Tanaman Buah

tanaman buah

Tanaman Buah – Tanaman memang sering dibudidayakan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan ataupun sekedar menyalurkan hobi bercocok tanam. Adanya tanaman akan membuat udara lebih terasa segar dan juga dapat memperindah pekarangan sekitar.

Selain itu, jika tanaman yang ditanam dapat berbuah, pastinya akan memberikan keuntungan yang besar kepada si pemilik tanaman. Salah satu tanaman yang sering dibudidayakan oleh masyarakat adalah tanaman buah.

Tanaman buah memberikan manfaat dan keuntungan yang besar bagi penanam. Buah yang dihasilkan pastinya akan bermanfaat untuk dikonsumsi ataupun jika dijual akan memberikan keuntungan.

Kandungan yang kaya dan ada pada buah dapat menjadi sumber nutrisi bagi semua orang yang mengonsumsi buah. Berbagai jenis tanaman buah dapat ditanam dengan mudah bahkan dapat dilakukan di pekarangan rumah.

Baca Juga: Tanaman Bidara


Tanaman Buah Yang Mudah Berbuah

Tanaman Buah

Berbagai jenis buah memang mudah ditanam. Namun, terkadang juga terdapat kasus tanaman buah yang tidak berbuah saat melakukan kegiatan bercocok tanam. Hal ini bisa terjadi karena teknik bercocok tanam yang diterapkan dilakukan kurang tepat ataupun tanaman buah yang ditanam tidak dirawat dan dipelihara dengan baik.

Biasanya inilah yang membuat masyarakat malas untuk melanjutkan kegiatan menanam mereka. Jika ingin menanam buah, ada beberapa jenis tanaman yang mudah berbuah, di antaranya :

1. Jambu

Tanaman jambu memang sering dijumpai dimana saja. beberapa orang menanam tanaman ini di pekarangan rumah mereka. Hal ini dikarenakan tanaman ini memang tergolong cepat berbuah.

Maka dari itu, biasanya masyarakat menanam tanaman ini di pekarangan rumah agar mudah dirawat dan dipetik buahnya. Untuk menanam tanaman ini sebaiknya tanamlah di area tanah yang mengandung banyak humus agar dapat tumbuh subur.

Jambu memang sering ditanam di pekarangan rumah. Namun, tanaman ini sebaiknya ditanam pada area yang agak luas untuk jenis tanaman jambu air. Jenis tanaman jambu biji tidak membutuhkan area yang luas untuk menanamnya. Buah jambu biasanya berbuah sangat lebat dan akan memberikan manfaat yang baik bagi yang mengonsumsinya.

2. Belimbing

Belimbing memang sangat mudah ditanam. Tak heran jika banyak orang menanam tanaman ini di halaman rumah mereka. Buah yang dihasilkan juga biasanya tergolong banyak. Untuk menanam tanaman buah belimbing ini juga tidak membutuhkan area yang luas. Buah yang ketika dipotong akan berbentuk bintang ini juga mengandung jutaan khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Perawatan tanaman belimbing juga sangat mudah dilakukan. Untuk jenis tanaman belimbing madu biasanya dilakukan pemupukan dalam tiga bulan sekali. Selain mudah dirawat, tanaman belimbing ini biasanya berbuah lebat tanpa kenal musim.

3. Sawo

Sawo memang sangat cocok ditanam di halaman rumah masing-masing. dengan menanam sawo pastinya akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Tanaman sawo juga tidak membutuhkan area yang luas untuk tempat menanamnya. Rata-rata tanaman sawo tumbuh dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Sehingga tanaman ini tidak berbahaya bagi lingkungan sekitarnya.

Buah sawo yang dihasilkan biasanya juga sangat banyak. tak heran jika beberapa orang menanam sawo di depan rumah mereka dan memanfaatkan buah yang dihasilkan sebagai cemilan. Buah sawo rasanya manis dan lembut. Khasiat yang terkandung juga sangat berlimpah. Maka dari itu, sawo sangat cocok ditanam di lingkungan rumah dan aman untuk sekitar.

4. Naga

Tanaman buah naga juga merupakan salah satu tanaman yang mudah dan cepat berbuah. Jika ingin tanaman ini berbuah lebat, tanaman ini perlu dirawat dan dijaga dengan benar.

Sebenarnya sangat mudah sekali untuk menanam tanaman ini. perlu diperhatikan juga tanaman buah naga ini harus dihindari dari tempat yang mudah terkena hujan agar buahnya tidak berguguran dan layu.

