9+ Contoh Susunan Acara Walimatussafar dan Teks MC Rundown

Susunan Acara Walimatussafar – Susunan acara walimatussafar merupakan sebuah rangkaian kegiatan walimatussafar, dimana walimatussafar adalah suatu acara yang diselenggarakan sebelum seseorang melakukan sebuah perjalanan yang jauh, contohnya adalah tanah suci.

Sebenarnya susunan acara walimatussafar hampir sama dengan susunan acara sebuah tasyakuran. Walimatussafar sendiri bertujuan untuk berdoa kepada Allah SWT.

Bukan hanya itu saja, acara walimatussafar juga merupakan sebuah acara syukuran dan juga berpamitan sekaligus memohon maaf dan juga berdoa dengan harapan agar calon jamaah haji yang akan berangkat ibadahnya menjadi mabrur.

Lalu apa sih susunan acara walimatussafar ini? Daripada semakin penasaran yuk simak susunan acara sekaligus penjelasan di bawah ini!


Contoh Susunan Acara Walimatussafar

Contoh Susunan Acara Walimatussafar
amityvillemusichall.net

Seperti yang kita tahu, bahwa Haji merupakan salah satu bentuk ibadah rukun Islam yang kelima. Dimana tentunya semua umat manusia di seluruh dunia pasti ingin menjalankan ibadah haji dengan tujuan untuk menyempurnakan agama yakni dengan pergi haji. 

Dimana sebenarnya, disarankan setidaknya ibadah haji bisa dilakukan satu kali seumur hidup bagi orang yang mampu. Dimana sebelum berangkat ibadah haji.

Maka biasanya terdapat sebuah acara yang digunakan untuk berpamitan dan juga meminta doa restu agar ibadah yang dijalankan bisa mabrur.

Tetapi, apakah kalian sudah tahu bahwa ternyata banyak loh yang masih kebingungan untuk menyusun susunan acara walimatussafar ini.

Tapi, bagi kalian jangan khawatir ya, karena berikut ini kami berikan susunan acara walimatussafar pada umumnya, yuk simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Walimatussafar

No. Susunan Acara Walimatussafar
1 Muqodimah
2 Pembukaan
3 Tampilan Musik Hadroh
4 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
5 Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Shohibul Hajat
6 Ceramah Agama
7 Acara Ramah Tamah
8 Pembacaan Doa
9 Penutupan

Teks MC Acara Walimatussafar

Contoh Teks MC Acara Walimatussafar

Muqodimah

Pendahuluan atau mukadimah merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara walimatussafar.

Dimana biasanya muqodimah ini berisi untuk mengajak para masyarakat untuk memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk mukadimah yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara walimatussafar.

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati keluarga bapak ….. yang saya hormati juga semua tamu undangan. 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa hadir untuk memenuhi undangan yang diberikan dari keluarga bapak …..  sekeluarga dalam acara tasyakuran, seperti yang sudah kita tahu bahwa bapak….sekeluarga akan melaksanakan pergi untuk ibadah haji kurang lebih 6 hari lagi guna melengkapi rukun Islam yang kelima. 

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW.

Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah penampilan musik Hadroh
  3. Acara yang ketiga adalah pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  4. Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan, sambutan yang akan disampaikan oleh bapak…..selaku perwakilan dari keluarga besar……
  5. Acara yang kelima adalah ceramah agama
  6. Acara yang keenam adalah acara ramah tamah.
  7. Acara yang ketujuh pembacaan doa.
  8. Dan acara yang terakhir adalah penutupan. 

  7+ Contoh Susunan Acara Pernikahan : Rumah, Masjid, Gedung

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengikuti susunan acara yang pertama yakni pembukaan.”

Pembukaan

Pembukaan merupakan susunan acara walimatussafar yang selalu dilakukan sebelum memulai acara. Dimana pembukaan ini juga akan dipimpin oleh pembawa acara dengan membaca basmallah.

Pembawa acara bisa membuka acara seperti berikut ini!

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana sebelum memulai acara walimatussafar pada hari ini, maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah.”

Tampilan Musik Hadroh

Tampilan Hadroh merupakan salah satu bentuk hiburan yang dilakukan sebelum Ayat Suci Al-Qur’an dilantunkan. Biasanya Hadroh ini ditampilkan oleh salah satu kelompok guna melantunkan sholawat Nabi.

Pembawa acara bisa mempersilahkan penampilan hadroh seperti berikut ini!

“Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang kedua yakni penampilan hadroh yang akan dimainkan oleh majelis……kepada anggota majelis……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara yang ketiga adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Dimana acara ini dilakukan setelah pembacaan hadroh tersebut telah selesai, pembawa acara bisa melanjutkan acara seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada majelis…..yang sudah melantunkan sholawat, semoga dengan lantunan sholawat tersebut kita semua bisa mendapat syafaat dari Baginda Nabi Muhammad SAW dan tentunya semoga lantunan tersebut juga bisa menghibur para tamu undangan sekalian. 

Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang ketiga yakni pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ananda……kepada ananda……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Shohibul Hajat

Berbeda dengan acara-acara yang lainnya, dimana penyampaian sambutan ini hanya dilakukan oleh perwakilan dari salah satu keluarga saja loh. Dimana pembawa acara bisa melanjutkan ke susunan acara sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih ananda ……. yang sudah membacakan Ayat Suci Al-Qur’an, dengan bacaan Ayat Suci Al-Qur’an tersebut semoga bisa bermanfaat baik bagi pembaca atau tamu undangan sekalian. Selanjutnya kita melanjutkan acara yang keempat yakni sambutan-sambutan dari salah satu perwakilan pihak keluarga.

Sambutan tersebut akan disampaikan oleh bapak…..kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Ceramah Agama

Ceramah agama merupakan acara inti dalam susunan acara walimatussafar, biasanya tema yang diangkat juga masih berhubungan dengan ibadah haji. Tujuan dari ceramah agama ini adalah agar pihak keluarga yang akan menunaikan ibadah haji tersebut mendapatkan bekal yang cukup.

Bukan hanya itu saja ceramah agama tersebut juga bisa membantu calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah tersebut kelak. Pembawa acara bisa melanjutkan acara ceramah agama seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak…. Para hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah, setelah ini kita akan memasuki acara inti, yakni ceramah agama yang akan disampaikan oleh ustadz….. diharapkan para tamu undangan bisa mengikuti acara ceramah agama ini dengan tertib.

Langsung saja kepada ustad….. waktu dan tempat kami persilahkan.”

  6+ Susunan Acara Dalam Bahasa Inggris dan Terjemah Teks MC

Acara Ramah Tamah

Acara ramah tamah juga menjadi salah satu acara penting yang sebaiknya dilakukan setelah ceramah agama selesai. Dimana acara ramah tamah ini dilakukan selain menyapa semua tamu undangan, tetapi tamu undangan juga dipersilakan untuk menikmati berbagai macam hidangan yang disediakan. 

Biasanya pada acara ini jugalah semua keluarga berbaur dengan semua tamu undangan untuk meminta restu. Adapun pembawa acara bisa melanjutkan acara ramah tamah seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada ustadz…..yang sudah menjelaskan tentang ……. Semoga penjelasan ustadz……bisa dijadikan bekal untuk bapak…….dan tentunya juga semoga bisa bermanfaat bagi semua para tamu undangan yang juga ingin menunaikan ibadah haji.

Menginjak acara selanjutnya yakni ramah tamah. Kepada para tamu undangan sekalian bisa menikmati hidangan yang sudah disediakan oleh bapak…….sekeluarga.”

Pembacaan Doa

Pembacaan doa tentunya tidak bisa dilewatkan bukan dalam sebuah acara, apalagi untuk acara walimatussafar. Dimana pembacaan doa ini bertujuan agar pihak keluarga yang akan menunaikan ibadah haji tersebut bisa menjalankan ibadah dengan lancar tanpa hambatan dan juga bisa berangkat dan pulang dalam keadaan yang sehat. 

Pembawa acara bisa mempersilahkan seorang ustadz yang ditugaskan untuk memimpin jalannya doa seperti berikut ini!

“Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya marilah kita melanjutkan acara yang ketujuh yakni pembacaan doa yang akan dipimpin oleh bapak ustadz…..kepada bapak ustad……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penutupan

Penutupan merupakan akhir dari acara walimatussafar. Dimana pembawa acaralah yang bertugas untuk menutup jalannya acara ini, pembawa acara bisa menutup acara malam tirakatan dengan kalimat berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak ustadz…..yang sudah membacakan doa, semoga doa-doa tersebut bisa dilakukan oleh Allah SWT. 

Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara. Karena pada pembukaan tadi kita tutup dengan basmalah maka alangkah lebih baik acara juga kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Terima kasih kepada para bapak dan ibu tamu undangan sekalian yang telah hadir dalam acara walimatussafar keluarga bapak…… Semoga perjalanan dari bapak….. sekeluarga bisa berjalan nantinya dan kembali dengan selamat. 

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan walimatussafar. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Walimatussafar

Tinggalkan komentar