Tanaman Bidara

tanaman bidara

Tanaman Bidara – Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang masih asing dengan pohon Bidara Arab. Perlu diketahui bahwa Bidara Arab merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Bidara arab ini merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah beradaptasi, jadi tanaman ini bisa tumbuh di daerah kering dan basah.

Walaupun mudah beradaptasi, Bidara Arab juga harus selalu dirawat agar dapat tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai cara merawat tanaman Bidara Arab yang mengandung sejuta manfaat.


Cara Merawat Tanaman Bidara Arab

Tanaman Bidara

Agar Bidara Arab tumbuh dengan baik, alangkah baiknya untuk menanam tanaman ini di ruang terbuka. Proses penanaman Bidara Arab ini sangatlah mudah karena tidak ada syarat khusus mengenai jenis tanah yang cocok untuk menanam Bidara Arab. Selain itu, perawatan Bidara Arab juga cukup mudah, berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara merawat tanaman Bidara Arab :

1. Penyiraman

Perlu diketahui bahwa Bidara Arab adalah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air yang banyak. Hal tersebut dikarenakan, Bidara Arab adalah tanaman yang habitat aslinya terletak di gurun. Perlu diketahui bahwa cuaca di gurun cenderung panas dengan tanah yang gersang. Jadi alangkah baiknya ciptakanlah lingkungan yang sesuai habitat asli tanaman Bidara Arab.

Walaupun tidak membutuhkan banyak air, Bidara Arab juga harus tetap disirami dengan air secara rutin dan teratur, yakni setiap 1 sampai 2 hari sekali. Saat menyirami Bidara Arab, gunakan air secukupnya saja, jangan berlebihan dalam melakukan penyiraman terhadap tanaman ini.

2. Pengajiran

Perlu diketahui bahwa bibit Bidara Arab yang masih berusia muda memiliki batang yang belum terlalu kuat. Untuk mencegahnya patah, maka batang tersebut diberi pegangan yang disebut ajir. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu ajir. Pembuatan ajir sendiri juga dapat dibilang cukup mudah yaitu dengan membelah sebuah bambu menjadi kecil-kecil.

Proses pengajiran ini sangat mudah untuk dilakukan, yaitu tancapkanlah ajir bambu tepat disebelah bibit Bidara Arab. Langkah selanjutnya adalah mengikat ajir dengan Bidara Arab menggunakan tali rafia. Hal tersebut bertujuan agar Bidara Arab yang masih kecil tetap berdiri tegak dan dapat tumbuh dengan baik.

3. Penyinaran

Agar tanaman Bidara Arab dapat tumbuh dengan baik, maka usahakanlah tanaman tersebut mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Jadi letakkanlah tanaman tersebut di tempat terbuka dan selalu mendapatkan cahaya. Perlu diketahui bahwa Bidara Arab ini sangat menyukai cahaya matahari. Dengan begitu maka nantinya Bidara arab akan tumbuh dengan baik dan rajin berbuah.

4. Pemupukan

Untuk mendapatkan pohon Bidara Arab yang sehat dan subur maka berikanlah pupuk secara berkala. Perlu diketahui bahwa pupuk nantinya berguna untuk menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Berikanlah pupuk organik secukupnya saja setiap sebulan sekali.

Setelah diberi pupuk, tanaman tersebut harus segera disirami, karena untuk melarutkan pupuk. Pupuk yang cepat larut nantinya akan dapat dengan mudah diserap oleh akar tanaman. Dalam proses ini, bisa juga menggunakan pupuk NPK yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan daun tanaman.

5. Pemangkasan

Proses perawatan yang satu ini dapat dilakukan dengan cara memangkas atau membuang cabang-cabang yang sudah tua, kering, terserang penyakit dan cabang yang pertumbuhannya kurang bagus. Pemangkasan ini merupakan proses yang sangat penting, karena bertujuan untuk meremajakan kondisi Bidara Arab.