Buah naga yang dihasilkan pada tanaman ini dapat berkisar dalam jumlah yang cukup banyak. di pasaran, buah naga cenderung mahal harganya. Maka dari itu, lebih baik tanaman buah naga ini ditanam sendiri. Buah naga juga memiliki khasiat yang sangat kaya. Tanaman buah naga ini dapat ditanam dengan area yang sedang dan terhindar dari guyuran hujan.

5. Jeruk

Jeruk sering dibudidayakan bahkan dalam jumlah besar. Tak heran beberapa orang menanam tanaman jeruk yang dikhususkan pada satu lahan atau beberapa lahan. Hal ini dikarenakan tanaman jeruk dapat mudah dan tumbuh dengan baik sendirinya. Perawatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit. Dengan teknik yang tepat, tanaman jeruk dapat berbuah manis dan banyak.

Tanaman jeruk memang terbukti dapat berbuah dengan mudah. Buah jeruk yang dijual di pasaran juga tergolong murah. Kandungan yang dimiliki buah jeruk memang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. Jika tanaman jeruk ditanam di pekarangan rumah pastinya akan mempercantik halaman rumah.

Baca Juga: Tanaman Bonsai


Tanaman Buah Yang Dapat Ditanam Di Pot

Tanaman Buah

Bila memiliki hambatan dalam menemukan tempat yang luas untuk menanam tanaman buah, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan pot. Menanam menggunakan pot juga lebih efisien karena tidak membutuhkan area yang luas.

Teknik menanam tanaman menggunakan pot ini biasanya dikenal dengan tabulampot. Ada beberapa jenis tanaman yang mudah dibudidayakan dengan menggunakan pot, di antaranya :

1. Kelengkeng

Siapa yang tidak kenal buah kelengkeng. Buah kelengkeng terkenal dengan bentuknya yang kecil namun memiliki rasa buah yang manis saat dicicipi. Sehingga beberapa orang menjadikan buah kelengkeng sebagai cemilan favorit mereka. Harga buah kelengkeng di pasaran terkadang bisa menjadi mahal. Maka dari itu, bagi pecinta buah kelengkeng dapat menanam sendiri tanaman kelengkeng.

Tanaman kelengkeng ini dapat berbuah lebat jika ditanam dan dirawat dengan baik. Namun, waktu berbuahnya biasanya cukup lama. Penanaman tanaman kelengkeng ini sebenarnya tergolong mudah karena dapat dilakukan dengan menggunakan pot. Jadi, cukup sediakan pot dan bibit buah kelengkeng. Jangan lupa untuk dirawat dengan baik agar tanaman kelengkeng dapat tumbuh subur.

2. Anggur

Buah anggur memang memiliki rasa asam dan manis dan juga segar sekaligus saat dikonsumsi. Namun, beberapa jenis anggur tergolong memiliki harga yang mahal saat dijumpai di pasaran. Tetapi, tidak perlu khawatir lagi.

Sekarang tanaman anggur mudah sekali ditanam dalam pot. Dengan menanam tanaman anggur dalam pot di halaman rumah, pastinya akan memperindah halaman rumah sekaligus akan mendapatkan buah yang segar langsung dari tanamannya.

3. Strawberry

Strawberry memang memiliki ciri khas asam yang unik dan disukai oleh banyak orang. Buah strawberry juga dapat diolah dalam beberapa jenis masakan yang pastinya lezat untuk disantap.

Kandungan vitaminnya yang kaya pada strawberry pastinya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. budidaya strawberry sebenarnya sangat mudah dilakukan. Area yang dibutuhkan untuk menanam strawberry sebenarnya tidak membutuhkan tempat yang luas.

Beberapa petani biasanya memanfaatkan lahan yang luas untuk membudidaya strawberry dalam jumlah yang besar agar menghasilkan buah dalam jumlah yang besar pula. Namun, budidaya strawberry juga dapat dilakukan di halaman rumah.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam tanaman buah yang dapat mudah berbuah dan mudah dibudidayakan dengan menggunakan pot. Sebenarnya tidak sulit untuk menanam tanaman buah menggunakan pot dengan buah yang lebat.

Cukup dengan ketelatenan dan keuletan agar tanaman buah dapat berbuah dengan baik dalam jumlah besar. Jadi, sekarang tidak perlu repot lagi untuk menyiapkan lahan besar dan luas hanya untuk menanam tanaman buah.

Tanaman Buah

Tanaman Hidroponik

Nidaul Jannah
11 min read

Tanaman Bunga

Nidaul Jannah
3 min read

Tanaman Hias Daun

Nidaul Jannah
3 min read

Tinggalkan Balasan