Tanaman Air

tanaman air

Tanaman Air – Tanaman air atau yang dijuluki dengan hidrofit, merupakan tanaman yang hidup dan tumbuh di dalam air. Tanaman ini tumbuh dengan cara beradaptasi dan hidup di dalam perairan, jenis tanaman ini ada yang hidup dengan cara membenamkan seluruh bagian tubuhnya dan juga ada yang hanya setengah bagian saja.

Karena banyak dari jenis tanaman ini yang memiliki bentuk cantik, sehingga tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tanaman air, simak ulasan singkat berikut ini.


Tanaman Air Sebagai Penghias Taman Rumah

Tanaman Air

Karena memiliki bentuk dan karakter yang unik, tanaman ini sering dipilih untuk menjadi penghias taman rumah. Inilah beberapa ulasan tentang tanaman air yang dapat menjadi penghias taman rumah.

Jenis-Jenis Tanaman Air Penghias Taman Rumah

Mulai dari yang menghasilkan bunga cantik, sampai yang hanya memiliki daun yang berbentuk lucu. Berikut ini beberapa contoh dari macam-macam tanaman air yang sering dimanfaatkan untuk menjadi penghias pekarangan rumah:

1. Lidi Air

Tanaman yang satu ini memiliki daun-daun yang tumbuh panjang dan tegak keatas, tanaman ini biasanya ditanam di pinggiran kolam sebagai pagar penghias.

2. Bambu Air

Berbeda dengan bambu pada umumnya, bambu air memiliki ukuran batang yang berbentuk bulat ramping, Tinggi dari tanaman ini pun tidak lebih dari 100cm, bambu air biasanya ditanam di pinggiran pagar tembok dan di tengah kolam ikan.

3. Pisang Air

Tanaman jenis ini memiliki bentuk yang sangat unik, batangnya menyerupai batang pohon pisang pada umumnya, akan tetapi bentuk daun yang dihasilkan sangat mirip dengan daun talas.

4. Kapu-Kapu

Tanaman kapu-kapu memiliki bentuk daun yang menyerupai bunga cantik, dan terdapat bulu-bulu halus yang rapat tersusun seperti beludru. Tanaman satu ini biasanya dijadikan hiasan di area taman depan rumah dan ditanam di dalam pot tanah yang berisikan air dan lumpur.

5. Kala Lili

Tanaman yang satu ini memiliki bunga putih yang berbentuk seperti corong. Bentuknya yang sangat cantik membuat tanaman kala lili sering dipilih untuk menjadi tanaman bunga penghias taman rumah, maupun dijadikan bunga potong yang akan diletakkan di dalam vas dan menjadi hiasan di dalam rumah.

6. Teratai

Jenis tanaman ini sangat populer dan menjadi favorit untuk menjadi tanaman hias yang tumbuh di air, karena bentuk bunganya yang unik dan berwarna-warni.

7. Melati Air

Sama dengan melati yang hidup di darat, melati air pun memiliki harum yang semerbak. Bunga-bunga putih yang berukuran kecilpun tidak kalah dengan jenis tanaman bunga lainnya.

8. Lotus

Tanaman ini memiliki bunga yang besar dan warna yang merah yang merekah atau putih berputik kuning. Lotus paling sering ditanam di dalam pot besar berbahan tanaman liat ataupun menjadi penghias kolam ikan yang cantik.

Cara Merawat Tanaman Air yang Hidup di Taman

Tanaman yang hidup dengan kebutuhan air yang banyak, membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda dengan tanaman darat pada umumnya. Inilah langkah-langkah perawatan yang dapat dilakukan:

1. Letakkan Pada Tempat Cukup Cahaya

Jenis tanaman yang hidup dengan kadar air yang banyak rentan mengalami pembusukan. Oleh karena itu letakkanlah tanaman pada lokasi yang terpapar sinar cahaya matahari yang cukup, agar tanaman tidak terlalu teduh dan mendapatkan sumber cahaya matahari untuk tumbuh dengan baik.

2. Berikan Pupuk

Pupuk yang digunakan untuk tanaman jenis ini hampir sama dengan tanaman darat. Gunakanlah campuran pupuk kandang dan NPK sebagai tambahan nutrisi agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

3. Berikan Bubuk Abate

Genangan air yang menjadi media untuk tanaman bertumbuh akan menjadi tempat yang digemari oleh nyamuk untuk bertelur. Agar tanaman cantik tersebut tidak berubah menjadi sarang nyamuk, taburilah air dengan bubuk abate secara rutin minimal satu sampai dua minggu sekali.

