Tanaman Hias Daun

Tanaman Hias Daun

Tanaman Hias Daun – Banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai hiasan, salah satunya tanaman hias daun. Jenis tanaman ini termasuk banyak diminati baik oleh pecinta tanaman ataupun ibu rumah tangga.

Terdapat beberapa alasan mengapa tanaman daun banyak diminati dan sering dijadikan pilihan untuk dijadikan hiasan baik di rumah maupun kantor. Alasan-alasan tersebut diantaranya adalah karena perawatannya yang cukup mudah dan harganya tidak terlalu mahal. Meski perawatannya tergolong mudah, terbukti bahwa merawat tanaman hias daun dapat membuat seseorang senang.

Kelebihan lain yang dimiliki tanaman ini adalah menjadikan ruangan ataupun tempat di sekitarnya nampak segar. Tanaman ini dapat menjadikan orang yang memandangnya merasa rileks, sehingga dapat mengurangi stress.

Tak hanya merilekskan, tanaman ini mampu mengurangi kecemasan dan membantu berpikir kreatif bagi orang di dekatnya. Tak heran, jika kebanyakan perusahaan memilih tanaman ini untuk menghias ruangan mereka. Ada banyak sekali jenis tanaman hias daun yang dapat dijadikan pilihan, diantaranya sebagai berikut :


1. Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Tanaman Hias

Lili paris memiliki warna daun yang sangat cantik. Saat sudah dewasa, tanaman ini akan memunculkan tunas yang panjang yang ujungnya memiliki tunas akar.

Tanaman hias daun yang satu ini dapat ditanam di pot duduk maupun pot gantung. Selain itu, tanaman ini sangat mudah beradaptasi di berbagai tempat, sehingga dapat diletakkan baik di dalam maupun luar ruangan.

 


2. Gelombang Cinta (Anthurium)

Tanaman Hias

Gelombang cinta sangatlah populer di kalangan pecinta tanaman hias daun. Hal ini tak lain karena kecantikan dan keindahan yang dimilikinya. Sebagaimana namanya yang unik, tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya yang berbentuk lebar sekaligus bergelombang cantik. Tanaman ini sangat cocok untuk memperindah rumah maupun kantor.

 


3. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Hias Daun

Tak hanya namanya yang unik, daun yang dimiliki tanaman ini juga sangat unik sehingga menjadi daya tariknya sendiri. Daunnya termasuk tebal serta memiliki ujung yang runcing seperti duri. Tanaman ini mampu beradaptasi di berbagai suhu dan tidak memerlukan banyak air, sehingga cocok diletakkan di dalam ataupun luar ruangan.

 


4. Suplir (Adiantum)

Tanaman Hias Daun

Daun yang dimiliki suplir berbentuk kecil-kecil yang sangat nampak segar dan cantik. Warna hijau yang sangat indah akan membuat tempat yang diletakkan suplir nampak selalu segar dan sejuk.

Tanaman daun ini bisa diletakkan di tempat yang lembab, teduh, dan berudara bersih. Karena supir termasuk tanaman spora, perawatan dan perbanyakannya pun tergolong mudah.

 


5. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Tanaman Hias

Salah satu varietas dari tumbuhan genus Caladium adalah keladi red star. daun yang dimiliki tumbuhan ini berbentuk bintang dengan warna merah yang cerah. Untuk mendapatkan warna merah yang sehat, sebaiknya tanaman ini diletakkan di tempat dengan sinar matahari yang cukup. Selain itu, tangkai daunnya juga berwarna merah belang yang menambah kecantikan tanaman hias daun satu ini.

 


6. Kuping Gajah (Anthurium Crystallinum)

Tanaman Hias

Daya pikat utama yang dimiliki kuping gajah terletak pada bentuk daunnya yang unik. Ukuran daunnya pun cukup besar sehingga dapat menjadi tanaman hias yang menarik baik diletakkan sendiri maupun berdampingan dengan tanaman lain.

Kuping gajah tidak memerlukan perawatan yang rumit dan cahaya matahari berlebih, sehingga sangat cocok diletakkan di beranda atau dalam rumah.

 


7. Tanduk Rusa (Platycerium)

Tanaman Hias Daun

Meskipun termasuk tanaman epifit atau menumpang pada tanaman lain, tanduk rusa memiliki daya tariknya tersendiri. Mirip dengan namanya, daun yang dimiliki berbentuk seperti tanduk rusa yang sangat cantik. Tanaman hias daun ini sangat cocok ditanam dekat tembok ataupun pohon.

