalah sebuah hasil pekerjaan manusia yang memiliki nilai keindahan.

Sedangkan kata murni berarti asli atau sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Jadi seni rupa jenis ini secara bahasa bisa diartikan seni yang mengedepankan nilai keasliannya (keindahannya).

Secara mudahnya definisi seni rupa jenis  ini adalah sebuah seni yang mengedepankan nilai keindahan tanpa memandang nilai gunanya. Sehingga sebuah seni rupa hanya sekedar untuk dinikmati saja bukan untuk di daya gunakan.

Contohnya seperti lukisan, lukisan tidak bisa anda gunakan hanya bisa anda nikmati keindahan. Jenis seni rupa seperti ini  biasanya penggunaannya hanya sekedar untuk pajangan saja.

Karya seni ini bisa berbentuk dua ataupun tiga dimensi tergantung ragamnya. Pembuat seni rupa yang bersifat murni ini biasanya seniman yang memang cinta akan keindahan berlevel tinggi.

Baca Juga: Seni Kriya


Fungsi Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni

Dari definisi di atas, seharusnya anda sudah memiliki gambaran tentang fungsi seni rupa yang satu ini. Secara umum fungsi seni rupa ini adalah untuk dinikmati. Sedangkan secara detail, akan dijelaskan berikut ini:

1. Untuk Memperindah Sebuah Media

Jenis seni rupa ini diterapkan untuk memperindah sebuah media yang awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Contoh sederhananya ketika sebuah kertas putih yang polos dan tampak tidak menarik diberikan gambar di atasnya. Gambar ini tentu akan memperindah kertas polos tadi.

2. Menyalurkan Kreatifitas Seniman

Fungsi dari seni rupa ini yang berikutnya adalah untuk menyalurkan kreatifitas seorang seniman. Manusia memiliki kreatifitas yang tidak terbatas. Salah satu cara yang baik untuk menyalurkan kreatifitas tersebut yaitu melalui seni rupa yang menuangkan keindahan.

3. Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Jenis seni rupa ini memang tidak sama seperti seni rupa terapan yang bisa digunakan, akan tetapi jenis seni yang satu ini bisa digunakan untuk menyampaikan pesan penting. Pesan penting di sini adalah pesan yang ingin disampaikan oleh seniman melalui lukisan atau guratan yang dibuatnya. Pesan ini terkadang bisa langsung terbaca dan terkadang hanya tersirat.

Itulah fungsi dari seni rupa yang bersifat murni yang perlu anda ketahui. Setelah mengetahui fungsinya, sekarang saatnya anda mengetahui ragam seni rupa ini. Di bawah ini informasi seputar ragam seni rupa murni tersebut.

Baca Juga: Seni Teater


Ragam Seni Rupa Murni

Ragam Seni Rupa Murni

Ada banyak ragam seni rupa jenis ini di dunia. Ragam seni rupa ini dibedakan berdasarkan bentuk dan medianya. Di bawah ini ada 10 ragam seni rupa yang bersifat murni yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini 10 ragam seni rupa tersebut:

1. Lukisan

Ragam  yang pertama dan paling mudah untuk ditemui adalah lukisan. Lukisan adalah sebuah gambar yang dibuat pada sebuah media yang biasanya berupa kanvas. Saat ini lukisan tidak hanya sekedar dibuat di atas kanvas bahkan lukisan juga dibuat di atas media dinding. Ada banyak lukisan terkenal di dunia, salah satunya adalah lukisan monalisa.

2. Patung

Jika anda mencari karya seni rupa dengan  nilai murni yang berbentuk 3 dimensi, maka salah satunya adalah patung. Patung dibuat hanya untuk dipajang. Hal inilah yang membuat patung digolongkan ke seni rupa yang hanya menampakkan keindahan.

Ada banyak media yang bisa dijadikan patung seperti batu dan kayu. Tidak jarang sebuah patung dijadikan simbol penting seperti patung Liberty di Amerika.

3. Relief

Relief adalah guratan-guratan yang berbentuk gambar atau simbol tertentuk. Jenis seni rupa murni ini paling mudah ditemui pada candi. Contoh relief yang bisa anda temui adalah relief yang ada pada candi Borobudur. Relief ini juga bisa berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

4. Seni Fotografi

Pada dasarnya, seni fotografi juga termasuk ke dalam seni murni. Seni rupa murni yang satu ini merupakan seni rupa yang sangat modern. Untuk menghasilkan seni rupa yang satu ini anda membutuhkan sebuah kamera. Saat ini jenis seni rupa seperti ini sangat populer.

5. Seni Grafis

Jika anda pernah melihat logo atau sablonan pada baju maka anda sudah melihat seni rupa. Logo dan sablonan baju ini merupakan seni grafis. Seni grafis ini sendiri banyak jenisnya tergantung dari teknik pembuatannya.

6. Topeng

Sebenarnya topeng bisa digolongkan ke dalam seni rupa yang murni dan juga seni rupa yang terapan. Jika sebuah topeng hanya dipajang, maka topeng tersebut adalah sebuah seni rupa yang murni. Namun jika topeng tersebut tidak hanya dipajang namun juga digunakan maka topeng itu termasuk dalam seni rupa terapan.

7. Kaligrafi

Seni rupa  yang satu ini berasal dari daerah arab. Kaligrafi adalah tulisan arab indah  yang memiliki bentuk unik. Di Indonesia penggunaan kaligrafi ini sangat banyak ditemukan di masjid-mesjid. Kaligrafi adalah sesuatu yang sangat menarik untuk dilihat.

8. Ukiran

Ukiran juga termasuk ke dalam seni rupa yang bersifat murni. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis ukiran. Setiap daerah bahkan memiliki corak ukiran yang berbeda-beda. Ukiran ini biasanya dipajang di tempat-tempat tertentu. Seniman membuat sebuah ukiran menggunakan media kayu yang bertekstur lembut.

9. Mozaik

Mozaik ini adalah sebuah seni menempelkan pecahan-pecahan benda seperti kain, kaca, keramik atau apapun menjadi satu. Dalam hal ini seniman akan membuat sebuah karya baru dari serpihan atau pecahan sesuatu sehingga menjadi bentuk yang indah. Pada umumnya mozaik ini akan ditempelkan di dinding.

10. Kerajinan Dari Keramik

Ragam seni rupa jenis ini yang terakhir adalah kerajinan dari keramik. Kerajinan keramik ini biasanya dibuat dari beragam bahan baku seperti tanah liat. Fungsinya yang hanya sebagai pajangan membuat keramik dijadikan hanya sebatas seni rupa murni saja.  Bentuk dari keramik ini beraneka ragam, ada yang berbentuk tumbuhan, hewan bahkan benda-benda yang ada di alam.

Setelah mengetahui informasi tentang definisi seni rupa murni, fungsi serta ragamnya, mungkin anda berniat untuk membuat salah satu karya seni ini. Ada banyak karya yang bisa anda ciptakan. Tuangkan kreatifitas anda di beberapa media.

Dalam membuat sebuah karya seni, terkadang guna dari alat tersebut bisa menjadi nomor dua. Hal yang paling penting adalah nilai keindahan dari karya tersebut. Sebuah karya seni rupa murni mampu memberikan keindahan yang mengagumkan di mata anda.

Seni Rupa Murni

Seni Rupa

Ayu Utami
7 min read

Aliran Seni Lukis

Ayu Utami
3 min read

Seni Rupa 2 Dimensi

Ayu Utami
3 min read

Tinggalkan Balasan