4. Jangan Isi Air dengan Jenis Ikan Pemakan Daun

Tidak jarang tanaman yang satu ini hidup berbarengan dengan ikan hias, untuk menjaga agar tanaman tidak habis dirusak oleh ikan maka pastikan, ikan yang dipelihara bukan merupakan ikan yang senang memakan daun. Karena selain rusak, ikan tersebut juga dapat memakan tanaman hingga habis dan mati.


Tanaman Air Penghias Aquarium

Tanaman Air

Tanaman yang satu ini merupakan jenis tumbuhan yang harus hidup di dalam perairan penuh dan tidak memerlukan tanah sebagai media untuk tumbuh. Berikut ulasannya secara singkat:

Jenis-Jenis Tanaman Air Aquascape

Pada umumnya tanaman ini ditanam di dalam aquarium atau disebut dengan aquascape dan diletakkan di sudut ruangan sebagai hiasan. Berikut beberapa contohnya:

1. Hemianthus Callitrichoides

Tanaman yang satu ini dijuluki dengan nama Dwarf Baby Tears, karena ukuran daunnya yang sangat kecil. Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan lebat, apabila sudah tumbuh subur dwarft baby tears akan membentuk menyerupai karpet hijau yang rimbun.

2. Java Moss

Tanaman aquarium satu ini terlihat seperti ganggang laut yang berwarna hijau terang kekuningan. Java moss akan hidup dan tumbuh di atas bebatuan atau kayu yang ada di dalam air. Java moss sangat mudah ditemukan di penjual tanaman aquascape dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

3. Amazon Sword

Jenis tanaman yang satu ini memiliki daun yang berbentuk panjang dan runcing menyerupai pedang. Amazon sword akan terlihat sangat cantik apabila diletakkan di posisi belakang aquarium, daun-daunnya yang lebar sangat digemari oleh ikan-ikan sebagai tempat untuk berlindung.

4. Lilaeopsis

Memiliki bentuk daun yang kecil menyerupai rerumputan, lilaeopsis memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Sehingga tanaman ini sebaiknya sering dilakukan pemangkasan, agar aquarium tetap terjaga keindahannya.

5. Anubias Nana

Tanaman ini sangat digemari bagi para pecinta aquascape. Selain memerlukan perawatan yang mudah, tanaman ini juga memiliki daun berbentuk menyerupai daun keladi tikus yang unik.

6. African Water Fern

Tampilan dari tanaman yang satu ini terlihat sangat unik dan menarik. Bentuk daunnya yang melebar dan runcing pada ujungnya sangat cocok untuk background aquarium.

Cara merawat Aquascape

Agar tampilan dari aquascape tetap telihat jernih dan cantik, diperlukan beberapa perawatan yang harus dilakukan. Inilah perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga keindahan aquascape:

1. Tambahkan Air Secara Rutin

Air yang ditampung di dalam aquarium, juga dapat mengalami penguapan. Oleh karena itu, penambahan air secara rutin haruslah dilakukan, demi menjaga jumlah kadar air agar tanaman yang hidup didalamnya tetap hidup dengan baik.

2. Membersihkan Kaca Aquarium

Media air tentu saja akan menjadi tempat hidup yang digemari oleh lumut. Kaca yang bening akan berubah menjadi hijau kotor apabila lumut yang menempel tidak dibersihkan, maka bersihkanlan kaca aquarium paling tidak sebulan sekali untuk menjaga kebersihannya.

3. Ganti Air Secara Berkala

Mengganti air secara rutin dan berkala juga sangat penting untuk dilakukan. Sebab air yang digunakan akan berubah warna menjadi keruh dengan seiring berjalannya waktu. Pergantian air yang baru akan menjaga tampilan aquarium menjadi tetap jernih dan bersih.

4. Berikan Pupuk Secara Rutin

Dengan memberikan pupuk secara rutin, maka tanaman akan tetap terjaga asupan nutrisinya.  Gunakanlah pupuk cair yang mudah ditemukan di toko-toko aquascape.

Menanam dan merawat tanaman yang hidup dilingkungan air, memang memerlukan perawatan yang lebih daripada tanaman yang hidup di darat. Namun keunikan dan keindahannya yang unik dan berbeda juga akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Tanaman Air

Tanaman Bunga

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Hias Daun

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Okra

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tinggalkan Balasan