 


8. Pucuk Merah (Syzgium Oleana)

Tanaman Hias Daun

Tanaman ini sangatlah populer, sehingga sering muncul di berbagai taman, halaman rumah, ataupun halaman kantor. Warna daun yang mengalami perubahan dari pucuk merah ini, menjadikannya tanaman hias daun yang sangat diminati. Saat masih muda, warna daunnya akan berwarna merah, kemudian berganti kuning, dan berubah menjadi hijau.

 


9. Kadaka atau Pakis Sarang Burung (Asplenium Scolopendrium)

Tanaman Hias

Daun yang dimiliki oleh Kadaka termasuk panjang, sekitar 20-35 cm. Tanaman hias daun yang mudah beradaptasi ini memiliki bulu halus bergerigi pada daun-daunnya. Selain itu, tanaman ini dapat mengeluarkan tunas baru yang sangat halus. Bentuk daunnya pun termasuk unik, karena menyerupai mangkuk atau sarang burung yang tumbuh dari pusat batang ke segala arah.

 


10. Wali Songo atau (Schefflera Arboricola)

Tanaman Hias Daun

Schefflera termasuk tanaman jenis perdu yang daunnya bergerombol. Bentuk daunnya yang unik seperti jari-jari tangan memiliki warna yang didominasi hijau dan beberapa bagiannya coklat keputihan. Di samping itu, tanaman ini mampu menyerap polusi udara, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam maupun luar ruangan.

 


11. Lemon Lime Draceana

Tanaman Hias

Sekilas tanaman hias daun ini nampak seperti pandan. Bentuk daunnya yang menyerupai pedang disertai kombinasi warna hijau, kuning terang, dan putih menjadikannya terlihat sangat manis. Lemon Lime Draceanan memiliki daun yang rimbun seperti semak dan menjuntai tegak lurus dengan batangnya.

Jika tanaman ini diletakkan di luar ruangan, maka warna yang dihasilkan cenderung pucat, bahkan jika terlalu panas, warnanya akan hangus. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika tanaman ini diletakkan di tempat teduh yang cenderung lembab.

 


12. Sirih Gading (Aepipremnum Aureum)

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun yang satu ini merupakan tanaman yang merambat, sehingga sangat cocok ditanam di sekitar dinding atau jendela.  Sirih gading juga dapat hidup di dalam ruangan asalkan dirawat secara rutin.

Kemampuan adaptasi yang dimiliki sirih gading, memungkinkannya untuk tetap tumbuh segar baik di tempat lembab, teduh, panas, bahkan ruangan ber-AC.

 


13. Pohon Palem Hias

Tanaman Hias

Palem hias adalah salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Keindahannya terletak pada bentuk daunnya yang yang mirip dengan daun kelapa, tetapi kecil.

Baik di dalam maupun luar ruangan, tanaman ini akan terlihat sangat cantik. Selain itu, palem hias mampu menyimpan air dengan baik, sehingga dapat disiram secukupnya saja.

 


14. Puring (Codiaeum Variegatum)

Warna daun yang dimiliki tanaman hias daun ini sangatlah eksotis dengan perpaduan dari tiga warna, yaitu kuning, merah, dan hijau. Tanaman ini berbentuk perdu dengan bentuk daun bervariasi, seperti memanjang, oval, dan bergelombang. Diantara beberapa jenis tanaman puring yang cantik adalah puring anting raja, puring arjuna, dan puring asmara jingga.

 


 15. Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman yang mudah beadaptasi, sehingga bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Bentuk daun dari agalonema ini beraneka ragam disertai corak warna yang sangat indah.

Dengan kombinasi warnanya, seperti merah dan hijau, merah muda dan kuning, tanaman ini bisa menjadikan tempat di sekitarnya nampak elegan.

 


16. Philodendron

Tanaman Hias

Philodendron termasuk tanaman yang memiliki daun yang cantik sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan seperti di atas meja atau samping jendela.

Salah satu jenis philodendron yang banyak diminati adalah yang berdaun kuning dan hijau. Tempat yang cocok untuk philodendron adalah yang cenderung lembab dan teduh. Jika tidak, maka tanaman ini akan mudah layu.

Itulah enam belas tanaman hias daun yang dapat dijadikan pilihan untuk menghias ruangan kantor, ruangan rumah kamar, halaman, maupun beranda rumah. Kecantikan dan keindahan yang dimiliki tidaklah kalah dengan jenis tanaman hias yang lain.

Tanaman Hias Daun

Tanaman Bunga

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Air

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Okra

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tinggalkan Balasan