Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan – Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari seni, baik itu seni rupa murni maupun seni rupa terapan. Seni rupa sendiri merupakan cabang seni yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Jika seni rupa murni menitikberatkan pada keindahannya, maka seni rupa terapan ini menitikberatkan pada keindahan sekaligus kegunaannya.

Jika anda belajar tentang dunia seni, rasanya belum lengkap jika anda tidak belajar mengenai seni rupa terapan. Seni yang satu ini sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari. Siapapun yang tertarik pada dunia seni, wajib mengupas tuntas masalah seni ini.

Di bawah ini ada beragam informasi penting mengenai seni ini. Informasi ini berupa pengertian hingga contoh dari seni rupa terapan. Berikut ini semua informasi yang anda butuhkan dan berkaitan dengan seni ini.


Pengertian Seni Rupa Terapan

Pengertian Seni Rupa Terapan

Apa sebenarnya itu seni rupa terapan?  Pengertian seni ini sebenarnya cukup sederhana. Seni rupa terapan adalah seni rupa yang menitikberatkan bukan hanya pada keindahan sebuah karya namun juga pada fungsi dari karya itu sendiri. Oleh karena itu, sebuah karya seni rupa terapan merupakan karya yang multifungsi.

Seni ini memiliki sejarah yang cukup panjang dalam menemani kehidupan manusia. Bahkan para ilmuan membuktikan bahwa sejak zaman prasejarah manusia sudah mampu membuat sebuah seni rupa terapan. Meskipun pada waktu itu karya seni rupa terapan yang diciptakan masih sangat sederhana.

Fakta tersebut membuktikan bahwa manusia tidak bisa terlepas dari seni ini. Tentu saja hal ini dikarenakan seni ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi manusia. Fungsi vital ini yang membuat manusia terus berinovasi dan mengembangkan seni ini.


Fungsi Seni Rupa Terapan

Fungsi Seni Rupa Terapan

Jika ditinjau dari fungsinya, maka fungsi dari seni rupa terapan bisa digolongkan menjadi dua jenis. Jenis yang pertama berdasarkan pemenuhan praktis dan jenis yang kedua berdasarkan pemenuhan estetisnya. Berikut ini penjelasannya :

1. Fungsi Berdasarkan Pemenuhan Praktis

Berdasarkan konsep pemenuhan praktis, seni ini memiliki fungsi sebagai pelengkap keindahan pada sebuah benda. Dalam hal ini fungsi atau kegunaan benda tersebut lebih penting daripada keindahannya.

Contohnya, ada sebuah tas memiliki banyak hiasan. Pada dasarnya yang terpenting dari tas tersebut adalah fungsinya untuk membawa barang bukan hiasannya. Namun tas tersebut rasanya tetap kurang enak dipandang dan digunakan tanpa hiasan yang diberikan.

2. Fungsi Berdasarkan Pemenuhan Estetis

Fungsi berdasarkan pemenuhan estetis ini kebalikan dari fungsi secara praktis. Dalam fungsi ini sebuah karya seni rupa terapan lebih mengedepankan nilai keindahan daripada nilai gunanya. Sehingga sebuah benda digunakan karena keindahannya dan jika tidak digunakan juga tidak ada masalah yang didapatkan.

Kita bisa mengambil contoh dari sebuah perhiasan. Perhiasan adalah sebuah karya yang memiliki seni keindahan sekaligus kegunaan. Namun tetap saja yang diutamakan adalah nilai keindahannya atau estetisnya. Dalam hal ini perhiasan tersebut telah berfungsi sebagai karya seni rupa pemenuhan estetis.

Setelah mengetahui fungsinya, sebaiknya anda juga mengetahui contoh-contoh dari karya seni ini. Ada banyak sekali contoh seni rupa terapan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan terkadang kita tidak sadar jika benda-benda tersebut masuk dalam sebuah karya seni rupa terapan.


Contoh Seni Rupa Terapan Dalam Kehidupan

Contoh Seni Rupa Terapan

Tidak mungkin manusia hidup tanpa bersentuhan dengan seni ini. Ada banyak sekali contoh seni rupa terapan dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda harus mengetahuinya agar bisa lebih bisa mengapresiasi sebuah karya seni. Berikut ini beberapa contoh-contohnya :

1. Pakaian

Contoh seni rupa terapan yang paling dekat dengan kita adalah pakaian. Saat ini pakaian bukan lagi hanya sekedar alat untuk kebutuhan sandang. Ada banyak model pakaian, mulai dari bentuknya hingga gambar yang menghiasi pakaian. Semua yang dibuat untuk menghiasi pakaian dan mempercantik modelnya bisa disebut karya seni rupa terapan.

2. Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga juga bisa disebut sebagai seni rupa terapan. Contoh peralatan rumah tangga yang juga sebagai seni ini adalah seperti kursi, meja dan tempat tidur. Semua peralatan itu memiliki fungsi namun juga diperindah dengan seni untuk mempercantik rumah. Peralatan tersebut dihias dan ditata sesuai keinginan yang punya rumah.

3. Arsitektur Bangunan

Bangunan-bangunan yang anda lihat dan tempati juga merupakan contoh seni ini. Arsitektur yang ada pada bangunan tersebut merupakan seni keindahan yang sangat terlihat. Ada banyak bangunan terkenal di dunia yang arsitekturnya membuat decak kagum.

4. Poster

Poster juga termasuk salah satu contoh dari seni rupa terapan. Meskipun bentuk poster hampir sama seperti lukisan berupa gambar dua dimensi namun poster bukan seni rupa murni yang hanya dinikmati keindahannya. Poster juga memiliki tujuan yaitu untuk mengajak atau menghimbau masyarakat luas. Tujuannya ini yang membuat poster menjadi seni rupa terapan.

5. Alat Transportasi

Di dunia ini ada banyak alat transportasi yang bukan hanya sekedar digunakan untuk mengangkut penumpangnya namun juga kaya seni. Contohnya seperti mobil-mobil mewah yang dirancang dengan nilai estetika yang tinggi. Dalam hal ini mobil tersebut adalah sebuah seni rupa terapan tiga dimensi.

6. Perhiasan

Sebagaimana telah disebutkan pada bagian atas, perhiasan juga termasuk ke dalam seni ini. Contoh seni rupa terapan yang satu ini mengedepankan nilai keindahannya daripada kegunaannya. Bahkan tidak jarang sebuah perhiasan hanya dijadikan pajangan. Contoh perhiasan ini seperti berlian, emas dan banyak lainnya.

7. Senjata Tradisional

Saat ini senjata tradisional juga masih banyak digunakan. Senjata tradisional juga memiliki nilai seni keindahan tersendiri. Contohnya seperti keris yang diukir sedemikian rupa hingga membuatnya menjadi indah. Senjata tradisional ini juga telah memiliki seni sejak zaman dahulu.

8. Barang Elektronik

Barang-barang elektronik juga merupakan contoh seni ini. Contoh mudahnya saja adalah handphone atau HP. HP saat ini dirancang dengan beragam desain yang indah. Desain ini adalah bagian dari seni keindahan. Bahkan tidak jarang desain indah inilah yang membuat harga HP tersebut menjadi lebih mahal.

Itulah informasi mengenai pengertian, fungsi dan contoh seni rupa terapan yang sangat penting. Sadar akan karya seni yang ada di sekeliling kita akan membuat kita lebih menghargai sebuah seni. Menghargai sebuah karya seni adalah sebuah keharusan sebab hidup tanpa seni adalah sesuatu yang hambar.


Bagi anda yang tertarik dengan dunia seni ini, anda juga bisa belajar lebih dalam lagi. Ada banyak barang yang bisa anda buat sebagai interpretasi dari sebuah karya seni ini. Hal ini bisa mengasah kreatifitas anda di dalam bidang seni. Selain itu, membuat karya seni ini juga bisa memberikan anda ruang berekspresi.

Seni rupa terapan memang langsung terasa manfaatnya dalam kehidupan kita. Hal ini juga membuktikan bahwa sebuah seni bukan hanya sekedar keindahan. Namun seni juga memiliki fungsi yang dibutuhkan oleh manusia. Mulai dari sekarang, jangan ragu untuk bisa menghargai dan membuat sebuah karya seni rupa terapan.

Seni Rupa Terapan

Aliran Seni Lukis

Ayu Utami
3 min read

Seni Rupa 2 Dimensi

Ayu Utami
3 min read

Pengertian Seni Tari

Ayu Utami
4 min read