Untuk proses pemangkasan, alangkah baiknya untuk menggunakan pisau atau gunting yang tajam dan bersih. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari tanaman terkena infeksi. Perlu diketahui bahwa pisau atau gunting yang kurang tajam dapat mengakibatkan luka pada tanaman. Luka pada tanaman nantinya dapat menghambat pertumbuhan tanaman tersebut.


Manfaat Tanaman Bidara Arab

Tanaman Bidara

Bidara Arab yang bisa tumbuh mencapai ketinggian 15 meter ini dipercaya dapat mengusir jin. Selain itu Bidara Arab juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk yang penasaran dengan apa saja manfaat dari tanaman Bidara Arab, berikut adalah penjelasannya :

1. Menyehatkan Mulut

Tanda-tanda mulut yang tidak sehat adalah seringnya mengalami sariawan dan bibir pecah-pecah. Untuk menjaga mulut agar selalu sehat, maka konsumsilah daun bidara secara rutin dan teratur. Dengan itu maka mulut akan terasa segar dan terhindar dari berbagai macam infeksi atau penyakit. Perlu diketahui bahwa mulut yang sehat akan terhindar dari bau mulut.

2. Memperlancar Haid (Datang Bulan)

Manfaat daun Bidara Arab yang satu ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan wanita yaitu untuk memperlancar datang bulan. Jadi bagi wanita yang mengalami haid tidak lancar, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun bidara ini. Perlu diketahui bahwa dalam daun Bidara Arab mengandung senyawa yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga haid menjadi lancar.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagi seseorang yang mudah sekali merasa lelah dan mudah sekali terserang penyakit, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun Bidara. Cara mengonsumsi daun bidara ini cukup mudah yakni dengan cara di jus ataupun direbus. Jika daun Bidara tersebut direbus, maka air rebusannya dapat dikonsumsi.

Dengan meminum jus daun bidara ataupun air rebusan daun Bidara maka seseorang akan mempunyai kekebalan tubuh yang kuat. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, maka seseorang tidak akan mudah sakit dan tidak akan mudah lelah.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Perlu diketahui bahwa dalam daun Bidara terdapat sebuah senyawa anti inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Jadi luka lecet ataupun luka gores dapat disembuhkan dengan daun Bidara Arab. Cara penyembuhan luka dengan menggunakan daun Bidara adalah dengan memilih daun Bidara yang sudah kering.

Setelah itu, daun kering tersebut dibuat menjadi bubuk. Jika sudah maka bubuk daun Bidara dicampur dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Setelah menjadi pasta, maka pasta tersebut langsung saja dioleskan ke bagian tubuh yang terluka.

5. Mengatasi Masalah Kulit Kering

Salah satu manfaat dari Tanaman Bidara Arab adalah untuk mengatasi masalah kulit yang kering. Hampir semua orang pasti tidak menginginkan kulitnya kering. Kulit yang kering dapat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu kulit kering juga dapat membuat wajah menjadi kusam.

Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, gunakanlah masker yang terbuat dari daun Bidara segar.  Pertama-tama pilihlah daun Bidara yang masih segar lalu tumbuklah daun tersebut sampai lembut. Setelah itu daun yang sudah ditumbuk dicampur dengan sedikit air. Jika sudah maka daun bidara sudah siap digunakan sebagai masker.

Untuk hasil yang lebih maksimal, masker daun Bidara dapat ditambah dengan madu dan perasan jeruk lemon. Setelah itu oleskanlah masker tersebut ke seluruh permukaan wajah, tangan dan kaki. Jika sudah dioleskan merata, maka tunggulah sampai beberapa menit, setelah itu bilaslah menggunakan air hangat.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan mengenai cara perawatan tanaman Bidara Arab yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Perawatan Bidara Arab ini sangatlah mudah, jadi siapa saja yang memiliki tanaman Bidara Arab ini tidak perlu bingung dan khawatir dalam merawat tanaman ini.

Tanaman Bidara

Tanaman Bunga

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Hias Daun

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Air

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tinggalkan Balasan